Cara Reset Router Indihome

Salah satu metode untuk mengatasi koneksi internet Indihome yang lemot adalah dengan cara reset router Indihome. Proses merestart atau reset modem Indihome sendiri cukup mudah. Selain itu, proses ini juga dibagi ke dalam 2 metode, yakni hard reset dan soft reset. Dimana semuanya dapat Kamu pakai untuk mengembalikan koneksi internet modem Indihome-mu agar kembali stabil.

Untuk melakukan hard reset atau soft reset di modem Indihome sendiri, Kamu membutuhkan perangkat smartphone. Di samping itu, Kamu juga memerlukan aplikasi router, seperti FiberHome, ZTE dan sebagainya.

Read More

Dalam melakukan hard reset sendiri, Kamu membutuhkan SIM ejector atau jarum untuk menekan bagian lubang berukuran kecil pada router bagian belakang. Apabila semuanya telah siap, Kamu tinggal mengikuti ulasan cara reset router Indihome di bawah ini!

Cara Reset Router Indihome

Cara Reset Router Indihome
Reset Router Indihome

Reset Router Indihome dengan Aman

Cara reset router Indihome terbagi ke dalam 2 cara, diantaranya hard reset dan soft reset. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya!

1. Tutorial Hard Reset Router Indihome

Langkah cara reset router Indihome yang pertama adalah dengan metode hard reset. Cara yang satu ini bisa dikatakan lebih gampang, Kamu hanya perlu tekan tombol reset saja di belakang router atau modem Indihome. Berikut penjelasnnya :

  • Ambil router yang sudah terpasang di ruangan atau di rumahmu.
  • Lalu tekan lubang berukuran kecil yang bertuliskan reset pada bagian belakang.
  • Jika ingin menekan lubang ini, Kamu dapat memakai SIM ejector atau jarum.
  • Silahkan tekan serta tahan hingga 3 menit.
  • Sesudah router Indihome mati, nyalakan lagi router tersebut.
  • Setelah itu, masuk ke browser web.
  • Silahkan masukkan alamat IP di 192.168.1.1.
  • Di kolom login, ketik admin pada password dan username.
  • Kini hard reset router Indihome pun sudah selesai, Kamu pun bisa melakukan pengaturan atau setting pada Wifi Indihome-mu.
Terkait:  Cara Bayar Indihome

Melakukan Setting Wifi Indihome

Setelah mengetahui cara reset router Indihome di atas, langkah selanjutnya Kamu bisa setting Wifi Indihome. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Jalankan router milikimu.
  • Setelah itu, Kamu akan langsung dialihkan menuju halamn utama.
  • Di tampilan tersebut, tinggal pilih Interface Setup.
  • Tekan Internet.
  • Setelah itu, inputkan data yang diperlukan, seperti Status, Virtual Circuit, PVI, dan sebagainya.
  • Selanjutnya Kamu tinggal tunggu beberapa lama sampai prosesnya selesai.
  • Kamu kini dapat menikmati jaringan internet Indihome.

Apa Saja Manfaat Melakukan Reset Router Indihome?

Kamu harus tahu bahwa sesudah mengikuti cara reset router Indihome di atas, Kamu akan menikmati sejumlah keuntungan dan manfaat di bawah ini :

  • Dapat mengatasi koneksi jaringan yang lemot.
  • Bisa mengatasi masalah Wifi tak dapat diakses.
  • Dapat melakukan isi ulang kinerja pada modem agar lebih ngebut.
  • Mengantisipasi password pada Wifi yang diubah orang lain.

Keunggulan Menggunakan Router Indihome

Seperti kita ketahui Indihome sendiri adalah layanna jaringan internet yang ditawarkan oleh perusahaan Telekomunikasi Indonesia terkemuka yaitu PT. Telkom Indonesia. Modem ADSL Speedy merupakan perangkat pendukung dalam layanan speedy Indihome beserta perangkat modem ADSL.

Perangkat ONT/ADSL dari speedy ini bersifat multifungsi, karena menggabungkan fungsi antara wireless, modem, dan router sekaligus mendukung multiple transmisi line. Hal ini pastinya semakin memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada para pengguna untuk mengakses internet lewat wifi atau media kabel.

Selain itu, jika Kamu mengalami persoalan pada modem Indihome, tentu akan lebih mudah dan cepat memahaminya. Hal ini juga berlaku untuk hampir semua produk modem Speedy dari Indihome, seperti Modem ONT GPON ZTE ZXHN F609/F660, ZXHN H108, modem router ZTE dan jenis modem terbaru dari Telkom lainnya.

Terkait:  Cara Factory Reset iPhone

Teknologi apapun yang dimanfaatkan, pastinya tak akan terlepas dari keunggulan ang dimilikinya. Sebagai pengguna produk Indihome Speedy, Kamu tentu saja harus tahu kelebihan dan kekuangannya.

Sebab kita tahu jika Modem ADSL Speedy maupun modem ONT GPON Indihome telah dilakukan modifikasi firmware dari pihak Telkom menyesuaikan keperluan layanan Indihome Speedy. Diantaranya untuk add on fitur keamanan pada Indihome, pemasangan perangkat CCTV, dan lainnya.

Kini koneksi internet layanan Indihome telah memakai jaringan fiber optik dan tersedia di berbagai kota besar yang ada di Indonesia.

Adapun kelebihan dari layanan internet Indihome sendiri, diantaranya sebagai berikut :

1. Akses Internet Stabil dan Cepat

Akses internet layanan internet Indihome sangat stabil dan cepat. Sehingga sangat ideal bagi yang aktif bekerja memakai internet dalam kesehariannya. Selain itu, Kamu juga bisa menggunakannya untuk streaming video live di Youtube, unduh file besar dan bermain game online.

2. Lebih Nyaman

Jika dibandingkan koneksi internet berbasis modem yang memakai jaringan wireless semisal GSM, IndiHome tentu saja jauh lebih nyaman dan lebih baik. Tentu saja koneksinya jarang mengalami putus nyambung.

3. Tanpa Batasan Kuota

Dengan menggunakan layanan jaringan internet Indihome, Kamu dapat memanfaatkan jaringan internet sepuasnya. Karenanya tak perlu khawatir memikirkan berapa sisa kuota internetmu.

4. Modem Dapat Dipakai Untuk Hotspot Wifi

Modemnya dapat dipakai untuk jaringan hotspot Wifi. Dengan begitu, anggota keluarga pun bisa ikut terkoneksi pada jaringan tersebut. Baik itu dari smartphone, laptop atau PC.

5. Pelayanan Customer Service Baik

Jika dibandingkan ISP lainnya, pelayanan customer service untuk melayani keperluan jaringan Indihome sendiri sangat baik. Selain itu, lebih cepat untuk menanggapi keluhan para pelanggannya. Jika ada masalah, Kamu akan langsung diberikan solusi melalui sosial media atau telepon. Jika belum terselesaikan, teknisi pun akanlangsung datang ke rumah.

Terkait:  Cara Batasi Pengguna Wifi

Selain kelebihan, layanan internet Indihome dari Telkom juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya sebagai berikut :

1. Harga Lebih Mahal

Harganya lebih mahal dibandingkan kebanyakan provider layanan internet lainnya. Akan tetapi, tentu saja kembali lagi ke masing-masing orang, jika Kamu lebih mengutamakan kualitas maka cocok memilih layanan internet Indihome.

2. Matikan Modem Saat Hujan dan Petir

Saat cuaca buruk, seperti banyak petir, tentu saja Kamu harus menonaktifkan modem apabila modem Indihome-mu tak ingin rusak akibat tersambar petir.

3. Hanya Digunakan di Sekitar Rumah

Mengingat Indihome merupakan produk layanan intenret rumahan. Pemakaiannya tentu saja hanya untuk di area sekitar rumah dan tak dapat dibawa bepergian.

Produk Internet Indihome

Saat Kamu berlangganan internet dari Indihome, Kamu tentu saja akan memperoleh modem fiber optic gratisan langsung dari Telkom. Dengan begitu, modem tersebut harus dicolok terus menerus ke sumber listrik agar dapat difungsikan untuk akses internet.

Menariknya lagi, modem Indihome sangat awet bahkan dapat menyala terus menerus hingga 24 jam. Berhari-hari hingga tahunan.

Modem Indihome juga memakai 2 buah antena yang dimanfaatkan untuk memancarkan jaringan wifi. Ada pula beberapa jenis port ethernet yang dapat menghubungkannya pada PC dengan jaringan LAN.

Oke, itulah penjelasan tentang produk jaringan internet Indihome dan beberapa langkah cara reset router Indihome yang bisa dilakukan saat ada masalah pada router Indihome-mu. Bagaimana, mudah kan?

Related posts