Cara Membuat Hyperlink di Telegram

Cara Membuat Hyperlink di Telegram

Hyperlink merupakan URL atau link yang diperpendek atau dipersingkat untuk tautan menuju sebuah file atau halaman website. Ini artinya cara membuat hyperlink di telegram yaitu membuat link langsung menuju telegram. Biasaya link sebuah situs web terlihat sangat panjang, tapi dengan memakai hyperlink ini membuatnya lebih singkat.

Melalui link singkat tentunya membuat tautan link tersebut tampak lebih rapi dan tidak mengganggu. Tidak hanya itu saja, memakai hyperlink juga bisa menjadikan tampilan link lebih ringkas.

Read More

Karena tujuan lebih rapi dan nyaman ketika dibagikan atau dilihat oleh penguna lain, tentu saja pengguna Telegram wajib mencoba cara membuat hyperlink di telegram.

Mengenal Hyperlink

Istilah hyperlink adalah sebuah tautan link pada situs web yang disisipkan atau dipersingkat ke dalam kalimat atau kata, yang selanjutnya akan langsung mengarahkan seseorang ke halaman website tujuan. Selain itu, hyperlink juga dipakai untuk membuat url lebih singkat dan nyaman.

Cara Membuat Hyperlink di Telegram

Cara Membuat Hyperlink di Telegram
Tutorial Membuat Hyperlink di Telegram

Kita tahu bahwa link url menuju sebuah website biasanya terkesan sangat panjang. Sehingga seringkali membuat para pembaca menjadi kesulitan membaca detail yang disematkan pengirim link itu sendiri. Ini artinya, hyperlink ditujukan supaya tampilan URL menjadi lebih pendek, singkat atau ringkas.

Tujuannya yaitu supaya bisa lebih ramah dan nyaman dilihat dengan memakai layar hp yang ukurannya lebih sempit daripada layar laptop atau PC.

Kalian bisa bayangkan ketika melihat link tertentu yang di share di sosial media seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter hingga Youtube, tentu akan terlihat barisan kode sangat panjang. Hal ini, tentu saja membuat kita merasa tidak nyaman.

Kalian harus tahu bahwa hyperlink ternyata tidak hanya menambah rasio klik ke sebuah blog atau website yang dituju saja. Walaupun lebih nyaman dan enak dilihat, banyak orang justru enggan untuk mengklik hyperlink sebab ragu link tersebut mengarah kemana.

Biasanya disebabkan tidak ada kode alamat yang relevan, orang khawatir jika hyperlink justru lebih mengarah pada situs iklan tertentu.

Namun terlepas dari hal tersebut, jika kalian merasa bisa meyakinkan para pengguna Telegram yang lain serta mau membuat hyperlink menuju sebuah blog, website maupun file pada penyimpanan cloud kalian. Maka kalian bisa ikuti cara membuat hyperlink di Telegram ini :

  • Silahkan buka Telegram Apps yang sudah kalian download di perangkat.
  • Klik ikon search kemudian ketikkan opsi @ShortUrlBot pada pencarian Telegram.
  • Tap kemudian buka obrolan bersama @SortUrlBot dan tekan start jika ingin membuat hyperlink.
  • Silahkan tunggu sampai kalian menerima balasan just send me a link and i’ll shorten it.
  • Jika sudah, paste atau langsung ketikkan link URL yang akan dipersingkat.
  • Silahkan tunggu beberapa lama sampai hyperlink tersedia.
  • Jika sudah, kalian dapat memakai hyperlink ini lalu membagikannya di media sosial atau ke pengguna yang lain.

Itulah beberapa langkah cara membuat hyperlink di Telegram yang dapat kalian coba untuk membagikan hyperlink tersebut ke pengguna Telegram lainnya.

Tujuan Pembuata Hyperlink Pada Telegram

Dalam cara membuat hyperlink di Telegram, kalian hrus mempertimbangkan beberapa hal. Berikut ada beberapa tujuan yang perlu kalian ketahui dalam pembuatan hyperlink di Telegram ini :

1. Link Asli Menjadi Tersembunyi

Jika kalian tetap ingin melindungi website kalian terhadap ancaman hacker atau orang iseng, maka cara membuat hyperlink di Telegram adalah solusi yang tepat sebab alamat atau identitas aslinya akan tersembunyi. Dengan kata lain, link tersebut umumnya hanya dapat diketahui sesudah pengunjung mengklik hyperlink kalian. Orang-orang yang hanya membaca hyperlink ini, tidak dapat menelusuri website maupun blog yang kalian miliki.

2. Bukan Untuk Kampanye Blog atau Website

Metode yang dibahas melalui artikel ini, kurang ideal jika kalian sedang memperkenalkan atau mempromosikan blog maupun website lewat Telegram. Hal tersebut tentu saja mengingat blog dan website tidak ditampilkan ke dalam hyperlink tersebut. Dengan kata lain, metode ini bukan metode ideal untuk menaikkan brand awareness.

3. Langsung Terima Jadi

Memakai layanan untuk mempersingkat link seperti halnya bit.ly, membuat kalian dapat mengatur link tersebut sesuai keinginan. Walaupun bisa lebih menarik, namun pada kenyataannya banyak orang yang enggan mengikuti proses yang ribet memakai layanan tersebut. Belum lagi, jika memakai bot Telegram membuat kalian tidak perlu harus berurusan dengan rumitnya login dan tentu saja kalian tinggal terima jadi.

4. Pemeriksaan Berkala

Sama halnya dengan layanan persingkat URL yang lainnya, layanan tersebut tidak menutup kemungkinan mengalami masalah akibat server mengalami down bahkandihapus. Oleh sebab itu, kalian mungkin harus meninggalkan pesan supaya pengguna dapat menghubungi jika seandainya ada kerusakan hyperlink. 

Menemukan Grup Menggunakan Link di Telegram

Pada aplikasi Telegram, kalian akan menemukan yang namanya fitur channel dan grup. Keduanya sering dianggap sama, justru sebenarnya channel maupun grup memiliki fungsi berbeda. Umumnya grup pada aplikasi Telegram merupakan fitur yang dapat dipakai untuk berkomunikasi bersama banyak anggota.

Sementara channel pada Telegram hanya dipakai untuk memperoleh informasi dari para pembuatnya. Channel bisa dianalogikan seperti subsriber pada Youtube. Pada aplikasi Telegram yang dipakai, kalian dapat masuk atau mencari grup maupun channel.

Pada grup Telegram kalian dapat memberikan tanggapan langsung mengenai yang orang sampaikan pada grup tersebut. Menariknya lagi, di Telegram kalian bisa memasukan anggota dari ratusan sampai ribuan anggota grup.

Menemukan Link Pada Grup Telegram

Salah satu fungsi pada link grup Telegram adalah untuk memperoleh undangan masuk, kalian membutuhkan link grup Telegram yang secara otomatis dapat memasukkan kalian ke room chat pada komunitas tersebut. Sehingga siapapun bisa tinggal masuk ke dalam grup tersebut dengan syarat kalian harus mempunyai linknya.

Oleh karena itu, ada banyak orang yang kerap mempertanyakan tentang cara untuk menemukan link grup pada Telegram. Hal tersebut sangat berguna bagi kalian yang tertarik bergabung pada suatu grup atau komunitas di Telegram.

Kalian tinggal ketikkan nama kanal atau channel tersebut pada pencarian Telegram. Akan tetapi, mengingat ada banyak grup yang sama dengan nama dan foto profil yang sama, bisa jadi cukup membingungkan.

Melalui link grup pada Telegram, kalian akan diarahkan langsung pada grup chat sesudah mengklik tautan Telegram. Ini dia cara memasuki grup Telegram dengan memakai link :

  • Masuk ke akun Telegram pada aplikasi.
  • Temukan grup Telegram yang terletak pada daftar chat di tampilan utama aplikasi Telegram ponsel kalian.
  • Tekan jika ingin memasuki ruang untuk percakapan utama.
  • Klik pada bagian atas, lebih tepatnya di nama grup Telegram untuk mengecek profilnya.
  • Selanjutnya kalian akan langsung diarahkan pada info yang didalamnya terdapat informasi lengkap mengenai grup tersebut, tidak terkecuali link Telegramnya.
  • Temukan kata yang ada simbol @ di depannya. Apabila kalian sudah menemukan ID grup, kalian hanya perlu menambahkan saja.

Bagaimana, cara membuat hyperlink di Telegram dan menemukan grup Telegram melalui link sangat mudah bukan?

 

Related posts