Cara Hapus Akun Google Play Store

Cara hapus akun Google Play Store sebenarnya tak jauh beda dengan cara hapus akun Google yang sudah kita bagikan sebelumnya. Karena sebagaimana kita tahu, ada dua jenis penghapusan yang bisa kita gunakan. Yang pertama adalah menghapus secara temporer di mana kita masih tetap bisa untuk menggunakan Akun tersebut pada perangkat lain.

Kemudian yang kedua adalah kita bisa menghapus akun tersebut secara permanen, jika kita memang sudah benar-benar tidak ingin lagi menggunakan layanan dari Google, ataupun mungkin kita berniat untuk menjual ponsel yang kita miliki dengan kondisi kosong atau tidak ada akun yang terlogin di dalamnya.

Sebagaimana kita tahu juga, layanan Google Play Store merupakan sebuah aplikasi dari Google, yang menjadi tempat untuk para pengguna Android bisa mendownload beragam aplikasi ataupun game yang bisa digunakan pada perangkat mereka.

Tentunya kita juga tahu, para pengguna Android harus terlebih dahulu miliki akun Google, untuk bisa login ke dalam Google Play Store, dan mendownload beragam aplikasi yang ada di dalamnya.

Walaupun begitu, kadang ada masanya kita harus menghapus akun Google, dan juga akun dari Google Play Store. Karena mungkin saja selain beberapa alasan diatas, ada beberapa pengguna yang tidak ingin diketahui history tentang Aplikasi apa saja yang pernah mereka Unduh di Google Play Store.

Karena ketika pengguna melakukan login dengan akun yang ada di Google Play Store, seluruh catatan atau riwayat dari aplikasi yang mereka install akan tersimpan di daftar aplikasi Play Store. Oleh sebab itu, hal ini juga bisa menjadi salah satu perlindungan ataupun keamanan bagi para pengguna, yang mungkin memiliki layanan aplikasi m-banking.

Karena apabila mungkin Smartphone kita hilang atau dicuri, mungkin saja pelaku akan melihat history aplikasi m-banking yang kita Download di Play Store, dan kemudian email yang kita gunakan akan teratas untuk melakukan lupa password, sehingga pihak yang tak bertanggung jawab tadi, login ke dalam aplikasi banking kita.

Cara Hapus Akun Google Play Store

Cara Hapus Akun Google Play Store
Hapus Akun Google Play Store

Oleh sebab itu, cara menghapus akun Google Play Store bisa kamu lakukan dengan beragam cara. Tetapi karena memang layanan Google Play Store sendiri hanya tersedia pada perangkat Android, jadi di sini Kita akan menggunakan Smartphone kita atau melalui HP kita saja. Untuk itu cara-caranya adalah:

Melalui Google Play Store

Untuk Cara yang pertama sebenarnya tak jauh beda dengan yang sudah kita sebutkan pada paragraf awal tadi. Di sini cara yang kita gunakan adalah temporer atau sementara, maksudnya adalah disini ketika kamu sudah menghapus akun Google Play Store pada smartphone yang kalian miliki, maka kamu masih bisa melakukan login ke dalam Playstore di perangkat atau smartphone lain. Caranya juga gampang banget kok

  • Buka terlebih dulu aplikasi Google Play Store yang ada di perangkat smartphone kalian
  • Setelah itu klik pada menu hamburger, yang ada di pojok kiri atas dekat pencarian, atau kamu juga bisa mengklik pada tombol file yang ada di pojok kanan dari aplikasi Play Store
  • Kemudian kamu bisa mengklik pada pilihan kelola akun di perangkat ini, atau Manage account
  • Setelah itu kamu akan diarahkan ke dalam laman akun. Nah disini kamu bisa mengklik pada email yang terdaftar pada Google Play Store, kamu bisa mengklik pada email yang memiliki tulisan Google atau logo Google di sampingnya
  • Lalu kamu bisa memilih pada akun tersebut, kemudian mengklik pada hapus akun atau remove account
  • Terakhir kamu akan dihadapkan dengan sebuah pertanyaan, apakah kamu ingin menghapus akun atau tidak. Langsung saja untuk klik pada remove account atau hapus akun.

Setelah akun Google atau akun Google Play Store yang kalian pilih tadi dihapus, maka selanjutnya kamu tinggal menghapus aplikasi Google Play Store dari recent apps, agar smartphone kalian tersinkronisasi dengan baik.

Nah cara ini terbilang sangat aman, karena seluruh aplikasi yang sudah terinstal tidak akan terhapus. Serta history pencarian ataupun history aplikasi yang ter-install di Google Play Store, akan kembali tereset seperti baru.

Cara Hapus Akun Google Play Store Lewat Pengaturan

Kemudian pada cara yang kedua kita bisa masuk ke dalam pengaturan smartphone, untuk menghapus akun Google Play Store. Cara ini juga nggak jauh beda kok dengan cara hapus akun Google pada umumnya. Dan perlu dicatat cara ini juga temporer, atau bersifat sementara. Caranya

  • Buka terlebih dahulu aplikasi setting atau pengaturan yang ada di Smartphone kalian
  • Klik pada opsi akun, atau pada beberapa perangkat seperti Xiaomi kamu bisa langsung mengklik pada opsi Google
  • Setelah itu kamu bisa memilih, akun Google yang ada di dalam list dari menu Google tadi. Pastikan akun yang kamu pilih, memang digunakan pada Google Play Store
  • Kemudian kamu bisa mengklik pada tombol remove account atau hapus akun

Terakhir, kamu tinggal mengklik pada hapus akun jika muncul pop-up yang menanyakan atau memverifikasi Jika kamu ingin menghapus akun tersebut. Dan setelah proses penghapusan selesai, maka kamu disarankan untuk merestart smartphone kalian, agar proses sinkronisasi berlangsung secara normal.

Hapus Akun Google Play Store Secara Permanen

Setelah menggunakan dua cara temporer atau sementara untuk menghapus akun Google play Store, maka pada cara ketiga ini kita akan menghapus akun Google dan juga akun Playstore secara permanen. Perlu sangat diingat, jika cara yang satu ini akan menghapus seluruh data, baik yang tersimpan pada Akun tersebut, dan juga history dari aplikasi yang terinstal di perangkat kalian.

Karena cara ini permanen, maka ketika kamu sudah menghapusnya maka kamu tidak akan bisa lagi untuk menggunakan Akun tersebut, kecuali jika kamu melakukan request untuk recovery account. Nah caranya adalah sebagai berikut

  • Buka terlebih dahulu Browser yang ada di smartphone kalian. Di sini, kami menyarankan kamu untuk menggunakan Google Chrome
  • Setelah itu kunjungi situs google.com, dan kemudian login dengan akun yang ingin kamu hapus secara permanen
  • Jika sudah maka kamu bisa langsung untuk mengunjungi situs https://myaccount.google.com
  • Setelah itu, kamu bisa mengklik pada tombol data dan personalisasi
  • Lalu, scroll ke bagian agak bawah dan klik pada hapus layanan atau akun Anda
  • Nantinya di sini kamu bisa melihat beragam pilihan. Jika kamu ingin menghapus layanan seperti YouTube ataupun Gmail, maka kamu bisa mengklik pada opsi menghapus layanan Google. Tetapi jika kamu ingin menghapus seluruh akun Google dan juga google Play Store beserta data di dalamnya, maka kamu bisa mengklik pada ‘hapus akun Google anda’
  • Setelah itu kamu akan diminta untuk melakukan login ulang Sebagai verifikasi
  • Terakhir kamu tinggal mengikuti instruksi yang diberikan Google, untuk menghapus akun yang kalian miliki.

Itulah tadi beberapa cara hapus akun Google Play Store yang bisa kamu gunakan untuk menghapus akun secara temporer, ataupun permanen. Silakan Gunakan cara yang menurutmu paling mudah, dan semoga bermanfaat.

Om Wigatos
Haii, ini website saya lho.