Cara Cek Kuota 3 Unlimited

Bagaimana cara cek kuota 3 unlimited? Apakah sama dengan cara cek kuota 3 pada umumnya? Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan akan teknologi dan internet pun semakin besar. Muali dari kebutuhan untuk chatting online, menonton video di youtube, atau bahkan kegiatan internetan yang lainnya.

Ditambah dengan adanya gadget, yang memudahkan pengguna untuk mengaksess internet dari ponsel pintar mereka. Maka jangan heran, saat ini kita bisa menemukan beragam provider mobile data yang berlomba dalam memberikan layanan internet terbaik, seperti layanan unlimited misalnya.

Misalnya adalah Tri. Provider mobile data yang satu ini memang sudah sejak lama menjadi pioneer mobile data dan juga layanan telfon dan sms yang sangat stabil serta banyak dipakai pengguna.

Dan semakin meningkatnya kebutuhan pengguna serta teknologi, Tri menghadirkan beragam paket internet yang memanjakan pengguna, mulai dark AON atau Always On, H3RO, Paket 4G NonStop, dan juga 3 Unlimited atau 3 AON Unlimited.

Dengan adanya paket unlimited, pengguna tidak perlu khawatir kehabisan kuota. Hanya saja, ada batasan penggunaan wajar (FUP) dalam satu harinya. Sehingga, ketika pengguna sudah melewati batas wajar penggunaan, maka akan ada penuruan kecepatan internet.

Namun dibalik adanya FUP, tentu pake Unlimited ini sangat berguna untuk pengguna yang memiliki kebutuhan untuk sekedar mengaksess chat, ataupun sosial media. Sebab, penggunaan data nya tidak terlalu besar.

Cara Cek Kuota 3 Unlimited

Cara Cek Kuota 3 Unlimited
Cek Kuota 3 Unlimited

Walaupun begitu, kalian juga harus tau cara cek kuota 3 unlimited kalian, tentunya agar mengetahui masa aktif paket data tersebut, dan juga sisa FUP yang masih ada. Berikut adalah cara yang bisa kalian gunakan.

Cek Kuota 3 Unlimited Lewat SMS

Cara paling sederhana untuk mengecek sisa kuota unlimited adalah dengan menggunakan SMS. Kalian bisa menggunakan cara berikut ini.

  • Buka Aplikasi Pesan / SMS di Smartphone kalian
  • Buat Pesan baru
  • Ketikkan INFO <spasi> KUOTA
  • Kirim ke 234

Setelah itu, kalian bisa menunggu beberapa saat sampai ada SMS balasan yang berisi sisa kuota unlimited ataupun sisa masa aktif dari paket Unlimited yang kalian gunakan.

Cek Kuota 3 Unlimited Lewat USSD

Cara kedua yakni kamu bisa melakukan panggilan kode USSD untuk mengetahui sisa kouta Unlimited dari 3 yang masih aktif. Caranya juga gampang kok.

  • Buka Aplikasi Telpon di Smartphone kalian
  • Tekan kode berikut *123*10*3#
  • Tekan tombol Call / Panggil dan tunggu sampai ada pop up yang berisikan sisa kuota 3 Unlimited dan masa aktif dari kuota yang kalian miliki.

Cek Kuota 3 Unlimited lewat Bima+

Cara ketiga yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan Aplikasi resmi dari Tri Indonesia, namanya adalah Bima+. Untuk cara penggunannya juga gampang kok

  • Download Aplikasi Bima+ lewat PlayStore atau App Store
  • Buka Aplikasi Bima+ dan login dengan menggunakan nomor 3 yang kalian gunakan, dan memiliki paket internet yang masih aktif
  • Login seperti biasa, sampai kalian masuk ke tampilan awal Bima+
  • Klik pada logo bola dunia (globe) lalu klik pada Detail Paket, untuk melihat paket apa yang masih aktif dan sisa kuota Unlimited yang tersedia beserta masa aktifnya.

Untuk beberapa kasus, jika terjadi gagal login, bisa saja nomor 3 kalian belum terdaftar di apliaksi Bima+. Maka dari itu, kalia bisa mendaftarkan nomor 3 kalian dan juga meail yang aktif, jika diperlukan.

Cek Kuota 3 Unlimited lewat Internet

Selanjutnya, kalian bisa menggunakan layanan website dari Tri Inonesia itu sendiri, untuk melakukan pengecekan sisa kuota 3 Unlimited serta masa aktif dari paket yang kalian gunakan. Cara ini bisa diaksess melalui beragam perangkat. Baik itu komputer, laptop, atau bahkan smartphone kalian sendiri via browser. Caranya adalah

  • Buka browser kesayangan kalian
  • Ketikkan alamat internet.tri.co.id kemudian enter
  • Setelah halaman tri terbuka, silahkan klik pada tombol login
  • Masukkan nomor telfon kalian, dan kalian bisa melihat detail sisa kuota unilimited, masa aktif, atau bahkan sisa kuota dari paket internet lain yang kalian miliki.

Oh iya sob, jangan lupa pastikan kalian membawa handphone dengan nomor 3 yang terdaftar ya. Sebab, ketika kalian melakukan login di website tri, otomatis tri akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor kalian untuk melakukan validasi sebelum login.

Cek Kuota 3 Unlimited lewat Telegram

Kemudian, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek sisa kuota 3 unlimited kalian. Bahkan, tidak hanya untuk mengecek sisa kuota unlimited saja, melainkan semua data dari kartu 3 kalian.

Seperti masa aktif, sisa pulsa, dan juga masa aktif paket internet. Nah, caranya adalah dengan menggunakan telegram bot dari tri. Caranya:

  • Buka aplikasi telegram di perangkat Android ataupun iOS
  • Setelah masuk, ketik di bagian pencarian @TriindonesiaCare_Bot
  • Klik pada Bot tersebut untuk masuk kedalam chat dengan bot
  • Klik tombol Start untuk memulai percakapan dengan bot
  • Lalu, ketikkan Akun lalu kirim untuk mendapat balasan dari Bot Tri
  • Setelah itu, kalian akan diminta untuk memasukkan nomor 3 yang memiliki paket data didalamnya
  • Tunggu kode verifikasi yang dikirimkan via sms, dan masukkan kode verifikasi tersebut didalam chat bot tadi
  • Terakhir, setelah memasukkan kode verifikasi, kamu akan mendapatkan balasan dari bot Tri mengenai sisa kouta, data, pulsa, dan masa aktif kartu 3 kalian.

Sedikit informasi, cara ini bisa dilakukan untuk mengetahui sisa kuota 3 unlimited kartu kalian, ataupun milik orang lain. Dan untuk akun telegram nya sendiri bisa menggunakan akun telegram siapapun, asalkan nomor 3 yang ingin dicari informasi Akun nya masih aktif dan tidak terblokir.

Cara Cek Kuota 3 Unlimited lewat Whatsapp

Terakhir, kalian bisa menggunakan Layanan Whatsapp dari Tri untuk mengetahui detail akun dan juga sisa kuota serta masa aktif dari kartu 3 kalian.

Caranya pun cukup mudah:

  • Buka Aplikasi Whatsapp kalian, dan chat ke nomor 08999800123
  • Setelah itu, silahkan lakukan percakapan dengan 3 care atau 3 customer care di nomor whatsapp tersebut
  • Berikan informasi kepada layanan Whatsapp dari 3 dengan menyertakan nomor 3 yang masih aktif, serta memberikan keterangan bahwa kalian ingin mengetahui sisa kuota 3 unlimited yang kalian miliki
  • Selesai.

Kesimpulan

Itu tadi beberapa cara cek kuota 3 Unlimited yang bisa kalian coba dengan beberapa cara. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan yang menurut kalian mudah.

Apabila masih ada yang kurang jelas, kamu bisa menanyakan ke beberapa kontak atau nomor bantuan dari 3, baik itu chat di bima+, call center dari tri, atau bahkan bantuan lain seperti email, telegram, dan juga whatsapp.

Sekian informasi untuk kali ini, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi