Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Pernahkah kalian mengalami gagal kirim pesan melalui Telegram? Ataukah sedang mengalaminya? Jika ya, kalian harus tahu cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan.

Sebagai aplikasi chatting yang menawarkan banyak keunggulan dan kemudahan, terkadang saat proses chatting, ada saja masalah yang terjadi pada Telegram.

Read More

Misalnya saja, Telegram menjadi tidak dapat diakses, tidak dapat mendownload video, hingga tidak bisa mengirimkan pesan Telegram. Lantas, apa penyebab Telegram tidak bisa berkirim pesan?

Penyebab Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Berikut penyebab kenapa Telegram tidak dapat berkirim pesan, yang perlu kalian tahu :

1. Jaringan Internet Buruk

Salah satu penyebab paling pasti, kenapa Telegram tidak dapat berkirim pesan adalah disebabkan jaringan internet sedang buruk.

2. Server Sedang Down

Terkadang masalah Telegram tidak bisa berkirim pesan karena server mengalami down yang disebabkan oleh beberapa hal.

3. Sedang Maintenance

Selain kedua penyebab di atas, Telegram juga bisa mengalami kendala ketika sistem sedang ada pemeliharaan rutin atau maintenance.

4. Hp Bermasalah

Salah satu masalah yang bisa membuat Telegram tidak dapat bekerja normal, bisa jadi karena perangkat hp bermasalah, contohnya pengaturan proxy masih aktif.

5. Cache Menumpuk

Cache yang penuh atau menumpuk juga dapat menyebabkan Telegram tidak dapat dipakai untuk berkirim pesan.

6. Pemblokiran Kontak

Tidak hanya faktor di atas saja, Telegram tidak dapat mengirimkan pesan juga dapat disebabkan oleh nomor kontak kalian sedang diblokir.

Terkait:  Cara Bikin Bot Telegram

Tidak perlu khawatir jika kalian mengalami masalah ini, apapun penyebabnya kalian bisa coba cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan disini!

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan
Tutorial Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Jika kalian menginginkan Telegram dapat berfungsi seperti sedia kala, sebaiknya ketahui cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan di bawah ini :

1. Cari Tempat yang Koneksinya Bagus

Ketika hendak mengirim pesan di Telegram, lalu pesan tersebut tidak terkirim, maka besar kemungkinan penyebabnya adalah akibat koneksi internet yang tidak stabil.

Pengaruh dari koneksi internet yang tidak stabil akan mengganggu performa Telegram. Kalian bisa mengatasinya dengan cara berikut :

  • Pindah posisi dan cari tempat yang koneksi internet stabil.
  • Ganti provider yang didukung oleh tempat kalian berada, agar koneksi internetnya stabil tanpa hambatan.
  • Menggunakan wifi yang bisa di pasang di rumah atau menumpang sinyal wifi pada orang lain, atau mungkin juga menumpang sinyal hotspot dari hp orang lain dengan provider yang berbeda.

2. Pergunakan Mode Pesawat

Cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan yang kedua yaitu dengan memanfaatkan mode pesawat. Dengan mengaktifkan mode pesawat beberapa lama, kemudian menonaktifkannya lagi. Biasanya jaringan internet menjadi stabil kembali.

Silahkan ikuti tutorial mengaktifkan mode pesawat di bawah ini :

  • Silahkan usap layar dari atas ke bawah untuk menemukan daftar shortcut menu mode pesawat.
  • Setelah muncul tab-nya, sekarang coba klik ikon gambar pesawat. Ikon tersebut merupakan mode pesawat yang akan mematikan sinyal hp secara total.
  • Tunggu beberapa detik saja kurang lebih 5-10 detik sebelum klik Kembali mode pesawat untuk menonaktifkannya.
  • Sekarang cobalah untuk mengirim pesan melalui Telegram kepada orang lain sesama pengguna Telegram.

3. Restart HP

Restart hp merupakan cara paling sederhana namun efektif dilakukan untuk mengatasi Telegram tidak bisa mengirimkan pesan. Metode ini juga efektif untuk mengatasi aplikasi lainnya yang juga mengalami malfungsi.

Terkait:  Cara Menghapus Foto di Telegram

Restart difungsikan untuk menormalkan Kembali sistem yang ada pada hp yang berkaitan dengan berbagai macam aplikasi pada perangkat.

Silahkan restart hp kalian dengan metode di bawah ini :

  • Pada perangkat hp, tekan tombol power agak lama yang berada di samping body hp.
  • Lalu, akan muncul 2 fungsi pada layar hp yaitu tombol untuk mematikan hp dan tombol untuk restart hp. Silakan klik atau usap pada tombol untuk restart hp.
  • Biarkan hp melakukan proses restart hingga Kembali dalam keadaan standbye.
  • Sekarang cobalah untuk membuka Kembali Telegram dan kirim pesan pada orang lain, maka biasanya pesan tersebut akan terkirim.

4. Membuka Blokiran Kontak di Telegram

Karena terlalu banyak kontak yang mengganggu saat kalian sedang memakai Telegram, bisa jadi tanpa sadar kalian memblokir orang yang sering di hubungi Telegram.

Mungkin saja, kontak orang yang dimaksud masuk dalam daftar blokir, sehingga kalian tidak dapat mengirimkan pesan Telegram kepada orang tersebut.

Silahkan cek daftar blokir, kemudian buka blokiran kontak orang yang dimaksud. Untuk lebih jelasnya, ikuti cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan dengan membuka blokiran kontak, berikut ini :

  • Buka Telegram terlebih dahulu.
  • Selanjutnya buka menu pada Telegram yang berada di bagian kiri atas dengan ikon garis tiga horizontal.
  • Kemudian, pilih pengaturan.
  • Di halaman pengaturan, silakan pilih bagian Privasi & Keamanan.
  • Kemudian di halaman Privasi & Keamanan buka bagian Daftar Blokir.

  • Sekarang yang perlu kalian lakukan tinggal cek nama teman tersebut di antara beberapa nama yang di blokir di halaman daftar blokir.
  • Jika teman tersebut ternyata ada pada daftar blokir, maka selanjutnya tinggal klik ikon berbentuk titik tiga tepat di sebelah kanan nama kontak.
  • Di opsi tersebut, pilih Lepas Blokir.

  • Jika sudah lepas blokir, kontak teman kalian akan kembali lagi ke daftar teman di Telegram.
Terkait:  Cara Menghapus Downloadan di Telegram

5.  Tunggu Waktu Pembatasan Akun

Penyebab Telegram tidak bisa kirim pesan ke orang lain adalah adanya pembatasan akun Telegram. Memang penyebab ini jarang terjadi, biasanya alasan pembatasan akun dikarenakan pengguna telah melanggar kebijakan dan peraturan Telegram.

Jika kalian telah melanggar kebijakan Telegram, seperti melakukan pengiriman spam kepada orang lain atau sedang melakukan kegiatan yang di anggap spam. Hal ini bisa membuat akun Telegram kalian akan di batasi.

Solusi atas masalah ini, hanya perlu menunggu waktu sampai proses pembatasan akun selesai. Namun kalian harus bersabar menunggunya, karena batas waktunya tidak ditentukan oleh pihak Telegram.

6. Cek Pengaturan Proxy

Untuk masalah dikarenakan pengaturan proxy pada perangkat, kalian hanya perlu ikuti cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan dengan menonaktifkan layanan pengaturan Proxy. Berikut ulasannya :

  • Buka Telegram Apps di perangkat hp.
  • Pilih ikon tiga garis di samping kiri atas.
  • Tekan pengaturan.
  • Tap Data dan Penyimpanan.
  • Gulir layar ke bawah, lalu pilih pengaturan proxy.
  • Nonaktifkan pada pengaturan proxy, caranya cukup geser tombol.

7. Jangan Menggunakan Telegram Mod (Modifikasi)

Jika kalian tidak menggunakan aplikasi Telegram resmi alias Mod, sebaiknya gunakan aplikasi Telegram resmi di google Play Store. Cukup dengan mengunduh aplikasinya di Play Store, berikut :

  • Hapus terlebih dahulu aplikasi MOD Telegram dari perangkat.
  • Jika sudah, install Telegram resminya di Google Play Store.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai dan Telegram terpasang pada perangkat hp.
  • Silakan login dengan menggunakan nomor yang sama.
  • Kemudian, cobalah untuk mengirim pesan kepada teman kalian sesame pengguna Telegram, maka kalian bisa dengan mudah mengirim pesan.

Setiap masalah tentu ada penyelesaiannya, begitupun dengan masalah tidak bisa kirim pesan di Telegram. Kalian bisa coba 1-7 cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan dengan mudah di atas!

Related posts