Cara Mengumpulkan Tugas di Google Classroom

Cara Mengumpulkan Tugas di Google Classroom

Tahukah Kamu, bagaimana cara mengumpulkan tugas di Google Classroom? Jika belum, tak perlu khawatir karena Kami akan membagikannya. Kita ketahui bahwa, Google Classroom adalah salah satu aplikasi belajar mengajar secara online yang bisa dilakukan antara guru dan murid tanpa harus bertatap muka secara langsung. Dengan kehadiran aplikasi ini tentu saja pembelajaran bisa dilakukan tanpa ada batasan waktu. Sehingga bisa dilakukan secara fleksibel tanpa mengurangi jam pelajaran yang seharusnya selama 1 hari berjalan.

Google classroom sebenarnya dirancang untuk semua jenjang mulai dari SD hingga Kuliah. Akanb tetapi, manfaat yang paling banyak dirasakan biasanya untuk anak kuliahan. Karena jam mata kuliah biasanya tidak terpatok pada jadwal yang tetap, mulai dari pagi hingga siang. Belum lagi, seringkali dosen memiliki banyak urusan sehingga secara terpaksa sistem perkuliahan harus dilakukan secara online melalu Google Classroom.

Read More

Apa Saja Manfaat Google Classroom?

Ada banyak manfaat Google Classroom baik bagi guru maupun murid. Karena Google Classroom menyajikan kemudahan proses belajar mengajar meskipun tidak dilakukan secara tatap muka. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan manfaat Google Classroom di bawah ini :

1. Akses Mudah dan Praktis

Karena sifatnya untuk pembelajaran jarak jauh, maka dengan menggunakan Google Classroom, maka proses belajar mengajar menjadi lebih mudah dan praktis untuk dilakukan. Kamu bisa menikmati banyak fitur yang dapat dinikmati di Google Classroom. Diantaranya seperti menawarkan cara absen di Google Classroom mudah, guru dapat memberikan tugas, siswa dapat mengumpulkan tugas dan tentunya bisa mendapatkan materi pelajaran. Menariknya lagi, materi tersebut bisa dibagikan di Google Classroom lewat link url Google Drive.

2. Proses Belajar Mengajar Lebih Efisien

Dikatakan lebih efisien, karena dengan Google Classroom kamu tidak akan merasa khawatir jika terlambat masuk kelas. Sebab sebelum kelas dimulai biasanya akan ada pemberitahuan langsung di hpmu secara otomatis. Hal tersebut dikarenakan Google Classroom sudah terintegrasi dengan Google Calendar.

3. Kemandirian Pembelajaran Siswa

Dengan menggunakan Google Classroom, secara tidak langsung bisa meningkatkan kemandirian siswa untuk belajar secara online. Karena sistem pembelajaran online sejatinya tanpa pengawasan langsung dari guru secara tatap muka.

Pembelajaran secara online menggunakan Google Classroom ini, mau tidak mau menguji kemandirian siswa untuk belajar lebih aktif. Selain itu, memungkinkan siswa lebih mandiri sehingga tidak tertinggal dalam mendapatkan materi pelajaran yang diberikan oleh guru.

Jika kamu belajar dengan sungguh-sungguh, sebenarnya Google Classroom bisa mengembangkan kemampuan belajar. Oleh karena itu, sebaiknya maksimalkan semua fitur yang tersedia di Google Classroom.

Sementara itu, saat melakukan pembelajaran via online sendiri membutuhkan pengawasan orang tua. Jadi peran orang tua di sini tetap harus dilibatkan supaya anak yang belajar secara online, menjadi lebih fokus menangkap materi yang diberikan guru. Dengan begitu, kualitas pembelajaran online ini akan sama seperti pembelajaran offline.

4. Menawarkan Fitur Lengkap

Keunggulan dari Google Classroom adalah memiliki banyak fitur yang bisa mengoptimalkan proses pembelajaran secara online. Dengan begitu, baik guru maupun murid bisa lebih optimal dalam mengembangkan perannya ketika proses belajar mengajar.

Google Classroom adalah platform yang diluncurkan Google, yang mana kecanggihannya bisa di integrasikan dengan produk Google lainnya. Sebut saja, seperti Google Drive untuk penyimpanan bahan materi ajar hingga Google Calendar yang digunakan untuk jadwal pembelajaran yang akan datang.

5. Pembelajaran Jarak Jauh Tanpa Terbatas Jarak

Kamu bisa melakukan pembelajaran jarak jauh tanpa menghiraukan jarak sama sekali. Ini artinya, jarakmu antara guru terpaut oleh jarak yang cukup jauh, bahkan bisa saja beda kota, tapi Kamu masih bisa mengikutinya. Bahkan jika kamu berada di luar negeri sekalipun masih bisa mengikuti pembelajaran online dengan menggunakan Google Classroom.

Yang paling utama ketika akan melakukan proses pembelajaran adalah siapkan kondisimu senyaman mungkin mulai dari tempat hingga situasi sekitar. Sebab meskipun pembelajaran dilakukan secara online, Kamu tetap memerlukan konsentrasi yang tinggi agar materi yang disampaikan guru bisa di fahami.

6. Meningkatkan Kerjasama Antara Guru dan Siswq

Melakukan pembelajaran secara offline, mungkin membuatmu bisa lebih mudah berkolaborasi dan berkomunikasi tanpa harus melakukan setting aplikasi terlebih dahulu. Ketika kamu menggunakan Google Classroom, tentu saja kamu harus menggunakan fitur ini agar bisa berkomunikasi dan berkolaborasi dengan guru dan siswa lainnya. Sama halnya seperti melakukan presentasi secara efisien.

Namun kelebihan melakukan pembelajaran online, setiap siswa atau guru bisa memberikan feedback yang menarik melalui diskusi secara online yang disediakan di Google Classroom.

7. Google Cloud

Penyimpanan data untuk setiap aktifitas yang dilakukan di Google Classroom, semuanya terpusat pada Google Cloud. Selain itu, materi yang diberikan oleh guru secara otomatis akan masuk pada Google Drive. Ini artinya kamu tidak perlu menunggu hingga kelas online dimulai hanya untuk mendownload materi pelajaran. Sebab download materi lewat Google Drive, bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu kelas online terlebih dahulu.

Cara Mengumpulkan Tugas di Google Classroom

Cara Mengumpulkan Tugas di Google Classroom
Mengumpulkan Tugas di Google Classroom

Bagaimana Mengumpulkan Tugas di Google Clasroom?

Jika Kamu kesulitan saat hendak mengumpulkan tugas di Google Classroom, kini tak perlu khawatir. Karena Google Classroom telah menyajikan fitur untuk mengumpulkan tugas dengan mudah di Classroom.

Seperti halnya pembelajaran secara offline, setiap proses belajar mengajar tentu saja ada tugas yang harus dikumpulkan untuk mengasah daya tangkap dari materi yang sudah diberikan oleh guru. Begitupun pembelajaran secara online, dengan memakai Classroom, ada fitur khusus mengenai pengumpulan tugas yang harus di upload untuk diberikan kepada guru pengajar.

Langkah-Langkah Mengumpulkan Tugas di Google Classroom

Untuk lebih jelasnya, berikut tuntorial cara mengumpulkan tugas di Google Classroom dengan mudah :

  • Langkah cara mengumpulkan tugas di Google Classroom, bukalah Google Classroom terlebih dahulu memakai akun yang sudah di daftarkan sebelumnya.
  • Pada jendela utama, kamu bisa memilih kelas yang akan diikuti untuk proses belajar lalu pilihlah tugas yang akan dikerjakan.
  • Klik tugas yang akan kamu pilih dan tekan tombol ‘lihat tugas’ untuk memulai proses pengisian tugas.
  • Jika tugas yang dimaksudkan adalah menambahkan file ke dalam kelas yang akan kamu ikuti, maka langkah-langkahnya adalah cukup klik kembali tombol ‘Tugas Anda’. Kemudian pilih tambahkan ‘add or create’.
  • Apabila Kamu ingin mengumpulkan tugas yang sebelumnya sudah kamu kerjakan maka opsi Google Drive harus kamu pilih untuk upload file yang dimaksudkan. Hingga bisa disimpan pada Google Drive yang telah disediakan.
  • Ketika file tugas yang sudah dikerjakan tersebut disimpan pada komputer maupun laptop milikmu maka cukup klik ‘File’. Kemudian pilih file tugas yang kamu simpan untuk selanjutnya dikumpulkan pada Google Classroom untuk dinilai oleh guru yang bersangkutan.
  • Jika file yang akan kamu upload sudah dalam bentuk link, maka kamu cukup mencantumkan link tersebut lalu unggah ke dalam Google Classroom.

Cara mengumpulkan tugas di Google Classroom lainnya, Kamu cukup klik docs kemudian kerjakan tugas dalam bentuk file word. Jika dalam bentuk power point maka pilihlah slides dan jika dalam bentuk gambar maka pilih drawings. Setelah selesai, kamu cukup upload di tombol yang sudah disediakan sehingga file kamu bisa langsung diperiksa oleh guru.

 

Related posts