Cara Bermain Yoyo

Cara Bermain Yoyo

Mungkin banyak anak di zaman sekarang yang sudah meninggalkan permainan tradisional, karena sudah terkontaminasi oleh berbagai permainan atau game yang ada di gadget. Padahal permainan tradisional sangat menyenangkan dan tentunya berkesan memberikan kenangan di masa kecil. Salah satu jenis permainan tradisional tersebut ialah permainan yoyo. Tahukah Kamu apa itu permainan yoyo? Tahukah bagaimana cara bermain yoyo? Jika belum, mari simak ulasan tentang permainan yoyo, di bawah ini!

Mengenal Permainan Yoyo, Permainan Tradisional yang Populer

Yoyo adalah sejenis permainan yang biasanya tersusun atas 2 cakram yang berukuran sama dan umumnya terbuat dari bahan kayu, plastic maupun logam. Kedua cakram tersebut dihubungkan oleh sebuah sumbu, dan tergulung oleh tali. Satu ujung pada tali terikat ke dalam sumbu, sementara ujung yang lainnya bebas serta diberi kaitan. Sementara itu, permainan yoyo sebenarnya termasuk sejenis permainan yang sangat populer, bahkan di beberapa negara. Meskipun seringkali dianggap sebagai permainan untuk anak-anak, namun tak sedikit pula orang dewasa mempunyai kemampuan bermain yoyo.

Permainan yoyo biasanya dapat dimainkan dengan cara mengaitkan ujung pada tali di jari tengah, lalu yoyo dipegang dan dilemparkan dengan Gerakan bebas ke bawah. Saat tali terulur dalam sumbu, maka akan terjadi efek giroskopik, untuk memberikan waktu melakukan berbagai Gerakan. Melalui Gerakan pada pergelangan tangan inilah, yoyo bisa dikembalikan lagi ke tangan pemain, sehingga tali yoyo akan tergulung Kembali ke celah sumbu.

Itu adalah gambaran besar tentang cara bermain yoyo dengan sangat sederhana. Permainan ini sangat menyenangkan, dan tentu saja kini permainan yoyo telah dimodifikasi sedemikian rupa sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini dibuktikan dengan adanya yoyo listrik. Jadi, saat memainkan yoyo listrik, biasanya aka nada lampu di samping kiri dan kanannya yang menyala. Permainan yoyo tentu saja tak luput dari komponen yang terdapat dalam yoyo itu sendiri.

Apa Saja Sih Komponen Yoyo?

Kunci utama dari permainan yoyo adalah keterampilan dan ketangkasan ketika memainkannya. Dan itu membutuhkan waktu yang cukup lama jika ingin mahir dalam memainkan yoyo. Seperti yang telah diketahui bahwa yoyo terdiri dari beberapa komponen, kamu harus mengetahui komponen-komponen tersebut supaya bisa memodifikasi permainan yoyo. Berikut ini penjelasan terkait komponen-komponen pada yoyo.

1. Tali Yoyo

Fungsi tali adalah sebagai penghubung tangan dengan dua buah piringan yoyo. Kegunaan tali juga bisa memainkan trik-trik indah ketika memainkan yoyo. Untuk panjang tali, biasanya memiliki panjang yang sudah ditentukan sesuai dengan standarnya, namun jika ternyata tali yoyo terlalu panjang, kamu bisa saja memotongnya.

Bagi yang ingin memotong tali yoyo, misal panjang awalnya sekitar 1,3 meter dan kamu ingin memotongnya hingga terssisa 1 meter. Maka pemotongan tali jangan pas 0.3 meter melainkan 0,25 meter. Nah untuk 0.05 meter nya bisa dipakai untuk memasukkannya ke dalam lingkaran kecil sebagai ruang tempat jari tangan dimasukkan Ketika bermain yoyo.

2. Poros Yoyo

Poros merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh di abaikan karena dua buah cakram memiliki poros untuk melilitkan tali yoyo ketika sedang bermain. Gerakan poros yoyo membuat dua buah cakram ikut bergerak juga sehingga pergerakan yoyo bisa berputar dengan sangat baik.

3. Cakram Yoyo

Cakram yoyo atau bundaran yoyo yaitu dua buah lingkaran yang posisinya saling berhadapan satu sama lain dengan penghubung kedua cakram yang dinamakan juga sebagai poros yoyo. Untuk pemilihan materialnya sendiri, Kamu harus memilih material yang ringan agar yoyo semakin mudah bergerak saat dimainkan.

4. Lingkaran Untuk Mengaitkan Jari Tangan

Ini adalah lingkaran yang biasa digunakan untuk sebagai tempat untuk mengaitkan jari tangan, baik itu jari tengah maupun jari telunjuk. Biasanya lingkaran ini terbuat dari bahan kulit dengan tujuan untuk mempermudah tingkat elastisitas pada jari ketika yoyo sedang dimainkan.

Itulah beberapa komponen yang terdapat pada permainan yoyo. Dengan mengetahui komponen-komponen di atas, kini Kamu bisa lebih mudah mengikuti cara bermain yoyo.

Cara Bermain Yoyo

Cara Bermain Yoyo
Teknik Bermain Yoyo Bagi Pemula

Teknik Bermain Yoyo Bagi Pemula

Bagi seorang pemula, bermain yoyo pasti akan terasa cukup sulit dilakukan. Namun kesulitan tersebut bisa kamu minimalisir jika sudah mengetahui teknik dasar bermain yoyo yang akan dijelaskan dibawah ini :

1. Memasukkan Jari Tangan Pada Lingkaran Tempat Kaitan Jari

Jari yang dimaksud adalah bisa jari tengah maupun jari telunjuk. Kamu bisa mengatur posisi lingkaran dengan jari tangan yang Kamu pilih senyamannya. Alangkah baiknya, untuk tidak terlalu memasukan lingkaran yoyo tersebut ke pangkal jari karena bisa membuatmu kesulitan menggerakkan yoyo.

Saran yang baik bagi seorang pemula adalah lingkaran yang dimasukan ke dalam jari kamu di letakan pada sendi jari pertama sehingga kamu akan lebih mudah dalam menggerakan yoyo.

2. Lilit Tali Yoyo Pada Porosnya

Jika posisi tali tidak dibelitkan pada poros yoyo, maka hendaknya belitkan tali sampai bagian batas ujung tali yang menempel pada lingkaran yang di masukan ke dalam jarimu. Setelah sampai ke bagian ujung, pastikan kedua buah cakram yoyo benar-benar bisa di genggam oleh tangan.

Segaiknya jangan lupa membelitkan tali dengan benar, jangan sampai tali yoyo hanya asal di belitkan saja karena bisa membuat tali semakin terbelit di bagian cakram.

3. Lempar Yoyo

Cara bermain yoyo selanjutnya ialah mulailah melempar yoyo, jika posisi memegang yoyo sudah siap. Melempar yoyo tidak bisa sembarangan begitu saja, karena ada teknik tersendiri agar yoyo bisa kembali lagi ke tanganmu dengan posisi tidak terbelit saat yoyo dilemparkan Kembali.

Cara yang paling sederhana adalah pastikan yoyo di pegang dengan telapak tangan, selanjutnya tekukkan tangan yang memagang yoyo tersebut.

Lepaskan bundaran yoyo dan ikuti dengan posisi jari terbuka dan panjangkan tali sampai ke bawah. Lakukanlah gerakan tersebut hingga bagian sikut tangan membentuk sudut sampai 90 derajat.

Terus di coba gerakan tersebut sampai beberapa kali hingga yoyo bisa bergerak menjauhi tangan dan mendekati tangan dengan sempurna.

4. Cara Menarik Yoyo dari Bawah

Cara yang paling mudah jika ingin mengembalikan yoyo yang sedang berada di bawah adalah dengan menggunakan hentakan ketika tali yoyo sudah dalam posisi maksimal keluar dari poros. Lakukan hentakan dengan lembut, agar yoyo bisa dengan mudah tertarik ke atas hingga sampai ke genggaman tangan lagi.

5. Ulangi Sampai Mahir

Kamu bisa terus mengulangi cara bermain yoyo di atas sampai mahir. Gerakan dasar yoyo adalah dengan melepaskan yoyo dari genggaman tanganmu ke bawah dan kembali ke genggaman lagi. Oleh karena itu, bagi seorang pemula terus lakukan gerakan ini hingga bisa menguasainya dengan benar. Banyak sekali gerakan yoyo yang di variasikan, akan tetapi bagi pemula cukup berlatih gerakan dasar terlebih dahulu sebelum masuk ke gerakan variasi.

Apa Saja Keuntungan Bermain Yoyo?

Ada banyak keuntungan yang bisa teman-teman dapatkan jika bermain yoyo, berikut ini :

1. Melatih Ketenangan dan Konsentrasi

Hal utama bermain yoyo adalah konsentrasi tinggi karena jika sedikit saja kamu kurang konsentrasi maka kemungkinan besar akan gagal berputar pada porosnya. Selain itu, Kamu juga butuh ketenangan untuk memaksimal gerakan yoyo yang kamu inginkan.

2. Melatih Gerakan Tangan

Belajarlah gerakan dasar terlebih dahulu sebelum mempelajari Teknik Gerakan lain sampai memerlukan keterampilan. Dengan begitu secara otomatis akan melatih gerakan motorik pada tangan.

Oke, itulah beberapa langkah cara bermain yoyo dan keuntungan yang bisa didapat dengan mempelajari trik bermain yoyo dengan benar.

 

 

Related posts