Cara Instal Adobe Illustrator

Bagi Kamu yang bergelut di bidang desain grafis, kehadiran Adobe Illustrator tentu saja sangat membantu. Hal ini dikarenakan banyak fitur yang bisa Kamu gunakan untuk membantumu mengerjakan proyek desain memakai program ini. Menariknya lagi kualitas yang dihasilkan sudah tidak diragukan lagi. Oleh sebab itu, Kami akan membahas cara instal Adobe Illustrator.

Tentang Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah program aplikasi untuk editing pada bidang desain gratis yang berhasil dikembangkan Adobe System. Tingkat popularitas Adobe Illustrator memang sudah tidak diragukan lagi di kalangan desainer grafis. Bahkan program ini selalu menjadi andalan para profesional, mengingat output yang dihasilkannya sangat luar biasa.

Adobe Illustrator bisa menghasilkan parameter berupa warna cetak CMYK  di dalam monitor layar RGB secara optimal, bahkan mempunyai tingkat presisi mencapai 100%. Sementara untuk program vektor lain biasanya, para desainer harus mengkonfigurasi manajemen warna pada monitor yang dipakai terlebih dahulu. Tujuannya agar memberikan warna CMYK sesuai bahkan hampir presisi terhadap hasil cetakannya.

Apa Saja Fungsi Adobe Illustrator?

Dilihat dari sisi desainer grafis, Adobe Illustrator dapat digunakan untuk pekerjaan desain grafis. Biasanya illustrator sendiri kerap dipakai untuk kebutuhan desain iklan untuk politik, produk, jasa, perusahaan maupun yang lainnya secara efektif. Meskipun seringkali ada kalangan tertentu yang masih menggunakan Adobe Photoshop.

Selain itu, saat ini illustrator sudah mendukung pembuatan komponen dan objek animasi flash, karenanya ada banyak sekali karya yang bisa dihasilkan. Hal tersebut karena semenjak Adobe Systems mengakuisisi flashsoftware tersebut juga bisa terintegrasi memakai program Illustrator dengan mudah. Karena integrasi tersebut, membuat objek vektor yang berkualitas tersebut dapat menghasilkan efek animasi memakai tools ke dalam flash.

Pada tiap aplikasi paket instalasi Adobe Creative Suite tersebut sudah diberikan akses untuk interaksi bersama aplikasi lainnya. Contohnya saja seperti pada InDesign atau Photoshop. Semetara untuk interaksinya itu sendiri, para pengguna hanya perlu mengakses tombol shortcut di dalam menu edit.

Apa Saja Fitur yang Terdapat Dalam Adobe Illustrator?

Di samping kiri jendela pada aplikasi ada sidebar bernama panel tools, yang terdapat beberapa alat untuk membuat, memanipulasi, dan menyeleksi objek yanbg sudah dimasukkan pada Artboard. Sebagai pengguna, Kamu harus memahami tiap-tiap tool yang ada, supaya dapat memberikan hasil karya menarik.

1. Color Palette

Biasanya digunakan untuk menentukan stroke (garis) maupun fill (isi). Dimana collor palette, tersebut bisa memberikan tampilan parameter berbeda, biasanya tergantung dari keinginan pengguna untuk memberikan tampilan RGB.

2. Toolbox

Bagian ini secara default diletakkan pada sidebar kiri, yang mana pada bagian tersebut umumnya terdapat peralatan yang kerap dipakai pengguna. Biasanya ada sebanyak 50 alat lebih yang dapat digunakan, serta ada pula yang tersembunyi.

3. Gradient Palette

Ini merupakan tool untuk membantu para pengguna dapat mengatur tingkat gradasi warna pada objek vektor tertentu. Biasanya secara default, gradient palette berada di posisi warna hitam maupun putih.

4. Stroke Palette

Tools yang satu ini dapat digunakan para pengguna dalam mengatur tingkat ketebalan garis yang terdapat pada ojek vektor. Alat ini dapat diaplikasikan pada beberapa bagian garis  tertentu maupun secara keseluruhan.

5. Layers Palette

Alat ini sebenarnya sudah familiar bagi desainer, sebab memang termasuk bagian yang paling dasar dari Adobe Systems d semua aplikasi editing gambar, termasuk salah satunya yaitu Photoshop.

6. Transparency Palette

Tools ini berguna untuk mengubah Opacity dan Blending mode dalam objek, baik secara individual, layer maupun grup. Selain itu, ada beberapa pilihan yang lebih spesifik dan dapat digunakan untuk memilih opsi yang lebih khusus.

Cara Instal Adobe Illustrator

Cara Instal Adobe Illustrator
Tutorial Instal Adobe Illustrator

Tutorial Instal Adobe Illustrator CC 2021

Sebenarnya jika Kamu telah menguasai software Adobe Illustrator, dengan begitu Kamu akan lebih mudah menguasai perangkat lunak editing maupun desain lainnya. Software adobe illustrator CC 2021 sendiri merupakan versi Adobe Illustrator terbaru. Sehingga yang akan diinstal tersebut nantinya memberikan tampilan fitur lebih lengkap dibandingkan versi yang sebelumnya. Oke, langsung saja simak cara instal Adobe Illustrator berikut :

  • Silahkan unduh software dari Adobe Illustrator terlebih dahulu. Caranya beli di web resmi Adobe, bisa juga dengan mencoba training melalui masa percobaan selama 15 hari jika masih belajar. Kamu sebenarnya bisa mengunduh software yang satu ini di situs web penyedia layanan software bajakan, namun hal ini tidak direkomendasikan sebab bisa berbahaya bagi perangkatmu.
  • Setelah Kamu dapat membuka file-nya, kemudian ekstrak file tersebut terlebih dahulu melalui klik kanan mouse, lalu tekan extract here.
  • Selanjutnya klik kanan pada file yang telah di extract, lalu tekan run as administrator.
  • Kamu dapat memilih continue, dan lanjutkan prosesnya.
  • Cara instal Adobe Illustrator selanjutnya, silahkan tunggu sampai loading berakhir. Kamu harus memastikan jika proses loading dapat berjalan lancar tanpa hambatan.
  • Setelah loading berakhir, Kamu tinggal melakukan pengecekan software tersebut.

Dengan cara instal Adobe Illustrator dengan benar, maka Kamu sudah bisa menggunakan program ini dengan baik.

Perbedaan Adobe Illustrator dan Photoshop

Sebenarnya banyak orang yang sulit membedakan kedua program tersebut, tapi antara Adobe Illustrator dan Photoshop justru memiliki perbedaan yang cukup jelas. Adobe Illustrator biasanya lebih pas dipakai untuk membuat sebuahdesain gambar untuk diupload ke dalam web, melakukan pembuatan banner hingga gambar animasi yang tingkat detailnya lebih tinggi. Dengan demikian, ketika Kamu memperbesar ukurannya, maka hasilnya tidak pecah.

Hal ini berbeda dengan memakai Adobe Photoshop, dimana dapat menghasilkan efek animasi dan karya manipulasi yang luar biasa. Tapi memiliki detail gambar yang tidak terlalu terlihat, jadi untuk hasil yang diperbesar atau di zoom kurang direkomendasikan.

Apa Saja Kelebihan dari Adobe Illustrator?

Selain perbedaan di atas, Kamu harus tahu bahwa Adobe Illustrator menawarkan beberapa kelebihan, diantaranya sebagai berikut :

  • Mempunyai fitur gabungan antara Coreldraw dan Photoshop melalui tampilan yang user friendly dan sederhana.
  • Mempunyai detail gambar yang sangat tinggi.
  • Sangat cocok dipakai untuk pembuatan logo, ilustrasi, maupun vektor image lainnya.
  • Bagian garis dapat lebih jelas terlihat memakai bantuan dari guide rules.
  • Dapat melakukan load file hingga 50 MB ke atas dengan baik.
  • Mempunyai hasil cetakan yang beresolusi tinggi.
  • Menyuguhkan tampilan warna yang halus dan lengkap.
  • Ukuran penyimpanan file yang tidak begitu besar, walaupun hasil yang diperoleh luar biasa.
  • Terintegrasi dengan program Adobe System lainnya.

Kekurangan Program Adobe Illustrator

Meskipun mempunyai banyak kelebihan, tetapi program ini tetap bukan program yang sempurna, karena memiliki kekurangan berikut ini :

  • Walaupun sederhana, namun layout illustrator dirasa masih cukup ribet untuk pemakaian yang sebenarnya.
  • Membuat hasilnya tampak datar jika pengguna tidak mengolahnya secara maksimal.
  • Pemakaian power clip yang tidak begitu baik.
  • Gambar terlihat tidak realistis.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan memakai Adobe Illustrator, Kamu bisa memutuskan apakah ingin menginstalnya dengan cara instal Adobe Illustrator di atas ataukah tidak. Namun Kamu harus tahu bahwa aplikasi Illustrator ini sangat berguna bagi Kamu yang bekerja di bidang desain grafis dan ilustrator.