Cara Cancel Grab

Cara Cancel Grab

Grab bisa dibilang sebagai perusahaan transportasi online terbesar sebagai competitor Gojek. Kehadiran Grab semakin turut meramaikan industri transportasi online yang kian marak di tanah air. Selain menawarkan kemudahan layanan transportasi online dengan cepat dan praktis, Grab juga menyediakan kelengkapan fitur yang bisa dinikmati para pengguna atau driver Grab. Salah satunya ialah menyediakan pilihan cara cancel Grab.

Walaupun terkesan selalu tersedia bagi penumpang atau customer, tak jarang ada beberapa kondisi yang memungkinkan pengguna atau mitra driver Grab melakukan cancel pesanan.

Read More

Alasan pembatalan pesanan pun beragam, mulai dari salah input alamat hingga tidak ada sinyal sama sekali yang mengakibatkan komunikasi antara penumpang dan driver tidak bisa dilanjutkan.

Bagi seorang driver, cancel orderan merupakan hal yang sangat dipantang apapun alasannya. Hal ini dikarenakan jika seorang driver melakukan cancel permintaan penumpang, maka akan berpengaruh pada rating driver itu sendiri.

Rating sangat dibutuhkan oleh seorang driver demi meyakinkan penumpang bahwa jasa yang ditawarkannya merupakan yang terbaik. Dengan begitu, penumpang akan merasa aman dan nyaman ketika diantara oleh driver Grab ke lokasi tujuan dengan selamat.

Walaupun demikian, mengingat ada kondisi tertentu yang memungkinkan penumpang untuk membatalkan pesanan, mau tidak mau harus tetap dilakukan

Bagi seorang driver Grab sendiri, transaksi pembatalan yang dilakukan oleh driver sebenarnya tidak dianjurkan, meskipun demikian jika ternyata ada hal-hal mendesak seperti jarak penumpang terlalu jauh, secara otomatis pesanan harus di cancel. Cara cancel Grab yang dilakukan oleh driver pun harus sesuai prosedur, tujuannya agar rating driver tetap aman.

Cara Cancel Grab

Cara Cancel Grab
Tutorial Cara Membatalkan Orderan Grab

Panduan Cara Cancel Grab

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa cara cancel Grab bisa dilakukan baik oleh penumpang maupun oleh driver itu sendiri. Hal ini juga diterapkan oleh sistem Gojek dengan cara cancel Gofood bagi driver dan penumpang, salah satunya. Agar kamu tidak salah saat membatalkan Grab, silahkan ikuti panduannya di bawah ini :

1. Cara Membatalkan Grab Bagi Penumpang

Bagi Kamu yang menggunakan aplikasi Grab, mungkin ada suatu kondisi yang memungkinkanmu harus melakukan cancel orderan Grab, seperti kesalahan dalam menentukan alamat tujuana tau yang lainnya.Walaupun sangat jarang membatalkan orderan, namun setidaknya Kamu harus mengetahui bagaimana cara cancel Grab. Hal

Jika Kamu baru pertama kali membatalkan orderan Grab, berikut ini langkah-langkah cara cancel Grab yang perlu Kamu ketahui :

  • Ketika kamu sudah melakukan pemesanan dan diterima oleh salah satu driver yang bertugas, maka selanjutnya akan muncul halaman khusus. Nah, halaman khusus tersebut berisi halaman konfirmasi yang berisi informasi terkait data diri driver seperti nama driver, jenis motor yang dikendarai, dan plat nomor.
  • Untuk membatalkan orderan, silahkan gulir layar ke atas di nama penumpang agar Kamu menemukan opsi bertuliskan ‘Batalkan Pesanan’. Kamu cukup klik sekali saja pada tombol tersebut untuk membatalkan orderan.
  • Selanjutnya kamu harus mengisi salah satu dari sekian banyak alasan kenapa permintaan order di batalkan. Ada beberapa pilihan yang cukup mewakili kendala secara umum, sehingga Kamu bisa memilihnya tergantung kondisi yang Kamu alami.
  • Setelah memilih alasan pembatalan, kamu tinggal klik ‘Kirim’.

Ikuti langkah-langkh tersebut dengan benar, jika berhasil maka kamu sudah membatalakan pesananmu.

2. Cara Membatalkan Pesanan Grab dari Driver

Berbeda dengan penumpang, seorang driver harus mengikuti tata cara cancel Grab dengan benar. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penurunan rating ketika membatalkan pesanan yang diminta oleh calon penumpang. Supaya lebih jelas, simak langkah-langkahnya berikut ini :

  • Buka aplikasi Grab driver terlebih dahulu, lalu masuklah pada halaman ‘Telah Dikonfrirmasi’.
  • Dalam langkah selanjutnya, kamu tinggal pilih ‘Rute’ yang sebelumnya kamu konfirmasi, lalu silahkan tap dan scroll ke bagian atas, disana Kamu akan melihat nama penumpang yang melakukan orderan .
  • Selanjutnya, kamu tinggal klik icon pesan untuk memberitahukan kepada penumpang mengenai alasan membatalkan pesanan. Pertama-tama yang wajib kamu lakukan adalah meminta maaf pada penumpang terkait pembatalan pesanan dan sapalah calon penumpang tersebut dengan sopan.
  • Selain menggunakan chat, kamu pun bisa menggunakan menu panggilan dan menelpon langsung calon penumpang untuk meminta maaf serta memberikan alasan yang jelas kenapa Kamu harus membatalkan pesanan.
  • Apabila sudah disetujui oleh penumpang, selanjutnya kamu tinggal kik ‘batalkan pemesanan’.
  • Setelah melakukan pembatalan pesanan, berikutnya pada layar hpmu akan muncul kotak dialog untuk memilih alasan dibalik pembatalan pesanan Grab oleh driver kepada calon penumpang.
  • Alasan-alasan pembatalan bisa dipilih pada text box yang tersedia, namun jika tidak ada pada text box maka kamu bisa mengisinya dengan manual. Isilah dengan kondisi sejujurnya untuk menunjukan kepada konsumen bahwa pembatalan pesan tersebut sangat terpaksa dilakukan.
  • Selanjutnya tinggal tag tombol ‘Konfirmasi’, maka proses cancel akan segera di proses dengan cepat.

Bagi seorang driver, tentu mendapatkan penumpang merupakan sesuatu hal yang sangat berharga karena semakin banyak penumpang yang order maka pendapatan pun akan semakin meningkat. Namun kamu pun perlu hati-hati mengenai cancel Grab ini, karena selain rating bisa turun juga akan dikenakan sanksi lainnya yang disesuiaikan dari pihak manajeman Grab.

Tips Terhindar dari Cancel Orderan Grab Untuk Driver

Karena pemilihan penumpang bisa kamu setting sendiri, maka kamu bisa lebih hati-hati dalam memilih penumpang. Nah, sebenarnya ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari cancel Grab, diantaranya :

  • Kamu sebagai seorang driver tidak perlu menerima semua calon penumpang ketika ada notifikasi yang masuk untuk order transportasi online melalui jasamu. Kamu bisa memilih sesuai dengan kemampuan kamu seperti memperkirakan jarak tempuh dan kondisi jalan yang dianggap menyulitkanmu.
  • Pertimbangkan juga tanggal , jam menerima orderan dan rute perjalanan. Apabila semua ini memberatkanmu, lebih baik di cancel Sebagai contoh jika kamu masih online jam 8 malam namun ada penumpang yang ingin di antar ke tempat tujuan sangat jauh ditambah Kamu masih belum begitu mengenal rutenya sama sekali, maka lebih baik di cancel saja.
  • Jangan memperebutkan calon penumpang dengan Grab lain karena penumpang akan selalu ada setiap harinya. Yang perlu kamu perhatikan adalah wajib selektif dalam memilih penumpang.
  • Kamu juga perlu tahu dan sedikit lebih lega, karena tak hanya berlaku bagi driver grab, penumpang yang seringkali membatalkan pesanan juga akan dikenakna sanksi.

Kenapa Grab Membekukan Akun Driver Atau Penumpang?

Apabila kamu sudah memahami cara cancel Grab yang bisa dilakukan baik oleh penumpang maupun oleh driver. Kamu pun perlu tahu bahwa selain rating dan sanksi yang diberikan. Ternyata ada hukuman yang lebih berat lagi karena melakukan sesuatu yang tidak seduai prosedur, yakni akun dibekukan.

Alasan akun dibekukan dari kacamata driver adalah jika driver tidak berpenampilan sopan dan rapi, tidak menggunakan atribut Grab yang seharusnya melekat ketika sedang bertugas, dan sering menolak orderan.

Bagi seorang penumpang, penyebab kenapa akun dibekukan yang paling sering dilakukan adalah sering sekali membatalkan orderan.

Nah, sudah jelas bukan betapa pentingnya menghindari pembatalan pesanan? Oleh karena itu, lebih bijaklah dalam menggunakan aplikasi Grab baik bagi seorang driver dan juga untuk penumpang.

Demikianlah ulasan terkait cara cancel Grab baik bagi driver Grab maupun penumpang. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts