Cara Screenshot di Laptop ASUS

Cara Screenshot di Laptop ASUS
Cara Screenshot di Laptop ASUS

Bagaimana cara screenshot di laptop ASUS? Pengambilan screenshot pada Laptop sangat berguna apabila ingin menangkap obyek penting, kamu bisa menggunakan berbagai macam metode screenshot pada Laptop khususnya Laptop ASUS yang sangat mudah untuk diikuti.

Cara Screenshot di Laptop ASUS

Cara Screenshot di Laptop ASUS
Cara Screenshot di Laptop ASUS

Mengingat begitu pentingnya aktivitas screenshot di laptop, apalagi untuk jika kamu ingin mengambil tangkapan layar untuk membuktikan sesuatu pada Whatsapp atau apapun. Berikut ini akan dijelaskan terkait cara pengambilan tangkapan layar dengan benar di laptop ASUS :

Read More

1. Cara Screenshot di Laptop ASUS Seluruh Layar

Screenshot seluruh layar cukup mudah dilakukan, hal  ini dianggap sebagai cara paling praktis, mengingat hanya dengan menggunakan tombol kombinasi saja pada Laptop ASUS. Begini panduannya :

  • Silakan buka obyek apa saja yang akan di screeesnhot, obyek tersebut bebas bisa dalam bentuk potongan gambar, salah satu halaman dokumen, atau cuplikan video.
  • Untuk melakukan screenshot, tekan tombol kombinasi berikut ini : Windows + Print Screen (PrtSc).
  • Ketika berhasil di screenshot, maka layar Laptop ASUS akan berkedip sesaat.
  • Hasil screenshot tersebut bisa kamu dapatkan dengan 2 cara, yaitu melalui File Explorer dengan masuk pada Folder Documents kemudian masuk pada Folder Screenshot.
  • Untuk cara yang kedua dapat langsung di paste kan pada aplikasi tertentu. Biasanya aplikasi yang digunakan adalah Microsoft Word atau Paint dengan menggunakan tombol kombinasi Ctrl + V pada aplikasi tersebut.

Kelemahan dari cara ini yaitu seluruh obyek yang ada pada layar akan terbawa semua, termasuk status bar yang berada di bagian bawah. Oleh karena itu, diwajibkan bagi kamu untuk mengeditnya dan menghapus bagian yang tidak penting.

2. Cara Screenshot di Laptop ASUS untuk Area Tertentu

Cara selanjutnya adalah memilih obyek tertentu saja pada layar. Metode ini bisa dibilang upgrade dari cara pertama karena tidak perlu melakukan editing lagi karena sudah di sortir oleh kamu pada saat screenshot. Begini ulasannya :

  • Buka obyek gambar yang akan di screenshot.
  • Lalu, tekan tombol kombinasi pada keyboard berikut ini: Alternative (Alt) + Print Screen (PrtSc).
  • Sekarang edit gambar tersebut sebagai finalisasi dari Langkah sebelumnya, kemudian simpan.
  • Untuk melihat hasilnya bisa langsung masuk pada File Explorer tepatnya pada folder Documents, lalu masuk pada Folder Pictures.

3. Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool adalah sebuah aplikasi yang disediakan secara default oleh Windows. Apabila Laptop ASUS kamu di install dengan menggunakan OS lain seperti Ubuntu, maka cara ini tidak dapat dilakukan.

  • Silakan persiapkan terlebih dahulu obyek yang akan di screenshot dengan menggunakan Snipping Tool.
  • Cara memanggil aplikasi Snipping Tool dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu : menggunakan tombol kombinasi Windows + Shift + S, atau bisa juga dengan masuk pada menu Start lalu cari Snipping Tool.
  • Aplikasi Snipping Tool akan secara otomatis muncul pada layar, selanjutnya pilihlah mode yang akan digunakan sesuai keinginan.
  • Sekarang tinggal gunakan kursor untuk menandai bagian tertentu yang akan kamu screenshot.
  • Jika sudah melakukannya, lepaskan kursornya, selanjutnya kamu akan langsung memasuki jendela editing.
  • Untuk mengeditnya silakan lanjutkan mengedit dengan menggunakan tool yang telah tersedia pada aplikasi Snipping Tool. Namuna jika ingin langsung menyimpannya maka simpan hasil screenshot tersebut dengan menekan tombol Save Snip yang ada di bagian atas.
  • Bagi kamu yang ingin mengulangi screenshot pada obyek yang sama. Tekan tombol escape (Esc) terlebih dahulu kemudian ulangi lagi dengan menekan 3 tombol kombinasi atau bisa juga melalui menu Start yang berada di bagian bawah.

Itulah cara screenshot di Laptop ASUS yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Related posts