Cara Ganti Kartu Telkomsel ke 4G

Cara Ganti Kartu Telkomsel ke 4G
Cara Ganti Kartu Telkomsel ke 4G

Kehebohan yang terjadi pada kartu perdana dari provider satu ini, membuat banyak customer sedikit kewalahan karena harus segera upgrade ke versi terbaru. Petunjuknya, yaitu cara ganti kartu Telkomsel ke 4G. Benar, sejak memasuki tahun 2022 Telkomsel telah meresmikan hal baru terkait akses menggunakan jaringan 3G. Dimana, pihaknya mematikan akses ke 3G itu.

Jaringan internet 3G, sudah tidak dapat lagi kalian gunakan setelah pengumuman yang telah dikeluarkan secara resmi di tanggal 20 Juli 2022 tersebut muncul. Dikutip dari inet.detik.com, kurang lebih sekitar 143 Kabupaten maupun kota akan dipadamkan jaringan 3Gnya. Otomatis, pengguna harus segera mengganti kartu lamanya agar dapat tetap mengakses internet di 4G.

Rencana Telkomsel di Tahun 2022

Nugroho, selaku Direktur Network dari pihak Telkomsel menyatakan kalau mereka selalu berusaha memberikan pelayanan yang dapat membuat para pelanggan merasa nyaman. Selain itu, demi mewujudkan akses jaringan yang semakin kuat dan paling maju, maka mereka ingin melakukannya secara bertahap. Hal tersebut membuktikan, kalau Telkomsel siap berprogres.

Progres pembaharuan yang ditujukan untuk menggantikan jaringan lama yakni, 3G ke 4G ini, bukanlah suatu hal remeh. Sebab, sejak kemunculan 5G yang kurang lebih sudah beroperasi sekitar hampir 1 tahun. Masyarakat masih belum move on untuk menghadapi koneksi internet yang semakin stabil dan lebih cepat. Maka dari itu, diawali dengan tuntaskan 143 ke 504 kota

Cara Ganti Kartu Telkomsel ke 4G

Cara Ganti Kartu Telkomsel ke 4G
Cara Ganti Kartu Telkomsel ke 4G

Cara ganti kartu Telkomsel ke 4G di tahun 2022. Apakah ada yang special? Bisa dibilang iya atau juga tidak. Karena, sebagian dari kalian mungkin sudah terlebih dahulu berinisiatif untuk mengubah jaringan internet kartu lamanya ke 4G. Karena itulah, perusahaan merasa semakin yakin akan rencana penonaktifan 3G ke depannya dapat berjalan dengan lancar. Ini caranya:

  1. Periksa terlebih dahulu HP kalian, sudah support 4G LTE atau belum
  2. Memiliki kartu Telkomsel lama yang sudah di-upgrade ke 4G
  3. Masuk ke menu “Phone atau Telepon” HP
  4. Ketik penggilan baru, dengan kode *888*46#
  5. Klik angka “1” untuk meminta permohonan PIN
  6. Tunggu sampai muncul notifikasi pesan masuk dari Telkomsel, lalu lihat isi pesannya
  7. “Kode PIN” yang telah kalian terima, bersifat rahasia
  8. Selanjutnya, matikan HP dan tarik slot card untuk mengeluarkan kartu SIM lama
  9. Isi slot card dengan “Kartu Upgrade 4G Telkomsel”
  10. Hidupkan kembali perangkat HP kalian
  11. Ulangi langkah no.4, lalu ketikkan “PIN” yang telah kalian dapatkan sebelumnya
  12. Tunggu sampai ada SMS notifikasi yang muncul. Selamat, migrasi kartu telah selesai.

Cara Ganti Kartu Telkomsel ke 4G Online

Telkomsel merupakan, brand kartu SIM yang menggunakan basis GSM serta UMTS operator untuk memenuhi kebutuhan perangkat seluler. Perusahaannya sendiri, berasal dari Indonesia dan sudah beroperasi di tanah air sejak bulan Mei tahun 1995 silam. Kantor pusatnya, berada di Mampang Prapatan, Jakarta. Adapun pusat nomor layanan pelanggannya adalah 188.

Cara ganti kartu Telkomsel ke 4G Online, sangat pas untuk kamu yang selalu mengedepankan penyelesaian masalah secara praktis. Kalau bisa dilakukan via smartphone, kenapa harus ambil jalur manual? Tentu, inilah yang menjadi pertimbangan perusahaan agar dapat memfasilitasi para pengguna yang ingin migrasi kartu ke 4G. Begini caranya:

  1. Silahkan buka browser, lalu kunjungi alamat situs resmi Telkomsel
  2. Klik “Ganti Sekarang” untuk beralih ke laman My Telkomsel
  3. Lengkapi dan isi kolom “Nomor Ponsel”, serta “Alamat Email” dengan benar
  4. Ketuk tombol berwarna merah, “Lanjutkan”
  5. Muncul notifikasi berisi kode OTP yang dikirimakan via email (cek di inbox)
  6. Isi kode OTP pada halaman berikutnya
  7. Tentukan salah satu “Alasan” kenapa pengguna melakukan penggantian kartu
  8. Ketuk “Pilih”, lalu ikuti tahapan berikutnya sampai akhir proses.

Apabila kalian sudah menerima pemberitahuan dari pihak Telkomsel, artinya progres migrasi  kartu sudah berhasil. Secara otomatis, saat kamu sedang mengaktifkan Mobile Data di ponsel. Maka, langsung terhubung dengan jaringan 4G.

Cara Ganti Kartu Telkomsel ke 4G di GraPARI

Buat kamu yang khawatir akan gagal ketika migrasi kartu secara online. Maka, ada cara yang sudah pasti bisa dijamin 100% berhasil. Ya, kalian hanya perlu datang ke outlet resmi milik Telkomsel terdekat. Dikenal dengan sebutan GraPARI. Namun, sebelum itu pelanggan harus mengetahui terlebih dahulu persyaratan apa saja yang perlu kamu bawa saat mengganti ke 4G.

  • Persiapkan identitas diri, seperti eKTP asli bagi kalian yang berstatus WNI. Sedangkan untuk WNA, serahkan buktinya melalui KITAS atau KITP, atau paspor
  • Ponsel atau device lainnya yang digunakan, sudah didukung dengan teknologi 4G
  • Siapkan material senilai Rp 10.000 dari pelanggan, untuk dipasang di surat kuasa, lalu diserahkan ke petugas GrapAri
  • Menyertakan dokumen berupa Kartu Keluarga (KK), dan pemberi maupun penerima kuasa harus terdaftar di dalamnya
  • Apabila nomor yang akan dimigrasi terdaftar dalam layanan m-banking. Berkas yang harus kalian serahkan kepada pihak petugas Telkomsel masih sama seperti yang di atas. Hanya saja, ditambahkan dengan keterangan data 3 nomor dari kontak HP kamu yang sempat dihubungi selama 1 bulan terakhir untuk validasi data oleh GraPARI.

Cara ganti kartu Telkomsel ke 4G di GraPARI, dapat kalian ikuti melalui langkah-langkah berikut:

  1. Cek website resmi Telkomsel di www.telkomsel.com
  2. Terlihat peta yang melampirkan informasi keberadaan outlet GraPARI di Indonesia
  3. Ketik di kolom pencarian, “Nama, Wilayah, atau Domisili” untuk mengetahui lokasi GraPARI terdekat
  4. Kemudian, munucl tampilan peta dengan titik-titik keberadaan GraPARI sesuai alamat yang telah kalian masukkan
  5. Datangi secara langsung outletnya, sambil membawa berkas persyaratan yang telah disebutkan di atas.

Cara Mengganti Kartu Telkomsel ke 4G

Migrasi kartu Telkomsel lama ke versi jaringan internet 4G ini, bersifat wajib. Sebab, kalian akan kesulitan untuk menggunakan fitur internet apabila belum di-upgrade ke 4G. Selain itu, berdasarkan kutipan dari Kompas.com, dalam rangka melancarkan proses penggantian kartu, pihak Telkomsel memberikan reward kepada pelanggan dengan memberikan bonus 30 GB.

Cara mengganti kartu Telkomsel ke 4G, akan berakhir programnya di tanggal 31 Desember tahun 2022. Lebih tepatnya, untuk periode bonus kuota yang sebelumnya telah disebutkan di atas. Sedangkan migrasinya sendiri, dapat dilakukan kapanpun. Belum ada batasan waktu khusus yang disebutkan oleh pihak Telkomsel. Berikut ini, cara ganti kartu via e-commerce:

  1. Cari toko Telkomsel Official Store di Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau JD.ID
  2. Pilih produk “Kartu 4G Telkomsel” di etalase tokonya
  3. Klik checkout produk kartu pilihanmu
  4. Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal harga yang tertera untuk kartu 4G dari Telkomsel, serta biaya ongkos kirimnya
  5. Lacak lokasi pengiriman paket, lalu tunggu pesanan kalian sampai di alamat tujuan.

Itulah beberapa cara ganti kartu Telkomsel ke 4G di kesempatan kali ini. Baca juga informasi lainnya, di cara ganti password indihome. Segera lakukan upgrade kartu lama kalian ke versi jaringan internet terbaru. Kalau sudah support 5G, diganti sekalian saja. Semoga bermanfaat. See you on the next days. Have a nice days, stay health, and bye bye

Related posts