Cara Kerja Amazon

Amazon adalah salah satu online shop terbesar yang bermarkas di Amerika Serikat. Sekarang ini, jaringan e-commerce ini sudah tersebar hingga di seluruh dunia. Bagi Kamu yang ada di Indonesia dan gemar berbelanja online sekalipun bisa membeli produk dari Amazon dengan mudah. Hanya saja, bagi yang baru pertama kali tentu masih bingung dengan bagaimana cara kerja Amazon itu sendiri.

Cara Tahu Tentang Amazon, Yuk!

Amazon.com, inc adalah sebuah perusahaan perdagangan digital multinasional dari Seattle, tepatnya di Amerika Serikat. Dimana perusahaan ini termask pengecer daring terkemuka dan terbesar yang ada di dunia. Amazon telah memproduksi berbagai macam peralatan elektronik, temasuk Amazon Kindle, komputer tablet Kindle Fire dan pembaca buku elektronik.

Amazon memiliki sejumlah web ritel di Kanada, Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Britania Raya, Spanyol, Italia, China dan Jepang dengan sistem pengiriman internasional. Dimana sebagian produknya diekspor ke negara lain.

Jeff Bezos adalah pendiri Amazon, yang bernama Cadabra tepatnya di Juli 1994. Kemudian situs webnya mengudara dan bernama Amazon.com sejak tahun 1995. Adapun penamaan perusahaan tersebut mengacu pada nama sungai Amazon sebagai sungai terbesar yang ada di dunia.

Pada awalnya, web Amazon.com sendiri adalah salah satu toko buku daring, yang kemudian menjadi penjual MP3, CD, DVD, permainan video, perangkat lunak, perlengkapan, barang elektronik, furniture, perhiasan, makanan dan mainan.

Perbedaan Amazon Dengan Platform e-Commerce Lain

Berbeda dengan toko online lainnya, seperti OLX, Bukalapak, Tokopedia, dimana produk yang dijual adalah produk orang lain sementara toko online tersebut hanya perantara antara seller dengan buyer saja.

Akan tetapi, Amazon adalah satu-satunya online shop retail yang menawarkan berbagai jenis produk dimana produk atau stok barang yang dijual ialah milik mereka. Dengan demikian mengharuskan perusahaan tersebut untuk mempunyai jaringan pergudangan, yang mana Amazon bisa menyetok produk yang ingin dijualnya. Meskipun demikian, Amazon masih menawarkan platform kepada pengecer untuk menjual produk yang dimiliki lewat Amazon.com.

Bagi yang mempunyai akun langganan, tentu saja mempunyai keuntungan tersendiri untuk membeli produk di Amazon. Misalnya saja layanan ekpsedisi kilat dengan pengiriman hanya 2 hari saja atau pengiriman same day bagi produk-produk yang memenuhi ketentuan dan syarat Amazon.

Amankah Berbelanja di Amazon?

Tentu saja banyak pengguna baru yang mempertanyakan perihal keamanan berbelanja di Amazon. Karena dapat dijadikan patokan untuk mempertimbangkan pemilihan e-commerce menjadi tempat yang dijadikan sebagai transaksi pembelian produk. Jika Kamu bandingkan dengan toko online yang ada di Indonesia, Amazon sebenarnya juga tak berbeda jauh dari online shop tersebut. Hanya saja, hal tersebut masuk lebih aman dan lebih baik dibandingkan pembelian produk dengan cara daring lewat platform yang secara tidak resmi digunakan untuk transaksi jual beli, baik di Twitter, Instagram, Facebook dan platform sejenisnya.

Kamu harus tahu bahwa berbelaja di platform e-commerce manapu tak ada yang bisa menjamin 100% aman. Namun setidaknya platform e-commerce resmi seperti halnya Amazon.com mempunyai sistem regulasi dan pelayanan yang terjamin dan jelas kepada pelanggan, jadi bisa memperkecil sekaligus menunjang resiko negatif. Terlebih Amazon sendiri memiliki regulasi keamananlebih memadai dibandingkan platform e-commerce yang berskala lokal.

Cara Kerja Amazon

Cara Kerja Amazon
Berbelanja di Amazon

Cara Kerja Amazon: Daftar Akun di Amazon

Jika Kamu ingin mencoba berbelanja online berskala internasional di Amazon, maka Kamu tinggal mengikuti cara kerja Amazon di bawah ini untuk membeli produk yang Kamu inginkan di situs belanja online terbesar di dunia tersebut. Sebenarnya tak jauh berbeda dari cara belanja Shopee atau toko online lainnya. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasannya berikut!

Buat Akun di Situs Amazon.com

Langkah yang harus dilakukan pertama kali sebelum berbelanja online di Amazon.com ialah membuat akun di Amazon.com terlebih dahulu.  Adapun cara pembuatan akun Amazon.com ialah sebagai berikut:

1. Mengakses Situs Web Amazon

Cara kerja Amazon pertama, silahkan akses situs web Amazon terlebih dahulu di link berikut. Lalu, tinggal arahkan kursormu ke opsi “AccountLists”. Selanjutnya pilih opsi “Start Here” di menu “New Customer” untuk pembuatan akun baru di Amazon. Lalu arahkan kursor ke menu bertuliskan “Account & Lists” dan pilih opsi “Start Here” di sebelah “New Customer” jika ingin membuat akun baru di Amazon.

2. Isi Informasi di Kolom Pendaftaran Akun

Jika sudah, Kamu akan dialihkan ke halaman bertuliskan “Create Account” bagi pengguna baru. Kemudian silahkan isi informasi sesuai kolom registrasi akun yang sudah tersedia seperti password, email dan nama. Jika semuanya telah diisi, ketuk “Create Your Amazon Account” dan Kamu akan menerima konfirmasi kode OTP dari Amazon yang dikirim lewat email. Setelah itu, ketuk “Create Your Amazon Account”. Selamat, kini Kamu sudah memiliki akun di Amazon.

3. Masukkan Alamat Pengiriman Tujuan Barang

Langkah cara kerja Amazon selanjutnya ialah Kamu harus mempersiapkan alamat tujuan pengiriman barang yang nantinya akan Kamu beli. Agar lebih jelasnya, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut : ketuk “Your Account”lalu di halaman baru gulir layar ke bawah dan ketuk “Your Address”. Setelah itu lakukan pengisia alamat lengkapmu  di “Add Address”.

Cara Kerja Amazon : Berbelanja di Amazon.com

Jika Kamu telah mengikuti pendaftaran akun di Amazon.com. Kini Kmau bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, berbelanja di Amazon. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

1. Pilih Produk yang Ingin Dibeli

Kamu bisa mencari barang yang Kamu inginkan dengan mengetikkan nama barang yang Kamu cari di kolom pencarian, contohnya Kamu sedang mencarai “Keyboard” tuliskan kata tersebut di kolom pencarian. Kamu juga bisa memakai opsi yang terletak di samping kiri agar dapat menemukan jenis produk yang cocok sesuai seleramu, bisa juga memilih tools “Sort by featured” supaya mempermudahmu mencari harga sesuai budget.

2. Klik Produk yang Kamu Inginkan

Cara kerja Amazon untuk berbelanja produk berikutnya ialah klik produk yang sudah Kamu temukan. Sebelum membelinya pastikan Kamu mengecek info produk tersebut dengan menggulir layar ke bawah. Jangan lupa, baca deskripsi sesuai yang diberikan penjual dan lihat ulasan pembeli yang sudah pernah memesan produk. Jika sudah, ketuk “Buy Now”.

3. Pilih Alamat Pengiriman

Di halaman baru, kamu akan diminta untuk memilih alamat tujuan pengiriman. Setelah mengikuti langkah-langkahnya dengan berurutan, Kamu tentu telah mengisi alamat tujuan pengiriman di menu “Your Adresses”, namun jika belum Kamu bisa melihatnya di langkah sebelumnya (pengisian alamat). Jika sudah menentukan tujuan pengiriman silahkan ketuk “Deliver to this Addres”.

4. Pilih Metode Pembayaran

Cara kerja Amazon berikutnya, Kamu tinggal pilih metode pembayaran. Di menu ini, Kamu akan ditawarkan beberapa pilihan metode pembayaran yang sudah disediakan Amazon, sebagai berikut :

  • Kartu Toko Amazon
  • Kartu Voucher atau Gift dan sejenisnya
  • Memakai uang cash lewat Amazon PayCode/Western Union
  • Kartu Debit atau Kredit

Diantara keampat pilihan metode pembayaran tersebut, cara paling mudah adalah pembayaran lewat Western Union. Kenapa? Mengingat kebanyakan masyarakat Indonesia biasanya tidak mempunyai kartu kredit. Di samping itu, metode pembayaran tersebut juga lebih simpel dibandingkan cara lainnya.

5. Selesaikan Pembayaran

Sebenarnya metode pembayaran lewat Western Union mirip seperti pembayaran melalui minimarket. Biasanya pada WU, Kamu hanya perlu mendatangi kantor Western Union di lokasi terdekat. Selain itu juga biasanya telah tersedia di Minimarket atau kantor Pegadaian.

Dalam pilihan pembayaran, silahkan tekan “Amazon Paycode” lalu tunjukkan paycode milikmu ke agen WU dan bayar tunai. Lalu simpan bukti/resi transaksi. Silahkan tunggu produk yang Kamu pesan sebelumnya dikirim pihak Amazon.

Itulah langkah-langkah cara kerja Amazon untuk membeli produk yang Kamu inginkan di situs e-commerce terbesar di dunia tersebut. Perlu Kamu catat, bahwa untuk pembayaran dengan transaksi tunai lewat WU, Kamu wajib membawa KTP supaya pembayaran bisa diproses lebih cepat. Semoga bermanfaat!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019