Cara Install Bluetooth di Windows 10

Bluetooth saat ini banyak digunakan tidak hanya untuk perangkat smartphone saja, tetapi juga untuk para pengguna komputer dan laptop. Fungsi bluetooth dapat menerima atau mengirim sekaligus mentransfer data dengan mudah tanpa menggunakan kabel data. Inilah kenapa, disini kita akan membahas cara install bluetooth di Windows 10.

Walaupun proses transfer data melalui kabel lebih cepat, namun terkadang kita tidak selalu bisa mempersiapkan kabel data. Apalagi jika ternyata fitur transfer data memakai USB hp yang tidak didukung PC atau laptop. Maka dari itu, penggunaan bluetooth dianggap lebih cepat untuk diterapkan dalam sistem transfer data untuk tiap perangkat. Diantaranya untuk pengiriman dokumen, file, film, musik dan lainnya.

Read More

Namun sayangnya, tidak semua jenis PC maupun laptop yang telah dilengkapi oleh komponen bluetooth. Jadi sebelum menerapkan cara install bluetooth di Windows 10, pastikan dulu apakah laptopmu mempunyai fitur bluetooth ataukah  tidak. Jika tidak ada, kamu perlu menambahkan bluetooth USB yang eksternal dengan ukuran yang sangat kecil, jadi tidak mengganggu aktivitas kerja Kamu.

Cara Install Bluetooth di Windows 10

Cara Install Bluetooth di Windows 10
Install Bluetooth di Windows 10

Tutorial Install Bluetooth di Windows 10

Cara install bluetooh di Windows 10 ini bisa digunakan untuk semua jenis laptop, entah itu laptop Asus, Acer, Axioo, Lenovo dan lainnya berbasis OS Windows 7, 8 dan 10. Apabila kamu mengalami masalah pada driver bluetooth di perangkat laptop,misalnya saja masalah pada bluetooh peripheral device. Kamu bisa menginstal driver bluetoothnya lagi dengan panduan di bawah ini :

Terkait:  Cara Unlock Modem Bolt

1. Mengecek Ketersediaan Driver Bluetooth

Jika ingin menyambungkan laptop memakai bluetooth, maka PC kamu memerlukan perangkat driver yang sesuai atau kompatibel untuk mentransfer data ke banyak perangkat. Untuk mengetahui apakah perangkat bluetooth di laptop telah terinstal, kamu bisa mengeceknya di bagian Device Manager.

Apabila ada tulisan ‘bluetooth module’ pada Bluetooth Radios, serta ada tulisan ‘Microsoft Bluetooth Enumerator’. Maka hal tersebut berarti driver bluetooth masih belum terpasang di laptop. Walaupun Windows sendiri sudah memiliki driver default, tapi driver tersebut tidak dapat dipakai untuk memindahkan data.

Kamu juga bisa melihat ‘Network Adapters’, apabila ada tulisan ‘Bluetooth Device (xxx)’ , maksudnya adalah driver bluetooth belum terpasang.

2. Menemukan Driver Blutooth di PC

Cara install bluetooth di Windows 10 berikutnya ialah jika ingin memperoleh driver bluetooth yang kompatibel, kamu harus menunduh driver bluetooth pada web resmi dari produsen PC Kamu. Di samping itu, kunjungi juga beberapa situs web penyedia, baik itu seperti Tech Spot, atau Driver Scape.

Website-website di atas merupakan situs yang menyediakan driver laptop cukup populer. Silahkan temukan driver bluetooth kompatibel dengan PC kamu, tapi kamu nantinya hanya memasang satu perangkat driver bluetooth.

Ada beberapa jenis driver bluetooth, seperti Railink, Broadcom, dan Qualcom. Selain itu, alternatif lain yang bisa kamu pakai untuk memperoleh driver yang kompatibel sesuai laptop kamu ialah memakai software atau program pencari driver otomatis. Cara yang satu ini, sudah tentu dapat dijadikan pilihan bagi yang tidak mempunyai kuota internet memadai untuk mengunduh driver laptop.

Jika driver sudah diunduh, selanjutnya instal driver bluetooth tersebut. Lakukan restart PC atau laptop kamu terlebih dahulu. Tujuannya yaitu supaya laptop kamu bisa menyesuaikan adanya perangkat tambahan yang sudah kamu masukkan.

Terkait:  Cara Dark Mode Windows 10

3. Menggunakan USB Bluetooth

USB Bluetooth merupakan solusi alternatif apabila perangkat laptop milikmu tidak dilengkapi oleh fitur bluetooth. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot lagi melakukan cara install bluetooth di Windows 10. Kamu bisa memberi bluetooth tambahan dengan membelinya.

Biasanya USB Bluetooth bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp. 50 ribuan. Perangkat tersebut dapat digunakan pada laptop atau PC. Salah satu kelebihan menggunakan USB bluetooth yaitu perangkat tersebut umumnya memiliki ‘plug and play’. Dengan fitur ini, kamu hanya perlu mencolokkan USB bluetooth ke dalam port USB di PC/laptop kamu.

Kemudian, laptop kamu secara otomatis akan langsung mendeteksi driver bluetooth. Selain itu, USB bluetooth ini juga kompatibel untuk seluruh sistem operasi, baik itu Windows, Max, maupun Linux.

4. Melakukan Pengecekan Bluetooth di Laptop Sesudah Instal Driver

Setelah mempraktekkan cara install bluetooth di Windows 10 di atas dan driver bluetooth sudah berhasil terinstall. Kini saatnya, untuk mengecek menu pop up pada bluetooth, apakah telah tersedia menu bluetooth beserta menu lengkapnya.

Apabila sudah ada menu bluetooth, ini artinya kamu berhasil menginstal bluetooth di perangkat PC/laptop. Meskipun demikian, belum tentu bluetooth langsung bisa dipakai.

Mengingat fungsi bluetooth sebagai media transfer data antar perangkat, kini kamu bisa mencobanya menyambungkan perangkat yang lain memakai laptop dengan bluetooth. Caranya, tekan ‘Add a Device’ lalu aktifkan bluetooth di perangkat hp. Selanjutnya, kamu bisa sinkronisasikan dengan perangkat laptop.

5. Tambahkan Perangkat Bluetooth

Jika kamu sudah menekan ‘Add a Device’, ini artinya di perangkat laptop akan muncul tuliasan perangkat yang tersambung dengan bluetooth. Misalnya saja, nama bluetooth smartphone yang kamu pakai Oppo A16. Selanjutnya ketuk nama bluetooth perangkat hpmu, dan ketuk ‘next’.

6. Pairing Code

Cara install bluetooth di Windows 10 berikutnya yaitu di layar PC/laptop akan terlihat tampilan berujpa Compare Pairing Code, yakni sebagai kode sinkronisasi perangkat lain yang terhubung dengan laptop kamu. Setiap hubungan perangkat lain dengan laptop biasanya memiliki kode yang berbeda.a

Terkait:  Cara Reset Ulang Windows 10

Jika kamu sudah tekana ‘next’ di langkah sebelumnya, di layar laptop maupun perangkatmu akan terlihat tampilan popup berupa kode sinkronisasi laptop. Setelah muncul, pastikan kode antara kedua perangkat yang tersambung sama. Apabila sama, tekan ‘Next’ dan selanjutnya PC dengan perangkat lain tersebut sudah disinkronkan.

7. Bluetooth Tersambung

Ketika proses penyambungan berlangsung, di sisi kanan pada layar PC laptop Kamu, akan terlihat pop up berupa balloon sebagai tanda jika ada perangkat yang baru terhubung dan siap dipakai. Namun umumnya, akan ada banyak popup balloon bermunculan.

Biasanya hal tersebut menandakan jika laptop kamu sedang melakukan pengecekan kemampuan pemindahan data yang dapat dilakukan perangkat lain. Dalam tahapan ini, cukup tunggu proses sinkronisasinya sampai selesai.

8. Penyambungan Selesai

Cara install bluetooth di Windows 10 lainnya, untuk mengecek dan memastikan PC kamu dengan perangkat yang lain telah tersambung memakai koneksi Bluetooth. Maka kamu bisa membaca bagian atas pada jendela, apakah ada tulisan ‘successfully’ yang menunjukkan penyambungan berhasil, ataukah tidak. Jika sudah, tekan ‘close’ di samping kanan bagian atas jendela.

9. Penggunaan Bluetooth

Di beberapa driver, biasanya akan muncul jendela pengaturan koneksi laptop dengan perangkat yang lain memakai bluetooth sesuai kemampuan perangkat lain yang dikoneksikan. Selain itu, jendela tersebut juga menandakan bahwa kamu sudah dapat mentransfer berbagai data dari PC/laptop menuju perangkat lain atau sebaliknya memakai koneksi bluetooth.

Tutorial cara install bluetooth di Windows 10 di atas, dapat dilakuka oleh seluruh jenis laptop dengan OS Windows. Lalu, bagaimana jika tidak memakai OS Windows? Kamu hanya perlu menyesuaikan tahapan-tahapannya memakai OS yang kamu gunakan.

Related posts