Cara Cicilan di Shopee Tanpa Kartu Kredit

Bagaimana cara cicilan di Shopee tanpa kartu kredit? Seperti halnya situs belanja online terkenal di Indonesia lainnya, Shopee juga ikut menawarkan layanan beli produk bayar nanti alias menyicil barang. Sehingga berbelanja online kini menjadi lebih praktis, mudah dan tentu saja tak perlu harus memiliki uang pada saat itu juga.

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh Shopee sebelum adanya fitur kredit produk, seperti cara pembayaran di tempat alias COD. Belum lagi, Kamu juga bisa menikmati banyak promo menarik yang ditawarkan oleh Shopee, seperti flash sale, gratis ongkir, dan masih banyak lagi. Inilah yang membuat pengguna Shopee enggan beralih ke marketplace lain.

Metode pembayaran cicilan atau kredit di Shopee sendiri sangat cepat dan mudah, sehingga membuatmu yang tidak memiliki uang cash bisa menikmati kredit barang di Shopee. Belum lagi cara pembayaran tagihan atau cicilan barang di Shopee yang mudah, termasuk cara cicilan di Shopee lewat Indomaret.

Bhiasanya cara cicilan di Shopee biasanya hanya bisa dinikmati memakai kartu kredit, tapi sekarang ini ada banyak opsi pembayaran cicilan yang bisa Kamu pilih. Oleh karenanya, memungkinkan pembeli untuk membayar cicilan tanpa harus memakai kartu kredit.

Apabila Kamu tertarik membayar produk di Shopee dengan cara kredit tanpa memakai kartu kredit, maka Kamu bisa terus simak ulasan cara cicilan di Shopee tanpa kartu kredit ini.

Ketahui Cara Cicilan di Shopee

Sebenarnya ada banyak alasan kenapa seseorang lebih memiilih untuk membeli produk lewat Shopee. Adapun salah satunya ialah dikarenakan metode pembayarannya bisa dicicil sampai 12 bulan lamanya. Keuntungan ini tentu bisa Kamu pergunakan untuk membeli produk yang Kamu inginkan di Shopee tanpa perlu membayar terlebih dahulu di awal.

Salah satu sistem pembayaran cicilan paling praktis dan mudah ialah lewat Shopee PayLater. Ini artinya pembayaran dilakukan sesuai tagihan kredit dengan waktu jatuh tempo. Misalnya jika Kamu ingin membeli HP dengan cara kredit di Shopee, seharga Rp. 1,8 jutaan. Nah, jika tenor pembayaran yang Kamu pilih selama 3 bulan, Kamu pun harus membayar sekitar Rp. 600 ribuan per bulannya sampai seluruh tagihanmu lunas.

Menariknya lagi, pembayaran tagihan lewat Shopee Paylater ini dimulai pada bulan berikutnya sesudah transaksi sukses dilakukan. Lalu, bagaimana dengan pengiriman produk yang sudah dibeli? Apakah baru diproses setelah tagihan di sPayLater sudah luas? Sudah tentu tidak. Karena pesananmu tetap dikirimkan sesuai waktu pengiriman yang telah diestimasikan.

Pilihan Metode Pembayaran Cicilan di Shopee

Shopee menawarkan 4 metode pembayaran cicilan atau kredit yang dapat dipilih, yaitu kredit menggunakan Shopee PayLater, menggunakan Kredivo, Akulaku dan kartu kredit. Jadi, Kamu bisa memilih satu diantara 4 metode pembayaran kredit di atas. Hal ini biasanya tergantung dari kredit yang sudah Kamu aktifkan.

Namun karena di sini kita hanya akan membahas cara cicilan di Shopee tanpa kartu kredit, jadi yang digunakan hanya 3 pilihan metode pembayaran saja. Selain itu, setiap layanan kredit dari Shopee di atas memiliki limit kredit tertentu untuk dijadikan acuan pembayaran. Seperti Shopee Paylater, dengan limit kredit bagi pengguna awal sebesar Rp. 750 ribu. Jadi, total pembelianmu harus sama atau bahkan kurang dari jumlah limit tersebut.

Cara Cicilan di Shopee Tanpa Kartu Kredit

Cara Cicilan di Shopee Tanpa Kartu Kredit
Cara Kredit di Shopee Tanpa Kartu Kredit

Kredit di Shopee Tanpa Kartu Kredit

Jika Kamu ingin lancar melakukan cara kredit di Shopee tanpa kartu kredit, maka pastikan dulu Kamu telah mengikuti syarat serta ketentuan berikut di bawah ini :

  • Harus sudah melakukan pendaftaran dan aktivasi metode pembayaran kredit sesuai cara cicilan Shopee yang diinginkan. Seperti kredit menggunakan Shopee Paylater misalnya, Kamu pun harus mendaftar dan melakukan aktivasi layanan Shopee PayLater lebih dulu di akun Shopee.
  • Pastikan limit cicilan atau kredit di Shopee mencukupi saat membeli produk yang Kamu inginkan di Shopee. Namun jika tidak, Kamu dapat mengajukan permintaan penambahan limit.

Apabila kedua hal ini sudah dilakukan, kini Kamu pun sudah bisa melakukan cara cicilan di kredit tanpa kartu kredit di bawah ini!

1. Cara Kredit di Shopee Tanpa Kartu Kredit via Shopee Paylater

Shopee PayLater ialah fitur pembayaran khusus bagi pengguna Shopee dengan memakai metode kredit secara langsung pada aplikasi Shopee. Diluncurkannya Shope Paylater ini oleh pihak lembaga pinjaman dari PT. Commerce Finance dan PT. Lentera Dana Nusantara, yang sudah diawasi lembaga Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Selain itu, proses verifikasi pada ShopeePaylater sendiri sudah langsung diawasi OJK.

Sebelum menggunakan cara kredit di Shopee tanpa kartu kredit ini, pastikan untuk mengaktifkan layanan Shopee Paylater terlebih dahulu pada akun Shopee-mu. Adapun syarat aktivasi layanan ini ialah KTP, nama ibu kandung, dan menyertakan identitas pendukung seperti alamat,  nomor Hp aktif dan nama lengkap.

Sesudah itu, cara cicilan di Shopee tanpa kartu kredit dengan Shopee PayLater lainnya ialah dengan aktivasi fitur sPayLater. Biasanya verifikasi data saat mengajukan Shopee PayLater sendiri berlangsung hanya selama 2 x 24 jam. Apabila gagal, maka Kamu bisa mengajukan Shopee PayLater ulang.

Jika fitur sPaylater-mu sudah diaktifkan, Kamu tinggal berbelanja produk yang Kamu sukai saja di Shopee sesuai limit yang telah tersedia. Adapun limit awal sPayLater ialah Rp. 750 ribu dan bisa Kamu pakai langsung untuk membeli produk di Shopee.

2. Cara Kredit di Shopee Tanpa Kartu Kredit via Kredivo

Cara cicilan di Shopee tanpa kartu kredit selain Shopee PayLater ialah dengan menggunakan Kredivo. Untuk mempermudah kredit menggunaan Kredivo, maka Kamu harus melakukan pendaftaran dan mengaktifkan akun Kredivo terlebih dahulu pada aplikasi Kredivo.

Syarat mendaftar akun Kredivo itu sendiri, diantaranya harus WNI (Warga Negara Indonesia), minimal harus berusia 18 tahun, dan minimum berpenghasilan Rp. 3 juta setiap bulan. Namun bagi Kamu yang ingin mendapatkan kredit di Kredivo, maka harus tinggal di wilayah Jabodetabek, Semarang, Bandung, Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Palembang, Cirebon, Sukabumi, Makassar, Solo dan Malang.

Saat ini aplikasi Kredivo sudah tersedia di aplikasi App Store maupun Google Play Store. Jika Kamu sudah memiliki akun Kredivo, pastikan pula limit Kredivo telah tersedia.

Dengan menggunakan kredit Shopee melalui Kredivo, Kamu pun bisa menikmati limit cicilan sampai Rp. 30 jutaan dengan suku bunga 0% jika melunasi cicilan pada 30 hari pertama. Selain itu, pilihan cicilan yang dapat Kamu coba ialah kredit 3, 6 atau 12 bulan dengan bunga sebesar 2,6% saja setiap bulannya. Namun sejak 1 Mei 2019, Shopee memberlakukan biaya layanan memakai Kredivo senilai  1,5% dari jumlah biaya transaksimu di aplikasi Shopee.

3. Cara Kredit di Shopee Tanpa Kartu Kredit via Akulaku

Kamu juga bisa mencoba cara kredit di Shopee tanpa kartu kredit dengan menggunakan Akulaku. Caranya memang tak jauh berbeda dari Kredivo. Namun sebelum memilih Akulaku untuk membeli produk Shopee, maka Kamu harus mendaftar dan mengaktifkan akun di Akulaku terlebih dahulu, dan memperoleh limit AKulaku dan memastikan jika limit tersebut bisa dipakai untuk berbelanja.

Adapun tenor kredit di Akulaku sampai 12 bulan dengan suku bunga 17% pada bulan kedua. Untuk jatuh temponya sendiri biasanya setiap tanggal 25 per bulannya. Apabila Kamu telah melunasi kredit sebelum jatuh tempo, bunga yang Kamu kenakan lebih kecil hingga 0%.

Ketentuan memilih Akulaku dalam metode pembayaran kredit di Shopee ialah :

  • Besarnya nilai kredit di aplikasi Akulaku dan Shopee biasanya sedikit berbeda. Adapun hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi uang muka atau DP yang harus dibayar lebih dulu. Tapi jangan khawatir, besar cicilan yang harus Kamu bayar per bulannya ialah nilai cicilan dari apliaksi Akulaku.
  • Adanya biaya penanganan metode pembayaran via Akulaku dengan nilai 1,5% untuk setiap transaksi.

Nah, manakah cara cicilan di Shopee tanpa kartu kredit yang akan Kamu pilih? Kamu tinggal bandingkan metode-metode yang tersedia di atas sesuai kebutuhanmu!

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019