Cara Masuk UGM dengan Beasiswa

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu universitas terbaik dan terkemuka di Indonesia. Siapa sih yang tidak tertarik kuliah di kampus ternama ini? Bahkan banyak lulusan UGM yang kini menjadi tokoh-tokoh terkenal di Indonesia, salah satunya adalah orang nomor 1 di Indonesia, Presiden RI kita Bapak Joko Widodo.  Kalian yang ingin mengikuti jejaknya, bisa nih coba cara masuk UGM dengan beasiswa!

Bisa kuliah di universitas kenamaan ini tentu sangat membanggakan, apalagi jika mendapat beasiswa. Bagi yang sudah diterima sebagai mahasiswa baru di kampus UGM, penting untuk melihat atau membaca beberapa info penting tentang perkuliahan di kampus UGM.

Selain bagi mahasiswa baru, mahasiswa lama juga dapat mencari informasi tentang beasiswa di UGM dengan tujuan kalilan bisa mengikuti beasiswa yang ditawarkan.

Beasiswa yang Ditawarkan di UGM

Ada beberapa daftar beasiswa kuliah di UGM yang bisa diikuti programnya, siapa tahu kalian bisa menjadi salah satunya :

1. Djarum Beasiswa Plus

Djarum Beasiswa Plus adalah salah satu beasiswa yang ditawarkan oleh Djarum Foundation bagi mahasiswa S1/D4 untuk semester IV bagi semua program studi. Dengan persyaratan di semester III mempunyai IPK minimal 3.00 dan bisa mempertahankan IPK dengan nilai minimum 3.00 sampai akhir semester IV.

2. Beasiswa Putera Sampoerna Foundation

Selain Djarum Foundation, ada juga beasiswa dari Putera Samporna Foundation kepada mahasiswa Strata 1/S1 untuk program reguler. Beasiswa ini ditujukan bagi siswa berprestasi dan tidak mampu selama tingkat SMA.

Terkait:  Cara Masuk Akun Belajar ID

3. Beasiswa Bank Indonesia

Bagi kalian yang sudah menuntaskan 4 semester di UGM juga bisa berpeluang mendapatkan beasiswa darai Bank Indonesia. Persyaratannya untuk mahasiswa S1 dengan IPK minimum 3.00 dan sudah menempuh setidaknya 60 sks.

4. Beasiswa Eka Tjipta Foundation

Program beasiswa Eka Tjipta Foundation ini ditawarkan oleh Yayasan Dharma Eka Tjipta Widjaja bagi mahasiswa baru S1 UGM. Ditujukan bagi yang mempunyai prestasi cemerlang dengan kepribadian terpuji. Jika dirasa kalian memenuhi persyaratannya, silahkan daftarkan diri kalian.

5. Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi adalah bantuan beasiswa yang biasanya diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dan mempunyai prestasi. Untuk pendaftaran, bisa dilakukan di awal penerimaan calon mahasiswa baru. Dengan biaya pendidikan yang diterima dari semester 1-6 (D3), dan semester 1-8 untuk S1.

6. Beasiswa PT. Indonesia Asahan Alumunium

PT Inalum (Indonesia Asahan Alumunium) memberikan beasiswa untuk mahasiswa S1 Universitas Gajah Mada dari 10 Kabupaten/Kota di kawasan Danau Toba dengan minimal IPK untuk eksakta 2,75 dan non eksakta minimal 3.0.

7. Beasiswa BCA Finance

Jika kalian mahasiswa S1 dan sudah menempuh atau sedang menempuh kuliah semester 1, BCA Finance akan membagikan beasiswa untuk kalian. Dengan persyaratan berprestasi bagi semua jurusan dengan minimal IPK 3.00 bagi mahasiswa semester 2. Biaya pendidikan yang diberikan senilai Rp. 3 juta per semester hingga semester 8.

8. Beasiswa Pembangunan Jaya

Beasiswa Pembangunan Jaya adalah beasiswa yang diberikan oleh Yayasan megajaya Sejahtera kepada mahasiswa S1 UGM. Biaya pendidikan yang diberikan Rp. 6 juta per tahun yang menempuh semester 5/7 dengan minimal IPK 3.00.

9. Beasiswa PLN

PLN atau Perusahaan Listrik Negara memberikan bantuan biaya pendidikan senilai Rp. 5 juta per tahun untuk mahasiswa UGM baik jenjang D3, D4 dan S1.

Terkait:  Cara Masuk Akun Belajar ID

Cara Masuk UGM dengan Beasiswa

Cara Masuk UGM dengan Beasiswa
Masuk UGM Dengan Beasiswa

Jika tertarik masuk UGM dengan beasiswa, atau mungkin sudah menjadi mahasiswa baru namun keberatan dengan biaya pendidikannya, kini jangan khawatir. Terlebih lagi jika kuliah di salah satu jurusan dengan biaya yang sangat fantastis, seperti prodi S1 kedokteran, kalian akan membutuhkan beasiswa.

Simak cara masuk UGM dengan beasiswa berikut!

1. Mencari Banyak Informasi

Jika kalian orang yang rajin mencari banyak informasi, bukan tidak mungkin kalian berpeluang mendapatkan beasiswa untuk menempuh pendidikan di UGM. Apalagi biaya pendidikan yang tidak sedikit membuat setiap orang harus gencar-gencar mencari informasi terkait beasiswa. Jangan malas mencarinya, apalagi kalian tidak perlu harus mendatangu suatu tempat untuk mencari informasi beasiswa ini, cukup di internet saja.

Ada banyak sekali beasiswa yang ditawarkan seperti yang dijelaskan sebelumnya, mulai dari Djarum, BIdikmisi, dan lainnya.

Silahkan cek info beasiswa untuk mahasiswa D4/S1 mulai dari sekarang, terlebih kalian yang ingin masuk kuliah di UGM sebentar lagi. Selain itu, cara masuk UGM dengan beasiswa juga bisa dilakukan bagi mahasiwa baru atau yang sedang kuliah.

Silahkan cek persyaratan dan ketentuannya, karena setiap lembaga penyedia beasiswa menawarkan beasiswa serta prosedur berbeda.

2. Mempunyai Nilai Akademis Baik

Tidak sedikit lembaga yang memberikan beasiswa dengan mengharuskan penerimanya memiliki nilai akademis yang baik. Jika ingin menerima beasiswa, maka kalian harus rajin agar bisa memperoleh nilai yang baik.

Kalian juga harus memiliki prestasi akademis, seperti menjuarai olimpiade Sains tingkat provinsi maupun Nasional. Karena bisa meningkatkan potensi untuk mendapatkan beasiswa.

Saat mendaftar beasiswa, kalian akan diminta memberikan transkrip nilai dan bukti prestasi, semisal sertifikat penghargaan juara lomba.

Terkait:  Cara Masuk Akun Belajar ID

3. Mengikuti Kompetisi

Cara masuk UGM dengan beasiswa selanjutnya adalah mengikuti kompetisi. Jika mengikuti berbagai perlombaan, sebenarnya tidak semua perlombaan harus juara, setidaknya ada 1-2 kompetisi yang sukses kalian juarai.

Beberapa lembaga yang menyediakan beasiswa, ada yang mewajibkan para pendaftarnya memiliki prestasi lain selain prestasi akademik. Jika kalian tidak memiliki prestasi dalam bidang akademik, setidaknya kalian dapat mengasah bakat dalam bidang non akademik.

Bahkan tidak sedikit orang yang mendapatkan beasiswa dari prestasi non akademik dengan jumlah yang sangat besar. Seperti menjuarai cabang olahraga tertentu.

4. Proyek Penelitian

Ada beberapa lembaga yang menyuguhkan dana pendidikan untuk mahasiswa-mahasiswa yang telah terlibat mengerjakan sebuah proyek penelitian. Biasanya setiap jurusan dalam universiter memiliki proyek penelitian tertentu yang nantinya dipimpin dosen.

Kalian dapat mengikuti proyek yang ditawarkan dosen, di dalam proyek tersebut kalian akan juga bisa bekerjasama dengan senior atau kakak tingkat. Bukan hanya menambah link atau relasi saja, tetapi bisa meningkatkan potensi untuk berpeluang mendapatkan beasiswa.

5. Aktif Mengikuti Organisasi

Kalian juga bisa mengikuti berbagai organisasi, baik di luar atau di dalam kampus. Karena tidak sedikit lembaga penyedia beasiswa yang bersedia memberikan dana pendidikan ke organisasi tertentu.

Apabila kalian berhasil memiliki kontribusi besar terhadap organisasi ini, kalian bisa mendapatkan beasiswa. Sangat cocok bagi yang ingin masuk kuliah atau sedang kuliah.

6. Terus Berusaha

Cara masuk UGM dengan beasiswa memang tidaklah mudah, terlebih jika status kalian saat ini memang sudah menempuh kuliah dengan tugas yang tidak sedikit. Belum lagi harus mempersiapkan berbagai berkas beasiswa, dengan pekerjaan yang lebih banyak.

Jika berhasil mendapatkan beasiswa, kalian tidak boleh asal-asalan belajar. Sebab setiap penyedia beasiswa akan menawarkan persyaratan tertentu kepada penerimanya, seperti lulus dengan tepat waktu.

Dengan kata lain, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa atau mempertahankan beasiswa yang didapat. Karena dengan mendapatkan beasiswa, maka kalian bisa sedikit meringankan beban orang tua untuk membiayai pendidikan selama kuliah. Silahkan ikuti cara masuk UGM dengan beasiswa melalui tips dan trik di atas!

 

Related posts