Cara Menghapus Video di Youtube

  • Whatsapp

Apakah kamu sedang mencari cara menghapus video di Youtube milikmu? Artikel kali ini akan membantumu menghapus video di Youtube milikmu dengan cepat dan mudah.

Apa itu Youtube?

Youtube adalah sebuah situs web berbagi video terbesar di abad ini. Ketenaran dan persebaran Youtube yang sangat luas membuat situs ini menjadi situs utama masyarakat dalam urusan hiburan video. Berawal dari tahun 2005 sebagai sebuah situs kecil, perlahan nama Youtube mulai dikenal karena kemudahannya dalam mengunggah, berbagi, dan menikmati konten berupa video. Para video creator pun berdatangan membuat channel Youtube dan mengunggah video di Youtube.

Semakin bertambah usia, semakin banyak yang menggunakan Youtube sebagai sumber hiburan. Banyaknya penonton di Youtube memang wajar, karena untuk menikmati konten di dalam Youtube kamu tidak perlu membuat akun. Hal ini berbeda dari situs web lain yang mengharuskan penontonnya mendaftar sebagai akun terlebih dahulu sebelum menikmati konten di dalam web. Karena semakin banyak penonton, membuat para kreator yang kini dikenal dengan nama Youtuber semakin bersemangat untuk membagikan video kreasi mereka.

Namun, sebagaimana sebuah karya seni, video dari para Youtuber tak jarang mendapat respon negatif. Para penonton yang mulai meluas, membuat kolom komentar diisi oleh oknum yang tak mengapresiasi karya dengan baik. Kemunculan para Youtuber baru pun menjadi pemicu beberapa Youtuber ingin menghapus video di Youtube mereka.

Mengapa Menghapus Video di Youtube?

Beberapa penyebab seorang Youtuber ingin menghapus video di Youtube miliknya adalah :

  • Mendapat respon negatif. Bagi seorang pelaku seni, apresiasi dan respon penikmat adalah hal terpenting. Kualitas video di Youtube berbeda-beda, tergantung pada tahap mana proses dari si pembuat itu sendiri. Biasanya, para Youtuber baru belum menemukan kualitas terbaiknya di video awal mereka. Hal ini wajar karena setiap Youtuber besar pun pernah membuat konten ‘cringe’ pada awal kemunculan mereka. Namun, respon penonton yang tak mau tahu membuat beberapa Youtuber memutuskan menghapus video di Youtube yang tidak mendapat respon positif dari penonton.
  • Konten tidak layak tayang. Berbeda dengan konten video yang tidak mendapat apresiasi sebagaimana mestinya, terdapat pula kasus konten Youtuber tidak layak tayang. Bisa jadi, beberapa bagian di dalam video dirasa berbahaya sehingga Youtuber harus mencari cara menghapus video di Youtube mereka. Konten tidak layak tayang bisa jadi karena ada beberapa bagian video yang terlewat saat proses editing. Dalam kasus ini, Youtuber akan menarik video mereka sementara untuk diganti.
  • Channel berpindah tangan. Dalam sebuah kondisi, tak jarang seseorang memutuskan untuk berhenti menjadi Youtuber dan menyerahkan channel Youtube mereka kepada orang lain/lembaga. Untuk itu, sebelum channel berpindah tangan, biasanya Youtuber menghapus video di Youtube mereka terlebih dahulu.
Terkait:  Cara Menghilangkan Notifikasi Whatsapp

Cara Menghapus Video di Youtube

Cara Menghapus Video di Youtube
Cara Menghapus Video di Youtube

Menghapus video di Youtube sebenarnya tak terlalu sulit. Kamu bisa menggunakan beberapa metode tergantung pada perangkat apa kamu menjalankan channel Youtube milikmu. Adapun untuk menghapus video di Youtube milikmu, kamu bisa menggunakan 3 metode, yakni :

  • Menghapus melalui PC/Laptop. Bagi kamu Youtuber yang menjalankan channelmu di  PC/Laptop, metode ini dapat menjadi allternatif.
  • Menghapus melalui Android. Bagi kamu Youtuber yang menjalankan channel melalui perangkat Android, kamu bisa menggunakan metode ini.
  • Menghapus melalui iPhone dan iPad. Bagi kamu yang menjadi Youtuber menggunakan iPhone dan iPad, kamu bisa menggunakan metode ini untuk menghapus video Youtube milikmu.

Menghapus Video di Youtube melalui PC/Laptop

Bagi kamu Youtuber yang menggunakan PC/Laptop, kamu dapat mengikuti langkah berikut untuk menghapus video di Youtube milikmu.

  • Login ke Youtube Studio.
  • Dari menu sebelah kiri, pilih Konten.
  • Arahkan kursor ke video yang akan dihapus, lalu pilih lainnya > Hapus selamanya.
  • Centang kotak untuk mengonfirmasi bahwa video milikmu akan dihapus secara permanen.
  • Pilih Hapus Selamanya.

Dengan mengikuti langkah mudah di atas, kamu sudah berhasil menghapus video di Youtube milikmu melalui PC/Laptop.

Menghapus Video di Youtube melalui Android

Bagi kamu yang mengelola channel Youtube milikmu dengan perangkat Android, kamu tetap dapat melakukan penghapusan video di Youtube milikmu. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Buka aplikasi Youtube di Android milikmu.
  • Tekan Koleksi > Video Saya.
  • Di samping judul video yang ingin kamu hapus, tekan tombol titik tiga.
  • Tekan hapus.

Demikian adalah langkah-langkah yang dapat kamu gunakan untuk menghapus video di Youtube milikmu melalui Android.

Menghapus Video di Youtube melalui iPhone dan iPad

Bagi kamu Youtuber yang menggunakan iPhone atau iPad untuk mengelola channel milikmu, kamu bisa menggunakan metode berikut untuk menghapus video di Youtube milikmu melalui iPhone dan iPad.

Terkait:  Cara Aktivasi Nusantara HD
  • Buka aplikasi Youtube di iPhone atau iPad milikmu.
  • Tekan Koleksi > Video Saya.
  • Di samping judul video yang ingin kamu hapus, tekan tombol titik tiga.
  • Tekan hapus.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menghapus video di Youtube milikmu menggunakan iPhone atau iPad.

Kesalahan Dalam Menghapus Video di Youtube

Tak jarang seorang Youtuber melakukan kesalahan saat menghapus video di Youtube miliknya. Panik, gugup, terburu buru mengakibatkan seseorang melakukan tindakan tanpa hati-hati. Faktor tersebut dapat membuat seseorang melakukan kesalahan, termasuk saat menghapus video di Youtube mereka. Adapun beberapa kesalahan yang mungkin terjadi adalah :

  • Salah memilih video yang akan dihapus. Sering kali terjadi, saat video sudah benar-benar siap tayang, ditonton banyak orang tiba-tiba menghilang dari situs. Hal ini bisa disebabkan karena si pemilik salah menghapus video, dan memilih menghapus video yang tidak seharusnya dihapus.
  • Menghapus channel Youtube. Jika kamu hanya ingin menghapus beberapa video dari channel Youtube milikmu, kamu tidak perlu menghapus channel Youtube milikmu. Apalagi apabila jumlah subscriber channel Youtube milikmu sudah banyak, sangat disayangkan bila kamu menghapus channel milikmu.
  • Membiarkan konten yang berbahaya di dalam Youtube. Jika video di Youtube milikmu berpotensi memicu konflik dan permusuhan, kamu harus segera menghapus konten tersebut. Karena konten berbahaya yang tidak dihapus, akan menjadi pemicu untuk masalah yang besar. 

Video Dihapus Oleh Youtube

Merupakan hak Youtube untuk memfilter konten yang ada di dalam situs miliknya. Tak jarang video menghilang dari Youtube bukan karena dihapus oleh pemiliknya, tapi dihapus oleh pihak Youtube sendiri. Hal ini kerap terjadi dengan penyebab sebagai berikut :

  • Konten tidak pantas. Konten yang dinilai tak pantas berada di laman Youtube adalah konten yang tidak memenuhi pedoman komunitas dari pihak Youtube. Video tersebut akan dihapus oleh Youtube.
  • Pelanggaran persyaratan layanan. Youtube bisa saja menghapus video milikmu di situs mereka jika videomu  dirasa melanggar persyaratan layanan Youtube.
  • Pelanggaran hak cipta. Jika kamu pernah mengunggah konten yang mengandung hak cipta, kamu tak perlu repot-repot menghapusnya. Itu karena Youtube akan dengan menghapus video milikmu dari situs mereka.
Terkait:  Cara Hapus Video TikTok

Demikian adalah artikel mengenai cara menghapus video di Youtube. Semoga bermanfaat. 

Related posts