Cara Catok Rambut Curly

Cara Catok Rambut Curly

Memiliki rambut curly atau bagi sebagian orang tentunya memberikan kesan tersendiri. Apalagi saat ada acara-acara tertentu, seperti pesta, hangout dan acara lainnya yang kerap menonjolkan penampilan. Bagi Kamu yang memiliki rambut pendek lurus, tapi bingung bagaimana menatanya, mungkin Kamu bisa mencoba cara catok rambut curly. Bahkan untuk melakukannya, Kamu tak perlu repot-repot pergi ke salon kecantikan. Kamu hanya perlu mengeriting rambutmu dengan catok curly.

Jika Kamu baru pertama kali menggunakan catokan curly, atau ingin mengubah gaya rambutmu menjadi sedikit keriting, Kami akan membagikan cara catok rambut curly dengan mudah.

Cara Catok Rambut Curly

Cara Catok Rambut Curly
Tutorial Cara Catok Rambut Curly

Panduan Memakai Catok Rambut Curly Agar Tampil Maksimal

Memakai catok rambut curly memang menjadikan tampilan rambut lebih mengembang sempurna, dibandingkan memakai roll rambut. Oke, jika Kamu penasaran silahkan ikuti cara catok rambut curly berikut ini :

1. Pastikan Rambut Dalam Keadaan Keriting

Sebelum Kamu memulai mencatok rambutmu, pastikan dulu rambutmu sudah dalam k0ondisi kering, sebab jika kondisi rambutmu basah, maka akan sulit di curly. Apabila kondisi rambutmu masih basah, maka Kamu bisa mengeringkannya memakai musse supaya rambut tampak bervolume, selain itu saat dicurly rambut tak terlalu tipis. Biasanya mencatok rambut dalam kondisi rambut kering dapat meminimalisir kerusakan pada pigmen rambut.

2. Siapkan Alat dan Bahan (Obat) Rambut

Cara catok rambut curly lainnya, setelah memastikan kondisi rambutmu kering, maka Kamu bisa mempersiapkan alat dan bahan untuk catok. Pada peralatan catok, Kamu sebaiknya memilih alat yang mempunyai besi pemanas tipis dengan kisaran lebar kira-kira 2,5-5 cm jarak antara plat pemanas dengan pegangan.

Memilih catok sesuai bentuk dan diameter dari plat besi ini dapat mempermudahmu melakukan curly rambut yang pendek memakai catok. Sebab apabila Kamu memakai catok rambut dengan plat besi tebal, bisa mempersulitmu saat mencoba cara catok rambut curly.

Baru kemudian, Kamu bisa memilih obat rambut untuk melindungi panas.  Adapun tujuan dari pemakaian semprotan atau obat rambut yang melindungi panas tersebut ialah dapat menciptakan lapisan untuk melindungi rambutmu dari catokan. Dengan begitu, rambutmu tak akan terbakar.

3. Jangan Memakai Catokan Saat Rambut Rusak

Saat rambutmu rusak mungkin rambut akan sulit diatur. Rambut termasuk bagian dalam tubuh yang terbuat dari protein yang telah disatukan memakai ikatan disulfida. Untuk rambut sehat, biasanya ikatan tersebut tak terputus, namun beberapa unsur yang terlibat seperti pemutih, sinar UV, pewarna rambut hingga peralatan yang panas justru bisa melemahkan ikatan tersebut. Alhasil bisa membuat ikatan terputus. Saat hal tersebut terjadi, maka rambut pun menjadi tidak tahan dan rusak jika dibuat keriting. Ciri-ciri rambut rusak adalah rambut lebih kusut atau kering dibandingkan biasanya.

4. Pakai Catokan Dengan Suhu Terendah

Cara catok rambut curly lainnya ialah pastikan memakai suhu terendah dalam catokan. Biasanya orang yang memiliki rambut halus memerlukan lebih sedikit temperatur panas saja agar rambut lebih curly, hal ini berbeda dengan pemilik rambut tebal. Dari sini, Kamu bisa mengubah temperatur di dalam catokan rambut. Namun sayangnya, tak semua perangkat catokan mempunyai kemampuan tersebut. Apabila di perangkatmu mempunyai fitur edit suhu, maka direkomendasikan untuk memakai catokan rambut dalam setingan suhu terendah.

5. Tutorial Catok Curly Rambut Pendek

Setelah memastikan semuanya dan memperhatikan beberapa tips yang dianjurkan di atas, kini Kamu bisa masuk ke cara catok rambut curly.Berikut langkah-langkahnya :

  • Pakai obat pelindung suhu panas ke seluruh permukaan rambut. Jika amu sudah menyemprotnya, sisir rambut memakai tangan atau sisir memakai tangan. Tujuannya supaya obat untuk melindungi panas tersebut dapat tersebar merata hingga ke seluruh bagian rambut.
  • Kamu bisa membagi rambut ke dalam beberapa bagian. Jika kamu mempunyai rambut tebal, hal tersebut tentu menjadi lebih mudah. Selain itu, Kamu juga akan memperoleh hasil rambut curly yang menawan.
  • Selanjutnya ikat rambutmu yang ada di bagian atas telinga, lalu satukan di bagian atas kepalamu. Tujuannya supaya tak mengganggumu saat berlangsungnya proses curly.
  • Sebaiknya lakukan step by step saat melakukan curly rambut. Tujuannya supaya rambut yang dicurly menjadi lebih maksimal jika dibandingkan mengcurly rambut secara keseluruhan sekaligus.
  • Kamu bisa memulai proses ini pada rambut yang letaknya berdekatan dengan bagian kulit kepala terlebih dahulu. Kemudian bisa dilanjutkan ke area rambut yang posisinya berdekatan dengan leher dan telinga. Setelah bagian-bagian tersebut selesai dicurly, selanjutnya gerai rambut yang sudah di curly,  lalu ikat bagian rambut tertentu yang belum di curly.
  • Biasanya proses curly ini dapat dilakukandengan menjepit bagian rambut tadi menggunakan catok, lalu lilitkan rambut ke catokan dan tahan beberapa menit. Setelah itu, lepaskan perlahan dan tarik catok ke bawah. Kamu bisa mengulangi cara ini sampai beberapa kali.
  • Kamu bisa mengcurly rambut sesuai arah putaran.
  • Tinggal melanjutkan bebreapa bagian rambut tertentu yang balum Kamu curly. Silahkan mulai dari bagian depan sampai ke belakang sampai seluruh bagian rambut di curly secara merata.

6. Menyisir Rambut Setelah Selesai Proses Curly

Cara catok rambut curly selanjutnya, setelah melakukan langkah-langkah di atas, biarkan terlebih dulu rambutmu dingin sebelum menyisirnya. Tujuannya agar gaya rambut curly yang Kamu buat lebih awet. Sebaiknya pakai sikat khusus rambut curly atau keriting saat menyisirnya.

7. Pakai Hairspray Rambut

Tujuan penggunaan hairspray dalam cara catok rambut curly ialah agar gaya rambut curly-mu tetap awet. Pakai hairspray sesudah rambutmu dikeriting, sebab hal tersebut bisa membuatnya terlihat lebih memukau.

Mengenal Jenis Material Catok Curly

Sebenarnya, ada beberapa jenis material atau bahan catok curly yang bisa Kamu sesuaikan. Berikut ini ulasannya :

1. Keramik

Biasanya bahan keramik akan membuat rambut lebih mudah bergerak sebab sangat halus. Biasanya juga dikenal mempunyai distribusi aliran panas secara merata dan ideal sebagai alat catok untuk mempercepat proses pemanasan. Adapun suhu panas yang berasal dari bagian permukaan keramik ini lebih lembut jika dibandingkan pada permukaan titanium.

Namun kekurangannya lapisan keramik bersifat lebih rapuh. Jadi apabila Kamu memilih alat catok curly yang berbahan keramik, sebaiknya pastikan untuk memilih bahan keramik padat atau murni agar terhindar dari catokan yang bahan keramiknya hanya pelapis saja.

2. Turmalin

Bahan turmalin adalah mineral yang telah dihancurkan serta biasanya dijadikan sebagai pelapis bagian atas pada beberapa catokan rambut. Fungsi lapisan ini ialah untuk memaksimalkan hasil akhir lebih halus dan berkilau pada rambut.

Turmalin biasanya mengeluarkan ion negatif, sehingga baik bagi rambut karena bisa menutup bagian kutikula, membuat rambut lebih sehat, melembabkan batang rambut serta menjadikannya lebih berkilau.

Apakah Kamu tertarik dan penasaran ingin mengcurly rambutmu? Jika ya, Kamu bisa mencoba tutorial cara catok rambut curly di atas untuk mempercatik gaya rambutmu. Dengan tampilan rambut keriting dan selalu melakukan cara merawat rambut keriting, membuat rambutmu lebih eksotis dan memberikan tampilan yang berbeda.

 

 

Related posts