Cara Jitu Jualan Online

Jika Kamu ingin mencari penghasilan sampingan, maka berjualan online bisa menjadi salah satu solusinya. Tak sedikit orang yang berhasil meraup keuntungan dari hasil jualan online. Bagi Kamu yang juga tertarik mencoba peruntungan dengan berjualan oline, Kami punya cara jitu jualan online. Berjualan online adalah bisnis yang fleksibel, dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun, meskipun sambil bersantai dan beristirahat di kasur.

Cukup mengandalkan Hp saja, Kamu sudah mampu memiliki online shop sendiri jika ingin berjualan online. Apalagi kini Kamu bisa memprommosikan dan memasarkan produkmu di platform marketplace atau media sosial. Adapun tantangannya, dengan semakin banyaknya penggiat bisnis online tentu saja Kamu harus menampilkan karakteristik jualan online-mu sendiri agar tetap disukai oleh para pelanggan.

Cara Jitu Jualan Online

Cara Jitu Jualan Online
Tips Jitu Jualan Online

Tips Jitu Berjualan Online

Mengingat banyaknya pesaing bisnis jualan online, agar tetap lancar menjalankan bisnis dan usaha online, Kamu harus memiliki tips jitu berjualan online. Bagi para pemula, ini dia panduannya :

1. Menjual Produk Terlaris

Cara jitu jualan online yang pertama yaitu pilih jenis barang atau produk yang akan dijual. Dengan menentukan jenis barang/produk yang Kamu jual ini, bisa membuatmu lebih fokus. Seperti kita ketahui, ada banyak pilihan produk yang dapat dijual, seperti sandal, sepatu, aksesoris Hp,makeup, tas dan pakaian. Tak perlu bingung, sebagai solusinya Kamu bisa memilih jenis produk terlaris sekarang ini.

Jika Kamu sudah tahu produk yang ingin dijual, Kamu pun akan lebih mudah memilih marketplace dan media sosial yang tepat sebagai media promosi. Tak hanya itu saja, Kamu juga dapat memikirkan promosi yang tepat dan efektif agar bisnismu berjalan lancar.

2. Menentukan Target Pembeli

Tips jitu berjualan online selanjutnya ialah Kamu harus menentukan target pembeli. Misalnya saja, Kamu ingin berjualan sepatu. Selanjutnya putuskan apakah Kamu ingin menjual sepatu untuk remaja wanita, remaja pria, anak-anak atau dewasa.

Hal ini sebenarnya dilakukan karena tiap-tiap kelompok pembeli tersebut memiliki kebutuhan, perilaku, dan karakteristik yang berbeda. Maka dari itu, pilih target market agar Kamu dapat mengelola usaha secara fokus.

3. Pilih Supplier Produk Terbaik

Jika Kamu serius ingin menekuni bisnis jualan online, maka Kamu harus memiliki stok produk yang dijual. Namun jika Kamu masih belum bisa membuat produk yang Kamu jual sendiri, tak perlu khawatir. Cukup cari supplier produk terpercaya dan terbaik untuk memasok barang kepada toko online-mu. Dibandingkan harus panas-panasan dan capek berkeliling mencari supplier pemasok barang, sebaiknya beli produk lewat supplier online. Karena kini lebih mudah mendapatkannya.

4. Tawarkan Produk Berkualitas

Cara jitu jualan online selanjutnya, agar Kamu dipercaya pelanggan atau konsumen sebaiknya tawarkan produk berkualitas. Selain itu, hal ini juga meminimalisir resiko terjadinya keluhan konsumen akibat produk cacat atau sesuai ekspektasi. Tak hanya itu saja, menawarkan barang berkualitas juga dapat meningkatkan reputasi toko online-mu. Dengan kata lain, kualitas adalah kunci utama agar bisnismu semakin dipercaya dan dikenal oleh banyak calon konsumen.

Agar mendapatkan produk berkualitas terbaik, Kamu bisa melakukan riset  agar mendapatkan informasi terkait produk sebanyak mungkin. Kemudian, Kamu bisa mengecek kualitas produk secara langsung terlebih dahulu sebelum Kamu membelinya di supplier secara onlline.

5. Hadirkan Keunggulan Produk

Di samping memperhatikan kualitas produk terbaik, tentu saja produkmu akan semakin menarik apabila barang yang Kamu jual menawarkan keunggulan. Tujuannya agar produkmu memiliki keunggulan tersendiri dari barangg serupa yang harganya relatif sama seperti yang ditawarkan kompetitor lain. Contohnya, kamu menjual baju berkualitas impor, yang dibuat dari bahan berkualitas tinggi. Melalui keunggulan tersebut, Kamu dapat menentukan harga lebih tinggi tapi tentu saja diimbangi dengan image produk yang bermutu.

6. Menampilkan Foto Produk Berkualitas dan Menarik

Dalam tips jitu berjualan online, foto produk memiliki peranan terpenting dalam memikat konsumen. Meskipun demikian, jangan sampai kualitas foto yang ditampilkan melebihi kualitas asli produk yang Kamu jual. Karena hal ini nantinya bisa membuat mereka kecewa jika ternyata produk tidak sesuai ekspektasi atau foto.

Supaya foto produk tidak pecah dan terlihat dengan jelas, Kamu harus memakai kamera yang beresolusi tinggi. Apabila Kamu mengambil gambar produk di area indoor atau dalam ruangan, alangkah baiknya pilih tambahan pencahayaan atau dapat mengandalkan flash HP. Agar produk terlihat lebih menarik, sebaiknya ambil foto produk dengan berbagai pilihan angle. Hal ini bertujuan agar konsumen mengetahui seluruh bagian produk yang mereke beli.

7. Deskripsi Produk Detail dan Jelas

Cara jitu jualan online selanjutnya ialah pastikan Kamu menyisipkan deskripsi produk menarik yang menampilkan informasi detail tentang produk jualanmu. Karena hal tersebut dapat mempermudah calon konsumen dalam berbelanja online di tokomu. Misalnya saja, Kamu menjual sneakers. Silahkan tuliskan deskripsi dan keterangan tentang berbagai macam ukuran sepatu sneakers yang tersedia, mulai dari ukuran lebar dan panjang sol pada bagian dalam atau insole.  Agar pembeli dapat menyesuaikan produk sepatu sesuai bentuk kaki.

Selanjutnya, jangan lupa tampilkan pula mengenai material atau bahan sepatu, seperti denim, kulit asli, karet, kanvas atau lainnya. Kamu juga harus menyantumkan keterangan variasi motif dan warna sepatu yang ada atau tersedia. Dengan deskripsi produk yang semakin lengkap, tentu saja bisa meningkatkan minat para konsumen untuk membeli produk yang Kamu tawarkan.

8. Menampilkan Informasi Kontak Dengan Jelas

Jika semua informasi produk sudah ditampilkan dengan jelas, jangan lupa pula menampilkan informasi tentang kontak toko onlinemu yang dapat dihubungi. Informasi yang satu ini sangat berguna agar menghubungkan konsumen dengan toko online-mu ketika pelanggan merasa tertarik pada produk yang Kamu tawarkan.

Maka dari itu,  pastikan untuk menyertakan nomor kontak toko online-mu supaya calon konsumen dapat langsung terhubung dengan bisnismu. Baik melalui WhatsApponline chattingdirect massage Instagram, Line atau yang lainnya.

9. Maksimalkan Pelayanan

Jika ingin mendapatkan kepercayaan dari konsumen dan atau membuat konsumen merasa nyaman berbelanja produkmu kembali, maka cara jitu jualan online paling ampuh ialah memaksimalkan pelayanan. Jangan biarkan konsumen harus menunggu balasanmu dalam waktu yang lama, saat mereka menanyakan tentang produkmu di media online. Adapun waktu maksimal membalas chat dari calon konsume adalah selama 10 menit.

Apabila Kamu meresponnya lebih lama dari 10 menit, mereka biasanya sudah tak mau lagi menunggu atau bahkan sudah meninggalkan Hp mereka karena harus beraktivitas. Hal tersebut tentu bisa membuat pembeli untuk berubah pikiran. Imbasnya, mereka tidak jadi membeli barang yang Kamu jual. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini.

10. Ulasan Produk dari Pembeli

Jika Kamu sudah berhasil mendapatkan pembeli yang membeli produkmu, maka sebaiknya minta mereka untuk memberikan ulasan produk yang sudah dibeli dari toko online-mu. Hal ini berguna untuk menjadi pertimbangan bagi pembeli lain. Biasanya sebelum membeli produk, pembeli baru terlebih dahulu akan melihat ulasan produk. Ulasan tersebut bisa berbentuk star rating atau peringkat bintang, foto/video, atau komentar mengenai tanggapan konsumen terhadap produk.

Dimana semakin bagus dan banyak ulasan yang diterima dari konsumen, akan membuat toko online-mu semakin dipercaya pembeli. Maka dari itu, sebaiknya minta pembeli supaya memberikan review atau ulasan mengenai produkmu.

Itulah 10 cara jitu jualan online yang bisa ditiru para pemula yang baru memulai bisnis online. Mungkin tak ada salahnya jika Kamu membuat website online, hanya saja sebelum melakukan hal tersebut Kamu cukup melakukan promosi produk lewat media sosial atau marketplace terlebih dahulu seperti mengikuti cara jadi seller Shopee misalnya!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019