Cara Bermain Catur

Cara Bermain Catur

Catur sebenarnya permainan yang sudah sangat familiar sejak dulu. Namun tak sedikit orang yang masih belum tahu cara bermain catur. Bisa dibilang, catur adalah sejenis permainan yang begitu menarik, biasanya melibatkan 2 orang pemain. Permainan catur biasanya mengandalkan strategi, adiktif dan keahlian.

Permainan catur juga bisa dibilang sebagai permainan yang juga melibatkan aktivitas olahraga. Dalam bermain catur, kita harus mengatur banyak strategi bagaimana caranya mengalahkan lawan. Selain itu, permainan ini biasanya melibatkan konsentrasi, keterampilan strategi dan tentunya kesabaran karena menguras pikiran.

Cara Bermain Catur

Cara Bermain Catur
Strategi Bermain Catur

Tutorial Bermain Catur

Ada beberapa tahapan cara bermain catur yang harus dipahami oleh para pemain. Jika Kamu pemula, jangan khawatir karena di sini akan dibahas langkah-langkah jitu bermain catur dengan benar, sebagai berikut :

Step 1 : Mengatur Papan Catur

Biasanya permainan catur dimulai dengan cara membentangkan papan sampai terlihat petak putih atau bagian yang trang di sisi kanan dan bawah masing-masing pemain.

Atur bidak catur dengan metode yang sama. Isi pion pada baris kedua, lalu letakkan benteng di sudut, dan kedua kuda tepat di sampingnya. Kemudian diikuti oleh kedua gajah, dilanjutkan dengan menteri, dengan warna yang selalu sama sesuai warna bidaknya. Seperti, menteri hitam di dalam petak hitam, menteri putih di dalam petak putih. Sementara terakhir, ada raja di petak yang masih tersisa.

Step 2 : Cara Menggerakkan Buah Catur

Cara bermain catur selanjutnya ialah untuk mengatur pergerakan buah catur. Tiap-tiap 6 buah catur biasanya melangkah dengan metode yang berbeda. Selain itu, buah catur tak bisa melangkah atau bergerak melewati buah catur lainnya, serta tak pernah bisa menempati petak catur yang sudah ditem pati oleh salah satu dari buahnya sendiri. Akan tetapi, buah catur bisa digerakkan untuk mengisi petak yang sedang ditempati oleh buah lawannya, selanjutnya akan dipukul. Biasanya buah catur dilangkahkan ke dalam petak tempatnya bisa memukul buah yang lain, untuk melindungi dan menjaga buahnya sendiri ketika akan dipukul.

1. Melangkahkan Raja Catur

Raja catur disini merupakan buah yang memiliki perans angat penting, namun juga termasuk salah satu buah yang terlemah. Biasanya raja hanya bisa bergerak 1 petak ke semua arah, turun, naik, bergerak secara diagonal dan ke samping. Raja tak pernah bisa bergerak ke dalam petak yang telah terkena skak, karena ini tempat yang bisa membuat raja dipukul. Sebab apabila raja diserang buah catur yang lain, biasanya dinamai dengan istilah ‘skak’.

2. Melangkahkan Menteri Dalam Catur

Menteri termasuk buah paling perkasa. Biasanya menteri bisa bergerak ke semua arah, baik mundur, maju, secara diagonal atau ke samping. Bahkan menteri bisa bergerak diagonal dengan sejauh mungkin asalkan tidak melalui buahnya sendiri. Di samping itu, sama halnya dengan buah lainnya, apabila menteri memukul lawan, maka langkahnya terhenti. Misalnya saja menteri yang berwarna putih memukul lawan menteri yang berwarna hitam, selanjutnya sang raja berwarna hitam pun akan dipaksa bergerak.

3. Menggerakan Kuda Dalam Catur

Cara bermain catur selanjutnya untuk melangkahkan kuda. Melangkahkan atau menggerakkan kuda dalam catur berbeda dengan bidak lainnya. Biasanya kuda bergerak 2 petak ke dalam 1 arah, kemudian bergerak 1 langkah lagi menuju arah tertentu dengan sudut 90, membentuk huruf “L”. Selain itu, kuda juga termasuk bidak satu-satunya yang bisa melangkah dengan cara melompati bidak yang lainnya.

4. Melangkahkan Bidak Dalam Catur

Di dalam permainan catur, pion termasuk bidak yang paling unik, sebab ia bergerak serta memukul melalui cara berbeda. Denagn cara pion melangkah ke arah depan, namun memukul bidak lawannya secara diagonal. Biasanya pion hanya bisa melangkah 1 petak saja ke depan, hal ini terkecuali saat melangkah pertama kali yang bisa melangkah hingga 2 petak ke depan. Pion juga hanya dapat memukul bidak catur lain yang terdapat pada satu petak di depannya dengan cara diagonal. Bidak ini tidak pernah bisa memukul atau bergerak secara mundur. Apabila ada bidak yang lain tepat berada di depannya, maka pion tidak dapat memukulnya atau melewatinya.

Step 3 : Aturan Khusus Bermain Catur

Ada beberapa aturan dalam permainan catur yang biasanya mungkin tampak tidak logis. Pasalnya aturan tersebut dibuat supaya permainan lebih menarik dan menyenangkan.

1. Mempromosikan Bidak Dalam Catur

Dalam hal ini bidak memiliki kemampuan secara khusus, yakni apabila mencapai sisi apda papan yang satunya, maka bisak bisa menjadi buah lainnya (inilah yang disebut promosi).

Biasanya bidak bisa dipromosikan untuk menjadi buah catur apapun. Adapun kesalahan yang biasanya terjadi yaitu bidak hanya bisa ditukar oleh buah yang sudah dipukul. Ini sebenarnya SALAH. Biasanya bidak dipromosikan untuk menjadi menteri. Kamu harus tahu bahwa hanya bidak sajalah yang bisa dipromosikan.

2. Melakukan ‘En Passant’ Dalam Catur

Adapun aturan terakhir dalam cara bermain catur dinamakan ‘en passant’, istilah tersebut berasal dari bahasa Perancis, artinya adalah ‘saat melewati’. Apabila sebuah bidak melangkah 2 petak di langkah pertamanya, dengan mendarat di samping bidak lawan, maka bidak lawan bisa memilih untuk memukulnya. Biasanya langkah khusus tersebut harus dilakukan dengan segera sesudah bidak pertama bergerak. Karena jika tidak dilakukan, pilihan untuk memukul bisa hilang.

3. Melakukan Rokade Pada Catur

Aturan khusus lainnya dinamakan enroque. Adapun langkah ini biasanya memungkinkanmu untuk melakukan 2 hal penting pada 1 langkah, yakni mengamankan raja, serta mengeluarkan benteng ke dalam permainan dari sudur. Saat giliran salah seorang pemain, mungkin ia melangkahkan rajanya 2 petak ke satu sisi kemudian menggerakkan bentengnya pada sudut sisi tersebut ke samping raja pada sisi berlawanan.

Ada beberapa persyaratand alam melakukan rokade, diantaranya :

  • Rokade wajib dilakukan sebagai langkah pertama pada raja.
  • Harus dilakukan sebagai langkah pertama dari benteng catur yang bersangkutan.
  • Raja tidak diperbolehkan untuk melewti petak catur yang diancam atau tidak boleh mengalami ‘skak’.
  • Bidak tidak diperbolehkan ada diantara raja dengan benteng yang dilangkahkan.

Silahkan perhatikan, ketika Kamu melakukan rokade ke dalam suatu arah, maka raja biasanya lebih mendekati bagian sisi papan. Inilah yang dinamakan rokade ‘pendek’. Sementara, rokade menuju arah lainnya yang melewati petak sebagai tempat asal dari menteri, dinamakan rokade ‘panjang’. Jadi kemanapun arahnya, biasanya raja hanya bergerak 2 petak saja saat rokade.

Step 5 : Pelajari Strategi Dasar Dalam Bermain Catur

Dalam cara bermain catur, Kamu harus pintar-pintar mempelajari dan mengatur strategi. Ada 4 hal yang perlu Kamu ketahui dalam bermain catur, yaitu harus melindungi raja, jangan menyerahkan buah begitu saja, pakai semua buah caturmu, dan kuasai pusat papan.

Step 6 : Berlatih dengan Beberapa Pemain

Hal yang paling penting untuk menguji kemampuan bermain caturmu ialah dengan banyak memainkan catur. Baik itu, bermain bersama keluarga atau teman, ataupun dengan bermain online. Kamu harus lebih banyak bermain jika ingin berkembang.

Itulah 56 step cara bermain catur dan strategi sederhana yang bisa Kamu lakukan agar berhasil memenangkan permainan yang satu ini. Bagaimana, mudah kan?

 

 

Related posts