Cara Cek Pulsa XL

XL Axiata adalah salah satu penyedia layanan telekomunikasi yang mempunyai banyak pengguna di Indonesia. Sehingga wajar jika XL selalu memberikan layanan terbaik bagi para penggunanya. Selain itu, provider yang satu ini juga memberikan kemudahan dalam cara cek pulsa XL untuk para penggunanya.

Banyak anak muda yang menyukai provider XL karena harganya yang murah dan kualitas sinyalnya pun cukup baik. XL dianggap tidak hanya mempunyai akses jaringan internet yang lancar, tetapi juga menyediakan berbagai macam paket internet yang harganya terjangkau.

Bagi Kamu yang sedang berburu paket internet murah, maka kartu perdana XL bisa dijadikan solusinya karena ada banyak pilihan paket dengan harga ekonomis yang ditawarkan oleh provider ini.

Dengan banyaknya pengguna XL yang selalu meningkat setiap tahun, ada saja dari pengguna baru yang belum mengetahui cara cek pulsa Xl. Provider XL sendiri telah menawarkan berbagai macam cara yang dapat Kamu pilih untuk melakukan pengecekan pulsa. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini!

Cara Cek Pulsa XL Mudah

Cara Cek Pulsa XL
Cek Pulsa XL

Berikut Kami bagikan cara cek pulsa XL yang dapat ditiru dengan mudah, diantaranya :

Cara Cek Pulsa XL Melalui Kode USSD

Cara cek pulsa XL paling mudah yang bisa Kamu coba ialah dengan memanfaatkan kode dial up atau USSD XL. Untuk melakukannya, Kamu harus mengetahui nomor kode USSD XL. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka Hpmu terlebih dahulu.
  • Jika sudah, masuk ke opsi panggilan atau dial  di Hpmu. Selanjutnya ketikkan kode dial up di *123#.
  • Setelah itu, tekan Call/Ok/Yes langsung dari ponselmu.
  • Tunggu beberapa saat, sampai ada tampilan popup berisi informasi pulsa kartu XL yang dimiliki.

Bagaimana, sangat mudah kan mengikuti langkah-langkah cara cek pulsa XL di atas? Keunggulan cara ini ialah Kamu tidak akan dipungut biaya pulsa apapun.

Cara Cek Pulsa XL Via Call Center

Selain menggunakan kode USSD, Kamu juga dapat menelpon layanan call center atau operator di 123. Kode yang satu ini adalah kode dial up atau USSD dari operator XL untuk melakukan pengecekan pulsa.

Namun cara cek pulsa XL via call center ini memungkinkanmu terhubung langsung dengan layanan call center atau operator XL yang nantinya menginformasikan sisa pulsa yang Kamu miliki.

Caranya cukup lakukan panggilan ke 123, lalu dengarkan instruksi dari operator sampai sisa pulsa XLmu diberitahukan oleh operator.

Cara yang satu ini dapat digunakan bagi semua jenis/tipe ponsel, termasuk Hp jadul sekalipun. Karena untuk melakukannya, tidak memerlukan koneksi internet.

Cara Cek Pulsa XL via Aplikasi My XL

Kamu juga bisa mencoba cara cek pulsa XL secara online, salah satunya ialah dengan menggunakan aplikasi MyXL.

Aplikasi MyXL hadir untuk mempermudah para pengguna XL dalam mendapatkan informasi lengkap mengenai layanan SIM Card XL yang digunakan, seperti pengecekan pulsa XL, pengecekan pulsa kartu pasca bayar XL, cek bonus, dan masih banyak informasi penting lainnya.

Oke, langsung saja, jika Kamu ingin memakai aplikasi MyXL saat melakukan pengecekan pulsa, ikuti langkah-langkah cara di bawah ini :

  • Pastikan Kamu memakai smartphone apabila ingin memakai cara yang satu ini.
  • Jika Hpmu memakai perangkat android, sebaiknya download aplikasi MyXL terlebih dahulu di Google Play Store, sedangkan untuk pengguna iPhone atau iOS dapat mengunduh aplikasi tersebut lewat App Store.
  • Selanjutnya, jika Kamu sudah mendownload aplikasi MyXL di ponselmu, silahkan lakukan install aplikasi MyXL di Hpmu kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  • Di tampilan utama aplikasi, nantinya Kamu diminta melakukan registrasi nomor XLmu terlebih dahulu. Caranya cukup ikuti perintah yang tersedia sampai nomor XL yang Kamu gunakan sudah terverifikasi dan dapat mengakses layanan aplikasi MyXL.
  • Setelah itu, Kamu hanya perlu memakai aplikasi MyXL untuk melakukan pengecekan pulsa secara online dan mudah, tanpa harus login berulangkali.
  • Jika sudah login, pada tampilan awal aplikasi Kamu akan menemukan sisa pulsa XL yang Kamu miliki.

Cara Cek Pulsa XL Via Website

Selain menggunakan aplikasi MyXL untuk mengetahui informasi sisa pulsa kartu XLmu, Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi MyXL. Cara cek pulsa XL via website MyXL hanya memungkinkanmu untuk mengunjungi website resmi di my.xl.co.id.

Cara yang satu ini juga akan menampilkan informasi lengkap mengenai kartu XL, seperti halnya menggunakan aplikasi myXL.

Namun jika Kamu memakai website MyXL, tak perlu lagi menginstall aplikasi MyXL di Hpmu dan cara ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif pengecekan pulsa via laptop maupun via modem.

Mengingat modem tidak mempunyai tombol fungsi saat pengecekan sisa pulsa, jadi Kamu memerlukan website XL. Berikut ulasan cara cek pulsa XL melalui website XL, diantaranya :

  • Pertama-tama silahkan masuk ke website resmi MyXl di link https://my.xl.co.id/.
  • Kemudian di tampilan utama, Kamu akan mendapatkan sambutan bertuliskan “Selamat Datang di MyXL”.
  • Selanjutnya akan diminta memasukkan nomor XL yang Kamu pakai atau bisa juga dengan menggunakan akun Facebook. Tapi sebaiknya, pilih memasukkan nomor XL supaya bisa terverifikasi dengan mudah.
  • Apabila akunmu sudah terdaftar,selanjutnya Kamu dapat mengakses web resmi XL untuk banyak kebutuhan, seperti pengecekan sisa pulsa XL.

Itulah 4 pilihan cara cek pulsa XL yang bisa Kamu coba dengan mudah tanpa ribet. Pilihlah salah satu dari cara di atas yang paling cepat sesuai kebutuhan!

Bagaimana Jika Kartu XL Tidak Dapat Melakukan Pengecekan Pulsa?

Beberapa pengguna provider XL mungkin mengalami kendala tidak dapat melakukan pengecekan pulsa. Sebenarnya ada beberapa faktor yang mungkin saja terjadi apabila Kamu tidak bisa mengecek pulsa XLmu, sebagai berikut :

  • Nomor XL yang Kamu pakai sudah kadaluarsa alias sudah melewati masa tenggang.
  • Tidak ada akses jaringan stabil untuk mengecekan pulsa XL secara online.
  • Sedang terjadi gangguan dari operator XL.

Dengan demikian, Kamu tak perlu panik lagi jika tidak bisa melakukan pengecekan pulsa XL secara tiba-tiba. Bila perlu, datangi saja gerai XL apabila kendala yang Kamu alami masih berlarut.

Lalu, Bagaimana Cara Transfer Pulsa XL?

Pertanyaan penting lainnya yang sering ditanyakan ialah transfer pulsa XL. Provider XL Axiata memungkinkanmu untuk berbagi pulsa atau transfer pulsa dengan jumlah berapa saja ke sesama pengguna kartu XL lewat UMB atau SMS, dengan ulasan berikut :

Transer Pulsa XL Via SMS

  • Silahkan ketik format SMS : BAGI (spasi) Nomor yang dituju (spasi) Nominal Pulsa, lalu kirimkan ke nomor 168.
  • Selanjutnya, Kamu akan menerima SMS notifikasi, silahkan ketik Y untuk konfirmasi dan kirimkan ke 168.
  • Selanjutnya ketik jumlah pulsa yang akan ditransfer dengan kelipatan Rp. 1000 sampai Rp. 200 ribu lalu kirim ke nomor tujuan.
  • Kamu pun akan menerima SMS konfirmasi kembali, silahkan ketik Y.

Transfer Pulsa XL Via UMB

  • Silakan ketik USSD di *123*168# lalu pilih opsi “Nomor Tujuan” dan pilih nominal.
  • Kamu juga bisa ketikkan kode USSD ke *123*8461# kemudian pilih opsi “Bagi Pulsa” dan ikuti perintah selanjutnya.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai beragam cara mengecek pulsa XL berikut cara transfer pulsa ke sesama pengguna XL yang bisa Kamu ikuti. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019