Cara Jualan Makanan di Grab

Usaha kuliner memang selalu menjadi andalan karena banyak diminati masyarakat. Selain prospek kerjanya menarik, pemilik usaha kuliner juga mendapatkan banyak peluang untuk menjalin kemitraan bersama pihak lain. Salah satunya ialah dengan mencoba cara jualan makanan di Grab Food. Sama seperti cara jualan makanan di Gojek, Grab Food juga menawarkan sistem partnership usaha kuliner dengan mudah.

Dengan menjadi mitra GoFood tentu saja Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, paling utama ialah membuat usaha kulinermu banyak pelanggan. Jadi bukan tak mungkin keuntungan yang Kamu milikipun semakin meningkat pesat. Terlebih kini peminat layanan untuk pesan antar makanan sendiri semakin berkembang pesat mengingat kecepata dan kemudahannya.

Sistem Bagi Hasil Partnership di Grab Food

Sebelum memulai cara jualan makanan di Grab, Kamu harus tahu sistem bagi hasil usaha dalam Grab Food itu sendiri. Besarnya persentase bagi hasil usaha kuliner di Grab Food yaitu 30% untuk Grab, dan sisanya sebesar 70% untuk usaha kuliner dan berlaku potongan saat pergantian hari.

Dengan kata lain, setiap 1 hari Kamu aka mendapatkan penghasilan sebesar 70% dari nilai total kuliner yang terjual, tapi belum termasuk PPN. Contohnya pendapatan jualan kulinermu Rp. 100 ribu jadi yang harus Kamu serahkan ke pihak Grab ialah sebesar Rp. 30 ribu, sementara Rp. 70 ribu adalah penghasilan murni.

Persiapan Jualan Makanan di Grab Food

Sebelum mulai cara jualan makanan di Grab, ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan dan persiapkan sebelumnya, seperti persyaratan, mempersiapkan titik lokasi, dan penentuan harga makanan. Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa baca ulasannya berikut!

Syarat Dokumen Jualan Makanan di Grab Food

Ada beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak Grab Food supaya lolos uji verifikasi. Seluruh dokumen sangat berpengaruh pada penerimaan restoran di aplikais Grab Food. Oleh karenanya usahakan untuk selalu melengkapi persyaratan berikut ini :

  • Foto KTP dari pemilik usaha kuliner.
  • Informasi tentang tempat usaha, mencakup alamat, nama, email, dan nomor telepon.
  • Foto pemilik bisnis kuliner selfie sembari memegang KTP.
  • Gambar NPWP yang asli dan masih berlaku.
  • Foto makanan yang akan dijual.
  • Sertakan gambar daftar makanan beserta penentuan harga yang akan dijual di empat usaha.
  • Ambil foto lokasi tempat usaha di bagian luar dan tersedia spanduk berikut identita snamanya.
  • Lengkapi foto bagian dalam tempat usaha yang mencakup kasir, dapur, dan meja makan.
  • Smartphone android yang memiliki kapasitas RA 4GB.
  • Gambar buku rekening tabungan bank, bisa juga menggunakan screenshoot m-banking.
  • Perangkat smartphone android berspesifikasi RAM dengan minimal kapasitas 4GB.

Persiapkan Titik Lokasi Usaha Grab Food

Kamu harus memastikan lokasi tempat usahamu harus strategis agar dapat ditemukan dengan mudah oleh para driver yang mengirimkan makanan di aplikas Grab Food. Akan lebih baik lagi jika lokas restoranmu ada di Google Maps, tapi jika belum harus mencarinya dengan cara manual.

  1. Penentuan Titik Lokasi Melalui Komputer

Ada beberapa langkah cara penentuan lokasi usaha Grab Food-mu di komputer, berikut ini :

  • Buka browser dan jalankan, lalu buka lagi aplika Google Maps.
  • Silahkan cari lokasi tempat usahamu dengan menggunakan fitur search. Bisa juga langsung menentukan titik lokasi.
  • Ketuk pin yang berwarna merah lalu klik kanan.
  • Kamu tinggal pilih opsi “Ada Apa Disini”.
  • Kemudian blok angka pada titik koordinat lalu ketuk kanan serta “Copy”.
  • Pakai alamat tersebut untuk pendaftaran.
  1. Penentuan Lokasi Titik Usaha Melalui Aplikas Google Maps

  • Silahkan masuk ke Google Maps lalu cari lokasi tempat usaha.
  • Kemudian tap dan tahan pin yang berwarna merah hingga muncul notifikasi “Dropped Pin” atau “Pin Dipasang”.
  • Klik “Info Selengkapnya” dan Kamu akan ditampilkan titik koordinat lokasinya.
  • Cukup copy angkanya lalu simpan proses registrasi Grab Food.

Penentuan Harga Makanan

Mengingat adanya sistem kemitraan bagi hasil, Kamu wajib menentukan harga jual makanan di aplikas Grab Food agar tidak rugi. Apabila Kamu menggunakan harga asli tentu saja bisa mengalami kerugian sebab dipotong oleh Grab Food hingga 30%. Sehingga penyesuaian harga ini harus dilakukan melalui perhitungan berikut :

  • Misal harga pokok makanan Rp. 10 ribu.
  • Sistem bagi hasil untuk Grab Food sebesar 30% dari Rp. 10 ribu menjadi Rp. 3.000.
  • Sedangkan penghasilan yang didapat ialah 70% dari Rp. 10 ribu = Rp. 7.000.
  • Harga minimal yang harus ditentukan ialah = Harga dasar + Bagi hasil = Rp 10.000 + Rp. 3.000 = Rp. 13 ribu.

Cara Jualan Makanan di Grab Food

Cara Jualan Makanan di Grab
Berjualan Makanan di Grab

Berjualan Makanan di Grab Food

Jika Kamu ingin memulai cara berjualan makanan di Grab Food, ada beberapa langkah registrasi Grab Food berikut :

  1. Masuk ke Grab Food

Cara jualan makanan di Grab Food pertama kali ialah kunjungi web resmi dari Grab Food, selanjutnya Kamu akan ditampilkan ke halaman utama Grab.

  1. Lakukan Pengisian Formulir Registrasi Restoran

Di bagian kanan ada list daftar restoran, lalu Kamu bisa mengisi formulir lengkap sesuai identitas asli. Silahkan isi alamat, nama restoran, kota, nomor Hp, catatan, email dan nama pemilik restoran.

  1. Kode Otentikasi

Setelah melakukan pengisian formulir registrasi sesuai data dengan benar, cara berjualan makanan di Grab berikutnya ketuk captcha yang digunakan untuk otentifikasi. Kemudian ketuk daftar.

  1. Cek Inbox di Email dan Lakukan Registrasi

Cara jualan makanan di Grab Food berikutnya tinggal login ke akun Gmailmu dan cek inbox. Kemudian untuk mendaftarkan mitra Grab Food, apabila email Grab sudah masu, Kamu akan diminta untuk mendaftarkan restoran. Selanjutnya cukup klik “Registrasi”.

  1. Masuk ke Help.grab.com

Selanjutnya cara jualan makanan di Grab berikutnya ialah Kamu akan dibawa menuju laman bantuan aplikasi Grab Food. Nah, dari situ Kamu dapat melihat panduan dan detail informasi tentang pendaftaran Grab Food.

  1. Gulir ke Bawah Sampai Menemukan Menu Formulir

Kamu tinggal gulir ke bawah lalu temukan form registrasi pengisian formulir, apabila Kamu masih bingung silahkan ketuk tombol berwarna biru.

  1. Lakukan Pengisian Formulir

Cara berjualan makanan di Grab Food selanjutnya ialah silahkan lakukan pengisian formulir registra Grab Food secara teliti. Karena ada banyak data yang harus diinput, sebaiknya lakukan secara perlahan. Selain itu, pastikan Kamu tidak melewatkan satu data yang harus diisi. Pastikan cek data kembali sebelum Kamu melanjutkan, tekan tanda panah yang berwarna hijau di bagian terbawah.

  1. Pengisian Jadwal Restoran

Setelah itu, masuk ke jadwal buka atau tutup restoran mulai dari hari Senin hingga Minggu. Kamu bisa memilih jam dan hari kapan restoran buka serta kapan restoran tutup. Gulir di bagian bawah, kemudian tekan panah berwarna hijau jika ingin melanjutkan pendaftaran.

  1. Isi Menu dan Kirim Permintaan

Cara jualan makanan di Grab Food selanjutnya, Kamu tinggal menambahkan menu caranya tekan tombol “+”. Kamu juga dapat menghapus menu bertombol X. Silahkan isi nama usaha/restoran, nama menu, jenis makanan dan harga sesuai yang sudah Kamu tentukan sebeumnya. Selanjutnya tekan “Kirim”.

  1. Pendaftaran Berhasil

Langkah berikutnya, akan muncul pemberitahuan permintaan pendaftaranmu telah diterima. Ketuk selesai jika ingin mengakhiri pendaftaran.

  1. Pemeriksaan Oleh Tim GrabFood

Kemudian pihak Grab Food langsung melakukan pengecekan data-data yang sudah Kamu kirimkan. Apabila di ACC, Kamu akan dihubungi melalui SMS atau email yang memberitahukan bahwa akunmu sudah aktif. Jika sudah, pihak Grab Food akan mengirimkan perjanjian kemitraan bersama Grab Food.

Itulah 11 langkah cara jualan makanan di Grab Food yang dapat dilakukan dengan mudah. Tapi pastikan Kamu memasukkan data dengan teliti ke dalam formulir registrasi supaya tak tejradi kesalahan. Bagaimana, mudah bukan?

 

 

 

 

 

 

 

 

Related posts