Cara Mengemudi Mobil Matic Xpander

  • Whatsapp

Bagaimana cara mengemudi mobil matic Xpander? Apakah ribet atau hampir sama dengan mobil matic biasanya? Tenang saja, disini kamu akan menemukan jawaban itu dan kamu bisa dengan mudah belajar mengemudi mobil matic Xpander.

Jika kamu ingin mengetahui, mobil matic Xpander hampir sama dengan mobil matic pada umumnya. Namun yang membedakannya disini dari mobil lainnya adalah body dan ukuran mobil yang cukup besar dibanding mobil matic lainnya. Selain itu kode transmisi yang digunakan pada mobil matic Xpander juga menjadi pembeda.

Read More

Namun kamu tak perlu khawatir karena sistem dan juga cara mengemudinya tetap sama pada sebagian besar mobil matic. Tidak ada kopling untuk perpindahan gigi atau gear secara manual. Dan juga pastinya cukup mudah untuk dipelajari dan dikendarai.

Cara Mengemudi Mobil Matic Xpander

Cara Mengemudi Mobil Matic Xpander
Cara Mengemudi Mobil Matic Xpander

Jika kamu belum mengetahui tentang cara mengemudi mobil matic Xpander, tentu saja kamu bisa mempelajarinya disini. Hampir sama dengan kebanyakan mobil matic pada umumnya. Namun yang perlu kamu ingat, ada beberapa trik dan panduan yang harus kamu ingat dan pelajari sebelum belajar mengemudi mobil matic Xpander.

Pahami Perpindahan Persneling

Untuk mempelajari cara mengemudi mobil matic Xpander, yang pertama kali harus kamu perhatikan adalah dengan memahami perpindahan persneling pada mobil matic. Walaupun Matic Xpander menggunakan Transmisi yang berbeda dari mobil matic umumnya, namun hal yang tak lepas dari mobil matic adalah tidak adanya kopling untuk memindahkan gigi secara manual.

Terkait:  Cara Merawat Aki Mobil

Maka dari itu, kamu harus paham bagaimana ketika akan berpindah mode pada mobil matic. Kebanyakan pemilik mobil matic pasti akan menggunakan mode Netral (N) terlebih dahulu sebelum berkendara ataupun saat berhenti dalam kondisi yang lama. Dan kamu perlu menginjak rem untuk memindah gigi mobil matic kamu ke Drive (D) ataupun juga ke Reverse (R).

Memahami Transmisi pada Mobil Xpander

Walaupun Xpander hampir sama dengan kebanyakan mobil matic pada umumnya. Namun, kode untuk transmisi pada mobil ini cukup berbeda. Dan kamu perlu mengingat dan memahami setiap kode transmisi pada mobil matic Xpander. Hal ini bertujuan agar kamu tidak salah dalam memasukkan atau mengganti transmisi dan menghindarkan dari hal-hal yang tidak kamu inginkan. Dan pada mobil matic Xpander biasanya memiliki kode transmisi:

D (Drive)

Mode yang sangat umum ditemukan pada mobil matic ini adalah mode yang digunakan pengguna mobil matic, ketika sudah siap untuk jalan. Dengan mode ini, mesin akan otomatis mengatur perputaran mesin sesuai dengan gas yang diinjak pengemudi. Semakin kuat gas yang diinjak pengemudi, maka ECU dan Mesin akan menyesuaikan perpindahan rasio gigi sesuai dengan torsi yang dikeluarkan.

L (Low)

Mode ini sering digunakan pengendara ketika harus menghadapi jalan menanjak yang cukup panjang. Adapun mode Low hampir mirip dengan gigi 1 pada mobil manual. Tujuan menggunakan mode Low pada saat menanjak adalah agar posisi mesin tetap stabil seakan akan menggunakan gigi 1 seterusnya. Inilah yang membuat pengemudi lebih mudah mengatur gas agar mendapatkan torsi yang tetap stabil, yakni sekitar 3000 rpm.

2 (Two)

Berbeda dengan mode L yang hanya menggunakan gigi 1 pada mobil matic, mode 2 atau Two berguna untuk pengendara yang berada pada medan turunan yang cukup panjang.

Terkait:  Cara Hilangkan Baret Mobil

Mode ini sangat berguna untuk pengendara dalam mengatur engine brake sehingga tetap stabil saat melewati turunan. Selain itu, mode ini akan menempatkan rasio mesin dengan menggunakan gigi 1 dan 2 saja.

N (Neutral)

Tentu semua pengendara mobil matic sudah mengetahui mode yang satu ini. Mode N atau netral kerap digunakan ketika pengendara harus berhenti, misalnya seperti saat mengisi bahan bakar, berhenti di persimpangan lampu merah, ataupun sekedar menepi. Adapun fungsi dari mode N ini adalah agar mobil tidak otomatis jalan walaupun dalam kondisi hidup. Maka dari itulah mode ini dinamakan Neutral.

R (Reverse)

Reverse atau mundur adalah mode yang digunakan pengendara mobil matic ketika harus melakukan parkir ketika berada di mall, hotel ataupun yang lainnya. Namun perlu diperhatikan, saat akan memindah mode dari L, 2, atau N, pengendara wajib menginjak Rem sebelum memindahkan mode. Hal ini bertujuan agar mempermudah pengendara melakukan perpindahan mode, dan tidak merusak mesin karena perpindahan paksa.

Shiftlock

Terakhir, ada mode Shiftlock. Yang mana mode ini sangat berguna untuk kalian yang parkir ditempat umum. Pasalnya, mode ini hampir mirip dengan melakukan penguncian pada mobil, sehingga tidak akan berpindah maju atau mundur walau di dorong sekalipun.

Pelajari dan Pahami Fungsi O/D OFF

Walaupun mobil matic tidak menggunakan sistem oper gigi atau perpindahan gear, tapi ternyata sistem nya hampir mirip dengan mobil matic. Dimana mesin akan melakukan perpindahan rasio seperti perpindahan gear pada mobil manual.

Nah, O/D atau Over Drive ini adalah mode dimana pengendara matic Xpander bisa menggunakan 4 Rasio gigi pada matic Xpander. Jika kamu menggunakan mode O/D OFF, maka otomatis rasio gigi pada matic Xpander akan berkurang menjadi 3 saja. Sehingga torsi mesin yang didapatkan akan lebih maksimal.

Terkait:  Cara Menyetir Mobil Manual

Tetapi ada hal penting yang perlu dicatat. Mode ini hanya berguna ketika kalian berada dijalan yang cukup lengang, ataupun ketika menyalip kendaraan lain seperti misalnya dijalan tol.

Demikian tadi beberapa cara mengemudi mobil matic Xpander yang bisa kamu pelajari. Mudah sekali bukan? Jangan lupa untuk tetap fokus ke jalan raya saat berkendara. Dan juga beristirahat jika kamu merasa sudah lelah saat mengendarai mobil.

Related posts