Cara Verifikasi Google Bisnisku via SMS

Banyak pengguna yang penasaran, bisakah cara verifikasi Google Bisnisku via SMS? Kini untuk verifikasi Google Bisnisku memang bisa dilakukan lewat SMS/pesan WhatsApp. Sehingga mempermudahmu tanpa harus melakukan verifikasi via surat.

Bagi pemilik sebuah jasa atau yang memiliki produk tertentu untuk dipasarkan, maka Kamu memerlukan layanan Google Bisnisku. Pasalnya, layanan ini juga bisa dipakai sebagai petunjuk menuju kantor atau toko tempat bisnis berada. Keunggulan lainnya untuk menambah kepercayaan customer terhadap usaha yang dimiliki.

Read More

Berdasarkan SEO, peringkat dari Google Bisnisku lebih tinggi jika dibandingkan blog. Sehingga dalam pencarian yang bisa diakses lewat search engine Google memakai hp, Google Bisnisku selalu diperingkat pertama bahkan sebelum blog atau website. Inilah alasan, kenapa Kamu harus mulai beralih menggunakan Google Bisnisku untuk promote produk atau jasa yang Kamu miliki.

Akses Google Bisnisku, Mulai Dari Mana?

Untuk mengakses layanan Google Bisnisku, Kamu harus membuat akun Google Bisnisku terlebih dahulu. Jangan khawatir, pembuatan akun Google Bisnisku bisa dikatakan tak terlalu susah. Bahkan semua pengguna android bisa membuat akun Google Bisnisku, hanya saja masalahnya terkadang tidak muncul di Google Maps. Seseorang pengguna Google Maps yang aktif yang memiliki peringkat tertentu akan lebih mudah membuat Google Bisnisku.

Jika Kamu sudah membuat Google Bisnisku, maka langkah selanjutnya Kamu hanya perlu memverifikasi. Adapun tujuannya ialah supaya tidak diklaim oleh orang lain sekaligus mudah mengedit layanan, jam operasional dan lainnya. Melalui verifikasi ini, Kamu juga bisa berinteraksi bersama pengguna produk atau jasa baik dengan cara menanggapi komentar ataupun mengirim pesan secara langsung.

Apabila sebelumnya, untuk memverifikasi layanan Google Bisnisku, Kamu harus menggunakan surat yang langsung dikirim pihak Google, maka kali ini verifikasi lebih mudah dilakukan. Karena Kamu bisa mencoba cara verifikasi Google bisnisku via SMS. Dimana layanan yang satu ini tersedia secara multi bahasa, sehingga tak perlu memakai bahasa Inggris.

Kamu bisa mencoba membuat Google Bisnisku terlebih dahulu. Adapun langkah-langkahnya berikut :

1. Masuk ke Akun Google

Langkah pertama, masuk ke Gmail di komputer atau PC, lalu pilih layanan Google+. Jika sudah masuk ke Google+, tinggal klik Home dan Kamu akan ditampilkan beberapa menu yang muncul. Silahkan pilih “Pages”. Di pojok bagian kanan atas, Kamu akan melihat menu “Masuk” di Google. Pilih “Masuk” dan dari sini Kamu pun sudah masuk ke layanan Google Bisnisku.

2. Pilih Kategori Usaha

Selanjutnya Kamu akan ditampilkan 3 pilihan kategori, ada Etalase, Merk dan Area Layanan. Adapun contoh usaha yang termasuk ke dalam kategori Etalase yaitu toko eceran, bisnis restoran, hotel dan lainnya. Sedangkan kategori Merek sendiri, diantaranya seperti band musik, tim olahraga produk, aksi sosial maupun yang lainnya. Terakhir ada Area Layanan, seperti pesan antar pizza, tukang ledeng dan lainnya. Kamu tinggal pilih sesuai dengan kategori bisnismu.

3. Masukkan Alamat Lengkap

Jika Kamu sudah memilih kategori, Kamu akan langsung diarahkan ke peta. Kamu tinggal inputkan alamat lengkapmu saja atau kecamatan dan jalan. Untuk selanjutnya tinggal tekan “Tambahkan Bisnis Anda”.

 4. Isi Data Lengkap Terkait Bisnismu

Langkah selanjutnya isikan data di kolom yang telah tersedia, seperti Nama Bisnis, Alamat, Negara, Kode Pos, Provinsi, Kota, Kategori dan telepon. Setelah semua data tersebut diisi lengkap, tekan “Lanjutkan”. Apabila alamat lokasi usahamu tidak ditemukan, ini artinya alamat usaha tersebut tak tersedia d layanan Google. Tekan opsi “Tetapkan Lokasi Penanda”, selanjutnya Kamu akan diarahkan ke Maps untuk langsung menandai lokasi usaha sesuai alamat lengkap. Setelah diatur posisinya di peta, tekan “Selesai”. Silahkan tekan lagi “Lanjutkan”.

5. Isi Area Layanan

Kamu bisa mengisi opsi area layanan pada keterangan bahwa bisnismu mengirimkan layanan dan produk ke pelanggan di area ini. Kamu tinggal pilih sesuai jarak lokasi area layanan. Apabila melayani wilayah yang ada di seluruh Indonesia, tinggal pilih Km.

Cara Verifikasi Google Bisnisku via SMS

Cara Verifikasi Google Bisnisku via SMS
Verifikasi Google Bisnisku via SMS

Tutorial Verifikasi Google Bisnisku via SMS

Jika Kamu lebih memilih cara verifikasi Google Bisnisku via SMS dengan alasan lebih praktis, Kamu bisa mencoba langkah-langkahnya berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buat profil usahamu di Google Bisnisku terlebih dahulu tanpa melengkapi nomor ponsel.
  • Lalu inputkan alamat web bisnismu, kemudian ketuk “Berikutnya”.
  • Kemudian lengkapi semua data yang diperlukan untuk buat profil bisnis lewat Google.
  • Setelah itu, pilih opsi “Verifikasi Nanti” yang nantinya akan diklaim oleh Google Bisnisku.
  • Kemudian buka profil usahamu di tab dashboard pada Google Bisnisku.
  • Selanjutnya Kamu hanya tinggal melengkapi nomor hp yang aktif.
  • Silahkan tambahkan nomor ponsel yang terhubung pada WhatsApp.
  • Jika sudah, simpan nomormu di halaman profil pada Google Bisnis.
  • Lalu klik opsi “Verifikasi”, selanjutnya akan tampil pilihan metode verifikasi WhatsApp/SMS.
  • Kamu bisa melakukan verifikasi akun Google Bisnis menggunakan nomor telepon.
  • Selanjutnya Kamu akan mendapatkan pesan via SMS atau WhatsApp.
  • Inputkan kode OTP untuk verifikasi akun Google Bisnis.
  • Jika sudah, Kamu pun berhasil melakukan klaim profil usahamu.

Setelah melakukan cara verifikasi Google Bisnisku via SMS di atas, maka lokasi bisnismu akan langsung ditampilkan pada hasil pencarian Google selama beberapa waktu. Agar tampil dalam Google Maps sebenarnya tak perlu verifikasi. Hanya saja jika bisnismu ingin lebih mudah dijumpai di hasil penelusuran Google, profil bisnismu di Google Maps perlu dilakukan verifikasi atau klaim terlebih dulu.

Bagaimana Jika Kode Verifikasi Google Bisnis Tidak Muncul di SMS?

Ini adalah kendala yang sering terjadi saat pengguna melakukan cara verifikasi Google Bisnisku via SMS. Jika hal ini terjadi, Kamu bisa mengecek pesan di hpmu kembali. Apabila Kamu memakai nomor telepon tersebut untuk WA, silahkan cek chat masuk WhatsApp-mu sebab Google bisnisku biasanya langsung mengirimkan OTP lewat pesan WA.

Verifikasi Google Bisnisku Lewat Surat

Jika cara verifikasi Google Bisnisku via SMS tidak bisa dilakukan, maka Kamu bisa kembali ke cara awal, yaitu cara verifikasi lewat surat. Namun sebelum memverifikasi Google Bisnisku lewat surat yang telah disediakan oleh Google. Kamu harus pastikan dulu alamat yang Kamu cantumkan sudah lengkap dan benar. Untuk mempermudah kurir menemukan alamatmu ketika pengiriman surat. Ada beberapa langkah berikut untuk melakukan verifikasi bisnismu memakai surat, di bawah ini :

1. Masuk ke Halaman Google Bisnisku dan Pilih Bisnis

Langkah pertama, silahkan masuk ke Google bisnisku terlebih dahulu. Lalu pilih bisnis di laman tersebut yang akan diverifikasi, kemudian tekan “Verifikasi Sekarang”. Kamu akan langsung diarahkan pada halaman permintaan untuk kartu pos.

2. Permintaan Kartu Pos

Di halaman ini, Kamu akan meminta proses mengirimkan kartu pos berisi surat verifikasi Google. Disini, silahkan mengisi nama panggilan atau nama lengkap yang biasa dipakai untuk mengirimkan paket. Pastikan pula alamat yang ditulis sudah lengkap dan benar, bila masih belum benar Kamu bisa masuk ke halaman info kembali untuk mengedit alamatmu detail sebelum melakukan permintaan surat.

Akan tetapi, disini Kamu tak dapat mencantumkan nomor telepon atau kontak ketika pengiriman berlangsung. Namun, Kamu juga bisa mencantumkan nama secara opsional, agar kurir lebih mudah menemukan alamatmu.

3. Kirim Kartu Pos

Jika sudah memastikan kelengkapan biodata di poin kedua di atas, selanjutnya tinggal ketuk kirim kartu pos. Kamu akan menemukan halaman bertuliskan “a postcard is coming”.

4. Surat Tiba di Alamat Rumahmu

Menurut informasi resmi dari support google, biasanya kartu pos akan tiba kurang lebih setelah 14 hari, tapi bisa saja kurang dari waktu tersebut. Silahkan cek surat yang Kamu terima jika Kamu sudah menerimanya, biasanya berbentuk amplop berisi lima digit kode verifikasi.

Jika sudah mendapatkan kode verifikasi, Kamu bisa melanjutkan langkah selanjutnya dengan menginputkan kode verifikasi. Silahkan ikuti langkah di bawah ini  :

  • Masuk ke layanan Google bisnisku.
  • Silahkan buka lokasi bisnis yang akan diverifikasi.
  • Tekan verifikasi lokasi, selain itu cari tombol bertuliskan “verifikasi sekarang”, pilih opsi tersebut.
  • Pada kolom kode, inputkan kode verifikasi dari 5 digit yang terdapat pada surat yang Kamu terima.
  • Tekan “kirim”.

Jika sudah, bisnismu akan mulai terverifikasi. Google biasanya memerlukan waktu setidaknya 3 hari untuk menampilkan bisnismu di Maps dan halaman pencarian.

Oke, itulah ulasan tentang cara verifikasi Google Bisnisku via SMS dan surat yang bisa dijadikan pilihan alternatif apabila salah satu dari kedua cara tersebut tidak bisa dilakukan!

 

 

Related posts