Cara Download Game di Laptop

Game termasuk salah satu media hiburan yang kerap dilakukan banyak orang saat senggang, selain menonton streaming film. Namun sayangnya, mendownload game di laptop tidak semudah kita mendapatkan game versi mobile-nya. Inilah kenapa, Kami disini akan membahas cara download game di laptop. Game bawaan di laptop memang seringkali membosankan. Maka dari itu, Kamu mungkin tertarik untuk mengunduh game lainnya kemudian menginstalnya pada perangkat laptop.

Sekarang ini memang sering kita jumpai ada banyak game yang bisa diunduh secara gratis via internet. Kamu hanya perlu memiliki koneksi internet yang stabil dan langsung dapat menikmati suguhan game-game menarik baik di PC atau laptop. Lantas, bagaimana cara download game di laptop dengan mudah?

Cara Download Game di Laptop

Tutorial Download Game di Laptop Dengan Mudah

Karena nantinya, Kamu menggunakan aplikasi atau situs penyedia game sebagai tempat download game, maka Kamu harus mempersiapkan laptop yang Kamu pakai terlebih dahulu. Ada beberapa tips cara download game di laptop agar lebih aman, yang bisa Kamu coba berikut :

1. Klik Tautan Download Dengan Benar

Ketika Kamu mengunduh game, tentu saja Kamu harus memastikan dulu sudah mengklik tautan download dengan benar, yang ditawarkan para penyedia game. Tautan tersebut umumnya berwarna biru dengan garis bawah, dan terdapat tulisan download.

2. Memakai IDM (Internet Download Manager)

Jika Kamu ingin mengunduh game, sebaiknya pakai aplikasi download berupa IDM (Internet Download Manager). Tak hanya dapat mengunduh game dengan cepat, tetapi IDM pun dapat membantu menata hasil unduhan otomatis. Dapat memasukkan game yang sudah diunduh ke folder khusus. Dimana hal tersebut biasanya dilakukan supaya Kamu tak kehilangan jejak file game yang telah diunduh.

Terkait:  Cara Download Story IG di iPhone

3. Kecepatan Internet dan Kapasitas File

Kamu harus tahu bahwa proses unduhan sangat dipengaruhi oleh kapasitas file dan kecepatan akses internet itu sendiri. Dengan semakin besar kapasitas game yang Kamu download, maka akan semakin lama juga proses unduhannya.

4. PC Dibekali Antivirus

Selain itu, pastikan pula PC atau laptopmu benar-benar aman dengan pembekalan antivirus terbaik. Karena tak jarang game yang Kamu unduh, sama halnya dengan aplikasi yang lainnya akan sering ditempeli oleh malware maupun virus.

Jika sudah mempersiapkan hal-hal di atas, maka Kamu tinggal mengunduh game di laptop dengan memakai cara download game di laptop berikut!

Cara Download Game di Laptop

Cara Download Game di Laptop
Download Game di Laptop

Download Game di Laptop Mudah

Ada beberapa panduan cara download game di laptop yang bisa Kamu terapkan untuk mengunduh berbagai macam permainan di PC. Berikut ulasannya :

1. Tutorial Download Game di Laptop Melalui Steam

Steam merupakan platform yang dapat dipakai untuk mengunduh game, baik yang gratisan maupun berbayar lewat aplikasinya. Akan tetapi, aplikasi ini juga telah dibekali oleh fitur menarik di dalamnya. Namun sebelum mencoba cara download game di laptop melalui steam, disarankan untuk mendownload aplikasi Steam-nya lebih dulu. Kemudian Kamu tinggal ikuti panduan mengunduh game berikut ini :

  • Silahkan operasikan aplikasi Steam kemudian masuk ke akun Steam.
  • Selanjutnya buka ‘Store’ lalu pilih ‘Game’ dan cari game sesuai keinginanmu.
  • Jika sudah menemukan game yang Kamu inginkan, ketuk ‘Play Game’ lalu centang ‘Create Desktop Shortcut’. Kemudian pilih ‘Next’.
  • Silahkan tunggu sampai proses download selesai, Kamu pun dapat memainkan game langsung.

2. Tutorial Download Game di Laptop Lewat Windows Store

Windows Store adalah sebuah aplikasi penyedia game secara resmi besutan Microsoft. Di sini ada banyak sekali game-game yang gratis serta berbayar bahkan ada beberapa aplikasi yang tersedia. Apabila Kamu telah mempunyai Windows 8, 8.1 dan 10, biasanya aplikasi Windows Store telah dipasangi aplikasi ini secara otomatis. Namun jika di perangkat laptopmu masih belum ada aplikasinya, Kamu tinggal mendownloadnya terlebih dulu.

Terkait:  Cara Download Foto Profil IG Tanpa Aplikasi

Untuk mendownload Windows Store sendiri cukup mudah, Kamu harus pastikan OS Windows di komputer atau laptopmu telah disambungkan akun Microsoft. Setelah itu, Kamu tinggal ikuti cara download game di laptop dengan Windows Store berikut ini :

  • Silahkan operasikan Windows Store Apps pada Start Menu Windows.
  • Jika sudah, pilih ‘Games’ selanjutnya cari lalu pilih game favoritmu.
  • Tekan ‘Install’.
  • Silahkan tunggu sampai download selesai, selanjutnya Windows langsung mendownload game ke PC milikmu.

3. Downlad Game di Laptop Lewat CNET

Jika dibandingkan aplikasi-aplikasi di atas, CNET tidak memintamu untuk mendownload aplikasinya terlebih dahulu di perangkat laptopmu. Karena Kamu bisa langsung mengunjungi laman resmi CNET, dengan langkah cara download game di laptop berikut ini :

  • Silahkan buka web browser pada PC lalu buka website CNET resmi.
  • Selanjutnya pilih aplikasi game yang akan didownload.
  • Ketuk ‘Download Now’ jika ingin mendownloada game favoritmu di CNET.
  • Jika sudah, Kamu akan ditampilkan jendela persetujuan setelahnya dari web browser agar dapat mendownload game di CNET.

4. Download Game di Laptop Melalui Discord

Tak hanya memungkinkanmu untuk dapat berkomunikasi bersama teman saja, tetapi Discord pun menawarkan berbagai pilihan game untuk dapat didownload. Kamu bisa mengunduh game berbayar maupun yang gratisan. Ini dia cara download game di laptop lewat Discord :

  • Download Discord Apps di laptop, kemudian masuk ke akun Discord.
  • Silahkan buka ‘Store’ kemudian pilih mana game yang ingin didownload.
  • Tekan ‘Add to Library’ di game yang akan diunduh.
  • Pilih ‘Library’ lalu klik opsi tersebut.
  • Silahkan tunggu sampai proses unduhan selesai, Kamu pun dapat memainkan game. Caranya dengan tekan ‘Play’ yang terdapat pada game pilihanmu tersebut.
Terkait:  Cara Mabar Genshin Impact

5. Download Game di Laptop Lewat GOG

Kamu juga bisa mengunduh game di perangkat laptop melalui GOG. Dimana GOG adalah platform yang menawarkan banyak game berbayar atau gratisan. Namun hal yang perlu Kamu lakukan pertama kali sebelum mendownload game yang ada di GOG yaitu mendownload GOG Galaxy terlebih dahulu lewat situs web resmi mereka. Setelah itu, baru Kamu bisa mengunduh game di platform GOG via laptop berikut :

  • Silahkan buka GOG Apps, kemudian masuk lewat akun GOG.
  • Selanjutnya pilih ‘Store’ kemudian cari jenis game favoritmu.
  • Jika sudah ketemu, tekan ‘Download and Install Now’.
  • Lalu tunggu sampai proses unduhan selesai, Kamu pun tinggal memainkan game tersebut.

6. Download Game di Laptop Lewat CD Game

Tak hanya lewat intternet, cara download game di laptop melalui CD game pun bisa Kamu coba. Metode ini meskipun terbilang kuno, tapi tetap dapat dijadikan alternatif apabila Kamu tidak mempunyai koneksi internet stabil. Jika sudah memiliki CD Game ini, tinggal install saja dengan panduan berikut ini :

  • Silahkan masukkan CD Game ke laptop.
  • Setelah itu, buka opsi ‘File Explorer’.
  • Kamu bisa mencari file yang berekstensi .exe di dalam direktori game.
  • Silahkan klik dua kali file tersebut.
  • Lalu ikuti instruksi instalasi game hingga selesai.
  • Selanjutnya, Kamu akan dibawa ke shortcut ikon game di dalam desktop.
  • Lakukan klik dua kali pada ikon tersebut, dan lanjutkan untuk bermain game yang sudah Kamu unduh.

Oke, itulah 6 tutorial cara download game di laptop baik dengan menggunakan platform web internet maupun dengan menggunakan CD Game. Semoga bermanfaat!

 

Related posts