Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Realme

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Realme sangat efektif bagi kamu yang ingin lebih leluasa menggunakan hp untuk banyak aktivitas. Mengingat terkadang aplikasi bawaan membuat memori RAM menjadi penuh, sehingga performa hp menjadi lemot.  

Jika kamu mencari hp dengan spek yang mumpuni tapi berharga terjangkau, maka Realme adalah jawabannya. Hp Realme adalah ponsel asal Tiongkok yang menyuguhkan beragam fitur dengan design yang stylish, dan memiliki banyak fitur canggih yang ada di dalam setiap seri handphone Realme.

Read More

Meskipun handphone Realme ini memiliki spek yang tangguh, namun tidak menutup kemungkinan memori internal Realme mengalami over capacity. Sehingga memaksa kamu untuk menghapus aplikasi yang telah terinstal atau bahkan aplikasi bawaan Realme itu sendiri.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Realme yang Cepat

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Realme
Menghapus Aplikasi Bawaan Realme

Bagi kamu yang ingin memperluas kapasitas penyimpanan internal, maka yang perlu dilakukan adalah menghapus beberapa file yang tidak penting atau aplikasi bawaan Realme yang tidak pernah dipakai. Adapun cara menghapus aplikasi bawaan Realme bisa dilihat di bawah ini :

1. Nonaktifkan Aplikasi

Salah satu cara sederhana yang memungkinkan kamu untuk tidak perlu menghapus aplikasi bawaan pabrik tapi membuat aplikasi berhenti dengan proses tanpa root adalah dengan menonaktifkan aplikasi. Metode ini bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk kamu pengguna android yang HPnya tidak di root. Ikuti langkah-langkah untuk menonaktifkan aplikasi bawaan di bawah ini:

  • Pertama, masuk ke menu pengaturan di android terlebih dahulu. Setelah itu, bukalah menu aplikasi atau apps atau applications.

  • Kemudian pilih aplikasi bawaan yang ingin dinonaktifkan.

  • Lalu tap pada opsi Force Stop atau Paksa Berhenti. Terakhir, pilih tap opsi Disable atau Nonaktifkan.

Meskipun aplikasi tidak langsung dihapus, namun aplikasi tersebut bisa langsung berhenti berjalan. Dengan begini, kinerja RAM Android akan lebih berguna untuk aplikasi lainnya.

2. Hapus aplikasi bawaan Realme melalui menu pengaturan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan jika ingin menghapus aplikasi bawaan adalah melalui menu pengaturan, berikut penjelasannya:

  • Pertama, bukalah menu pengaturan atau setting terlebih dahulu.

  • Kemudian, di antara beberapa pilihan yang ada pada menu pengaturan, pilih manajemen aplikasi.

  • Setelah itu, pilih aplikasi mana yang ingin kamu hapus.

3. Hapus aplikasi bawaan Realme melalui home screen

Metode yang kedua untuk menghapus aplikasi bawaan pada Hp Realme bisa dilakukan melalui home screen, antara lain:

  • Pertama, pada layar home screen,  buka tombol home agar masuk pada deretan menu yang tersedia.

  • Kemudian, tekan dan tahan ikon aplikasi yang ingin kamu hapus hingga muncul pop-up notifikasi pada layar.

  • Setelah itu, bisa pilih info aplikasi. Terakhir, cukup memilih uninstall atau remove.

4. Menggunakan system app remover

Cara menghapus aplikasi bawaan Realme selanjutnya yaitu menggunakan system app remover, langkah-langkahnya dengan mengikuti langkah berikut ini:

  • Pertama, buka Google Play Store dan install aplikasi system app remover.

  • Kemudian, buka aplikasi dan klik izinkan saat muncul notifikasi SuperSU.

  • Pilih salah satu aplikasi yang ingin dihapus.

  • Kemudian, tekan tombol uninstall dan klik tombol Yes.

  • Apabila proses selesai, maka aplikasi bawaan telah berhasil dihapus.

5. Hapus aplikasi menggunakan hot apps di Realme

Cara menghapus aplikasi bawaan Realme ternyata bisa dengan menggunakan hot apps. adapun langkah-langkahnya bisa kamu ikuti di bawah ini :

  • Pertama, masuk terlebih dahulu ke bagian pengaturan handal Realme.

  • Kemudian, pilih menu aplikasi sistem.

  • Setelah itu, pilih saja app market.

  • Kemudian, pilih kategori hot game dan hot apps.

  • Berikutnya, nonaktifkan kedua kategori hot apps, lalu geser toggle nonaktif.

  • Jika sudah tidak ada lagi folder Hot Game dan Hot, artinya kamu telah berhasil melakukannya.

Cara hapus aplikasi bawaan di HP Android akan terasa sulit bagi pengguna baru ponsel Android. Umumnya, cara hapus aplikasi bawaan android tidaklah sama seperti aplikasi yang ditambahkan melalui playstore.

Aplikasi bawaan HP Android terkadang mempunyai peranan penting dalam sistem ponsel. Inilah yang menjadi alasan kenapa aplikasi tersebut sudah tersedia secara bawaan pada HP.

Pada kenyataannya, seringkali vendor atau brand HP Android memberikan aplikasi bawaan yang sebetulnya tidak berguna atau sangat jarang digunakan. Daripada tidak digunakan sama sekali, lebih baik aplikasi bawaan tersebut dihapus untuk menambah kapasitas penyimpanan internal.

6. CCleaner

CCleaner dikenal sebagai salah satu aplikasi pembersih yang mampu menghapus aplikasi bawaan sistem pada hp android. Aplikasi ini sebenarnya bisa digunakan gratis dan dipasang melalui Google Play Store.

Langkah-langkah hapus aplikasi bawaan HP Android menggunakan ccleaner, antara lain:

  • Pertama, pasang terlebih dahulu aplikasi ccleaner di HP. Kemudian, langsung buka aplikasi tersebut jika sudah terpasang.

  • Di halaman utama, tap tiga garis di bagian atas untuk buka menu. Setelah itu, pilih opsi App Manager.

  • Lalu pilih System dan tap tombol hapus dengan logo tong sampah.

  • Kemudian, berikan centang untuk aplikasi bawaan yang akan dihapus. Nantinya, kamu tap tombol Uninstal untuk hapus aplikasi.

  • Terakhir, pilih opsi OK untuk konfirmasi.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP menggunakan Root

Cara sebelumnya yang telah dijelaskan di atas adalah cara menghapus aplikasi bawaan Hp Realme tanpa menggunakan root sama sekali. Cukup mudah dilakukan, namun tingkat kebersihan sisa dari aplikasi bawaan terkadang tertinggal pada sistem. Untuk mengantisipasinya sebenarnya ada cara yang lain lagi yaitu menghapus aplikasi bawaan HP Realme dengan menggunakan root. Berikut Penjelasannya :

1. Root Explorer

Root Explorer termasuk salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh pengguna HP Android yang sudah root. Cara kerja dari aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan file manager.

Kamu bisa menghapus, membuka, dan mengedit file yang ada di perangkat android. Namun perbedaannya yaitu kamu bisa langsung mengelola file pada sistem bawaan android.

Cara hapus aplikasi bawaan android dengan root explorer yang pertama yang harus diperhatikan adalah mengatur permission atau izin root explorer terlebih dahulu. Lalu lanjut buka aplikasi Root Explorer dan tap tombol Mount as R/W.

Kemudian, ubah opsi menjadi R/W (read and write). Setelah itu, pergi folder System > App melalui aplikasi Root Explorer. Di bagian tersebut tinggal melihat semua daftar aplikasi bawaan yang ada di HP Android.

Untuk menghapusnya cukup tap tahan, dan pilih opsi delete untuk menghapus aplikasi bawaan yang diinginkan. Kemudian, pastikan agar kamu benar-benar memilih aplikasi bawaan yang tidak berguna. Lalu perhatikan juga untuk tidak menghapus aplikasi sistem yang memiliki peran penting pada android agar terhindar dari bootloop.

2. EX Explorer

Pada dasarnya, Aplikasi EX Explorer adalah aplikasi file manager yang bisa mengakses ke folder sistem android. Hampir sama seperti root explorer, namun aplikasi ini lebih banyak fitur dan memberikan tampilan yang enak untuk dipandang.

Cara hapus aplikasi bawaan di HP Android melalui aplikasi ini sebenarnya sangat mudah. Kamu cukup izinkan akses root untuk aplikasi ini, dan pergi ke folder sistem. Lalu hapus aplikasi bawaan yang diinginkan.

Itu saja beberapa informasi terkait cara menghapus aplikasi bawaan realme yang mudah. Semoga berhasil!

 

Related posts