Cara Bekerja di Kapal Pesiar

Cara Bekerja di Kapal Pesiar

Jika Kamu tertarik untuk bekerja di kapal pesiar, kamu harus tahu dulu trik dan cara bekerja di kapal pesiar agar kamu benar-benar bisa diterima di salah satu perusahaan kapal pesiar incaranmu.

Kenapa sih banyak orang tertarik bekerja di kapal pesiar? Seperti kebanyakan orang, poin utama yang harus diperhatikan saat mencari pekerjaan adalah yang menawarkan gaji besar. Begitupun dengan bekerja di kapal pesiar, penghasilan yang didapatkan cukup fantastis jika dibandingkan bekerja hanya sebagai karyawan atau buruh perusahaan.

Menariknya lagi dengan bekerja di kapal pesiar, secara tidak langsung memungkinkanmu untuk berkeliling ke lintas negara yang tentu saja tak semua orang berpeluang untuk melakukannya. Meskipun demikin, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi agar Kamu bisa bekerja di kapal pesiar. Selain itu, Kamu juga harus giat mencari lowongan kerja di kapal pesiar.

Uniknya, bagi lulusan MA/SMA/SMK atau lulusan lainnya yang setara dan berencana ingin bekerja lebih dulu sebelum melanjutkan kuliah, maka pilihan ideal untuk memilih bekerja di kapal pesiar.

Tips Sebelum Melamar Sebagai Kru Kapal Pesiar

Ada beberapa informasi yang perlu kamu ketahui sebelum melamar untuk menjadi bagian dari kru kapal pesiar, diantaranya :

1. Bergabung di Lembaga Khusus

Bekerja di kapal pesiar memerlukan lembaga khusus yang menangani calon-calon karyawan baru. Namun sebelum masuk ke salah satu lembaga tersebut, cek terlebih dahulu mengenai perizinan lembaga tersebut dan keabsahannya. Tujuannya supaya Kamu dapat terhindar dari bahaya penipuan.

Pemerintah pun menyediakan wadah khusus untuk melamar pekerjaan dan menyalurkannya ke lembaga terkait yang bekerjasama dengan pemerintah. Jika kamu berniat ingin bekerja di kapal pesiar, lebih baik datanglah ke Departemen Tenaga Kerja (Depnaker) setempat untuk menanyakan seputar pekerjaan di kapal pesiar. Kamu juga bisa mengunjungi site pencari kerja untuk mencari lowongan kerja di kapal pesiar.

2. Pelatihan dan Pendidikan di Lembaga Terkait

Jika kamu sudah disalurkan ke lembaga terkait, kamu belum bisa langsung bekerja di kapal pesiar begitu saja. Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah melakukan pelatihan dan pendidikan terlebih dahulu agar kamu mahir dan menguasai pekerjaan yang berkaitan dengan kapal pesiar.

Tidak tanggung-tanggung mengenai sistem pendidikan dan pelatihannya, karena kamu akan di latih berdasarkan standar internasional. Bukan tanpa alasan, mengingat kapal pesiar bukan hanya berkeliling di sekitaran kepulauan Indonesia saja, melainkan kamu akan di bawa menuju lintas negara yang tentunya pelayanannya harus sama berskala internasional. Jadi tak ada bedanya dengan cara kerja di luar negeri.

3. Bekerja di Kapal Pesiar

Setelah semuanya sia, seperti sudah menyelesaikan Pendidikan dan pelatihan juga mengurus administrasinya, maka kamu berhak bekerja di kapal pesiar sesuai dengan lowongan yang ada. Kamu nantinya akan dipekerjakan secara kontrak lebih dulu atau langsung menjadi karyawan tetap.

Cara Bekerja di Kapal Pesiar

Cara Bekerja di Kapal Pesiar
Panduan Cara Bekerja di Kapal Pesiar

Panduan Alur Bekerja di Kapal Pesiar

Selain infromasi umum di atas, ada beberapa alur cara bekerja di kapal pesiar yang wajib kamu ketahui agar kesempatan bekerja di kapal pesiar lebih besar. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini :

1. Syarat Kelulusan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, agar bisa bekerja di kapal pesiar tidak harus mengikuti pendidikan khusus supaya bisa diterima. Karena lulusan SMA atau sederajat pun sudah bisa melamar disana, asalkan sebelumnya Kamu mengikuti pendidikan dan pelatihan terlebih dahulu. Pendidikan dan pelatihan tersebut dilakukan di lembaga khusus perhotelan dan kapal pesiar dengan legalitas yang sudah resmi. Lembaga tersebut juga harus mempunyai reputasi yang baik sehingga untuk lulusannya akan langsung disalurkan ke tempat kerja di kapal pesiar.

Akan tetapi, lain cerita jika kamu ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya setelah SMA yaitu masuk terlebih dahulu ke jurusan perhotelan. Maka peluang untuk bekerja di kapal pesiar jauh lebih besar dibandingkan lulusan lainnya.

Dasarnya kenapa lulusan perhotelan lebih cepat diterima di kapal pesiar, karena semua mata kuliah dan praktek-prakteknya satu linear dengan pekerjaan yang akan dilakukan di kapal pesiar.

Dalam bahasa inggris istilah kapal pesiar disebut juga dengan Floating Hotel, artinya kamu akan bekerja di hotel yang berada di dalam kapal pesiar dengan sistem kerja layaknya di hotel biasa.

2. Surat Pengalaman Kerja

Tenang saja, bagi fresh graduate dari lembaga perhotelan atau sekolah tingkat lanjut khusus perhotelan, kamu akan melaksanakan training selama 6 bulan di hotel-hotel berbintang atau di kapal pesiar yang ditunjuk oleh lembaga.

Pengalaman tersebut bisa dijadikan sebagai dasar untuk membuat surat pengalaman kerja, dimana surat ini penting sekali untuk dijadikan dasar pertimbangan agar diterima di kapal pesiar.

Bagi kamu yang pernah bekerja di hotel berbintang dengan lama bekerja minimal 1 tahun misalnya, maka Kamu bisa menambahkannya pada surat pengalaman kerja. Tujuannya agar peluang masuk untuk bekerja di kapal pesiar jauh lebih besar.

3. Batas Minimal Usia

Alur cara bekerja di kapal pesiar selanjutnya ialah dengan memperhatikan batas minimal usia. Bagi kamu yang sudah lulus sekolah perhotelan atau dari lembaga khusus, lebih disarankan jangan tergesa-gesa mengikuti seleksi di agen-agen resmi tertentu untuk menyalurkan tenaga kerja ke kapal pesiar. Karena batas minimal untuk bekerja di sana adalah minimal 21 tahun.

Oleh karena itu, perbanyaklah pengalaman terlebih dahulu sebelum ikut seleksi di agen agar peluang masuk di kapal pesiar menjadi lebih besar.

Selain itu biasanya, batas usia minimal juga berkaitan dengan pembuatan visa kerja. Sebab untuk kapal pesiar yang berada di Eropa dan Amerika, memberlakukan batas usia minimal agar bisa mendapatkan visa kerja secara legal.

4. Lancar Berbahasa Inggris

Sebelum mengisi lowongan kerja di kapal pesiar, Kamu harus mengasah kemampuan berbahasamu terlebih dahulu. Lancar bukan berarti fasih berbahasa inggris, minimal kamu bisa berkomunikasi dua arah dengan lancar ketika menggunakan bahasa inggris. Pelajarilah percakapan sehari-hari terutama yang menyangkut dengan pekerjaanmu di kapal pesiar.

Salah satu faktor diterimanya bekerja di kapal pesiar adalah lancar berbahasa inggris. Bila perlu, ikutilah lembaga-lembaga khusus yang siap membantu melancarakan kemampuan berbahasa inggrismu.

5. Ikuti Seleksi Menjadi Tenaga Kerja di Kapal Pesiar

Untuk mengisi lowongan kerja di kapal pesiar, Kamu harus sudah mempersiapkan bekar dan dokumen yang dibutuhkan. Mulai dari sertifikat kelulusan dari sekolah perhotelan atau lembaga khusus perhotelan, dengan usia lebih dari 21 tahun. Selain itu juga, memiliki pengalaman kerja dengan mengikuti training 6 bulan. Pastikan pula Kamu mempunyai pengalaman bekerja di hotel berbintang dengan minimal kerja 1 tahun, dan yang terpenting harus lancar berbahas inggris. Jika sudah dipersiapkan semuanya, maka Kamu tinggal mengikuti seleksi di agen-agen khusus penyalur tenaga kerja.

Yang perlu kamu pastikan adalah agen yang kamu tuju memiliki izin resmi dan mempunyai reputasi yang baik. Caranya dengan melihat kredibilitas dan kepercayaan public terhadap Lembaga tersebut. Tujuannya adalah agar kamu tidak tertipu dengan iming-iming yang ujung-ujungnya malah merugikan kamu.

Saran yang paling tepat adalah meminta bantuan ke bagian Depnaker agar bisa disalurkan kepada agen resmi khusus penyalur tenaga kerja bagi kapal pesiar.

6. Kelengkapan Dokumen

Cara bekerja di kapal pesiar lainnya ialah, melengkapi dokumen yang diperlukan. Jangan lupa kelengkapan dokumen lainnya yang kamu butuhkan agar bisa segera bekerja di kapal pesir yaitu Visa/Paspor, sertifikat-sertifikat, buku pelaut, hasil medical chesk-up, KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri).

Adapun khusus untuk KTLN, tidak semua agen mewajibkan persyaratan tersebut. Akan tetapi, sekedar untuk berjaga-jaga lebih baik kamu membuatnya sebagai antisipasi jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Demikian 6 tahapan alur cara bekerja di kapal pesiar yang wajib Kamu perhatikan dan penuhi agar Kamu bisa diterima kerja di perusahaan kapal pesiar yang Kamu inginkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

 

Related posts