Cara Tambah Daya Listrik

Cara Tambah Daya Listrik
Cara Tambah Daya Listrik

Bagaimana cara tambah daya listrik? Dalam kehidupan sehari-hari, kebutuhan listrik menjadi sangat penting karena listrik merupakan salah satu kebutuhan primer.

Hanya saja, seringkali kita mengalami masalah daya listrik yang kurang atau tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari. Dalam hal ini, solusi terbaik yang dapat dilakukan adalah harus menambah daya listrik.

Read More

Cara Tambah Daya Listrik

Cara Tambah Daya Listrik
Cara Tambah Daya Listrik

Jika kamu ingin menambah daya listrik di rumah atau tempat usaha, karena tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Silahkan ketahui cara menambah daya listrik di bawah ini :

1. Cara Menambah Daya Listrik dengan Memasang Saklar Daya Listrik (Main Switch)

Saklar daya listrik (main switch) berfungsi sebagai penghubung antara instalasi listrik dengan sumber listrik yang ada. Memasang saklar daya listrik dapat menjadi alternatif untuk menambah daya listrik di rumah atau tempat usaha Kamu sehingga bisa memperoleh daya listrik yang lebih banyak dari sebelumnya.

2. Cara Menambah Daya Listrik dengan Menambah Kabel Listrik

Salah satu penyebab daya listrik yang kurang bisa jadi ketersediaan kabel listrik yang kurang memadai. Jika kabel listrik yang digunakan terlalu kecil, maka arus listrik yang melewatinya akan sangat terbatas.

Oleh karena itulah, penambahan kabel listrik bisa dijadikan solusi yang tepat untuk untuk memperoleh penambahan daya listrik di rumah atau tempat usaha kamu.

3. Menambah Jumlah Stop Kontak

Stop kontak atau colokan listrik adalah salah satu bagian dari instalasi listrik di rumah atau tempat usaha Kamu. Banyak sedikitnya jumlah stop kontak tentunya akan mempengaruhi pada konsumsi daya listrik di rumah atau tempat usaha karena berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan listrik sehari-hari.

Oleh karena itu, menambah jumlah stop kontak adalah cara lainnya untuk menambah daya listrik yang dapat Kamu lakukan.

4. Memasang Penangkal Petir

Memasang penangkal petir adalah salah satu cara untuk menambah daya listrik di rumah atau tempat usaha Kamu saat ini. Penangkal petir selain berfungsi untuk melindungi bangunan dari sambaran petir dan dapat mencegah kerusakan pada instalasi listrik, juga dapat membantu dalam penambahan daya listrik.

5. Memasang Grounding

Grounding adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam instalasi listrik baik di rumah atau tempat usaha Kamu. Grounding adalah alat yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik yang berlebihan ke dalam tanah sehingga tidak merusak pada peralatan listrik yang terpasang.

Selain itu, pemasangan grounding juga dapat meningkatkan daya listrik di rumah atau tempat usaha Kamu. Dengan demikian, pastikan grounding terpasang dengan benar. Selain itu, kamu harus memasang grounding dengan meminta bantuan teknisi listrik yang berpengalaman agar tidak terjadi bahaya listrik akibat kesalahan pemasangan.

6. Menambah Panel Listrik

Jika jumlah peralatan listrik di rumah atau tempat usaha Kamu semakin bertambah dari sebelumnya, maka secara tidak langsung memerlukan panel listrik yang lebih besar.

Menambah panel listrik bisa menjadi cara menambah daya listrik yang paling tepat dilakukan jika terjadi kasus demikian. Selain itu, Kamu pun dapat memperoleh daya listrik yang lebih banyak dan sesuai dengan kebutuhan Kamu.

7. Memeriksa Aliran Listrik

Aliran listrik yang tidak stabil atau lemah dapat mempengaruhi daya listrik yang diperoleh di rumah maupun tempat usahamu. Akibatnya alat-alat elektronik akan cepat rusak atau bahkan terjadinya kerusakan fatal secara keseluruhan.

Jika demikian, maka pemeriksaan aliran listrik secara rutin adalah cara yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas daya listrik yang diperoleh. Pastikan juga semua peralatan listrik yang terpasang berfungsi dengan baik.

Dengan 7 cara tambah daya listrik di atas, maka kamu bisa menggunakan jumlah daya sesuai dengan kebutuhan konsumsi listrik di rumah atau tempat usahamu.

Related posts