Cara Merawat Rambut Keriting

Kebanyakan pemilik rambut keriting lebih memilih meluruskan rambutnya sebab mereka menganggap bahwa rambut keriting sulit diatur dan gampang kusut. Padahal, apabila dirawat dengan car ayang tepat, justru rambut keriting akan terlihat bagus serta gampang diatur. Lantas, bagaimana sih cara merawat rambut keriting dengan benar?

Namun sebenarnya, sebelum Kamu melakukan perawatan rambut keriting, Kamu harus tahu bahwa rambut keriting memiliki banyak keunggulan. Untuk itu, ketahui beberapa keuntungan memiliki rambut keriting di bawah ini!

Keuntungan Memiliki Rambut Keriting

Jika Kamu merasa risih memiliki rambut keriting alami, Kamu harus tahu bahwa rambut keriting ternyata memiliki keuntungan tersendiri. Alasan berikut inilah yang membuatmu harus bersyukur memiliki rambut keriting :

1. Mudah Ditata

Memiliki rambut keriting, baik itu mau dicepol, mau dikepang, diikat ponytail maupun  memakai bandana bisa dilakukan. Sebab rambutmu memang sudah mengembang secara alami. Jadi Kamu tidak perlu lagi ribet untuk menyasak rambut demi menambah volume kembali.

2. Terlihat Selalu Fresh

Pemilik rambut keriting sebaiknya bersyukur, sebab rambutmu selalu terlihat bervolume dan tebal setiap waktu. Rambut keriting biasanya tidak gampang berminyak dan Kamu hanya perlu berkeramas setiap 1-2 kali dalam seminggu.

Terkait:  Cara Merawat Ikan Koi

3. Rambut Selalu Terlihat Paripurna

Kamu hanya memerlukan hairdyer sebagai pengering rambutmu setelah keramas. Sesudah kering sempurna, si pemilik rambut ini bisa tidur tenang tanpa perlu khawatir rambutmu kusus seperti singa ketika bangun tidur. Justru, rambutmu menjadi terlihat tetap paripurna meskipun saat terbangun.

4. Terlihat Menonjol

Mengingat rambut keritingmu terlihat sudah stand out, karenanya Kamu akan tampak selalu menonjol, meskipun di tengah keramaian. Teman-temanmu pun tidak akan kesulitan lagi menemukanmu dimanapun Kamu berada.

5. Tidak Perlu Meng-Curly Rambut

Saat Kamu ingin hangout bersama teman atau ingin ke pesta misalnya, Kamu tidak usah meng-curly rambutmu kembali seperti halnya pemilik rambut lurus. Sebab rambutmu saja sudah terlihat keren walau hanya digerai. Apabila ingin lebih terlihat formal, tak ada salahnya untuk mencepolnya melalui gaya rambut low bun agar terlihat sempurna.

6. Rambut Lebih Sehat

Mengingat pemilik rambut keriting tentunya akan jarang terkena suhu panas dari curling iron, maka sudah pasti rambutmu selalu sehat serta terbebas dari split ends. Bagi Kamu yang ingin mewarnai rambut, sebaiknya rawat rambutmu secara telaten.

Cara Merawat Rambut Keriting

Cara Merawat Rambut Keriting
Merawat Rambut Keriting

Panduan Merawat Rambut Keriting dengan Mudah

Jika Kamu sudah tahu keuntungan memiliki rambut keriting di atas, jangan pernah berpikir untuk meluruskannya. Tapi cobalah merawat rambutmu dengan baik melalui cara merawat rambut keriting di bawah ini :

1. Pastikan Menyisir Rambut Lebih Dulu Sebelum Keramas

Mengingat rambut keriting akan sangat rentan ketika basah atau bahkan sesudah keramas. Maka dari itu, menyisir rambut saat basah pun tidak direkomendasikan. Saat kondisi rambut basah,biasanya batang rambut akan rapuh, cepat patah dan mudah kering. Agar terhindar dari rambut kusut bahkan patah, sebaiknya sisir rambut keritingmu sebelum keramas.

Terkait:  Cara Merawat Keladi

2. Pakai Sisir yang Bergigi Jarang

Cara merawat rambut keriting selanjutnya ialah memilih sisir yang tepat. Sisir yang dipakai bagi si pemilik rambut keriting pun harus dipilih dengan baik. Mengingat teksturnya unik, sebaiknya pilih sisir yang bergigi jarang. Selain itu, Kamu pun bisa menggunakna detangled brush.

3. Jangan Sering Sering Keramas

Meskipun shampo diformulasikan sebagai pembersih kulit kepala serta membersihkan minyak berlebih di kepala. Akan tetapi jika Kamu memakainya setiap hari, justru shampo bisa menghilangkan minyak secara alami pada rambut. Dampaknya, rambutmu menjadi rapuh dan kering. Selain itu, Kamu harus tahu bahwa rambut keriting sangat rentan kekeringan. Jadi tidak disarankan keramas setiap hari bagi pemilik rambut ini.

Walaupun demikian, intensitas mencuci rambut sebenarnya tetap dipengaruhi oleh faktor lain, seperti cuaca, polusi, dan melakukan aktivitas lain yang dapat mengeluarkan keringan terlalu banyak. Jika kulit kepala pada rambut dirasa sudah kotor dan berminyak, ini artinya Kamu harus membersihkan rambutmu.

4. Pakai Shampo Hanya Pada Kulit Kepala

Cara merawat rambut keriting berikutnya ialah pakailah shampo hanya pada kulit kepala. Kita tahu bahwa ujung rambut merupakan bagian rambut terjauh dari bagian kulit kepala. Wajar jika rambut lebih mudah bercabang dan kering. Supaya rambutmu tak semakin kering,  sebaiknya oleskan saja shampo hanya ke bagian akar rambut. Untuk selanjutnya, Kamu tinggal membersihkan ujung rambut ketika membilasnya menggunakan air bersih.

5. Keramas dengan Metode yang Benar

Cara merawat rambut keriting selanjutnya ialah harus keramas dengan metode yang benar. Mempunyai rambut keriting tentu bukan hanya harus memikirkan kesehatan pada batang rambut semata, tetapi juga harus tetap memperhatikan kulit kepala. Keramas dengan menggosok bagian kulit kepala tidak dianjurkan karena dapat berpotensi membuat rambut keritingmu kusut.

Terkait:  Cara Hemat Baterai Samsung

Sebagai triknya, bagi rambut ke dalam 4 bagian memakai jepit besar. Lalu terapkan shampo ke kulit kepala, fokus bersihkan bagian kulit kepala caranya dengan menyekanya secara perlahan. Sesudah merata, Kamu bisa membawa busa shampo hingga ke seluruh permukaan rambut. Lakukan pemijatan lembut dan jangan menggeseknya keras-keras. Silahkan ulangi untuk setiap bagian.

6. Hindari Memakai Produk Mengandung Sulfate dan Alkohol

Untuk merawat rambut keriting dengan benar, sebaiknya pastikan produk perawatan rambut tak mengandung alkohol maupun zat perusak rambut lainnya, contohnya sodium lauryl sulfate. Sebab kandungan sulfate tersebut bisa membuat rambut keritingmu menjadi kering.

7. Rutin Pergi ke Salon

Selain perawatan di dalam rumah, Kamu juga harus rutin pergi ke salon untuk memotong ujung rambut atau trim rambut. Setidaknya, Kamu harus merapikan atau menggunting rambut ke salon untuk tiap 3 bulan sekali.

8. Melakukan Deep Conditioning Rambut 2 Kali Sebulan

Untuk tetap menjaga kelembaban pada rambut, Kamu juga harus mencoba deep conditioning setiap 2 bulan sekali. Pakai produk deep condinitoner untuk rambut keriting lalu diamkan hingga 10-15 menit bahkan bisa semalaman agar hasilnya maksimal.

9. Hindari Mengeringkan Rambut Tanpa Diffuser

Sebenarnya pemilik rambut keriting harus menghindari hairdryer. Akan tetapi, jika Kamu terburu-buru serta perlu mengeringkan rambutmu dalam waktu yang cepat, tak ada salahnya memakai pengering rambut. Asalkan pastikan Kamu memakai pengering yang mempunyai diffuser serta pasang dalam pengaturan rendah

10. Lindungi Rambutmu dari Cuaca Lembab dan Panas

Baik cuaca terlalu lembab maupun panas sebenarnya bisa merusak rambutmu, terutama pemilik rambut keriting. Maka dari itu, Kamu harus memakai kondisioner saat hendak keluar rumah. Selain itu, bisa juga dengan menjepit rambut ke belakang. Jika perlu, pakai syal atau topi untuk menjaga rambutmu dari kerusakan

11. Melakukan Scrunch

Setiap tekstur rambut, menawarkan cara pengeringan yang berbeda. Supaya tekstur rambut keritingmu tetap terjaga dan cantik, maka Kamu harus keramas menggunakan teknik dengan benar. Sesudah keramas, Kamu harus melakukan flip rambut menuju arah depan setelahnya lakukan gerakan dengan cara meremas, biasanya dikenal juga sebagai scrunch.

Itulah 11 cara merawat rambut keriting dengan mudah dan benar yang bisa Kamu coba untuk menjaga agar rambut keritingmu tetap mempesona. Bagaimana mudah, bukan?

Related posts