Cara Membuat Channel di Telegram

Cara Membuat Channel di Telegram
Cara Membuat Channel di Telegram

Platform berbasis pesan online ini, menghadirkan fitur terbaru saat memasuki perayaan ultah ke-9. Software yang dimaksud disini adalah Telegram. Selain layanan baru tersebut, kalian juga bisa melakukan cara membuat channel di Telegram. Adapun fiturnya sendiri, yaitu user dapat kustomisasi emoji secara manual. Kalian dapat berkreasi dengan bebas saat mengobrol.

Stiker custom tersebut, sayangnya hanya bisa kalian temukan setelah menjadi user Telegram tingkatan premium. Fasilitas yang diberikan oleh platform, yakni pengguna bisa mengakses lebih dari 1 paketan emoji kustomisasi yang isinya mencapai 500+ emoji. Klik ikon emoji di ruang obrolan untuk memulai penggunaannya. Kalau di iOS, stiker & GIF aksesnya terpisah.

Perbedaan Channel dan Grup di Telegram

Terkadang, masih saja ada pengguna yang kesulitan untuk memahami perbedaan channel dan grup di Telegram. Padahal, jelas-jelas keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Dimana, saat kalian menggunakan channel, itu artinya info yang diperoleh dalam ruang obrolan hanya bisa disampaikan oleh satu admin saja. Anggota yang bergabung tidak dapat mengirimkan pesan.

Sedangkan grup, bertujuan untuk mempermudah kalian bisa saling berinteraksi satu sama lain dengan sesama anggota maupun admin sesuai dari tema yang ada di grup tersebut. Contoh, di grup yang berjudul Lulus CPNS Bersama difungsikan sebagai wadah pembelajaran yang bisa membantu para anggota meningkatkan pengetahuannya seputar tes CPNS. Komunikasi 2 way.

Cara Membuat Channel di Telegram

Cara Membuat Channel di Telegram
Cara Membuat Channel di Telegram

Cara membuat channel di Telegram bisa komentar, apakah ada caranya? Kan berbeda dengan grup. Nah… ternyata kalian dapat meninggalkan komentar di channel loh. Asalkan, posisimu di channel tersebut sebagai admin. Begini cara membuat channelnya:

  1. Login ke Aplikasi Telegram menggunakan akun aktif
  2. Klik menu Channel Baru pada halaman pesan
  3. Selesai membuat Channel Telegram, kalian langsung masuk ke profil channel tersebut.
  4. Kemudian, pilih ikon Pensil yang terdapat di sisi kanan atas sebelah menu Lainnya.
  5. Muncul tampilan laman Edit, dan klik opsi Diskusi (Tambah grup obrolan untuk komentar).
  6. Panel Diskusi, kalian pilih Buat Grup Baru. Lalu, klik Sambungkan
  7. Berhasil melakukan sinkronisasi antara channel dan grup, kalian akan beralih ke ruang obrolan.
  8. Klik Kirim Komentar yang terdapat di bawah isi chat untuk membalas postingan.

Fitur cara menonaktifkan komentar di channel Telegram, dapat kalian lakukan dengan tidak membatalan sinkronisasi dengan grup pada opsi Diskusi di profile. Selain itu, kalian juga bisa mengubah Tipe Channel publik menjadi private.

Cara Membut Channel Telegram Aesthetic

Cara membuat channel Telegram Aesthetic agar tampilan channelmu jauh lebih menarik saat dikunjungi oleh para anggota. Dikutip dari pembahasan yang disampaikan melalui channel Youtube @solusi tipi, berikut adalah tahapan-tahapan untuk mengubah Telegram kalian jadi aesthetic:

  1. Pertama-tama, kaliam masuk ke laman utama Telegram.
  2. Klik ikon Pensil pada sudut bawah layar aplikasi.
  3. Pilih New Channel, masukkan Nama Channel sesuai keinginan kalian.
  4. Kolom Deskripsi, kalian isi dengan teks dan emoticon menarik agar terlihat aesthetic.
  5. Edit foto aesthetic bisa menggunakan fitur editing yang ada di Telegram.
  6. Klik ikon Centang untuk menyimpan hasil editing foto Profile channel.
  7. Beralih ke laman Profile, pilih tanda Centang agar kalian bisa mengatur Jenis channel.
  8. Pengaturan Channel, menunjukkan 2 pilihan. Diantaranya ada Public dan Private.
  9. Klik salah satu Channel Type sesuai kebutuhan kalian, lalu ketuk tanda centang untuk menyimpan hasil perubahan.
  10. Kolom kontak dapat kalian pilih Tambahkan Subscriber untuk bergabung ke channel.
  11. Cari ikon loop di daftar kontak. Lanjutkan dengan mengetik toolkibot, dan klik OK.
  12. Tampilan ruang obrolan terlihat, ketik kalimat sapaan otomatis untuk channelmu.
  13. Bubuhkan emoticon pada balasan berikutnya untuk mempermudah anggota channel menuju ke sub menu ekstra. Contoh, Publish, add on url button, dan lain sebagainya.
  14. Selesai menentukan shortcut menu channel, tidak lupa mengganti foto background.
  15. Publik Link pada Channel Settings, kalian isi dengan url yang sama dengan nama channel. Contoh format tautannya: t.me/SemangatPastiBisa sampai muncul available.

Cara Buat Channel Telegram Private

Cara buat channel Telegram private yang akan dibahas kali ini, merupakan lanjutan setting di cara membuat link Telegram group sebelumnya. Setelah membuat channel pada aplikasi, kalian tinggal mengubah peraturannya seperti ini:

  1. Temukan Channel melalui daftar kontak atau pesan Telegram.
  2. Ketuk foto Profil Channel kalian agar beralih ke halaman berikutnya.
  3. Channel Settings, ubah Tipe Channel ke mode Private.
  4. Kolom Invite Link otomatis akan muncul di layar device kalian.
  5. Pilih tombol Copy atau Share untuk membagikan tautan ke calon anggota lainnya.
  6. Klik tanda Centang yang ada di sudut kanan atas layar
  7. Kustomisasi selesai, sistem akan menyimpan hasil perubahan settings kalian.

Telegram channel link tersebut, menjadikan channel lebih terjaga privacy-nya karena hanya bisa diakses untuk mereka yang telah menerima invite link saja. Baik itu dari pihak admin atua member yang sudah bergabung.

Kumpulan Grup Telegram

Kumpulan grup Telegram berisikan berbagai macam informasi yang dikumpulkan oleh para user dalam satu tautan khusus. Dimana, tujuannya agar pengguna Telegram bisa memperoleh pengetahuan tanpa batas. Baik itu untuk hiburan, edukasi, seminar, atau share info lainnya. Berikut adalah beberapa link bagus yang perlu kalian ketahui:

1. Edukasi

Gabungan dari beberapa file yang disatupadukan menjadi satu link, tetunya lebih praktis dan efiisien dibandingkan kalian harus pusing memikirkan cara membuat daftar isi di channel Telegram terlebih dahulu. Buat pengguna Telegram yang tidak ingin memanfaatkan aplikasi tersebut sekedar untuk bertukar pesan secara online. Coba kunjungi beberapa link di bawah:

2. Kumpulan Anime Series

Pecinta anime, mari merapat. Buat kalian yang selama ini hobinya terhalang demi melakukan aksi hemat terhadap kuota data internetmu. Hal tersebut, kini tidak perlu dirisaukan lagi. Ya, karena ada cara membuat channel di Instagram versi baru yang mempermudah pengguna app Telegram untuk bisa menonton video anime secara online & offline. Ini tautannya:

3. Pecinta Drakor (Drama Korea)

Kalau cara membuat polling di channel Telegram terasa sulit, bagaimana kalau kita beralih ke beberapa tautan yang menyediakan kumpulan drama korea atu disingkat menjadi drakor. Bisa kalian akses kapan saja, dan pastinya gratis. Cukup unduh file video dramanya agar kalian dapat menonton saat offline. Klik tautan berikut:

4. Dana Cash Bot

Pengguna yang khawatir kuotanya habis, tenang.. ada banyak cara untuk mendapatkan uang secara online. Bisa melalui aplikasi, ada juga yang menggunakan dana cash bot di Telegram. Tidak perlu pandang usia, semua orang bisa mengaksesnya. Simak selengkapnya disini:

5. Pecinta Nonton Film

Buat yang suka nonton film, ini channel di Telegramnya:

Sekian cara membuat channel di Telegram kali ini. Baca juga cara membuat efek beauty di video call Whatsapp. Semoga bermanfaat. See you and bye bye!

Related posts