Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA

Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA

Jika Kamu mempunyai angsuran di FIF yang harus dibayarkan, dan kebetulan memiliki tabungan rekening bank BCA, kini kamu bisa mencoba cara bayar FIF lewat ATM BCA. Bank BCA dan FIF telah berkolaborasi untuk memudahkan para nasabah bank BCA untuk membayar angsuran di FIF.

Melakukan pembayaran angsuran FIF di ATM BCA bisa menjadi solusi mudah dan efektif tanpa harus pergi ke kantor cabang FIF. Selain itu, cara ini dapat dilakukan kapan pun karena layanan mesin ATM selalu beroperasi 24 jam full. Namun jika ingin lebih praktis lagi tanpa keluar rumah, Kamu bisa menggunakan layanan bank BCA lainnya, seperti mobile BCA dan internet banking BCA.

Read More

Ketiga opsi pembayaran bank BCA ini dapat digunakan untuk pembayaran cicilan FIF. Namun Kamu harus membayar biaya admin sekitar Rp. 2.500 saja per transaksi. Menariknya lagi, Bank BCA pun ikut melayani berbagai macam pembayaran dari perusahaan pembiayaan yang lainnya. Caranya pun tak jauh berbeda.

Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA

Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA
Bayar Angsuran FIF Lewat ATM BCA

Panduan Bayar Angsuran FIF Lewat ATM BCA

Melalui cara bayar FIF lewat ATM BCA, nasabah bank BCA tentu semakin dipermudah dalam layanan pembayaran angsuran. Jadi, tak ada lagi kata telat membayar angsuran karena alasan apapun.  Baiklah, langsung saja simak ulasannya berikut ini :

1. Datang ke Gerai ATM BCA Terdekat

Silahkan cari gerai ATM bank BCA terdekat dari rumahmu. Baik ATM BCA yang ada di depan kantor bank BCA, di dalam minimarket hingga supermarket. Mengingat ATM BCA melayani transaksi perbankan selama 24 jam, jadi waktunya lebih leluasa.

Jika kesulitan menemukan gerai ATM BCA terdekat, Kamu bisa menggunakan smartphone dengan mengunjungi laman web di bca.co.id untuk cek lokasi ATM terdekat.

2. Masukkan Kartu Debit BCA ke Slot Mesin ATM

Sesudah menemukan lokasi gerai ATM BCA, Kamu tinggal memasukkan kartu debit/ATM BCA berikut 6 digit nomor PIN ATM BCA yang sudah dibuat untuk bertransaksi. Pastikan posisi kartu ATM saat dimasukkan sudah benar.

Jika sudah inputkan nomor PIN ATM dengan benar. Tapi ingat, jangan melakukan kesalahan memasukkan PIN sampai 3 kali jika tidak ingin diblokir!

3. Pilih Transaksi Lainnya dan Pembayaran

Jika kartu ATM BCA yang Kamu masukkan sudah benar, Kamu bisa memilih layanan bahasa Indonesia/Inggris. Cara bayar FIF lewat ATM BCA selanjutnya pilih opsi ‘Transaksi Lainnya’. Karena disini Kamu akan melakukan pembayaran, silahkan pilih ‘Pembayaran’ di layar ATM BCA. Selain itu, untuk pembayaran angsuran FIF sendiri, Kamu bisa klik menunya.

4. Lakukan Pembayaran Sesuai Nominalnya

Cara bayar FIF lewat ATM BCA selanjutnya, setelah memilih ‘Pembayaran’, pilih ‘Pinjaman’ jika ingin memulai transaksi. Lalu, Kamu pun dapat memilih menu FIFASTRA atau FIF. Selanjutnya inputkan nomor kontrak untuk pembayaran FIF.

Silahkan cek kembali apakah nomornya sudah lengkap dan benar atas namamu sendiri, jika sudah klik ‘Benar’. Karena biasanya, salah saja mengetikkan nomor kontrak, maka mesin ATM tak akan memproses pembayaranmu.

5. Cek Data Transaksi

Selain mengecek nomor kontrak, Kamu juga harus memeriksa seluruh data transaksi, seperti jenis pembayaran, nama, periode angsuran, jatuh tempo hingga jumlah nominal angsuran. Setelah semua data yang Kamu masukkan sudah sesuai, tekan ‘Ya’.

Silahkan tunggu sampai mesin ATM memproses permohonan mengirimkan uang untuk membayar cicilan kredit ke FIF. Biasanya prosesnya hanya memerlukan waktu sekitar 5 menit saja.

6. Ambil Bukti Pembayaran dan Simpan

Jika transaksi sudah berhasil dilakukan, selanjutnya Kamu akan menerima struk bukti pembayaran FIF. Pastikan untuk menyimpan struknya agar Kamu mengetahui waktu periode angsuran serta sisa angsuran yang perlu dibayarkan.

Membayar Angsuran FIF Lewat Layanan Bank BCA Lainnya

Bagaimana jika sudah memiliki layanan internet banking atau mobile banking BCA? tentu akan lebih mudah lagi. Karena Kamu bisa melakukan pembayaran angsuran FIF melalui layanan bank BCA lainnya secara online, baik itu lewat m banking BCA maupun internet banking BCA. Simak penjelasannya berikut :

1. Cara Bayar Angsuran FIF Lewat M-BCA

M-BCA atau mobile BCA adalah layanan transaksi perbankan yang memungkinkanmu bisa melakukan transaksi non tunai via mobile. Jadi, Kamu tak perlu keluar rumah untuk melakukan pembayaran angsuran di m-BCA ini. Namun, pastikan dulu Kamu harus sudah mengaktifkan layanan m-BCA di kantor cabang BCA atau secara online. Berikut ulasannya :

  • Silahkan buka BCA Mobile Apps untuk mengakses layanan m-BCA, lalu inputkan kode akses bank BCA.
  • Jika sudah masuk, Kamu tinggal memilih m-Payment kemudian pilih opsi ‘Pinjaman’.
  • Langkah berikutnya, silahkan pilih ‘FIF’, di bagian nama perusahaan.
  • Kemudian di kolom masukan nomor pelanggan, Kamu tinggal inputkan saja nomor kontrak kredit FIF, dan klik OK kemudian Send.
  • Setelah semua data yang tertera di layar ponsel sudah benar, Kamu akan melihat detail tagihan kredit FIF. Adapun data yang terlihat diantaranya ialah no kontrak, tanggal jatuh tempo, nama, besarnya tagihan dan angsuran ke. Selanjutnya tekan OK.
  • Lalu, inputkan PIN mobile BCA dan tekan OK. Silahkan tunggu sampai proses pembayaran cicilan kredit FIF berhasil.
  • Apabila transaksi pembayaran angsuran FIF di BCA mobile sudah berhasil, biasanya akan ditampilkan keterangan bahwa m-Payment sukses dilakukan.

Nah, cara pembayaran angsuran FIF melalui BCA Mobile sebenarnya sangat mudah. Jika ternyata ada denda karena telat membayar, Kamu harus membayarnya sekaligus saat membayar cicilan.

2. Cara Bayar Angsuran FIF Lewat Internet BCA

Selain cara di atas, Kamu juga bisa melakukan pembayaran angsuran FIF melalui internet banking BCA. Namun pastikan dulu, Kamu telah mempunyai MPIN BCA agar dapat mengakses layanan Internet Banking BCA. Ini dia ulasannyaa :

  • Silahkan ke laman Klik BCA atau BCA Internet Banking.
  • Login memakai user ID dan password dengan benar.
  • Masuk ke dalam ‘Menu Pembayaranan’.
  • Silahkan lengkapi kolom pada laman yang ttersedia.
  • Untuk melanjutkkan pilih FIF dan inputkan No Kontrak FIF tepat di bawahnya.
  • Jika semua data sudah terisi, tekan ‘Lanjutkan’.
  • Selanjutnya, akan muncul tampilan berisi ‘Tagihan’ dan informasi pengguna.
  • setelah semuanya benar, inputkan Key BCA milikkmu.
  • Jika sudah, klik kirim dan pembayaran pun telah berhasil. Screen shot resi bukti pembayarana jika perlu.

Agar transaksi pembayaran lebih lancar memakai cara ini, sebaiknya jangan salah menginput data atau nomor kontrak. Pastikan pula tagihan yang tertera di layar sesuai dengan tagihanmu berikut identitas diri lengkap.

Kesimpulan

Selain dengan cara bayar FIF di ATM BCA, Kamu juga bisa memilih opsi pembayaran lainnya menggunakan layanan bank BCA, khusus bagi nasabah BCA. Supaya Kamu tidak dikenakan biaya dendaa, sebaiknya lakukan pembayaran angsuran FIF jauh sebelum waktu jatauh tempo. Biasanya tanggal jatuh tempo angsuran sudah ditentukan pihak leasing untuk dijadikan batas akhir proses pembayaran angsurana.

Akaan tetapi, seringkai waktu jatuh tempo tak sesuai dengan wakatu atau tanggal penerimaan motor atau produk FIF, mengingat administrasi dari pihak leasing. Jadi, bisa saja wkatu jatuh temponya menjadi mundur hingga beberapa hari bahkan beberapa minggu. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts