Cara Agar Rambut Lurus Alami Permanen dengan Bahan Alami

Cara Agar Rambut Lurus
Cara Agar Rambut Lurus

Menemukan cara agar rambut lurus itu, suatu hal yang mudah. Terbukti, di berbagai platform belanja online kalian bisa temukan rangkaian produk untuk membuat rambut keritingmu jadi lurus.

Mulai dari alat catokan, kondisioner, sampo, hingga berbagai produk lainnya yang sengaja diformulasikan untuk bantu perbaiki zat keratin yang terdapat di dalam helaian rambutmu. Cari tahu cara selengkapnya di bawah ini!

Cara Agar Rambut Lurus

Cara Agar Rambut Lurus
Cara Agar Rambut Lurus

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan sebagai usaha untuk bisa merealisasikan rambut agar tampak lurus dan rapih setiap hari adalah dengan memperbaiki kondisi rambutmu. Ikuti tips selengkapnya di bawah ini:

1. Hindari Rambut dari Paparan Sinar Matahari

Sinar UV yang dipancarkan oleh matahari tanpa kamu sadari bisa membuat rambutmu menjadi rusak. Selain karena kehilangan kelembaban, nutrisi yang terdapat di dalamnya pun seakan-akan ikut terserap dengan cepat.

Untuk mencegah rambut dari kerusakan akibat paparn sinar matahari langsung, kamu bisa gunakan topi, payung, syal, atau helm. Apalagi kalau kamu berada di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama.

2. Lakukan Perawatan Ekstra untuk Rambut yang Diwarnai

Pewarna rambut dapat menyebabkan rambutmu terlihat kusam dan mudah sekali rusak. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang terdapat di dalamnya terdiri dari bahan-bahan kimia yng cukup keras.

Oleh sebab itu, kamu harus ekstra dalam melakukan perawatan untuk rambut yang diwarnai. Aplikasikan hair tonic, masker, kondisioner, minyak rambut, serta vitamin untuk mengunci kelembaban dan memberikan nutrisi pada rambut.

3. Minimalisirkan Penggunaan Alat-Alat Styling

Alat-alat untuk menata rambut yang biasa kamu gunakan setiap harinya, seperti catokan, hair dryer, dan lain-lain itu sebenarnya tidak baik untuk kesehatan rambut. Sebab, suhu panas yang dihasilkan oleh peralatan tersebut dapat menghilangkan kadar minyak, dan menjadikan rambutmu jadi mudah patah serta rontok,

Pencegahan yang dapat kamu lakukan ketika terpaksa harus menggunkan peralatan styling tersebut. Pastikan kamu menggunakan alat-alatnya dalam suhu yang rendah tidak terlalu panas saat terkena rambut.

4. Jangan Terlalu Sering Keramas

Terlalu sering keramas itu juga merupakan suatu hal yang tidak baik untuk kesehatan rambut. Cukup 1 sampai 2 kali saja kamu keramas dalam seharinya. Setelah itu, keringkan rambutmu secara alami. Kamu bisa gunakan handuk dengan cara dililitkan ke rambut atau digosok secara perlahan. Atau diamkan sampai mengering dengan sendirinya.

5. Rapihkan Rambut Secara Perlahan

Merapihkan rambut menggunakan sisir, sebaiknya jangan terlalu kuat. Disamping itu, kamu harus jaga kebersihan sisir tersebut. Lakukan secara lembut atau gunakan bantuan jari untuk menyisir rambut yang terlalu kusut. Hindari merapihkan rambut saat basah. Karena, hal tersebut bisa merusak jaringan kutikula dan menjadikan ujung rambut bercabang atau patah.

Cara Agar Rambut Lurus Alami

Kalau cara-cara diatas sudah kamu terapkan, maka langkah selanjutnya tinggal kamu praktekan beberapa tips jitu berikut untuk menjadikan rambutmu tampak lurus alami  Yuk, kita mulai perawatannya mulai dari sekarang!

  1. Cuci rambut dengan sampo yang cocok sesuai dengan jenis rambut kamu
  2. Biarkan rambut sedikit mengering, lalu semprotkan cairan dari bahan campuran susu dan madu ke rambut
  3. Tunggu 15-30 menit. dan bilas menggunakan air mengalir
  4. Oleskan rambut dengan minyak zaitun agar rambutmu jadi ternutrisi
  5. Gunakan campuran minyak kedelai dan jarak sebagai masker rambut selama 40 menit, dan bilas dengan air hangat

Poin nomor 5 ini, sangat bermanfaat untuk bantu kamu agar rambut menjadi lurus secara alami. Prosedur untuk pembuatan campuran. dilakukan dengan perbandingan 2 sendok makan minyak jarak dan 1 sendok makan minyak kedelai. Panaskan selama 3-5 menit. Lalu, tiriskan campuran tersebut sebelum dioles ke seluruh permukaan rambut.

 

Related posts