Cara Bermain Bulu Tangkis

Cara Bermain Bulu Tangkis

Bagaimana sih cara bermain bulu tangkis? Ya, Bulu tangkis adalah salah satu olah raga yang paling populer di Indonesia. Tak ayal jika eksistensinya di dunia internasional, bisa mengangkat nama Indonesia dari dulu hingga sekarang baik untuk partai tunggal, ganda dan ganda campuran.

Apa Saja Ketentuan Dalam Bermain Bulu Tangkis?

Dalam permainan bulu tangkis, ada beberapa ketentuan yang harus dipahami oleh para pemain, diantaranya :

1. Jumlah Partai

Berdasarkan peraturannya, ada 5 partai yang dapat dimainkan dalam cabang olah raga bulu tangkis, berikut ini :

  • Tunggal putra.
  • Tunggal putri.
  • Partai ganda putra.
  • Ganda putri, dan
  • Ganda campuran.

Kelima partai di atas biasanya mempunyai peraturan tersendiri, terutama berdasarkan luas lapangan yang digunakan.

2. Lapangan

Lapangan yang digunakan untuk bermain bulu tangkis berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang lapangan 13,0 meter dan lebar lapangan 6,10 meter. Sedangkan jarak garis service ke depan sejajar dengan net adalah 1,98 meter. Ketentuan tersebut harus dipastikan benar dari segi ukurannya, agar lapangan bisa digunakan secara maksimal.

Setiap sudut lapangan, harus ada garis-garis pembatas dengan ketebalan garis 40 mm berwarna kontras seperti warna putih. Tujuannya adalah agar pemain dan wasit bisa bermain sesuai dengan batas-batas yang telah ditentukan.

Untuk jaring atau nett, ketinggiannya adalah 1,55 m yang di tempatkan tepat di tengah lapangan dan nett harus berwarna gelap. Untuk bibir jaring, dianjurkan ketebalannya tidak lebih dari 75 mm dan harus berwarna dasar seperti warna putih.

Persiapan Perlengkapan Bulu Tangkis

Sebelum Kamu mengetahui tata cara bermain bulu tangkis dengan benar, tentu saja harus mempesiapkan perlengkapan bulu tangkis terlebih dahulu. Berikut ini beberapa perlengkapan wajib yang harus kamu miliki, diantaranya :

1. Raket

Sejak awal penggunaannya, raket umumnya terbuat dari kayu, namun seiring dengan perjalanannya diganti dengan aluminium ataupun logam ringan yang kuat dan tahan lama. Namun sekarang ada ketentuan baru mengenai material pembuatan raket, yaitu terbuat dari serat karbon yang lebih ringan.

Kehebatan dari serat karbon adalah memiliki kekuatan tinggi dan dapat memberikan perpindahan energi kinetik yang lebih baik. Oleh karena itu, jika kamu berencana ingin memulai olah raga bulu tangkis, mulailah dengan membeli dan mempersiapkan raket berkualitas baik terlebih dahulu.

2. Senar Raket

Ketika kamu membeli raket, terkadang ada raket yang tidak dilengkapi dengan senar sehingga kamu harus membeli senar secara mandiri. Ciri-ciri senar yang baik adalah ketebalan senar nomor 21 dan ketegangan senar antara 18 sampai 30.

3. Kok

Kok merupakan bola utama yang digunakan untuk bermain bulu tangkis. Alat ini biasanya terbuat dari bulu angsa yang di rangkaikan dan disusun hingga membentuk kerucut yang terbuka. Sedangkan pangkalnya membentuk setengah bola yang terbuat dari bahan gabus.

Di toko-toko olahraga banyak sekali jenis kok dengan kualitas beragam, kamu tinggal pilih kok pilihanmu agar bisa memainkan olah raga bulu tangksi dengan nyaman.

4. Sepatu

Sebaiknya jangan pernah anggap remeh sepatu sebagai perlengkapan bulu tangkis.Karena sepatu mempengaruhi tingkat kecepatan pergerakanmu saat di lapangan, sehingga ada perusahaan khusus yang secara sengaja membuat sepatu hanya untuk bermain bulu tangkis. Memakai sepatu yang salah saja saat mempraktekkan cara bermain bulu tangkis, bisa menimbulkan cedera di telapak kakimu.

5. Pakaian

pakaian yang tepat untuk bermain bulu tangkis adalah kaos oblong, bagi wanita yang ingin bermain bulu tangkis disarankan menggunakan kaos oblong lengan panjang atau bisa menggunakan manset.

Untuk celananya, bagi pria lebih baik menggunakan kolor pendek sedangkan bagi wanita menggunakan training panjang.

Cara Bermain Bulu Tangkis

Cara Bermain Bulu Tangkis
Bermain Bulu Tangkis Ala Atlet Bulu Tangkis

Panduan Cara Bermain Bulu Tangkis Dengan Benar

Setelah semua persiapan di atas kamu penuhi, selanjutnya Kamu harus memahami Teknik cara bermain bulu tangkis dengan benar. Baik itu untuk pemain tunggal maupun ganda, ambil posisi bersebrangan dengan lawan, jika kamu sebelah kiri maka lawan harus ada di posisi sebelah kanan di sebrang nett.

Ciri permainan dimulai adalah ketika salah satu pemain melakukan servis. Caranya dengan memukul kok yang di pegang salah satu tangan sedangkan tangan satunya memegang raket dan siap melakukan servis.

Pukul kok tersebut dengan menggunakan raket yang kamu pegang hingga menyebrang nett dan sampai ke raket lawan. Kunci kemenangan untuk mendapatkan poin adalah ketika lawan tidak bisa mengembalikan lagi kok yang kamu servis.

Jangan lupa untuk selalu perhatikan garis lapangan karena jika kok tersebut jatuh keluar lapangan, maka kamu tidak akan mendapatkan poin. Selalu perhatikan garis terluar lapangan, sebab untuk partai tunggal dan partai ganda memiliki garis terluar yang berbeda.

Trik Dasar Dalam Bermain Bulu Tangkis

Agar kamu lebih cepat memahami cara bermain bulu tangkis, dibawah ini ada beberapa trik dasar dalam bermain bulu tangkis :

1. Teknik Memegang Raket

memegang raket ternyata ada tekniknya, berikut ada beberapa cara dalam memegang raket yang perlu Kamu ketahui :

  • Forehand; merupakan pegangan dasar dalam memegang raket dimana cirinya adalah ketika raket di pegang maka raket akan berdiri. Forehand bisa mirip dengan orang yang sedang bersalaman.
  • Backhand; pegangan ini bisa kamu dapatkan ketika memutar seperempat tangan ke arah kanan dari posisi pegangan forehand.
  • Pukul kasur/Amerika; teknik ini yaitu raket diletakkan mendatar yang berada di atas lantai, lalu ambilah dan pegang dengan erat raket pada pegangannya. Hasilnya, ibu jari dan telunjuk bisa menempel dan sejajar di bagian permukaan yang sangat lebar pada raket.

2. Teknik Pukulan

Cara bermain bulu tangkis yang benar juga harus memahami Teknik pukulan. Teknik pukulan ini bertujuan agar kok yang diberikan lawan bisa dikembalikan lagi ke arah lawan hingga lawan tidak bisa mengembalikan kok lagi. Ada beberapa jenis pukulan pada bulu tangkis yaitu pukulan servis dan pukulan lob. Penjelasannya dibawah ini :

  • Pukulan servis adalah pukulan awal ketika akan memulai permainan dengan memukul kok dan mengarahkannya ke arah lawan. Ada beberapa macam pukulan servis diantaranya servis pendek, servis pangjang, servis mendatar dan servis cambuk.
  • Pukulan lob adalah pukulan yang digunakan untuk mengarahkan kok setinggi mungkin dengan harapan melewati lawan dan tidak melewati garis terluar lapangan untuk mendapatkan poin.

Pukulan lob bisa dilakukan dengan dua cara yaitu overhead lob dan underheadlob. Adapun overhead lob adalah pukulan yang dilakukan di atas kepala sehingga kok melambung ke bagian belakang. Sementara Teknik pukulan underhand lob yaitu cara pukul lob yang biasa dilakukan ketika kok berada di bawah badan untuk selanjutnya dilambungkan setinggi mungkin.

3. Sistem Pindah Bola dan Reli Poin

Ada dua sistem yang digunakan pada bulu tangkis untuk mendapatkan poin, yaitu sistem pindah bola dan sistem reli poin. Berikut penjelasannya :

  • Sistem Pindah Bola

Sistem ini terdiri dari satu set 15 poin, jika kedudukan sama dengan poin 13, maka harus ada jus atau penambahan poin. Biasanya hingga jus 5. Jika poin sama berjumlah 14 maksimal jus 3.

  • Sistem Reli Poin

Merupakan sistem dimana setiap perpindahan bola tetap dihitung poin. Untuk jumlah maksimal poin yaitu 21 dalam satu set.

Demikianlah langkah-langkah dan Teknik cara bermain bulu tangkis dengan benar dan Kamu pun tinggal memodifikasi permainanmu agar lebih handal dan menguasai lapangan. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts