Categories: Uncategorized

Cara Direct Message di Twitter

Twitter memang telah menawarkan berbagai macam fitur menarik, sebagai salah satu platform media sosial yang ada sejak lama. Salah satunya adalah dengan kemudahan cara direct message di Twitter. Melalui fitur inilah, Twitter kembali ramai digunakan oleh para penggiat media sosial, setelah Facebook dan Instagram merajai dunia jejaring sosial.

Mengenal Fitur Direct Message

Sebenarnya hampir semua platform media sosial menawarkan fitur direct message. Dimana fitur yang satu ini memungkinkan para penggunanya agar saling berinteraksi melalui media sosial secara personal. Keunggulan fitur ini adalah bersifat private, sebab tak dapat dilihat orang lain sama halnya dengan fitur comment atau repply.

Fitur DM inilah yang memungkinkan sebuah bisnis dapat berinteraksi bersama audiensnya secara lebih intim. Mungkin awalnya, banyak pengguna yang belum melirik fitur yang satu ini. Namun seiring dengan maraknya perkembangan digital marketing atau social media marketing, fitur Direct Message akan sangat membantu. Lantas, bagaimana cara direct message di Twitter?

Cara Direct Message di Twitter

Tutorial Direct Message di Twitter

Tutorial Direct Message di Twiter

Kamu dapat mengandalkan fitur direct message untuk melakukan chatting pribadi bersama pengguna Twitter yang lainnya. Tak hanya dapat mengirimkan pesan teks, tetapi juga dapat mengirimkan video, foto, GIF maupun yang lainnya agar chatting yang dilakukan lebih seru. Silahkan ikuti panduan cara direct message di Twitter berikut ini :

Metode 1 : Tutorial Direct Message di Twitter via Aplikasi

Jika Kamu memakai aplikasi Twitter di hp, Kamu bisa menggunakan fitur direct message dengan mudah.

1. Mengirimkan DM Twitter via Aplikasi

Silahkan cek cara direct message di Twitter via aplikasi berikut ini :

  • Silahkan buka Twitter Apps pada perangkat hp.
  • Ketuk ikon berbentuk amplop, selanjutnya Kamu akan langsung diarahkan ke menu direct message di Twitter. Jika ingin mengirimkan pesan DM baru di Twitter, tekan obrolan (+) di samping kanan bagian bawah.
  • Pada kotak alamat, Kamu bisa menginputkan @namapengguna dari orang yang ingin Kamu kirimi DM. Tak hanya untuk 1 orang saja, tetapi Kamu juga dapat mengirimkan pesan secara grup sampai ke 50 pengguna sekaligus.
  • Kamu pun dapat menyertakan GIF, foto maupun viedo pada pesan DM. Untuk mengirimkan media seperti video atau foto, tekan ikon galeri. Sementara untuk mengirimkan GIG bisa mengklik opsi GIF.
  • Jika mengirimkan foto, sebaiknya edit fotonya terlebih dulu dengan menekan ikon berbentuk kuas. Dari sana, Kamu akan melihat berbagai macam tools editing dan efek yang dapat dipakai.
  • Lalu tambahkan keterangan, kemudian tekan ‘Kirim’.

2. Menghapus DM Twitter di Aplikasi

Sementara itu, jika Kamu ingin menghapus direct message Twitter tersebut. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, dibawah ini :

  • Sentuh lalu tahan pesan hingga beberapa lama, dan ketuk ‘Menghapus Pesan’.
  • Jika ingin menghapus seluruh pesan pada obrolan, sentuh serta tahan pada nama akun Twitter yang dikirimi DM dan tekan ‘Hapus Percakapan’.
  • Kamu juga bisa mengklik ikon berbentuk informasi tepat di samping kanan atas. Lalu tekan ‘Hapus Percakapan’.
  • Cara di atas hanya bisa menghapus percakapan atau DM dari akun Twitter-mu saja. Sedangkan peserta yang terlibat dalam percakapan tersebut, masih tetap dapat melihat isi direct message yang telah dihapus.

Metode 2 :Tutorial Direct Message di Twitter via Website

Kamu juga bisa mencoba cara direct message di Twitter melalui website. Dibawah ini Kami akan memandu cara mengirimkan direct message dan menghapusnya lewat website :

1. Mengirimkan DM Twitter Melalui Website

Bagi Kamu yang mengakses aplikasi Twitter melalui perangkat PC, Kamu bisa mencoba cara direct message di Twitter lewat website berikut :

  • Buka web browser, kemudian kunjungi situs web di twitter.com.
  • Setelah itu, login memakai akun Twitter milikmu.
  • Ketuk message jika ingin mengirimkan pesan, lalu pilih ikon bertuliskan ‘Start a Conversation’.
  • Selanjutnya Kamu bisa mencari akun Twitter orang yang ingin dikirimi pesan DM, lalu tekan ‘Next’.
  • Jika sudah, Kamu tinggal mengirimkan pesan, dapat melalui video, teks maupun GIF. Ada pula beberapa pilihan emoji.

2. Menghapus DM di Twitter

Jika ingin menghapus direct message di Twitter melalui website, Kamu bisa mencoba tutorialnya berikut :

  • Tekan pesan atau DM yang ingin dihapus, lalu tekan opsi titik tiga dan pilih ‘Delete for You’.
  • Setelah itu, jika ingin meninggalkan percakapan cukup cari pesan atau percakapan tersebut, kemudian buka.
  • Ketuk ikon informasi tepat di samping kanan atas.
  • Setelah itu, tekan ‘Leave Conversation’.
  • Biasanya saat menghapus direct message, biasanya hanya terhapus pada akun Twitter Kamu saja.

Itulah beberapa cara direct message di Twitter dan menghapusnya, baik melalui aplikasi maupun website. Kamu juga harus tahu bahwa Twitter kini memiliki banyak kelebihan untuk bisnis. Ingin tahu apa saja kelebihannya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Kelebihan Aplikasi Media Sosial Twitter

Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang ini ada banyak orang memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis mereka. Salah satunya ialah Twitter, dan ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan dengan memakai Twitter. Berikut penjelasannya :

1. Sebagai Brand Image

Ketika memilih platform Twitter ke dalam strategi internet marketing atau digital marketing, tentu saja pilihan ini sangat ideal. Twitter sangat efektif dalam membagun reputasi produk yang baik. Hal tersebut dikarenakan, tak sedikit pembeli yang tertarik berbagi pengalaman saat memakai sebuah produk di Twitter. Entah itu, hanya berbagi lewat satu tweet saja atau berbentuk thread dengan foto-foto menarik.

2. Terciptanya Engagement Bersama Konsumen

Saat mempromosikan sebuah produk lewat Twitter, maka Kamu bisa saling berinteraksi bersama pembeli di media sosial. Ada banyak pengguna yang dengan sengaja menjadi followerakun produk tertentu. Hal ini bertujuan agar mereka lebih gampang memperoleh pelayanan dan informasi produk baru dari usaha tersebut, atau bahkan hanya ingin berinteraksi dan saling berkomentar.

3. Tingkatkan Brand Awareness

Biasanya setiap pengguna Twitter tak ragu memfollow akun sebuah bisnis yang dianggap penting dan menarik, meskipun mereka sama sekali belum pernah mencoba membeli produk tersebut. Tak hanya itu saja, tweet yang disukai biasanya akan disebarkan ke pengikut mereka dengan sukarela lewat retweet, quote retweet atau like. Melalui cara yang satu ini, sudah pasti membuat produk yang Kamu jual bisa berpeluang dikenal banyak pengguna Twitter. Siapa tahu, orang yang benar-benar membutuhkan produkmu akan langsung membeli produk yang ditawarkan.

Kesimpulan

Meskipun ada banyak kelebihan menggunakan Twitter untuk bisnis, namun ada beberapa pula kekurangan memakai Twitter. Salah satunya adalah ketersediaan hashtag di Twitter yang masih terbatas. Padahal salah satu strategi promosi paling efektif di media sosial ialah melalui pemberian hashtag guna mempermudah audiens untuk mencari produk tersebut.

Kekurangan lainnya ialah jumlah gambar atau foto yang dapat diupload di Twitter sangat terbatas, berbeda halnya dengan upload foto di Instagram.

Meskipun demikian tak ada salahnya Kamu memiliki Twitter untuk memperluas jaringan marketingmu dengan cara direct message di Twitter salah satunya. Semoga bermanfaat!

 

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

3 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

5 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago