Cara Membeli iPhone Bekas

iPhone merupakan salah satu merek hp yang paling banyak dibicarakan di kalangan masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan, hal ini mengingat iPhone termasuk salah satu merek hp yang sangat eksklusif dibandingkan dengan merek-merek lainnya. Hal ini jugalah yang membuat banyak orang mencari cara membeli iPhone bekas.

IPhone termasuk ke dalam salah satu jajaran kelas menengah ke atas, tak heran harganya pun cukup mahal bahkan bisa mencapai belasan juta rupiah. Banyak sekali orang yang tertarik membawa pulang iPhone karena terkenal dengan kualitas dari fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Mengingat harganya yang fantastis, tidak heran jika banyak yang sampai ingin membeli iphone bekas. Hal ini bertujuan agar mereka bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Cara Membeli Hp iPhone

Memiliki hp iPhone kini telah memberikan kepuasan tersendiri bagi yang menginginkannya. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan jka ingin membeli hp iphone, di antaranya :

1. Membeli Perangkat Hp yang Baru

Cara yang pertama tentunya membeli hp iphone dengan kondisi baru. Cara ini sangat mudah dilakukan karena kalian cukup datang ke gerai penjualan iphone lalu membeli seri iphone yang diinginkan. Namun tentu saja harus memiliki dana yang cukup ketika datang ke gerai iphone mengingat harganya yang cukup mahal.

Selain itu, ada juga cara lainnya jika ingin membeli hp iphone baru, yaitu bisa beli hp iphone yang dijual tidak resmi, selain kondisinya baru, juga harganya cukup murah. Namun kelemahannya adalah jika terjadi sesuatu akibat malfungsi, maka jika mau klaim garansi tidak akan bisa dilakukan. Paling maksimal hanya bisa dilakukan pada gerai yang menjual iphone tersebut.

Terkait:  Cara Hotspot di iPhone

Bagi yang memiliki dana terbatas dan ingin membel iphone resmi, perusahaan yang menjual iphone memiliki cara sendiri agar hpnya bisa terjual, yaitu dengan cara dicicil sesua tenor yang ditentukan oleh calon pemilik hp iphone dengan penjual.

2. Membeli Hp Bekas

Selalu ada cara lainnya jika ingin mendapatkan hp iphone untuk digunakan sehari-hari. Caranya adalah dengan membeli hp iphone bekas. Memang cara ini sangat riskan karena kalian akan mendapatkan hp dengan kondisi bekas. Jika tidak jeli bisa-bisa mendapatkan iphone yang kondisi performanya sudah menurun.

Cara Membeli iPhone Bekas

Cara Membeli iPhone Bekas
Membeli iPhone Bekas

Bagi kalian yang memiliki dana terbatas, tidak ingin menggunakan angsuran, tapi hanya ingin membeli hp iPhone bekas, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan. Tujuannya agar mendapatkan hp iphone dengan kondisi yang cukup bagus. Sehingga penggunaan hp iPhone walaupun bekas bisa dipakai cukup lama dan tentunya puas dengan pembelian hp bekas. Berikut ulasan cara membeli iPhone bekas yang paling efektif :

1. Cari Tahu Harga Second

Tips  pertama adalah cek terlebih dahulu harga second hp iphone pilihanmu. Jangan tanggung-tanggung ketika melihat harga second, carilah minimal 3 seri hp iphone yang menjadi incaran kalian. Tulis harganya dan jangan lupa lihat juga spesifikasi di dalam setiap seri nya.

Biasanya untuk varian yang sudah mendapatkan pembaharuan iOS, harganya akan sedikit berbeda. Namun jika dilihat dari harga second pada umumnya tidak akan terlalu jauh perbedaannya.

Cara cek hp iphone second bisa kalian lihat melalui online atau dengan menanyakan dari satu gerai ke gerai lainnya. Namun satu hal yang pasti, antara harga yang tertera pada situs jual beli hp dengan gerai tidak akan jauh berbeda.

Terkait:  Cara Backup Whatsapp iPhone ke Google Drive

2. Beli Hp iPhone Sudah di Upgrade

Setiap seri hp iphone dengan kondisi bekas, tentunya operating systemnya masih versi yang lama karena yang namanya bekas mungkin iphone keluaran 1 atau 2 tahun kebelakang. Sedangkan versi iOS setiap periode selalu mendapatkan pemaharuan.

Agar hp iphone kalian performanya lebih baik lagi, sebaiknya cari hp iphone bekas dengan kondisi yang sudah di upgrade ke iOS versi terbaru. Sebab kelebihannya justru jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan menggunakan iOS versi lama.

Sebagai contoh, jika kalian membeli hp iphone seri 5, iOS nya tidak mendukung layanan 4G. Jika memaksakan membeli hp iphone 5 maka kekuatan sinyal tidak akan secepat 4G. Kecuali jika iphone 5 tersebut sudah di upgrade ke iOS versi terbaru.

3. Beli Hp iPhone Bekas yang Dijual Kembali

Namanya hp iphone bekas, berarti minimal sudah tangan kedua ketika membeli hp iphone tersebut. Karena harga hp iphone bekas juga cukup mahal, alangkah baiknya memilih seri iphone yang bekas yang perilisannya tidak terlalu jauh. Setidaknya maksimal 3 tahun ke belakang untuk seri-seri iphone yang sudah di edarkan.

Tujuannya adalah untuk mengantisipasi hp second ketika dijual kembali harganya tidak terlalu anjlok. Jika seandainya membeli hp second yang sudah sangat lama di atas 3 tahun, maka proses penjualan kembali akan sulit dilakukan. Justru harganya akan anjlok dan kalian akan mendapatkan kerugian materi.

4. Pilih iPhone yang Ada Garansinya

Seandainya kalian ingin mendapatkan hp iphone bekas yang masih bergaransi, berarti carilah hp iphone yang belum berusia di atas 1 tahun. Secara umum untuk garansi hp hanya berlaku 1 tahun terhitung tanggal pembelian.

Kelebihan dari hp iphone yang masih bergaransi adalah jika suatu saat terjadi malfungsi pada hp iphone bekas, maka masih bisa klaim garansi untuk membetulkan kerusakan pada hp iphone kalian.

Terkait:  Cara Melacak iPhone yang Hilang

Untuk mengetahui iphone tersebut masih bergaransi atau tidak, maka kalian cukup melihatnya pada belakang box iphone yang berada di sisi kiri bagian bawah.

5. Cek Kondisi Fisik iPhone

Cara membeli iPhone bekas selanjutnya adalah cek kondisi fisik dari incaran hp iphone bekas yang akan kalian beli. Untuk mengecek kondisi fisk iPhone ini sangat mudah, sebab hanya perlu mengecek fisik iPhone.

Periksalah setiap sudut body hp iphone, mulai dari sudut bagian atas juga sudut bagian bawah. Selain itu, periksa juga bagian layar, apakah ada luka goresan yang berarti atau tidak. Dengan begitu, nantinya kalian bisa tawar menawar harga dengan pembeli agar harganya bisa lebih murah dari yang ditawarkan. Karena ada beberapa kekurangan pada fisik hp iphone bekas tersebut.

6. Cek Baterai

Baterai adalah salah satu komponen penting pada hp iphone untuk membuka berbagai fungsi yang ada di dalamnya. Seperti yang telah diketahui bahwa yang namanya hp second biasanya performa baterainya akan sedikit menurun dari saat ketika membeli hp baru. Untuk menguji kekuatan baterai, maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memastikan kondisi kesehatan baterai.

  • Masuk pada menu settings
  • selanjutnya pilih opsi Battery lalu pilih kembali opsi di dalamnya yaitu Battery Health.
  • Nantinya akan ditampilkan informasi megenai kapasitas maksimum baterai dan kondisi baterai saat ini.

Untuk mengetahui masih layak digunakan atau tidak yaitu dengan mengecek kapasitas yang ditampilkan pada informasi tersebut. Dimana apabila berada di kisaran 90 %, maka sudah bisa dipastikan performa baterai hp iphone masih bagus.

Namun jika berada di bawah 90 %, maka kalian harus mempertimbangkan membeli hp iphone tersebut dan beralih pada hp iphone bekas lainnya.

Mengingat pentingnya mengecek hp second, maka kalian harus mengikuti tutorial cara membeli iPhone bekas. Semoga bermanfaat!

 

Related posts