Cara Membuka File Docx di Android Tanpa Aplikasi

Cara Membuka File Docx di Android Tanpa Aplikasi

Secara umum, file docx memang tidak bisa dibuka pada hp android, namun bukan berarti kalian tidak bisa membukanya. Namun sebenarnya ada banyak alternatif cara membuka file docx di android tanpa aplikasi dan dengan aplikasi yang bisa kalian coba.

Docx merupakan format yang telah dikembangkan oleh perusahaan Microsoft sebagai aplikasi Word. Docx hadir untuk menggantikan Doc yang nantinya dipakai dalam aplikasi Word terbaur.

Aplikasi Word menjadikan format Docx lebih banyak digunakan untuk pembuatan dokumen. Sehingga wajar jika kalian dapat menemukan file berformat docx ketika berbagi tulisan, entah itu lewat sosial media, email, whatsApp, maupun yang lainnya.

Apabila kalian menerima file Docx lewat hp android, kalian mungkin sadar jika file ini tidak dapat langsung dibuka. Namun ada berbagai pilihan cara untuk membuka Docx pada perangkat android, meskipun tanpa aplikasi.

Cara Membuka File Docx di Android Tanpa Aplikasi

Cara Membuka File Docx di Android Tanpa Aplikasi
Tutorial Membuka File Docx di Android Tanpa Aplikasi

Jika kalian idak mau repot menginstall aplikasi, kalian dapat membuka Docx dengan berbagai macam cara. Simak tutorial cara membuka file Docx di android tanpa aplikasi berikut :

1. Melalui File Manager dan Google Docs

Untuk kalian yang ingin membuka file Docx yang sebelumnya sudah terpasang Google Dokumen atau Google Docs, tapi lupa menyimpannya dimana, maka coba ikuti langkah berikut :

  • Buka File Manager atau Pengelola File.

 

 

  • Silahkan klik Dokumen untuk membuka file dokumen yang kalian inginkan.

  • Pilih File Docx tertentu yang ingin kalian buka.
  • Silahkan buka, dan kalian bisa melihat beberapa tools untuk membuka file Docx tersebut.
  • Pilih Google Dokumen atau Google Docs.
  • Selamat kalian sudah bisa membuka file dokumen dalam bentuk Docx.

 

 

2. Melalui Google Drive

Jika kalian tidak memiliki tools yang mumpuni untuk membuka atau membaca file Docx di android, maka bisa coba cara membuka file Docx di android tanpa aplikasi dengan Google Drive. Caranya kurang lebih sama seperti metode di atas, hanya saja sesudah file Docx akan dibuka kalian perlu mengirimkan file tersebut ke Google Drive.

Simak langkah-langkahnya berikut :

  • Silahkan buka File Manager.
  • Temukan File Docx yang ingin dibuka.
  • Klik file tersebut, kemudian pilih kirim atau send.

  • Jika sudah, pindahkan file tersebut ke dalam Google Drive dan simpan file sesuai nama yang diinginkan.
  • Setelah itu, silahkan buka Google Drive, kalian juga bisa mengaksesnya melalui browser di drive.google.com.
  • Temukan file Docx tadi dan tekan untuk membuka sekaligus membaca isinya.

3. Melalui Situs Groupdocx

Kalian juga bisa mencoba cara membuka file Docx di android tanpa aplikasi melalui Groupdocx. Situs ini dikhususkan untuk membuka file-file berbentuk dokumen secara online. Bahkan bukan hanya docx saja yang bisa kalian buka. Namun lebih dari 170 fomat file yang bisa dilakukan oleh groupdocs untuk membantu orang-orang yang kesulitan membuka format file tanpa menggunakan aplikasi.

Umumnya yang paling sering dilakukan oleh orang-orang ketika menggunakan situs ini adalah untuk membuka file berjenis Word, PDF PowerPoint, Excel, Email, Image, Visio dengan fomat ekstensi yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini :

  • Siapkan berkas docxnya pada perangkat hp yang akan dibuka dengan menggunakan situs ini.
  • Buka browser pada hp. Lebih di sarankan menggunakan Google Chrome agar tidak berat.
  • Buka kolom pencarian lalu ketikan nama situsnya yaitu : https://products.groupdocs.app/id/viewer/family.
  • Pada halaman situs, silakan pilih menu Word App dengan satu kali klik.

  • Selanjutnya akan tertuju pada halaman berikutnya di mana kalian mewajibkan untuk memasukkan file docx pada kotak putih yang disediakan.
  • Setelah memasukkan file docx pada kotak tersebut, tunggulah beberapa saat hingga 100 % selesai loading. Nantinya file yang kalian maksudkan akan terbuka dengan sendirinya.

Membuka File Docx di Android Dengan Aplikasi Docx Reader

Selain cara membuka file Docx di android tanpa aplikasi, kalian juga bisa mencoba cara dengan aplikasi. Mungkin ini bisa dilakukan apabila cara di atas belum berhasil.

Aplikasi yang memungkinkan kalian dapat mengakses dokumen di android adalah Docx Reader. Ini adalah aplikasi yang dapat diunduh lewat Play Store gratis. Aplikasi ini memiliki keunggulan lebih ringan serta lebih mudah dipakai untuk dapat membuka file berbentuk docx pada android.

Aplikasi ini berbeda dari Microsoft Word, Docx Reader biasanya hanya dapat dipakai untuk membaca dokumend alam bentuk Docx. Selain itu, aplikasi yang satu ini tidak dapat digunakan untuk membuat sebuah dokumen baru.

Ini ulasan cara membuka docx di hp android memakai Docx Reader :

  • Silahkan unduh dan pasang Docx Reader terlebih dahulu pada perangkat hp kalian.
  • Setelah itu, buka lalu jalankan aplikasinya.
  • Pilih Semua dokumen.
  • Berikan izin aplikasi untuk mengakses penyimpanan dalam memori hp.

  • Kalian akan diperlihatkan daftar file berformat .docx di hp.
  • Pilih file docx yang akan kalian baca atau buka.

Aplikasi Office Untuk Edit Dokumen di Android

Jika kalian ingin mengakses dokumen di hp android, karena lebih fleksibel. Ada beberapa aplikasi yang bisa dijalankan di perangkat android kalian, diantaranya :

1. WPS Office

Awalnya WPS Office dinamakan sebagai Kingsoft Office sebagai aplikasi dari China yang bisa dipakai untuk melakukan editing dokumen beserta bahan presentasi. Di samping itu, melalu aplikasi ini kalian bisa membuat dokumen dalam berbagai tipe. Caranya hanya menggunakan teknik copy paste atau dengan cara mengetiknya.

Aplikasi ini berukuran 50 MB dan dapat diunduh baik di iOS maupun Play Store. Bahkan WPS Office bisa mencetak dokumen berbentuk enskripsi dokumen dan Google Cloud .

2. Smart Office

Smart Office adalah aplikasi edit dokumen di perangkat Smartphone yang menawarkan kelebihan dapat mengakses dokumen dan editing dokumen dengan mudah melalui tamplan format yang user friendly.

Kalian dapat membuka maupun mengedit berbagai macam file dokumen, baik berbentuk DOCX, DOC, PPTX, PPT, XLSX, XLS dan sebagainya.

Ada berbagai macam fitur yang sangat mempermudah para penulis dalam melakukan editing berkas-berkas dokumen perkantoran.

3. Office Suite Professional

Cara membuka file Docx di android tanpa aplikasi
Office Suite

Aplikasi Office Suite Profesional sangat ideal bagi yang memiliki banyak kebutuhan terkait dokumen. Ini dapat diperoleh di Google Play Store dengan mudah dan gratis. Kelebihan aplikasi ini adalah dapat membuka berbagai macam format seperti PPTM, DOCM, PPSM dan XLSM.

Di samping itu, keunggulan yang dapat diperoleh pada aplikasi ini yaitu kemampuannya dalam mencetak dokumen memakai perantara Google cloud Print, bisa juga memakai sambungan USB atau wifi.

Kesimpulan

Membuka dokumen word atau office lainnya di android kini tidak menjadi masalah, karena kalian bisa memanfaatkan berbagai macam tools atau aplikasi untuk mengakses dokumen word itu sendiri. Bahkan beberapa aplikasi tidak hanya dapat digunakan untuk melihat atau membuka Word saja, tetapi juga bisa mengedit beberapa bentuk Word.

Namun jika tidak mau ribet pakai aplikasi, kalian bisa coba cara membuka file docx di android tanpa aplikasi di atas tanpa repot!

Related posts