Cara Lolos SBMPTN

Cara Lolos SBMPTN

Selamat ya, bagi kalian yang yang sudah lulus SMA! Tapi lulus SMA bukan berarti tugas kalian harus selesai begitu saja, karena masih harus melewati satu tahapan lagi untuk masuk ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Jika ingin memasuki universitas impian, ada satu tahapan penting yang harus dilewati yaitu dengan mengikuti ujiian SBMPTN. Banyaknya pesaing dari berbagai kota di seluruh Indonesia, membuat kalian harus berjuang penuh. Intip rahasia cara lolos SBMPTN yuk!

Setiap tahun, pemerintah selalu menawarkan beberapa jalur yang dapat mempermudah para siswa untuk mengejar impian mendapatkan universitas favorit, jalur tersebut yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Jika SNMPTN hanya melihat prestasi dan nilai rapot saja, untuk diterima dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi. Lain halnya dengan SBMPTN, yang mengharuskan kalian mengikuti ujian tertulis, sebagai penentu kelulusan kalian di universitas tujuan.

Read More

Apa Saja Sih Jenis-jenis Soal di SBMPTN?

Ketika kalian mengikuti ujian SBMPTN, ada 2 jenis soal yang akan disajikan, yaitu :

1. TPS (Tes Potensi Skolastik)

Tipe soal ini biasanya berisi tentang soal-soal tes penalaran, kemampuan kognitif, hingga pemahaman umum.

2. TKA (Tes Kompetensi Akademik)

Berbeda dengan TPS yang mengandalkan kemampuan wawasan umum, untuk TKA sendiri soal yang disajikan berisi materi-materi di bangku sekolah. Nah, hasil dari UTBK SBMPTN tersebut nantinya digunakan saat mendaftar universitas tujuan kalian. Nilai yang didapat sangat menentukan mana jurusan yang dapat diambil di Perguruan Tinggi Negeri tersebut.

Berdasarkan survey, peserta yang berhasil lolos UTBK SBMPTN hanya mencapai 15%-17% saja. Dengan kuota minimal 40% dari total daya tampung setiap jurusan yang bersangkutan. Meskipun persaingannya cukup ketat dengan soal-soal yang tidak mudah, bukan berarti kalian tidak berpeluang untuk lolos masuk universitas impian.

Jika ingin mendapatkan peluang kelulusan lebih besar, kalian harus tahu trik dan cara lolos SBMPTN UTBK yang akan disajikan di bawah ini!

Cara Lolos SBMPTN

Cara Lolos SBMPTN
Trik Agar Lolos SBMPTN

Trik Lolos SBMPTN S0shum atau Saintek

Mengetahui cara lolos SBMPTN untuk kelompok Soshum atau Saintek sangat penting agar kalian berhasil  menghadapi ujian SBMPTN. Ini triknya :

1. Gali Informasi UTBK

UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer adalah tes masuk universitas atau perguruan tinggi. Biasanya UTBK terbagi ke dalam 2 jenis tes, diantaranya TPS dan TKA yang sudah dijelaskan di atas, berdasarkan kelompok ujian dari setiap peserta.

TPS lebih menitikberatkan kepada kemampuan pemahaman dan penalaran umum sebagai indikator penting untuk kesuksesan di sekolah formal, terutama pendidikan tinggi. Biasanya meliputi pengetahuan kuantitatif, kemampuan penalaran umum, pemahaman menulis dan bacaan.

Sementara itu, TKA menitikberatkan pada kemampuan kognitif terhadap materi-materi yang telah dipelajari di bangku sekolah. Tes ini biasanya melibatkan tes Order Thingking Skills (HOTS).

Ada kelompok ujian UTBK yang perlu kalian ketahui :

  • Kelompok Saintek, yaitu kelompok ujian berbasis Sains dan Teknologi yang menyajikan ujian untuk TPS maupun TKA Saintek. Terdiri atas mata pelajaran Fisika, Matematika Saintek, Biologi dan Kimia.
  • Kelompok Soshum, yait kelompok uijian terkait bidang Sosial dan Humaniora dengan ujian TPS maupun TKA Soshum, yang terdiri atas Geografi, Matematika Soshum, Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah.
  • Kelompok ujian campuran antara Saintek dengan Soshum. Materi ujiannya mencakup TPS, TKA Soshum dan TKA Saintek.

Silahkan gali informasi tentang pelaksanaan UTBK SBMPTN sebelum kalian mempersiapkan langkah berikutnya.

2. Petakan Peluang

Jika UTBK sudah bisa dilalui, cara lolos SBMPTN selanjutnya dengan menunggu pendaftaran SBMPTN. Kalian bisa menggunakan waktu luang dengan melakukan riset. Lakukan riset terkait PTN dan jurusan yang ingin diambil. Seperti skor minimal agar lolos SBMPTN di tahun sebelumnya, jumlah kuota yang tersedia untuk mahasiswa baru, jumlah peminat hingga berapa jumlah peminat yang diterima.

Kalian bisa melakukan pemetaan persaingan untuk masuk perguruan tinggi negeri. Misalnya dengan cara melihat tren jurusan tertentu di sebuah PTN. Perlu tahu, beberapa faktor keterkaitan daya tampung dan peminat berikut :

  • Jurusan yang memiliki sedikit daya tampung, memiliki peminat tinggi.
  • Program studi yang memiliki kuota daya tampung lebih banyak, memiliki peminat yang tinggi.
  • Jurusan yang memiliki daya tampung yang banyak, memiliki peminat rendah.
  • Jurusan yang daya tampungnya sedikit, memiliki peminat yang rendah.

Kalian harus memprioritaskan 2 jurusan pilihan paling teratas. Silahkan bandingkan dengan jurusan-jurusan yang ada di PTN lainnya, agar bisa melihat peluang lolos SBMPTN. Melalui pemetaan ini, bisa mengetahui posisi kalian diantara peserta-peserta lainnya.

Boleh jadi, sembari menunggu pendaftaran SBMPTN, pilihan PTN dan jurusan berubah akibat data pemetaan tersebut. Jika sudah menganalisa, tentukan 1 sampai 2 jurusan yang dipilih dengan mantap. Bandingkan dengan perolehan nilai yang didapat, apabila nilai UTBK yang didapat semakin rendah, maka pilih jurusan dengan peminat yang lebih rendah diantara 5 daftar jurusan yang disukai.

3. Jangan Asal Pilih Jurusan

Cara lolos SBMTN paling penting yaitu harus memilih jurusan sesuai minat dan bakat. Baru setelah itu, kalian bisa memilih mana universitas yang ingin dituju. Semakin awal menentukan pilihan, maka semakin banyak juga waktu yang bisa dimanfaatkan untuk mengatur apa saja strategi untuk mendapatkannya.

Ingat, jangan salah memilih jurusan karena kalian akan mempelajari bidang studi jurusan tersebut sampai 4 tahun lamanya. Jika sudah mantap memilih jurusan, tahap berikutnya tentukan beberapa opsi universitas yang menyediakan jurusan tersebut.

4. Pahami Konsep Soal SBMPTN

Silahkan cari soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya, lalu pelajari konsepnya dengan baik. Biasanya pola soal ujian SBMPTN tidak akan jauh berbeda setiap tahunnya. Jika sudah memahami pola dan konsep soal SBMPTN, kalian akan lebih mudah mengerjakannya.

Saat mempelajarinya, kerjakan soal-soal yang paling mudah terlebih dahulu, kemudian kerjakan soal yang menurutmu cukup sulit, baru yang terakhir mengerjakan yang level tersulit. Ingat, jangan menghafal!

Karena soal SBMPTN dibuat untuk menguji pemahaman konstektual dan kekritisan nalar terkait ilmu sosial dan sains. Kalian harus mempersiapkan diri utuk gagal jika masih menghafal teori, dengan tanpa melihat perspektif ilmunya. Mulai sekarang, ubah konsep dan metode belajar ya, guys!

5. Atur Waktu Belajar

Cara lolos SBMPTN selanjutnya, silahkan atur waktu untuk belajar. Setiap orang mempunyai waktu belajar yang berbeda. Mungkin ada yang lebih fokus jika belajar di pagi hari, di siang hari, sore hari, atau mungkin pada malam hari. Kalian harus memastikan belajar secara maksimal saat waktu-waktu terbaik.

6. Mengikuti Ujian Try Out

Untuk mengukur sejauh mana kemampuan kalian dalam mengerjakan soal, kalian wajib mengikuti try out. Selain itu, try out juga bisa dilakukan untuk mempersiapkan psikis dan fisik kalian supaya tidak kaget ketika menghadapi ujian yang sebenarnya. Karena try out biasanya dibuat semirip mungkin konsepnya seperti ujian SBMPTN yang sebenarnya. Silahkan ikuti try out UTBK SBMPTN di link ini setelah mendaftar!

Selain keenam cara lolos SBMPTN di atas, kalian juga harus mempersiapkan fisik dan menjaga kesehatan, serta beristirahat yang cukup. Saat menghadapi ujian SBMPTN berlangsung, jangan lupa baca soal dengan baik dan kerjakan soal dari yang paling mudah terlebih dahulu. Jangan lupa berdoa, karena kalian sudah berikhtiar dan yakin bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses. Tetap semangat dan Semoga berhasil ya, Guys!

 

Related posts