Cara Membuat Sticker WhatsApp

  • Whatsapp

WhatsApp tak hanya menarik dengan fitur-fitur berlimpah yang ditawarkannya. Melainkan Kamu bisa mencoba membuat sticker WhatsApp sendiri dengan mudah. Ya, cara membuat sticker WhatsApp tentu saja bisa Kamu coba agar Kamu bisa membuat stiker menarik yang dapat dikirimkan saat chat atau mengobrol bersama teman di WhatsApp.

Melakukan aktivitas chatting WhatsApp tak lengkap rasanya jika tidak mengirimkan sticker bergambar lucu. Apalagi gambar sticker tersebut adalah gambarmu sendiri. Bagaimana, tertarik dengan cara membuat sticker WhatsApp? Langsung saja simak tutorialnya di bawah ini!

Read More

Cara Membuat Sticker WhatsApp

Cara Membuat Sticker WhatsApp
Membuat Sticker WhatsApp

Panduan Membuat Sticker WhatsApp Menarik

Layanan stiker sendiri ditambahkan pertama kali oleh pengembang WhatsApp sejak Oktober 2018 lalu. Bagi pengguna smartphone android, paling tidak Kamu harus memiliki aplikasi WhatsApp dengan versi 2.18.329 untuk bisa melakukan upgrade aplikasi di Play Store. Sementara bagi pengguna iOS sendiri setidaknya wajib mempunyai versi WhatsApp 2.18.100 untuk pembaruan aplikasi WhatsApp di App Store.

Di samping ada berbagai jenis stiker WhatsApp yang tersedia, Kamu pun bisa membuat stiker WhatsApp sendiri melalui berbagai macam ekspresi memakai foto atau gambar yang dimiliki pada galeri Hpmu. Oke, langsung saja ikuti langkah cara membuat sticker WhatsApp berikut :

Tahap 1 : Buat Sticker WhatsApp Menggunakan Aplikasi Personal Sticker

Jika Kamu ingin membuat sticker menarik di WhatsApp, maka ada aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan berikut ini :

Terkait:  Cara Logout WhatsApp

1. Persiapkan 3 Gambar atau Foto Untuk Dijadikan Sticker

Hal pertama yang harus dipersiapkan ialah 3 foto atau gambar berbentuk selfie. Sebab biasanya minimal gambar/foto yang dibutuhkan dalam pembuatan stiker sendiri ada 3 buah.

2. Menghapus Latar Foto

Silahkan hapus background foto, kemudian ubah format yang ada ke dalam PNG. Tujuannya supaya foto yang Kamu inginkan mempunyai latar transparan. Adapun untuk melakukan tahapan ini, Kamu bisa memakai aplikasi bernama background eraser di App Store atau Google Play Store. Selain itu, Kamu juga dapat memakai remover.bg.

3. Pakai Aplikasi Background Eraser

Cara membuat sticker WhatsApp sendiri selanjutnya, misal Kamu memakai background eraser Apps. Setelah diunduh dan diinstal, buka aplikasi dan tekan ikon eraser, lalu pilih foto favoritmu untuk dijadikan sticker. Pada tool eraser, biasanya ada beberapa opsi tool yang bisa dipakai.

Jika ingin lebih mudah menghapus background, pilih foto dengan latar belakang yang polos. Dengan begitu, Kamu bisa memakai tool otomatis untuk menghapus background secara langsung.

4. Menyimpan Foto Berformat PNG

Jika foto yang telah dipilih sudah dihapus background-nya, langkah yang mesti Kamu lakukan ialah mengkonversi foto ke dalam format PNG. Adapun caranya ialah cukup klik centang di sebelah kanan di bagian atas layar, lalu simpan foto yang background-nya telah dihapus pada format PNG. Di samping itu, background eraser Apps menawarkan banyak fitur, salah satunya menambahkan teks untuk dapat ditambahkan berdasarkan keinginan.

5. Membuka WhatsApp, Lalu Tekan Ikon Emoji

Cara membuat sticker WhatsApp selanjutnya ialah buka aplikasi WA lalu pastikan WhatsApp-mu telah diperbarui minimal sudah ke dalam versi 2.18 supaya Kamu bisa memakai fitur stiker. Jika sudah membuka WhatsApp, ketuk “menambah opsi” di samping kiri pada kolom untuk menuliskan teks. Kemudian, tekan ikon stiker di samping kanan pada ikon GIF.

Terkait:  Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

6. Ketuk Tanda (+)

Langkah selanjutnya ialah jika ikon stiker sudah terbuka, selanjutnya akan muncul beberapa tampilan stiker dari pengguna. Di halaman tersebut, selanutnya Kamu bisa memilih opsi (+) yang terletak di samping kanan bagian atas pada kolom menambah stiker WA yang sudah dibuat sebelumnya. Pada pilihan tersebut, selanjutnya akan ditampilkan stiker-stiker yang bisa ditambahkan pada WhatsApp Messenger.

Kemudian gulir layar hpmu sampai muncul tulisan berupa “get more stickers”, tekan opsi tersebut jika ingin menambahkan stiker.

7. Download Personal Sticker di Play Store

Langkah cara membuat sticker WhatsApp selanjutnya ialah sesudah mengklik pilihan (+) tadi, Kamu akan diarahkan menuju aplikasi baik di Google Play Store maupun App store. Silahkan unduh Personal Sticker for WhatsApp di Play Store terlebih dulu jika ingin memasukkan stiker WhatsApp-mu.

8. Membuka Aplikasi Sticker For WA

Tutorial selanjutnya jika sudah memasang aplikasi tersebut di hpmu, selanjutnya buka aplikasi tersebut. Pada aplikasi ini, Kamu akan mendapatkan tampilan gambar yang bisa dijadikan stiker WA. Pastikan format untuk stiker sudah berformat PNG, sebab biasanya Personal Sticker for WhatsApp Apps hanya bisa membaca foto berformat PNG saja.

9. Menambahkan Gambar Berformat PNG

Pada langkah terakhir, klik “Add”, selanjutnya foto-foto berformat PNG pada galeri Hpmu akan langsung dijadikan sebagai stiker baru untuk Kamu gunakan saat bertukar pesan di WhatsApp Messenger.

Tahap 2 : Buat Sticker WhatsApp Tanpa Aplikasi

Selain cara membuat sticker WhatsApp dengan aplikasi di atas, Kamu juga bisa membuat sticker tanpa aplikasi apapun. Kamu hanya perlu memakai bot WhatsApp untuk membuat stiker menarik. Berikut tahapan-tahapannya :

1. Memakai Bot WhatsApp

Bot WhatsApp sebenarnya tak jauh berbeda dari bot Telegram. Hanya saja perbedaannya, satu nomor pada bot WhatsApp telah menyediakan fitur yang sangat banyak. Salah satu fitur yang menarik yang dapat dimanfaatkan ialah fitur stiker untuk kebutuhan pembuatan stiker WhatsApp dengan cara instan.

Terkait:  Cara Membuat Akun Gojek

Langkah awal yang dapat Kamu coba ialah mencari nomor bot WA terlebih dahulu di link ini.

2. Membuat Stiker WA

Setelah menemukan bot WA, Kamu hanya perlu membuat stiker WhatsApp-nya saja. Adapun caranya, persiapkan gambar atau foto yang akan dijadikan stiker. Kemudian Kamu chat bot WhatsApp tersebut menggunakan instruksi “/menu” lalu perhatikan instruksi pembuatan stiker WA. Adapun biasanya perintahnya adalah /sticker. Sementara, untuk pembuatannya sendiri kirim gambar dan perintah tambahan “/sticker”. Lalu cek gambar tersebut jika Kamu masih bingung.

3. Menyimpan Sticker

Jika Kamu sudah mengirimkan gambar tadi, biasanya akan langsung terdapat balasan sticker menyesuaikan gambar yang Kamu kirim. Setelah itu, simpan saja stiker tersebut dengan mengklik sticker lalu klik tambahkan pada favorit.

Ketentuan Membuat Stiker WhatsApp

Selain cara membuat sticker WhatsApp, Kamu juga harus mengetahui ketentuan untuk mmebuat sitcker WhatsApp. Menurut laman FAW pada WhatsApp, stiker yang Kamu buat harus memenuhi persyaratan berikut :

  • Setiap stiker biasanya harus mempunyai background transparan.
  • Ukuran stiker harus 512 x 512 pixel.
  • Setiap stiker WhatsApp harus berukuran tidak sampai 100 kb.
  • Biasanya ikon stikar di tray stiker WhatsApp wajib berukuran < 50 KB dan 96×96 px.

Itulah ketentuan dan cara membuat sticker WhatsApp sendiri yang bisa Kamu coba. Untuk aplikasi ketiga pembuat sticker WhatsApp selain personal sticker for WhatsApp, Kamu juga bisa mencoba aplikasi Sticker.ly pada ponsel android maupun iOS. Di samping itu, ada aplikasi bernama Sticker Maker yang juga dapat Kamu gunakan untuk membuat sticker menarik di WhatsApp.

Jika Kamu berencana mengikuti tutorial cara membuat sticker WhatsApp di atas, Kamu tinggal memilih foto yang akan dijadikan sebagai sticker WhatsApp. Semoga bermanfaat!

Related posts