Cara Melacak Hp Oppo yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara Melacak Hp Oppo yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Setiap orang tentu tidak akan pernah mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan, tidak terekecuali saatada musibah. Inilah yang mengharuskan kita harus tetap waspada terhadap aksi kriminal atatu pencurian. Seperti halnya kehilangan hp Oppo, baik itu dicuri atau terjatuh. Namun, kalian tetap bisa mencoba cara melacak HP Oppo yang hilang dalam keadaan mati untuk`

Oppo termasuk salah satu smartphone yang bisa dikatakan mampu menandingi pabrikan ponsel kelas premium. Pertama kali diperkenalkan tepat di tahun 2013 silam di Indonesia. Sejak saat ini, merk Oppo semakin dikenal berkat gencarnya promosi dari tim Oppo. Hala ini terbukti dari data-data yang menjelaskan bahwa Oppo termasuk 5 besar brand hp terkemuka di Indonesia.

Read More

Sebagai salah satu pabrikkan hp yang namanya diperhitungkan, Oppo dirasa cukup rajin meluncurkan produk hpnya. Setidaknya Oppo mampu mengeluarkan 7 seri lebih hp setiapa tahunnya, mulai dari level low end, level middle-range hingga flagship. 

Setiap varian Oppo menawarkana segmentasi pasar untuk setiap produknya. Bahkan merekaa gencaar melakukan pemasaran dengan cara menggandeng selebritas atau inffluencer. Inilah yang membuat hp Oppo semakin dikenal.

Lantas, bagaimana jika hp Oppo hilang? menariknnya, Oppo telah disematkan fitur untuk melacak hp yang hilang. Bahkan sebagai salah satu produk yang mengusung OS android, kalian juga bisa memakai aplikasi pihak ketiga untuk melacak perangkat yang hilang. Ini dia cara melacak hp Oppo yang hilang dalam keadaaan mati!

Cara Melacak Hp Oppo yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara Melacak Hp Oppo yang Hilang Dalam Keadaan Mati
Melacak Hp Oppo yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Melacak Hp Oppo yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara melacak hp Oppo yang hilang dalam keadaan mati sebenarnya cukup mudah dilakukan. Beberapa metode bisa kalian coba untuk meningkatkan peluang agar hp Oppo kembali ditemukan. Simak langkahnya :

1. Menggunakan Perangkat Saya

Fitur Temukan Perangkat Saya adalah salah satu yang bisa diandalkan unntuk melacak ponsel yang hilang. Persyaratannya juga cukup mudah, kalian hanya perlu memakai Gmail yang telah didaftarkan dan diaktifkan di hp Oppo yang hilang. Jadi, sangat akurat dan cocok digunakan untuk melacak hp Oppo dalam keadaan mati atau saat baterai lemah.

Ini cara melacak hp Oppo yang hilang dalaam keadaan mati :

  • Masuk dan buka alamat link berikut : myaccount.googgle.com/find-your-phone.
  • Setelah itu, login memakai email juga password.
  • Pilih hp oppo yang dilacak, dan tekan Temukan.
  • Selanjutnya akan langsung dibawa ke layanan Googgle Maps. Di sana akan tertera informasi lokasi hp terakhir.

Bagaimana, opsi Temukan Perangkat Saya sangat mudah bukan? Jika belum puas, kalian bisa mencoba melakukan pelacakan hp yang hilang menggunakan IMEI.

2. Menggunakan IMEI Tanpa Aplikasi

Cara melacak hp Oppo yang hilang dalam keadaan mati selanjutnya yaitu melalui IMEI. Untuk syarat dan ketentuannya sangat mudah, cukup persiapkan dokumen identitas diri atau KTP beserta IMEI yang ada di hp, silahkan datang ke galeri provider atau Service Center provider yang dipakai.

Setelah pergi ke layanan Service Center provider yang kalian pakai di hp yang sedang dicari, maka pihak CS akan langsung membantu. Namun pelaporan sebaiknya dilakukan sesaat setelah kalian kehilangan hp Oppo, untuk memudahkan proses pencarian dan pelacakan.

3. Menghubungi Pihak Berwajib Atas Hilangnya Handphone

Tidak ada salahnya juga meminta bantuan pihak berwajib atau polisi untuk melakukan pencarian hp yang hilang dengan menggunakan nomor IMEI hp. Karena biasanya pihak kepolisian telah memiliki sebuah alat berupa sistem pelacakan canggih menggunakan IMEI, jadi dapat digunakan untuk melacak hp yang hilang.

Silahkan datangi kantor kepolisian terdekat untuk melaporkan kehilangan ponsel. Kemudian minta bantuan pihak kepolisian untuk melacak keberadaan hp yang hilang.

4. Cara Melacak Hp Oppo yang Hilang via Gmail

Alih-alih menggunakan fitur atau aplikasi pelacakan, kalian juga bisa mengandalkan akun gmail untuk pelacakan. Google memang tidak pernah setengah-setengah dalam meluncurkan sebuah aplikasi, karena setiap layanan mereka selalu terintegrasi dengan layanan lainnya. Begitupun pada akun Gmail yang langsung terhubung pada Google Maps. Penasaran, bagaimana cara melacak hp Oppo yang hilang via Gmail? cek ulasannya disini :

  • Masuk dan buka Gmail, login ke akun kalian seperti biasa. Akun yang digunakan tentu saja yang sudah terkoneksi pada perangkat Oppo kalian yang hilang, menggunakan smartphone lain.
  • Silahkan buka Google Maps setelahnya.
  • Masuk ke pilihan Lini Masa, sebagai fitur yang berfungsi untuk melihat history lokasi dari ponsel Oppo yang hilang.
  • Kalian bisa mengetahui titik lokasi hp yang hilang terakhir kali. Tapi sayangnya lokasi tersebut hanya bisa mengakses ketika posisi hp dalam kondisi aktif untuk melacak keberadaan lokasi terakhir perangkat.
  • Kalian akan melihat lokasinya secara langsung.

Metode ini dapat dicoba ketika kalian benar-benar bingung untuk melacak keberadaan hp Oppo kesayangan yang mati terakhir kali. Tanpa harus mendownload aplikasi atau mengakses fitur tertentu, cukup dengan menggunakan kedua layanan Google saja dan kalian bisa menemukan lokasi keberadaan hp. Masih belum puas dengan cara ini? Coba cara lainnya!

5. Memakai My Device

Aplikasi Find My Device menjadi salah satu aplikasi penting yang sayang dilewatkan oleh para pengguna android, termasuk Oppo. Melalui fitur Find My Device, memungkinkan para pengguna bisa mencari hp seperti smartwatch, hp, dan laptop ketika tertinggal atau hilang dicuri orang.

Sayangnya aplikasi ini sering diabaikan, atau mungkin karena ketidaktahuan pengguna terhadap aplikasi Find My Device itu sendiri. Sebab pada kenyataannya jarang digunakan untuk aktivitas sehari-hari, hanya dalam kondisi urgent saja.

Find My Device, selain dapat dijalankan di smartphone juga dapat dijalankan via PC. Menurut informasi yang diambil dari Support Google, kalian harus memenuhi beberapa persyaratan supaya Find My Device bisa berjalan. Berikut persyaratannya :

  • Hp dalam keadaan aktif.
  • Terhubung pada akun Google.
  • Terkoneksi dengan jaringan Wifi atau data seluler.
  • Location service harus diaktifkan.
  • Fitur Find My Device di perangkat sudah diaktifkan.

Jika sudah mengaktifkan Find My Device di Opppo, kalian cukup mengikuti tutorial cara melacak hp Oppo yang hilang dalam keadaan mati berikut :

  • Kunjungi Find My Device via browser atau memakai tautan https://www.google.com/android/find.
  • Sign In memakai akun Google kalian yang sama dengan akun Google di hp Oppo.
  • Jika sudah, kalian akan ditampilkan informasi tentang lokasi keberadaan hp yang hilang.

Untuk antisipasi, kalian harus mengaktifkan fitur Find My Device dengan langkah-langkah di bawah ini :

  • Buka Pengaturan atau Setting di hp Oppo.
  • Di halaman Settings, pilih Privacy.
  • Pilih Find My Device.
  • Pastikan toggle bertuliskan Find My Device telah diaktifkan supaya kalian bisa menggunakan untuk melacak hp Oppo kesayangan.

Voila, kini kalian sudah mengaktifkan Find My Device di perangkat, selanjutnya hanya perlu menggunakannya saja untuk melacak hp Oppo.

6. Menggunakan My Device Puter Suara

Cara putar suara ini dapat membunyikan perangkat dengan volume penuh selama 5 menit, bahkan jika ponsel sedang dalam Mode Diam atau Mode Getar. Mengunci ponsel dengan menggunakan PIN, pola, atau kata sandi. Jika kalian belum memasang Kunci Layar, maka bisa  mengaturnya terlebih dahulu.

Untuk membantu seseorang mengembalikan ponselnya, kalian bisa menambahkan pesan atau nomor ponsel ke layar kunci. Hapus dulu perangkat secara permanen menghapus semua data pada ponsel (tetapi tidak menghapus data pada Kartu SD). Setelah menghapus, maka langsung saja Temukan Perangkat Saya tidak akan berfungsi di ponsel tersebut.

Jika masih bingung dengan cara melacak HP Oppo yang hilang dalam keadaan mati bisa Mempelajari ilmu diatas ya! Semoga pembahasan kali ini memberikan manfaat bagi kalian semua. Khususnya bagi orang-orang yang kehilangan handphone beberapa waktu yang lalu. See you next time!

Related posts