Cara Bekerja di UNICEF

Cara Bekerja di UNICEF

Apakah kamu berpikir ingin bekerja dan menjadi bagian dari salah satu organisasi kemanusiaan dunia UNICEF? Tenang saja karena setiap organisasi kemanusiaan biasanya sudah ada di setiap negara termasuk di Indonesia. Jika Kamu tertarik dengan cara bekerja di UNICEF, simak terus artikel ini sampai habis ya!

Jika Kamu begitu menyukai dunia kemanusiaan, tentu pernah berpikir untuk menjadi relawan atau bekerja di UNICEF. Namun sebelumnya, Kamu harus mengenal lebih jauh tentang UNICEF terlebih dahulu.

Apa Itu UNICEF?

UNICEF adalah singkatan dari United Nations Children’s Fund, dimana organisasi ini berfokus pada pemenuhan kebutuhan anak-anak di setiap negara berkembang. Melalui dana yang digelontorkan PBB serta lewat penggalangan dana yang dikumpulkan, diharapkan banyak anak-anak yang mendapat perhatian khusus untuk kehidupan lebih layak.

UNICEF merupakan organisasi kemanusiaan yang lebih difokuskan untuk keperluan anak-anak. Organisasi ini sudah eksis dari tahun 1946, kala itu UNICEF berfokus untuk membantu anak-anak di wilayah daratan Eropa, Timur Tengah dan juga Tiongkok yang kala itu luluh lantak akibat terdampak perang.

Pertama kali masuk Indonesia, UNICEF kala itu membantu bencana kelaparan pada anak-anak yang berada di pulau Lombok di tahun 1948. Bahkan tak tanggung-tanggung, bantuan tersebut pun termasuk ke dalam skala bantuan darurat.

Apa Saja Kegiatan UNICEF Saat Ini?

Sebelum kamu berniat ingin melamar pekerjan di UNICEF, tentu harus mengetahui apa saja pekerjaan dan kegiatan yang dilakukan oleh organisasi kemanusiaan ini. Umumnya Program-program yang dijalankan khusus di Indonesia disesuaikan dengan keadaan yang terjadi.

Tujuan akhir keberhasilan UNICEF adalah menjamin Pendidikan, Kesehatan, perlindungan, gizi untuk anak-anak hingga kebijakan sosial setempat atau pemerintah. Tentu saja harus mendapat dukungan dengan menyelaraskan antara program pemerintah bersama UNICEF agar tercipta kesejahteraan bagi kehidupan anak-anak di wilayah manapun.

Cara Bekerja di UNICEF

Cara Bekerja di UNICEF
Tahapan Cara Bekerja di UNICEF

Tahapan Cara Bekerja di UNICEF

Jika kamu sudah memahami berbagai informasi terkait U NICEF dan kegiatan yang dilakukan oleh organisasi kemanusiaan untuk anak-anak ini. Dengan begitu, Kamu tinggal mencari lowongan pekerjaan di UNICEF

Ada beberapa jalur yang bisa kamu manfaatkan agar bisa segera bergabung dengan organisasi kemanusiaan ini, diantaranya :

Metode 1 : Melalui Website Resmi UNICEF

Carilah informasi mengenai lowongan pekerjaan yang dibuka berdasarkan kualifikasi yang kamu miliki. Caranya kamu tidak perlu datang ke kantor UNICEF, namun kamu cukup membuka alamat website berikut ini : https://jobs.UNICEF.org/en-us/listing/ . Selain itu, kamu juga bisa membuka situs linkedin resmi UNICEF berikut: https://www.linkedin.com/company/UNICEF-indonesia .

Adapun langkah-langkahnya bisa kamu ikuti berikut ini :

1. Masuk ke website job vacancies UNICEF

Masuk ke situs job vacancies UNICEF yang beralamat: https://jobs.UNICEF.org/en-us/listing/ . Pada halaman utama situs tersebut, kamu diwajibkan untuk log in terlebih dahulu dengan klik ikon garis 3 berjajar secara horiontal di sebelah kiri atas setelah mempunyai akunnya.

Jika belum memiliki akun, kamu bisa loncat tanpa login terlebih dahulu dan bisa memulai mencari pekerjaan pada kolom yang disediakan.

Adapun kolom-kolom tersebut adalah :

  • Kolom pilihan negara, jika kamu hanya ingin mencari pekerjaan di Indonesia, ketikkan Indonesia. Jika kamu ingin mencari pekerjaan di negara lain yag kamu inginkan, ketik negara tersebut.
  • Kolom berikutnya ada kolom contract type, disana ada beberapa opsi yang bisa kamu plih sesuai dengan kriteria.
  • Kolom locations diisi berdasarkan kolom pertama yaitu memilih lokasi pekerjaan di negara yang kamu inginkan.
  • Pada kolom selanjutnya yaitu functional area, akan ada banyak pilhan berdasarkan kriterianya. Diantaranya ada kriteria emergency, external relations, management, operations, programme and policy. Pilihlah dengan mencentangnya minimal 1 atau beberapa berdasarkan passion
  • Kolom terakhir adalah position level dengan kode-kode tertentu seperti : consultancy, D-1, D-2, dst. Jika kamu tidak faham mengenai kode-kode tersebut bisa diabaikan.

Setelah mengisi kolom-kolom diatas, maka akan secara otomatis ditampilkan lowongan pekerjaan yang sudah tersaring menurut data-data yang Kamu isi.

2. Pilih Lowongan Pekerjaan

Cara bekerja di UNICEF selanjutnya, pilih lowongan pekerjaan. Pada bagian bawah dari kolom-kolom yang dijelaskan di poin 1, akan muncul lowongan yang sudah tersaring. Caranya tinggal klik lowongan pekerjaan tersebut untuk melihat rinciannya.

Rincian tersebut meliputi : contract type, duty station, level, loction, categories, advertised hingga deadline lowongan pekerjannya. Selain itu, akan ada penjelasan singkat mengenai pekerjaan di UNICEF lengkap dengan gambaran kondisi perkembangan anak di lokasi yang kamu pilih. Jika kamu ingin melamar pekerjaan tersebut, silahkan klik ‘APPLY NOW’.

3. Mulai Mendaftar Akun

Disini kamu harus membuat akun sendiri dimulai dari mengisi email aktif dan isian lainnya yang diperlukan. Dengan demikian, kamu bisa membuat cv online dan surat lamaran online yang akan dikirimkan ke bagian HRD.

Tunggulah beberapa saat hingga permintaan melamar pekerjaan di UNICEF tersebut diproses oleh bagian terkait. Jika kamu memiliki kriteria yang cocok, maka kamu akan segera dipanggil untuk proses selanjutnya.

Metode 2 : Melalui JPO

Apa itu JPO? JPO merupakan singkatan dari Junior Prodessional Officers yang berperan menyalurkan para professional muda untuk berkarir terutama di bidang pembangunan. Dimana nantinya akan ditempatkan di salah satu bidang yang tersedia pada program UNICEF.

Kamu nantinya akan ditempatkan untuk bekerja di kantor pusat UNICEF atau di kantor regional yang berada tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Metode 3 : Melalui Program Magang

Cara bekerja di UNICEF berikutnya ialah bisa dengan mengikuti program magang yang ditawarkan khusus bagi pelajar yang memenuhi syarat. Dengan demikian, Kamu berkesempatan mendapatkan pengalaman secara praktis mengenai pekerjaan yang ada di UNICEF.

Adapun program magang biasanya diberikan berdasarkan dari kebutuhan dan kapasitas kantor dalam menerima peserta magang. Bagi kamu yang berniat ingin melamar pekerjaan di UNICEF lewat program magang, apalagi statusmu sebagai seorang pelajar, maka Kamu bisa mencoba program ini. Adapun tujuan utama mengikuti program magang yang diadakan UNICEF ialah suatu saat Kamu bisa saja direkrut oleh tim UNICEF bahkan bisa menjadi karyawan tetap UNICEF.

Jika kamu ingin bergabung dengan UNICEF melalui jalur magang, ada beberapa kriteria kelayakan magang yang perlu kamu penuhi, yaitu :

  • Calon pelamar harus berstatus Mahasiswa, Sarjana, maupun Pascasarjana dari negara manapun.
  • Jika sudah lulus, maka tidak lebih dari 2 tahun semenjak kelulusannya.
  • Minimal menguasai bahasa resmi yang digunakan UNICEF seperti bahasa Inggris, Prancis, dan Spanyol.
  • Prestasi akademik yang baik dengan menunjukkan bukti.
  • Tidak ada kerabata dekat yang bekerja di UNICEF.
  • Usia agar bisa mengikuti program magang adalah minimal 18 tahun.

Setelah memenuhi persyaratan cara bekerja di UNICEF melalui program magang ini, maka kamu bisa mengirimkan aplikasinya melalui situs web yang sudah disediakan. Berikut kelengkapan administrasi yang perlu kamu penuhi adalah :

  • Melengkapi data diri dengan mengisi profil rekrutmen online, resume/cv, dan juga surat lamaran yang ditandatangani oleh pelamar.
  • Mengakses website khusus untuk apply lamaran ke website : https://jobs.UNICEF.org/en-us/listing/ .

Note :

Informasi tambahan bagi kamu yang ingin bergabung dengan UNICEF melalui jalur magang, biasanya program ini mempunyai durasi mulai dari 6 minggu hingga 26 minggu. Selama bertugas melalui program magang, kamu akan mendapatkan gaji bulanan yang disesuaikan, mendapat kontribusi untuk biaya hidup sampai biaya perjalanan ke luar negeri.

Bagaimana, apakah tertarik bekerja di UNICEF? Jika ya, Kamu bisa ikuti tahapan-tahapan cara bekerja di UNICEF sesuai yang sudah dibahas di atas. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts