Cara Daftar SMS Banking BRI

Penggunaan layanan SMS Banking BRI saat ini memang sudah menjadi primadona bagi nasabah BRI. Mengingat pelayanan melalui SMS Banking sendiri kebih efisien, jika dilihat dari segi waktu maupun biaya untuk bertransaksi. Lalu, bagaimana cara daftar SMS Banking BRI?

Namun sebelum kita mengulas pembahasan inti, ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam transaksi SMS Banking. Terutama bagi Kamu yang belum pernah menggunakan layanan ini.

Read More

Penggunaan mesin ATM untuk bertransaksi mungkin sudah lumrah dan bukan hal yang asing dilakukan. Meskipun mudah, tapi jika dilihat dari segi kepraktisan sendiri dirasa kurang. Sebab melakukan transaksi perbankan di mesin ATM tidak jauh berbeda dengan kita pergi ke kantor cabang, yakni harus sabar mengantri. Perbedaannya ialah mesin ATM buka 24 jam dan semua proses transaksi dilakukan oleh mesin.

Akan tetapi, beda cerita jika kita bertransaksi menggunakan SMS banking. Kamu bisa melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja, tanpa harus menyita waktu dan energi. Cukup mendaftar SMS Banking untuk satu kali saja, dan Kamu bisa terus menggunakannya selamanya, dengan catatan nomor Hpmu tidak berubah.

Layanan SMS Banking BRI

Dengan kemudahan dan kepraktisan bertransaksi di SMS Banking inilah, bank BRI sebagai salah satu bank terkemuka di tanah air ikut memberikan layanan ini untuk para nasabahnya. Dengan adanya layanan perbankan melalui Hp ini menjadi sebuah terobosan baru demi mempermudah para nasabah BRI untuk bertransaksi.

Jadi, SMS Banking BRI bisa dikatakan sebagai salah satu jenis layanan perbankan dair bank BRI yang dapat dilakukan via smartphone. Caranya Kamu hanya perlu mengirimkan pesan singkat ke nomor 3300 saja.

Apa Perbedaan BRI Mobile dengan SMS Banking BRI?

Selain SMS Banking BRI, layanan mobile yang ditawarkan bank BRI lainnya ialah mBanking BRI atau BRI mobile banking. Sama seperti SMS Banking, mobile banking juga memberikan kemudahan bagi para nasabah sehingga membuat transaksi menjadi lebih mudah dan praktis.

BRI mobile sendiri diperkenalkan pertama kali dari tahun 2012 silam dan dapat diakses hanya menggunakan smartphone saja. Selain itu, semua fitur yang ditawarkan mobile banking bank BRI juga sangat beragam. Seperti fitur mutasi rekening, pengecekan saldo, pembayaran, transfer uang, ganti PIN, hingga pembelian.

Tak hanya itu saja, ada banyak fitur yang tersedia dalam layanan BRI Mobile. Diantaranya dapat menjadwalkan pembayaran, menyimpan histori kegiatan transaksi, menyimpan pemberitahuan transaksi, mencari informasi letak ATM terdekat, menginformasikan produk BRI seperti deposito, mencari informasi tentang merchant e-pay dan membatasi transfer sampai Rp. 1 miliar.

Selain itu, perlu Kamu ketahui bahwa BRI Mobile dengan SMS Banking BRI merupakan layanan yang berbeda. Jika SMS Banking BRI dapat dilakukan dengan cara mengirimkan pesan menggunakan format SMS yang sudah ditentukan,maka BRI Mobile sendiri dapat diakses lewat aplikasi yang sudah terinstal di smartphone.

Cara Daftar SMS Banking BRI

Cara Daftar SMS Banking BRI
Mendaftar SMS Banking BRI

Mendaftar SMS Banking BRI

Sebenarnya ada 2 pilihan cara daftar SMS Banking BRI yang dapat Kamu coba, diantaranya lewat mesin ATM BRI dan kantor cabang BRI. Mendaftar SMS Banking BRI melalui ATM tentu saja lebih leluasa, hanya saja Kamu belum bisa melakukan transaksi finansial.

Sementara jika Kamu mendaftar layanan SMS Banking BRI di kantor cabang BRI, Kamu tetap bisa melakukan transaksi perbankan yang bersifat  finansial maupun non finansial. Hanya saja kekurangannya ialah waktunya bisa dikatakan lebih terbatas dan persyaratannya cukup banyak.

Oke, langsung saja ikuti panduan cara daftar SMS Banking BRI di bawah ini:

1. Cara Mendaftar SMS Banking BRI Melalui ATM

Jika harus memilih, tentu cara mendaftar SMS Banking BRI lewat ATM adalah cara termudah dan terpraktis. Jadi memang lebih baik memilih cara ini jika kita tidak mempunyai banyak waktu senggang atau malas pergi ke kantor cabang BRI yang jaraknya cukup jauh. Selain itu, metodenya juga tidak ribet.

Kamu hanya perlu mengikuti panduan di bawah ini :

  • Pertama-tama persiapkan nomor Hp yang selalu aktif dengan kartu debit/ATM BRI-mu.
  • Lalu silahkan datang ke gerai ATM BRI setempat.
  • Lalu inputkan kartu ATM BRI-mu dan ketikkan PIN.
  • Selanjutnya pilih “Transaksi Lainnya”, lalu pilih lagi “Lainnya” pada menu yang tersedia di layar mesin ATM.
  • Setelah itu pilih “Registrasi”.
  • Kemudian pilih layanan “Mobile Banking”.
  • Inputkan nomor Hp aktif, lalu tekan “Benar”.
  • Silahkan buat PIN SMS Banking baru, lalu pilih “Benar” jika dirasa sudah benar.
  • Konfirmasi  PIN SMS Banking kembali dengan megetikkan PIN yang Kamu buat.
  • Setelah itu, klik “Benar”.
  • Selanjutnya Kamu akan ditampilkan pemberitahuan bahwa pendaftaran sudah berhasil tepat di layar mesin ATM.
  • Jika sudah, struk bukti pendaftaran  pun akan langsung keluar dari slot mesin ATM.

Jika Kamu sudah mendaftar SMS Banking BRI lewat ATM, maka Kamu sebenarnya sudah bisa menggunakan layanan ini untuk melakukan transaksi non finansial. Seperti pengecekan saldo. Namun jika ingin bisa mengakses semua transaksi yang tersedia pada SMS Banking, Kamu harus melakukan aktivasi di customer service bank BRI, yang artinya Kamu tetap harus pergi ke kantor cabang BRI terdekat.

2. Cara Mendaftar SMS Banking BRI di Kantor Cabang BRI

Jika Kamu ingin mengaktifkan layanan finansial dan non finansial dari SMS Banking BRI secara langsung, maka cara daftar SMS Banking BRI bisa dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang BRI sembari membawa persyaratan dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Adapun persyaratan mendaftar SMS Banking BRI sendiri diantaranya berupa KTP, nomor HP aktif, buku tabungan BRI, dan kartu ATM aktif.

Setelah Kamu tiba di bank, Kamu tinggal mengambil nomor antrian. Selanjutnya, Kamu akan menerima formulir pendaftaran. Silahkan isi formulir pendaftaran sesuai data diri di KTP. Lalu tunggu antrianmu dipanggil. Lalu jika nomor antrianmu sudah dipanggil, tinggal datang ke meja customer service dan serahkan formulir yang sudah diisi. Tunggu sampai pihak CS menyelesaikan pendaftaran SMS Banking BRI-mu.

Biasanya customer service akan menanyakan tentang dokumen-dokumen pelengkap persyaratan seperti KTP, dan nomor Hp aktif untuk aktivasi SMS Banking BRI.

Cara Menggunakan SMS Banking BRI Melalui HP

Setelah layanan SMS Banking-mu aktif, selanjutnya Kamu tinggal memakai layanan tersebut untuk melakukan berbagai macam transaksi. Kamu bisa menggunakan layanan ini hanya dengan menggunakan Hp dan pulsa yang mencukupi.

1. Transfer ke Sesama Pengguna BRI

Jika Kamu ingin mentransfer ke sesama BRI memakai SMS Banking BRI, caranya buka HPmu dan masuk ke menu SMS lalu ketikkan format : TRANSFER (spasi) Nomor rekening tujuan (spasi) nominal (spasi) PIN SMS Banking. Jika sudah kirimkan ke nomor 3300.

2. Transfer ke Antar Bank

Untuk transfer ke antar bank atau bank lain menggunakan SMS Banking, caranya hampir sama seperti di atas. Hanya saja, yang membedakan ialah format SMSnya. Kamu bisa memakai format SMS berikut : TRANSFER (spasi) kodebank+nomorrekeningtujuan(spasi) nominal (spasi) PIN ATM BRI. Setelah itu, langsung kirimkan ke nomor 3300.

3. Cek Saldo via SMS Banking BRI

Cara pengecekan saldo melalui SMS Banking BRI, cukup mengikuti format SMS berikut : SALDO (spasi) PIN, lalu kirimkan ke nomor 3300.

Nah, itulah beberapa contoh transaksi penting yang bisa dilakukan lewat SMS Banking BRI. Selain transaksi di atas, Kamu juga bisa menikmati transaksi lainnya seperti cek mutasi BRI. Adapun tarif yang dikenakan untuk memakai layanan ini tergantung dari masing-masing provider HP yang digunakan.

Demikian ulasan mengenai cara daftar SMS Banking BRI via ATM dan kantor cabang BRI yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

 

Related posts