Cara Absen di E-Learning Madrasah

Cara Absen di E-Learning Madrasah
Cara Absen di E-Learning Madrasah

Pengelolaan pembagian materi umum, tugas, ulangan, ujian, dan lain sebagainya. Kini, dapat dilakukan hanya melalui situs website pembelajaran saja. Dikenal dengan sistem E-Learning. Lebih praktis dan efisien, pastinya. So, kalau kamu masih termasuk seorang pelajar. Wajib banget  ketahui cara absen di E-Learning Madrasah. Santri juga harus tetap melek teknologi!

E-Learning madrasah sendiri, dapat diartikan sebagai suatu aplikasi yang sengaja didesain khusus oleh Direktorat KSKK Madrasah. Dimana, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan  kegiatan belajar-mengajar di dunia pendidikan secara online. Dikarenakan, baik santri ataupun para tenaga pendidiknya tidak mampu untuk bertatap muka secara langsung. Daring.

Sistem pembelajaran secara online, memang sedang marak dilakukan di berbagai sekolah. Ini, menjadi suatu hal yang baru diprogramkan pada tahun 2020 silam oleh bagian Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan di bawah naungan Kementerian Agama RI. Saat itu, tercatat sebanyak 29.503 madrasah yang telah menerapkan cara tersebut. Role akses.

Cara Absen di E-Learning Madrasah

Cara Absen di E-Learning Madrasah
Cara Absen di E-Learning Madrasah

Cara Absen di E-Learning Madrasah di HP

Website pembelajaran untuk madrasah satu ini, diketahui sengaja dirancang dengan 6 role akses. Oleh sebab itu, hanya mereka yang berada di posisi atau jabatan tertentu saja yang bisa memiliki kewenangan untuk mengubah dan memasukkan tugas ke dalam platform tersebut. Guru mapel, guru BK, administrator, wali kelas, serta supervisor dan jajarannya. Siswa tidak.

Pengecualian untuk kalian yang berstatus sebagai siswa atau mahasiswa dari suatu madrasah. Kamu bisa mengaksesnya setelah mendapatkan konfirmasi izin dari salah satu pihak yang ada di atas. Entah itu guru mata pelajaran, wali kelas, ataupun guru BK. Hal ini, dilakukan agar siswa tidak dapat bersikap curang. Terutama, atas nilai yang diperoleh setelah mengisi ujian.

Cara absen di E-Learning Madrasah di HP, biasanya akan diberitahukan oleh pihak guru atau admin sekolahnya secara manual. Artinya, dijelaskan dalam bentuk video tutorial atau latihan khusus yang diwakilkan oleh salah satu murid dari kelas tersebut. Akan tetapi, disini kamu juga bisa mendapatkan prosedur yang tepat untuk melakukan absensi di E-Learning. Mudah!

  • Masuk ke browser yang terdapat di HP kalian masing-masing
  • Ketikkan alamat url yang tepat untuk diarahkan ke link E-Learning tujuan kamu. Tergantung dari pihak sekolah madrasah kalian
  • Klik “Enter” untuk mulai masuk ke laman utama dari E-Learningnya
  • Setelah muncul tampilan baru yang bertuliskan “Pengguna E-Learning Madrasah Server Pusa”. Lanjutkan dengan mengisi bagian kolom yang tertera. Penting untuk diisi pada pilihan jenjang, provinsi, kabupaten/kota, dan ketik disini (isi dengan kata kunci dari madrasahnya)
  • Klik tombol “search atau icon loop” > Buka E-Learning dengan masukkan username dan password kalian
  • Mulai login E-Learning, dan akan muncul tampilan akun siswa
  • Cara absen di E-Learning Madrasah, dilakukan per kelas dan disesuaikan dengan jadwal yang kamu miliki > scroll ke bawah sampai kalian menemukan menu “Rekap Kehadiran Anda”
  • Lakukan scroll ke bawah kembali, untuk memastikan data kamu sudah tersimpan oleh sistem dan telah dikonfirmasi hadir pada saat itu

Adapun cara absen di E-Learning Madrasah, buat kalian yang memiliki mata pelajaran lebih dari satu di hari yang sama. Kamu, hanya perlu memilih garis tiga horizontal yang terdapat pada tampilan menu sistemnya. Kemudian, lanjutkan dengan memilih kelas online. Lalu, user tinggal pilih “Rekap Kehadiran Anda”. Nanti, secara otomatis data absensimu akan muncul.

Cara Absen Siswa di E-Learning Madrasah

Setelah mengetahui pengertian, dan prosedur cara absen siswa di E-Learning Madrasah. Hal lainnya yang perlu kalian ketahui adalah, fungsi dari beberapa menu utama yang terdapat di dalam website. Beberapa diantaranya, mungkin sama seperti yang ada di versi umum. Baca juga cara absen di E-Learning. Penasaran apa saja menu yang dimaksud? Simak disini!

1. Backup dan Restore

Fungsi dari menu satu ini, sangat membantu para siswa maupun tenaga pengajar untuk dapat menyimpan data atau backup supaya tidak hilang. Terkadang, kalau hanya disimpan di file HP atau laptop seringkali lupa atau malah terhapus tanpa disadari. Oleh sebab itu, supaya ada data yang masih tersimpan. Ya harus lakukan backup. Nanti, kamu bisa restore datanya.

2. Kalender Akademik

Kalender umum yang biasa tersimpan di ponsel atau dalam wujud fisik terpajang di rumahmu. Tentu akan berbeda dengan kalender akademik. Dimana, isinya menyesuaikan dengan hari libur yang telah ditentukan oleh pihak madrasah. Termasuk juga kegiatan seperti UTS, UAS, dan aktivitas penting lainnya. Penilaian akhir semester, hingga tanggal pembagian rapor ada.

3. Dashboard

Menu dashboard, berisikan berbagai ringkasan dari data maupun kegiatan user yang didesain atau ditunjukkan dalam model statistik. Mulai dari jumlah kelas online yang sudah diikuti, jumlah siswa. Ada juga nih, jumlah guru. Banyaknya eksekutif yang telah diinput ke aplikasi. Belum selesai, tepat di bagian bawahnya ada tampilan laporan masuk role dalam real-time.

4. Sinkronisasi

Penyelarasan atau penyesuaian data dari guru, siswa, serta pihak eksekutif yang berwenang. Hal ini, dapat diketahui setelah user melakukan entry data. Menu ini, juga sangat dibutuhkan ketika akan mengambil tindakan sinkronisasi terhadap data profil dari madrasah. Kalau kamu siswa, maka bisa mengabaikan menu tersebut. Tidak memiliki dampak besar juga ke nilaimu.

5. Profil Madrasah

E-Learning madrasah, juga menyediakan menu profil yang dapat menjelaskan kepada para user seputar identitas diri dari sekolah tersebut. Adapun keterangan yang ditampilkan, mulai dari Nomor Statistik Madrasah atau NSM, lalu nama sekolahnya, serta logo. Pada tampilan satu ini, kalian sebagai pengguna tidak dapat melakukan perubahan. Hanya admin saja.

6. Manajemen User

Website dunia pendidikan, juga sudah mempersiapkan kebutuhan yang kemungkinan besar akan digunakan oleh berbagai pihak. Meskipun tidak terlalu sering, akan tetapi ada saja pihak yang membutuhkannya. Dimana, menunya yaitu, manajemen user. Fungsinya, tidak lain untuk mengubah, menghapus data, atau menambahkan. Melalui import dari MS. Excel.

7. Master Data

Menu kali ini, terbagi menjadi 2 sub. Dimana, satunya adalah Mata Pelajaran dan sub kedua yaitu Ruang Kelas. Bagian Ruang Kelas disini, berfungsi dalam menambahkan, mengubah, ataupun menghapus kelas yang telah dibuat. Kemudian, pada menu berikutnya yakni Mata Pelajaran memiliki fungsi yang sama. Pihak administrator dapat edit, atau tambahkan Mapel.

8. Pengaturan

Sesuai dengan sebutan dari nama menunya, pengaturan. Menu tersebut berfungsi sebagai alat untuk mengatur semester dan tahun pelajaran. Selain itu, dapat dimanfaatkan ketika pihak admin ingin menonaktifkan atau mengaktifkan notifikasi secara real-time. Support zona wilayah hingga bantuan tambahan lainnya. Misalnya, hapus data guru maupun kelas online.

9. Version Control Migration

Pilihan menu satu ini, sangat bermanfaat untuk berbagai pihak yang bersangkutan. Kalian, bisa memindahkan atau migrasi data apabila terjadi perubahan pada website. Terkadang, ada pembaharuan yang dilakukan oleh pihak sekolah demi meningkatkan kualitas dari tools yang terdapat di E-Learning tersebut. Tenang, karena sudah dilakukan backup datamu tetap aman.

Bagaimana? Cukup mudah bukan mengoperasikan website atau cara absen di E-Learning madrasah. Tetap semangat belajar ya kawan.. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Enjoy your days, and love yourself. Bye bye!

Related posts