Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G Tanpa Ganti Kartu

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G Tanpa Ganti Kartu

Cara upgrade kartu 3G ke 4G tanpa ganti kartu sebenarnya cukup mudah dilakukan. Setiap provider kartu memiliki cara tersendiri untuk upgrade dari jaringan 3G ke jaringan 4G. Bahkan Kamu bisa pergi ke gerai terdekat, sesuai dengan provider yang Kamu pakai. Untuk panduan upgrade kartu 3G ke 4G yang akan Kami bahas, berlaku untuk berbagai jenis kartu. Kamu tinggal pilih saja sesuai kartu SIM yang digunakan.

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G Tanpa Ganti Kartu

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G Tanpa Ganti Kartu
Upgrade Kartu 3G ke 4G Tanpa Ganti Kartu

Tutorial Upgrade Kartu 3G ke 4G Tanpa Ganti Kartu

Bagi Kamu pengguna kartu Indosat, XL, maupun three yang ingin mengupgrade kartu dari 3G ke 4G bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

Read More

Metode 1  : Upgrade Kartu 3G ke 4G Tanpa Ganti Kartu Indosat

Jika Kamu memakai kartu Indosat, sebenarnya cara upgrade kartu 3G ke 4G tanpa ganti kartu bisa dilakukan dengan pergi ke gerai Indosat. Akan tetapi, jika lokasi gerai Indosat cukup jauh , maka Kamu bisa mencoba pergi ke Alfamaret terdekat. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

1. Pergi ke Alfamart/Indomaret Terdekat

Silahkan kunjungi minimarket Alfamaret/Indomaret terdekat dari tempat tinggalmu.

2. Sampaikan Tujuanmu Untuk Upgrade Kartu

Silahkan sampaikan kepada pihak petugas Alfamart, bahwa Kamu ingin mengupgrade kartu Indosat milikmu dari 3G ke dalam 4G.

3. Pemberian Kartu USIM 4G

Jika persediaan kartu masih ada, Kamu akan mendapatkan kartu USIM 4G yang diberikan petugas. Jika petugasnya tak repot, Kamu bisa meminta bantuan ke kasir yang ada di sana. Tapi sebagai catatan, biasanya kartu USIM 4G ini hanya tersedia di minimarket Alfa/Indo yang letaknya di kawasan Pulau Jawa.

Jadi bagi Kamu yang tinggal di luar pulau Jawa, jika ingin mengupgrade kartu ke 4G harus pergi ke grapari Indosat terdekat saja. Biasanya kartu USIM 4G akan Kamu dapatkan secara gratis. Sesudah Kamu menerimanya, silahkan buka kartunya.

4. Mulai Upgrade Kartu

Supaya proses upgrade kartu menjadi lebih mudah, sebaiknya lakukan upgrade di mini market sembari meminta bantuan kasir di mini market tersebut. Jika sudah menerima USIM 4G LTE Indosat, buka bungkusnya. Biasanya didalamnya tersedia langkah-langkah memindahkan nomormu dari kartu yang lama ke dalam kartu USIM 4G. Lanjutkan membaca sampai Kamu memperoleh sedikit gambaran.

5. Ketik Format SMS Ganti ke 4949

Langkah cara upgrade kartu 3G ke 4G Indosat selanjutnya ialah buka aplikasi perpesanan atau SMS di hpmu. Jika sudah, ketik format SMS “GANTI” (tanpa tanda kutip) lalu kirim ke nomor 4949. Selanjutnya, Kamu akan menerima balasan SMS dari provider Indosat yang berupa PIN sebanyak 6 digit angka. Silahkan simpan kemudian catat PIN tersebut di kertas.

6. Masukkan USIM 4G ke Hp

Silahkan masukkan USIM 4G ke hp kemudian aktifkan ponsel. Lewat menu panggilan telepon, silahkan tekan nomor *4949# lalu tekan OK. Inputkan PIN yang sudah dicatat sebelumnya.

Selanjutnya, tunggu beberapa lama sampai ada notifikasi upgrade berhasil lewat SMS. Silahkan restart hpmu. Biasanya waktu yang diperlukan untuk upgrade kurang lebih 15 menit dan kartu lamamu sudah berpindah ke USIM 4G Indosat yang baru.

Metode 2 : Upgrade Kartu 3G ke 4G Tanpa Ganti Kartu XL

Jika Kamu termasuk pengguna XL dan harus mengupgrade kartu ke dalam layanan jaringan 4G, Kamu dapat melakukannya di rumah sendiri. Karena cara upgrade kartu 3G ke 4G tanpa ganti kartu dari XL sangat mudah dilakukan sendiri dan Kamu tak perlu lagi repot-repot ke XL Center. Hanya dengan memakai teknologi Over The Air atau OTA, Kamu sudah dapat mengupgrade 3G ke 4G kartu XL milikmu sendiri.

Berikut beberapa langkah mudah untuk mengganti koneksi jaringan dari 3G ke 4G di bawah ini :

1. Upgrade dengan Beli Kartu Baru

Cara yang perlu dilakukan pertama kali ialah beli SIM baru lebih dulu, biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp. 10 ribu. Silahkan pasangkan nomor yang sudah Kamu beli di hpmu, lalu masuk ke menu panggilan ke nomor *123*46#. Melalui panggilan tersebut, maka Kamu sudah bisa menukar SIM 4G langsung. Silahkan tekan nomor 1 setelah disajikan beberapa pilihan menu.

2. Penukaran Kartu SIM

Untuk selanjutnya, Kamu akan diarahkan ke penukaran, silahkan tekan “Mengirim” jika ingin mengganti koneksi. Jika proses tersebut sudah berhasil, tunggu beberapa lama, sampai Kamu menerima pesan langsung dari XL.

Setelah menerima pesan, silahkan lakukan perintah yang diberikan. Caranya restart gadgetmu kembali atau matikan dan cabut kartu SIM lama. Setelah itu, ganti mengggunakan yang baru. Lalu, Kamu akan menerima instruksi untuk registrasi ke nomor tersebut. Namun Kamu tak perlu melakukan perintah tersebut apabila kartu SIM sudah tergistrasi, Kamu pun sudah bisa memakai jaringan internet dengan nyaman.

3. Mengecek Apakah Kartu Sudah Terganti 4G Ataukah Belum

Kamu juga bisa mengecek apakah jaringan kartumu sudah berubah ke jaringan 4G atau belum saat dipakai. Kamu bisa memastikannya, caranya dengan mengelola lokasi smartphone android sesuai lokasi yang mendukung jaringan 4G lebih dulu.

Setelah itu, langsung ketikkan koderahasia di kode panggilan *123*817#. Selanjutnya, muncul tampilan popup yang menampilkan berbagai macam informasi yang diperlukan. Pada jendela tersebut, Kamu akan mendapatkan informasi tentang nomormu lengkap. Selain itu, Kamu juga bisa mengecek status support jaringan di hp.

Jika sudah support jaringan 4G, ini berarti langkah sebelumnya telah berhasil dilakukan.

Metode 3 : Upgrade Kartu 3G ke 4G Tanpa Ganti Kartu Provider Three

Ada beberapa cara upgrade kartu 3G ke 4G tanpa ganti kartu untuk pengguna kartu three. Berikut ulasannya :

1. Mengunjungi 3 Store

Langkah pertama, Kamu bisa pergi ke 3Store terdekat lalu minta bantuan untuk upgrade jaringan 4G kartu tri. Jika Kamu sudah ada di 3 Store, tinggal tanyakan saja ke petugas di sana terkait prosedur upgrade kartu 3 dari 3G ke 4G. Tak hanya prosesnya yang lebih cepat dan mudah, Kamu juga tak akan diminta biaya sepeserpun.

Karena lokasi 3 Store sendiri hanya ada di lingkkungan perkotaan, bagi daerah yang masih belum menyediakan 3Store, maka Kamu dapat mengganti kartu SIM tri dengan cara manual. Bisa lewat Alfamaret atau Indomaret terdekat.

2. Melalui SMS

Kamu juga bisa mengupgrade kartu 3G ke 4G tanpa ganti kartu untuk provider 3 dengan langkah-langkah berikut :

  • Pastikan Kamu telah memiliki kartu tri 4G dari Alfamaret, 3Store atau gerai 3.
  • Silahkan buka SMS, dan ketik format SIM (spasi) dilanjutkan dengan 20 digit angka yang ada di belakang kartu 4G.
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan SMS balasan dari 765 yang mengkonfirmasi proses penggantian kartu tri, silahkan balas OK.
  • Kamu tinggal menunggu sampai permintaan untuk pengajuan upgrade kartu berhasil, selanjutnya Kamu akan mendapatkan balasan berupa kode angka.
  • Setelah itu, masukkan kartu SIM tri 4G baru.
  • Jika ada SMS dari nomor 765, silahkan balas dengan cara ketik CODE(spasi)kode angka atau PIN yang sudah diterima sebelumnya.
  • Jika sudah, maka proses upgrade untuk kartu 3 ke 4G sudah berhasil dilakukan.

Itulah beberapa metode cara upgrade kartu 3G ke 4G tanpa ganti kartu, baik untuk pengguna XL, Indosat maupun three. Silahkan pilih sesuai provider yang Kamu gunakan. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Related posts