Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi

Mungkin kalian termasuk salah satu pengguna yang pernah mengalami download tertunda atau gagal download saat hendak mengunduh aplikasi Google Play Store. Jika kalian mengalami hal serupa, terutama bagi pengguna Xiaomi. Jangan risau, karena ada beberapa cara mengatasi download tertunda di Play Store Xiaomi yang dapat kalian coba!

Sebenarnya, ada beberapa faktor penyebab terjadinya download tertunda di Google Play Store Xiaomi. Seperti aplikasi di Google Play Store bermasalah, pengaturan waktu tidak sesuai, memori penuh dan lainnya. Supaya masalah tersebut bisa selesai, tentu saja kalian harus mencari tahu penyebab masalah ini terjadi. Sehingga kalian bisa mengatasinya secara tuntas.

Read More

Kenali Faktor Penyebab Download Tertunda di Play Store

Ketahui dulu faktor penyebab terjadinya download tertunda di Play Store berikut :

1. Koneksi Tidak Stabil

Sebenarnya kriteria utama agar kalian bisa download aplikasi di Play Store adalah koneksi internet. Dengan begitu, jika koneksi internet tidak stabil atau sinyalnya naik turun, secara otomatis akan mempengaruhi kelancaran proses download aplikasi itu sendiri.

2. Memori Penuh

Salah satu persoalan utama saat memasang aplikasi yaitu memori internal sudah terlampau penuh. Jadi, sebelum mengunduh aplikasi di Play Store pastikan dulu ketersediaan memori internal hp di Pengaturan. Jika ternyata sudah penuh, kalian kurangi dulu aplikasi atau file-file yang tersimpan di ponsel.

Terkait:  Cara Install Play Store

3. Antrian Aplikasi Lain

Pada sistem Google Play Store, biasanya mereka mempunyai pola antrian untuk aplikasi yang terpasang. Apabila ada aplikasi yang proses unduhannya belum terselesaikan, maka secara otomatis kalian tidak bisa menginstall aplikasi berikutnya sebelum aplikasi yang sebelumnya selesai diunduh.

4. Aplikasi Play Store Bermasalah

Permasalahan seringkali tidak datang dari perangkat kalian, melainkan dari Google Play Store itu sendiri. Play store juga bisa memunculkan error apabila terdeteksi malware, bug da virus. Kalian bisa membersihkan cache, dan hentikan aplikasi secara paksa lalu hapus data.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store
Tutorial Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Xiaomi menawarkan banyak tipe smartphone. Bahkan hampir semua produk hp Xiaomi memakai OS MIUI yang dapat membedakannya dengan hp android lainnya. Walaupun demikian, kalian dapat mencoba cara mengatasi download tertunda di Play Store Xiaomi yang juga dapat kalian coba pada smartphone android lain.

1. Cek Update Aplikasi Secara Otomatis

Cara mengatasi download tertunda di Play Store Xiaomi yang pertama yaitu dengan mengecek update uplikasi otomatis pada hp Xiaomi. Karena aplikasi Google Play Store, secara default mempunyai sistem update secara otomatis ketika ada pembaharuan aplikasi yang kalian pakai. Silahkan cek untuk melihat pengaturan Play Store.

Silahkan ikuti tutorialnya berikut ini :

  • Akses Google Play Store.
  • Tekan Aplikasi & Game Saya.

  • Pilih lagi Update.
  • Lalu pilih opsi Jangan Update aplikasi/Apps Secara Otomatis.

2. Hapus Cache di Google Play Store

Aplikasi android juga mempunyai sistem cache, hal ini juga berlaku bagi aplikasi Google Play Store. Ada beberapa hp yang telah dilengkapi oleh pembersih cache secara otomatis, namun ada beberapa aplikasi yang mempunyai cache tapi tidak dapat dibersikan otomatis.

Maka dari itu, kalian harus melakukan pembersihan cache dengan cara manual. Berikut panduannya :

  • Lalu pilih opsi Paksa Berhenti.

Cara ini tentu saja seluruh aktivitas di Google Play Store dapat berhenti otomatis, serta akan berjalan kembali ketika kalian membukanya.

Terkait:  Cara Buat Meeting di Google Meet

3. Menghentikan Antrean Unduhan Sebelumnya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu faktor penyebab download yang tertunda pada Google Play Store adalah akibat banyaknya unduhan maupun pembaharuan aplikasi yang lainnya. Maka, Cara mengatasi download tertunda di Play Store Xiaomi untuk alasan ini dengan menghentikan pembaharuan atau unduhan aplikasi tersebut.

4. Memakai Wifi

Untuk mengantisipasi koneksi wifi yang tidak stabil yang menyebabkan download aplikasi tertunda di Play Store, maka sebaiknya gunakan wifi. Biasanya setiap mengunduh aplikasi berukuran besar, Google Play Store seringkali menyarankan supaya menunggu perangkat terkoneksi wifi terlebih dahulu.

Hal tersebut dikarenakan, koneksi wifi umumnya lebih unggul daripada koneksi dari data seluler meskipun jangkauannya terbatas. Akses wifi menawarkan konektivitas yang cepat dan stabil. Bahkan kalian dapat berlangganan Wifi menggunakan kecepatan hingga 10 Mbps.

Akan tetapi, jika pengguna wifi banyak, biasanya kecepatan download menjadi berkurang. Oleh karena itu, ketika mengunduh aplikasi berukuran besar, kalian pastikan dulu sudah menggunakan wifi dengan hanya memperbolehkan 1 perangkat yang terkoneksi wifi milik kalian saja agar proses download berjalna lancar.

5. Update Aplikasi Google Play Store ke Dalam Versi Terbaru

 

Cara mengatasi download tertunda di Play Store Xiaomi berikutnya adalah kalian harus pastikan dulu aplikasi Google Play Store sudah didownload ke versi terbaru. Tujuannya supaya tidak mengalami bug. Di samping itu, ada pula beberapa pengguna android yang memperbarui Google Play Store otomatis jika terkoneksi pada wifi. Ini panduan untuk update aplikasi Play Store :

  • Silahkan buka Google Play Store.
  • Tekan profil di samping kanan atas.
  • Pilih Setelan.
  • Tekan lagi Opsi Tentang.

  • Jika sudah, ada tombol update Google Play Store pada versi terbaru, silahkan tekan dan secara otomatis aplikasi akan langsung diperbarui.

6. Ubah Pengaturan Download Pada Google Play Store

Kalian juga bisa mencoba mengatasi unduhan tertunda pada Google Play Store perangkat Xiaomi dengan mengubah pengaturan preferensi jaringan unduhan pada aplikasi. Banyak orang tanpa sadar jika pengaturan ini dapat mengakibatkan unduhan tertunda di Play Store, bahkan bisa menyebabkan kuota data menjadi boros.

Terkait:  Cara Install Playstore di Huawei Matepad

Silahkan ubah pengaturan dengan langkah-langkah berikut :

  • Masuk ke Play Store.
  • Setelah itu, tap ikon tiga garis di kiri atas.
  • Tekan Setelan.

  • Temukan Preferensi Download Aplikasi.
  • Tekan Selalu Tanyakan.

Jika sudah biasanya Play Store akan menanyakan kepada kalian ketika terdapat pembaharuan pada aplikasi.

7. Mengganti Akun Google Play Store

Untuk mengatasi unduhan yang tertunda pada Google Play Store, kalian juga dapat mengganti akun play Store yang lama ke akun baru. Masalah ini biasanya terjadi akibat akun Play store kalian error. Jika ingin mengganti akun Play store lama, silahkan ikuti panduan berikut :

  • Silahkan masuk ke Setelan hp Xiaomi kalian.
  • Tekan opsi sinkron.
  • Ketuk Google.
  • Jika sudah, tap ikon tiga titik di bagian bawah.
  • Tekan Hapus akun.
  • Klik Restart pada hp kalian.

Ketika hp kalian menyala kembali, langkah berikutnya masuk ke Google Play store dan masukkan akun yang baru.

8. Restart Hp Xiaomi

Cara mengatasi download tertunda di Play Store Xiaomi terakhir adalah dengan merestart hp Xiaomi, jika kalian tidak berhasil melakukan cara di atas. Ini adalah pilihan terakhir untuk mengatasi masalah download aplikasi di play store.

Kalian harus tahu jika smartphone Xiaomi jika di setel ulang atau direstart maka seluruh data seperti foto, aplikasi, video, maupun data lain pada memori internal menjadi hilang. Jadi, pastikan di backup terlebih dahulu.Untuk merestartnya, silahkan ikuti tutorial berikut :

  • Masuk ke Setelan di hp Xiaomi.
  • Cari Pengaturan tambahan.
  • Tekan Cadangkan dan reset pada menu yang terletak di bagian paling bawah.

Selanjutnya kalian akan diminta menginputkan data akun terhubung di hp Xiaomi. Jika sudah selesai hp kalian secara otomatis melakukan restart ulang.

Itulah 8 Cara mengatasi download tertunda di Play Store Xiaomi yang bisa kalian coba ketika mengalami masalah download tertunda pada Play Store.

Related posts