Cara Mencari Jurnal Internasional

Cara Mencari Jurnal Internasional
Cara Mencari Jurnal Internasional

Definisi dari jurnal sendiri merupakan suatu karya tulis yang disajikan dalam konsep ilmiah  oleh instansi ataupun mereka yang bergerak di bidang akademik. Umumnya, penerbitan dari jurnal membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, penulisnya adalah orang-orang yang sudah mengenyam pendidikan D3/ Strata 1 ke atas. Berikut cara mencari jurnal internasional.

Ada perbedaan nyata yang signifikan untuk kalian dapat membedakan apakah jurnal tersebut berasal dari dalam negeri (nasional) atau justru dari luar negeri (internasional). Ciri utamanya yakni, terdapat di penerbitan bahasa tulisan di dalam jurnal tersebut. Kalau berasal dari dalam negeri, maka bahasa yang digunakan Bahasa Indonesia. Sebaliknya, memakai bahasa PBB.

Read More

DOAJ Jurnal Internasional

Bahasa resmi dari PBB yang biasa ditulis dalam jurnal internasional diantaranya, ada Bahasa Perancis, Rusia, Arab, Inggris, Tiongkok, dan Spanyol. Maka dari itu, kalian yang sedang mencari literatur untuk keperluan pembuatan skripsi, thesis, atau lainnya dapat coba carinya di DOAJ jurnal internasional. Directory of Open Access Journals (DOAJ) sangat lengkap.

Salah satu direktori yang bergerak secara online dengan berisikan beragam jurnal berkualitas tinggi dari berbagai macam penerbit. Semua yang tergabung di dalamnya, memiliki index dan reputasinya baik. Tempat yang cocok untuk kalian para mahasiswa dengan budget terbatas. Karena, disini kalian difasilitasi agar dapat dengan mudah mengaksesnya tanpa perlu bayar.

Cara Mencari Jurnal Internasional

Cara Mencari Jurnal Internasional
Cara Mencari Jurnal Internasional

Cara mencari jurnal internasional free lainnya juga bisa kalian peroleh dengan mengaksesnya melalui situs-situs berikut:

  • Google Scholar
  • Research Gate
  • Cambridge Core
  • Oxford Academic
  • LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)
  • Perpusnas (Perpustakaan Nasional)
  • ScienceDirect
  • Academia.edu
  • ProQuest
  • ISJR (International Journal of Science and Research)
  • Scopus

Beberapa dari situs yang telah disebutkan di atas, pasti kalian sudah familiar dengan Google Scholar. Karena disana, kalian dapat menemukan ratusan jurnal yang tersedia dalam beragam bahasa. Mulai dari Indonesia hingga ke seluruh dunia. Selanjutnya, kita akan bahas trik atau cara mengakses jurnalnya secara gratis.

Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis

Cara mencari jurnal internasional gratis memang paling mudah kalian peroleh dari situs resmi Google Scholar. Tapi terkadang, ada saja tema atau topik penelitian maupun artikel ilmiah pencarianmu yang tidak muncul dari hasil penelusuran di situs tersebut. Ketika kalian sudah memiliki akses ke situs penerbitan jurnal lain yang berbayar, ikuti hack download berikut:

1. SCI-Hub

Situs satu ini, bisa langsung kalian akses secara bebas selama 24 jam nonstop. Karena pernah ditutup terkait pelanggaran hak cipta, domainnya kini terdiri lebih dari satu macam supaya kalian tetap dapat menggunakannya untuk membuka jurnal berbayar. Ini beberapa domainnya.

Tutorial Sci-Hub

  • Hal pertama yang harus kalian lakukan, yaitu mencari artikel atau jurnal sesuai topik yang dicari. Gunakan kata kunci untuk permudah proses pencarian. Contoh, aksesnya di ScienceDirect.
  • Kemudian, kalian langsung cari tautan DOI dari jurnal pilihan pada bagian bawah (lihat di gambar).Link DOI
  • Setelah itu, buka tab lain untuk masuk ke website Sci-Hub. Lalu, copy atau salin link DOI tersebut dan tempelkan di kolom pencarian di situs Sci-Hub dan klik tombol Open.SCI-Hub
  • Pastikan perangkat kalian sudah terhubung dengan koneksi internet sebelumnya. Di tahapan ini, proses berikutnya tergantung dari kecepatan jaringan internetmu.
  • Hanya butuh waktu beberapa saat, dan kalian akan dialihkan ke situs Sci-Hub.ru agar jurnal berbayar tersebut dapat dibuka keseluruhan isinya secara gratis.
  • Jika kalian ingin mengunduh, tinggal klik ikon panah ke bawah yang terdapat di pojok sebelah kanan atas jurnal.Download Jurnal di SCI-Hub

Umumnya, file atau jurnal hasil unduhan akan tersimpan di folder Download. Supaya kalian kedepannya lebih mudah menemukan jurnal tersebut, sebaiknya ganti nama file dengan cara klik kanan pada mouse atau touchpad laptop atau PC dan pilih Rename. Gunakan judul jurnal sebagai pengganti namanya. Alternatif hack jurnal berbayar lainnya, pakai Library Genesis.

2. Library Genesis

Berikutnya kita akan mencoba cara mencari jurnal internasional berbayar menjadi gratis dari situs Library Genesis. Dimana, kalian bisa langsung mencari jurnalnya di situs satu ini tanpa perlu mengunjungi situs tempat penerbitan jurnal seperti Scopus, ScienceDirect, dan lainnya.

  • Awali dengan membuka situs resmi Library Genesis berikut.
  • Setelah situs berhasil terbuka, kalian dapat melihat laman utama bertuliskan Library Genesis (lihat di gambar).Library Genesis
  • Kolom Search In, dapat kalian tuliskan dengan Judul/Nama Jurnal.
  • Ketuk Search untuk memulai proses pencarian jurnal,
  • Selanjutnya, kalian akan menemukan puluhan hasil pencarian jurnal yang berkaitan dengan judul atau keyword yang sebelumnya dimasukkan ke dalam kolom search.
  • Klik salah satu hasil penelusuran jurnal yang ditampilkan di layar, lalu akan terlihat laman berikutnya yang berisi informasi terkait jurnal pilihanmu termasuk daftar pustaka.
  • Kemudian, kalian unduh file jurnal tersebut dan proses selesai.

Akan tetapi, ketersediaan jurnal gratis yang ada di Library Genesis ini kemungkinan cukup terbatas. Maka dari itu, sebagian besar orang tetap membutuhkan bantuan dari Sci-Hub dalam proses membuka aksesnya. Tapi, ada juga nih trik lainnya melalui Scribd.

3. Scribd

Scribd merupakan salah satu media perpustakaan berbasis digital yang menyediakan berbagai macam sumber ilmu pengetahuan. Tersedia dalam versi gratis atau trial untuk 30 hari sejak kalian pertama kali mendaftarkan akun. Sedangkan versi berbayar dikenakan setiap bulannya kurang lebih Rp 70.000.  Selain dokumen, majalah, ada banyak lagi lainnya di situs Scribd!

Setelah tautannya terbuka, otomatis jurnal yang sebelumnya kalian lihat sebatas preview atau terlihat sebagian saja. Kini, keseluruhan isinya dapat kamu lihat secara gratis. Bahkan, dapat kalian unduh juga filenya. Kalau malas menggunakan Scribd, bisa gunakan Google Scholar.

Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Trik lainnya, kalian dapat mencoba cara mencari jurnal internasional di Google Scholar. Bila sebelumnya pengguna harus menggunakan trik tertentu karena sebagian besar jurnal yang ada sifatnya berbayar. Maka, beda halnya dengan Google Scholar. Disini, kalin hanya perlu ubah pengaturan hasil unduhannya saja melalui bantuan Small PDF. Begini caranya:

  • Buka website Google Scholar, lalu tuliskan keyword pencarian jurnal di kolom yang tersedia. Klik tombol Enter.
  • Ketuk salah satu hasil pencarian jurnal yang sesuai dengan topik pencarianmu.
  • Ketuk pada bagian tautan PDF jurnal, otomatis filenya akan terunduh.
  • Buka link Small PDF, kemudian upload File yang telah diunduh dan hapus proteksi atau password yang terdapat di dalam dokumen.

Sekian pembahasan cara mencari jurnal internasional kali ini. Baca cara mendaftar UKM di topik selanjutnya. Bye!

Related posts