Cara Kembali ke Pengaturan Pabrik Xiaomi

Cara Kembali ke Pengaturan Pabrik Xiaomi

Bagaimana cara Kembali ke pengaturan pabrik Xiaomi? Dikenal sebagai ponsel spek tinggi dengan harga terjangkau, membuat nama Xiaomi semakin dikenal masyarakat Indonesia sebagai jejeran brand ponsel yang layak diperhitungkan. Hp Xiaomi bisa dikatakan cukup merakyat, karena sasaran Xiaomi adalah kalangan masyarakat menengah ke bawah hingga ke atas. Meskipun menawarkan harga terjangkau, tapi kualitasnya tak kalah lho dari smartphone lainnya!

Sistem android yang disematkan pada Xiaomi biasanya bersifat open source, yang mana para penggunanya lebih leluasa melakukan berbagai perubahan dalam sistemnya. Alhasil, performa hp pun menjadi lebih maksimal.

Read More

Namun kelemahannya adalah jika terlalu banyak mengubah pengaturan pabrik, hingga mengubah sistem tanpa pengalaman yang cukup misalnya, bisa-bisa perangkat smartphone-mu menjadi rusak akibat sistem tidak dapat berfungsi.

Namun untungnya, Kamu masih bisa mengembalikannya ke sistem pengaturan pabrik. Sehingga perangkat hpmu akan Kembali ke pengaturan awal, Ketika Kamu baru pertama kali membelinya.

Informasi Tentang Pengaturan Pabrik

Pengaturan pabrik, biasa dikenal juga sebagai istilah factory reset, ini merupakan sebuah metode untuk mengembalikan sistem perangkat ke dalam pengaturan awal berdasarkan standar pabrik. Jadi, Ketika Kamu mengembalikan sistem perangkat ke factory reset, maka hpmu akan Kembali seperti sedia kala saat Kamu baru mengeluarkannya dari dalam box pembelian.

Apa Saja Fungsi Factory Reset?

Sebenarnya ada beberapa fungsi factory reset yang bisa Kamu dapatkan, diantaranya :

1. Dapat Mengatasi Hp Lemot

Dengan mengembalikan sistem perangkat ke dalam penagturan pabrik. Maka seluruh aplikasi dan pengaturan hp Kembali seperti sedia kala atau baru. Ini artinya, perangkat smartphone Kamu terbebas dari file cache, history, temporary files atau yang lainnya. Jadi, sudah jelas jika pengaturan pabrik dapat mengatasi perangkat androidmu yang sering mengalami lemot.

2. Membuang Data Pribadi

Apabila Kamu mempunyai beberapa akun di perangkat android, Ketika Kamu ingin menghilangkan akun tersebut satu per satu tentu sangat melelahkan. Beberapa akun pribadi, mulai dari Facebook Messenger, WhatsApp, Wechat, LINE atau yang lainnya, merupakan akun yang bersifat private. Jadi jangan sampai ada orang yang mengetahuinya.

3. Mengatasi Malware dan Virus

Mungkin Kamu merasa perangkat androidmu sangat berat, atau error, sehingga sulit membuka program atau aplikasi. Hal ini bisa saja disebabkan oleh adanya malware atau virus yang dapat merusak sistem perangkat android. Salah satu solusinya mungkin dengan menggunakan antivirus yang dapat membersihkan malware atau virus yang menyerang hpmu. Namun jika Kamu ingin memakai cara ekstrim, bisa dengan mencoba factory reset. Karena pengaturan pabrik membuat malware dan virus hilang total dari hpmu.

Persiapan Factory Reset

Kamu wajib tahu bahwa yang namanya kembali ke pengaturan pabrik atau Factory Reset artinya menghapus semua data yang ada di HP milikmu. Data tersebut bisa berupa file dokumen, foto, video, aplikasi, bahkan akun-akun yang sebelumnya sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi sekaligus.

Oleh sebab itu, wajib sekali mencadangkan seluruh data, supaya setelah kembali ke pengaturan pabrik, Kamu pun bisa mengembaikan data-data serta akun milikmu. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa hal yang mesti Kamu lakukan sebelum melakukan factory reset :

1. Cadangkan File

Backup file-file penting yang masih digunakan. Ada beberapa file penting yang harus Kamu selamatkan agar tidak hilang saat factory reset, diantaranya adalah kontak telepon, dokumen pribadi, foto-foto, video, dan file lainnya yang dianggap penting.

Cara mencadangkan file tersebut, bisa dengan memanfaatkan Google Drive, Dropbox, ataupun lainnya. Untuk kontak telepon simpanlah pada pencadangan Google, supaya ketika ingin mengembalikan nomor kontak yang sudah tersimpan, cukup hubungkan saja akun Google ke perangkat hpmu.

2. Backup Riwayat Chat

Mengingat WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting yang ‘wajib’ dimiliki karena selain untuk kebutuhan komunikasi pribadi, WhatsApp juga bisa digunakan untuk keperluan bisnis atau pekerjaan. Oleh karena itu, riwayat obrolan dalam bentuk chat sangat penting untuk di Backup. Hal tersebut bertujuan agar  informasi penting yang terdapat dalam Riwayat chat tidak hilang.

Adapun untuk melakukannya, Kamu harus masuk kedalam aplikasi Whatsapp terlebih dahulu, lalu masuk ke pengaturan. Disana akan ada menu untuk Backup riwayat chat. Lakukan pengaturan pada menu tersebut, agar riwayat chatnya bisa segera di Backup. Selain Whatsapp, Kamu juga bisa back up Riwayat chat pada aplikasi chatting lainnya yang dirasa penting

3. Pencadangan Aplikasi

Ternyata pencadangan aplikasi bisa dilakukan di perangkat android termasuk HP Xiaomi. Karena banyaknya aplikasi yang di install, sudah tentu saat factory reset Kamu harus mengembalikan aplikasi-aplikasi tersebut agar diinstal Kembali.

Caranya adalah cukup masuk ke menu ‘settings’ di perangkat hp, kemudian cari menu khusus untuk mencadangkan aplikasi. Tunggu beberapa saat hingga proses pencadangan selesai.

Cara Kembali ke Pengaturan Pabrik Xiaomi

Cara Kembali ke Pengaturan Pabrik Xiaomi
Tutorial Factory Reset Xiaomi

Tutorial Mengembalikan Xiaomi ke Pengaturan Pabrik

Jika Kamu telah mempersiapkan semuanya, kini tinggal mengikuti cara Kembali ke pengaturan pabrik Xiaomi. Sama halnya dengan perangkat android lainnya, untuk proses mengembalikan sistem perangkat ke pengaturan pabrik, Kamu bisa mencoba beberapa cara berikut :

1. Menggunakan Opsi Pengaturan Bawaan Hp

Cara pertama adalah dengan menggunakan menu settings, di menu pengaturan ini Kamu akan menemukan sub menu untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik. Berikut tutorialnya :

  • Buka menu ‘settings’ di perangkat HP Xiaomi milikmu.
  • Setelah itu, masuk ke salah satu menu dalam menu setting, dengan mencari sub menu ‘Additional Setting’.
  • Apabila sudah ketemu, dilanjut dengan memilih opsi ‘Backup anda Reset’.
  • Selanjutnya Kamu akan ditampilkan menu baru, salah satunya adalah ‘Reset Phone’. Ketuk menu tersebut, kemudian konfirmasikan dengan menekan pilihan ‘delete’.
  • Tunggu beberapa saat, hingga proses pengembalian ke pengaturan pabrik selesai.
  • Nantinya jika prosesnya telah selesai, HP Xiaomi akan secara otomatis melakukan Reboot. Ini adalah langkah terakhir untuk membersihkan semua pengaturan dan file-file yang ada pada HP Xiaomi.
  • Ketika HP sudah menyala, maka tampilannya akan kembali ke setelan pabrik layaknya baru dikeluarkan dari box HP.

Proses pengembalian pabrik dengan menggunakan menu settings telah selesai dilakukan, Kamu pun tinggal mengembalikan berbagai file, akun, maupun riwayat chat yang sebelumnya Kamu Backup.

2. Melakukan Hard Reset

Cara Kembali ke pengaturan pabrik Xiaomi lainnya ialah dengan hard reset. Hard Reset bisa dilakukan dengan masuk pada mode recovery. Apabila Kamu ingin melakukan pengembalian setelan ke pengaturan pabrik dengan cara ini, sebaiknya pastikan dulu baterai HPmu masih penuh atau masih tersisa 50 %. Tujuannya adalah agar proses Hard Reset bisa berjalan dengan sangat baik. Adapun langkah-langkahnya akan dijelaskan dibawah ini :

  • Proses Hard Reset dilakukan dengan cara restart HP terlebih dahulu, setelah itu tekan tombol Volume Up + Power secara bersamaan saat hp ingin memulai Kembali Ketika restart
  • Apabila dilakukan dengan benar, maka akan muncul menu Mi Recovery, lalu pilihlah layanan bahasa sesuai kebutuhan.
  • Setelah itu, tekan ‘Wipe Data’ atau bisa juga langsung klik ‘Factory Reset’ untuk melakukan proses pengembalian ke pengaturan pabrik dengan cara Hard Reset.
  • Konfirmasikan pengaturan tersebut dengan cara klik Yes.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses Factory Reset berhasil dilakukan.

Itulah cara kembali ke pengaturan pabrik Xiaomi yang bisa Kamu lakukan sendiri. Harap berhati-hati jika ingin melakukannya, dan pastikan Kamu sudah melakukan back up data sesuai tutorial di atas!

Related posts