Cara Upgrade e Wallet Prakerja

Cara Upgrade e Wallet Prakerja

Bagaimana cara upgrade e wallet prakerja? Kartu prakerja adalah salah satu program Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. Dimana bantuan tersebut bisa berbentuk materi pelatihan tertentu yang mesti diikuti oleh masyarakat. Sesudah mengikuti aktivitas pelatihan online ini, maka para peserta pun akan menerima sertifikat untuk tiap pelatihan yang sudah diikuti. Kamu bisa mengakses sertifikat tersebut karena biasanya berbentuk soft file.

Sesudah mengikuti pelatihan, Kamu biasanya akan mendapatkan insentif senilai Rp. 600 ribu yang dikirim ke nomor rekening langsung atau e wallet sesuai yang dimiliki. Namun sebagai informasi, dalam program kartu prakerja sendiri tak semua nomor akun rekening bank dapat dipakai. Hanya nomor akun rekening dari bank BNI yang dapat dipakai untuk dapat mencairkan intensif ini.

Read More

Maka dari itu, masyarakat yang tak mempunyai rekening Bank BNI pun harus beralih memiliki e-wallet. Adapun e-wallet ini adalah rekening elektronik untuk dapat digunakan dengan mudah. Dalam kartu prakerja tersebut, e wallet yang dipakai biasanya berupa GoPay, OVO maupun LinkAja. Maka dari itu, banyak orang yang beramai-ramai untuk menautkan insentif ke dalam e wallet.

Mengingat prosesnya sangat mudah, maka siapapun dapat membuat e wallet dengan cara praktis, mudah dan gratis. Di samping itu, untuk Kamu yang terbiasa melakukan transaksi belanja online maupun bepergian memakai ojek online, penggunaan e-wallet tentunya sudah tak asing lagi.

Tentang Kartu Prakerja

Kartu prakerja saat ini telah membuka sebanyak 3 gelombang. Untuk gelombang 1-2 yang sudah mengikuti pelatihan, nantinya akan langsung diberikan sertifikat. Kemudian, akan mendapatkan insentif senilai Rp. 600 ribu. Akan tetapi ternyata, jika ingin mendapatkan insentif ini, Kamu harus melakukan upgrade e-wallet terlenbih dahulu. Baru kemudian, Kamu akan mendapatkan insentif tersebut.

Cara Upgrade e Wallet Prakerja

Cara Upgrade e Wallet Prakerja
Upgrade e Wallet Prakerja

Tutorial Upgrade e Wallet Prakerja

Biasanya akun premium e-wallet menawarkan banyak kelebihan jika dibandingkan akun basic, diantaranya ialah bisa dikaitkan dengan akun rekening bank, mempunyai limit saldo yang lebih tinggi serta lainnya. Jika Kamu masih kebingungan dengan cara upgrade e-wallet prakerja, maka Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Upgrade e-Wallet Prakerja OVO

OVO merupakan salah satu e-wallet yang telah dimiliki perusahaan Grab, dan awalnya ditujukkan untuk transaksi antara para pengemudi dan pengguna. Namun dalam perkembangannya, kini OVO selain dapat melayani transaksi yang terjadi antara pengemudi dan pengguna. Bahkan saat sedang ramai-ramainya registrasi kartu prakerja, e-wallet OVO menjadi pilihan yang bisa dipakai sebagai sarana untuk pencairan intensif.

Hanya saja, bagi para pengguna baru seringkali ada kendala mendapatkan insentif untuk program kartu Prakerja. Adapun salah satunya yaitu disebabkan oleh akun peserta kartu Prakerja yang masih dasar atau basic. Sebagai solusinya, Kamu harus mengikuti cara upgrade e-wallet prakerja. Berikut ulasannya :

  • Pertama-tama, buka aplikasi Grab via smartphone android.
  • Setelah itu, tinggal pilih “upgrade” pada aplikasi.
  • Silahkan lanjutkan masuk ke opsi “upgrade sekarang” kemudian pilih opsi “upgrade online”.
  • Lalu pilih “Mulai”, kemudian pilih upload foto identitas diri (KTP).
  • Jika sudah, Kamu bisa melanjutkan untuk melakukan swafoto sembari memegang KTP.
  • Kini saatnya menunggu verifikasi data selama 24 jam.

2. Upgrade e-Wallet Dana

Jika Kamu mempunyai akun Dana untuk pencairan insentif kartu Prakerja, Kamu juga bisa melakukannya. Adapun cara upgrade e-wallet Prakerja dengan DANA ini, cukup mempersiapkan KTP dan KK saja. Adapun langkah-langkahnya :

  • Langkah pertama, silahkan buka kemudian masuk ke dalam aplikasi DANA di smartphone-mu.
  • Pilih opsi “Saya” lalu pilih “Verifikasi Akunmu”.
  • Baca informasi dengan seksama, lalu pilih “Lanjut”.
  • Silahkan ambil KTP dan lanjutkan tekan “Ya, Saya Siap”.
  • Selanjutnya foto kartu identitasmu, pastikan posisinya ada di bingkai.
  • Setelah itu, pastikan foto kartu identitas jelas dan semua data di dalamnya bisa terbaca, kemudian tekan centang.
  • Lakukan verifikasi autentifikasi dengan menekan tombol “Mulai”.
  • Usahakan wajahmu masuk ke bingkai yang telah tersedia, lalu kedipkan mata.
  • Silahkan cek lagi demi memastikan NIK KTP sudah benar.
  • Inputkan nomor KK, kemudian lanjutkan dengan menekan “Kirim”.
  • Kini Kamu cukup menunggu verifikasi untuk mengecek keberhasilan proses upgrade.

3. Upgrade Gopay Plus

Bagi pengguna Gojek, Kamu dapat mencoba cara upgrade e-wallet Prakerja dengan Gopay Plus. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Gojek Kamu yang telah terinstal di hpmu.
  • Silahkan masuk ke dalam menu “Gopay” dan pilih opsi “Upgrade Gopay”.
  • Pilih “Upgrade disini” jika ingin melanjutkan.
  • Silahkan ambil foto kartu identitas dirimu lalu pastikan data bisa terbaca.
  • Kemudian ambil, lalu unggah swafoto sembari memegang KTP.
  • Setelah itu, pilih “Kirim Dokumen”.
  • Selanjutnya tinggal tunggu verifikasi data.

4. Upgrade LinkAja E-KYC

LinkAja termasuk salah satu pilihan dompet digital, dimana kehadirannya cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Jika Kamu memiliki e-wallet LinkAja untuk pencairan insentif, Kamu bisa mencoba cara upgrade e-wallet Prakerja LinkAja dengan langkah-langkah berikut :

  • Silahkan buka LinkAja yang telah terinstall di smartphone-mu.
  • Selanjutnya pilih “Akun” dan lanjutkan ke dalam opsi “Upgrade Akun”.
  • Setelah itu, pilih “Tipe Akun” jika ingin melanjutkan proses ke “Update Akun”.
  • Jika sudah, silahkan upload foto KTP ke dalam akun LinkAja.
  • Unggah foto selfie, dan pilih “Lanjut”.
  • Inputkan data diri sesuai dengan data yang sudah tertera dalam KTP.
  • Kamu tinggal mengikuti prosedur selanjutnya dengan mengupload foto sembari memegang KTP.

Selesai, proses verifikasi data diri biasanya dapat dilakukan maksimal 24 jam lamanya.

Dengan mengikuti cara upgrade e-wallet prakerja di atas, Kamu tinggal menanti insentif masuk ke akun rekening e-wallet secara langsung. Sesudah mendapatkan sertifikat biasanya insentif akan langsung dikirimkan. Selanjutnya Kamu tinggal mengecek pemberitahuan pengiriman lewat e-wallet yang dipakai. Jika insentif sudah masuk ke dalam e wallet, Kamu tinggal menggunakannya untuk kebutuhan apapun.

Hal ini dikarenakan, insentif ini merupakan hak bagi yang sudah melakukan pelatihan prakerja. Dengan begitu, tak serta merta harus membuat proses pembukuan untuk pengeluaran uang insentif tersebut.

Tips Mengatasi eWallet Sedang Dalam Pengembangan Sistem

Apabila muncul notifikasi error, seperti sedang dalam pengembangan sistem misalnya, Kamu tak hanya mengalami kegagalan dalam menautkan rekening saja tetapi juga bisa mengakibatkan insentif gagal cair. Selain itu, pengisian formulir pengaduan terkait prakerja ini pun tak akan berdampak banyak.

Adapun yang dapat dilakukan oleh peserta prakerja, pastinya menunggu sampai proses selesai. Kamu harus menunggu selama 1-2 hari, jika lebih dari itu Kamu harus menghubungi CS segera. Tinggal cek platform media sosial saja, seperti Instagram, Twitter, atau Facebook untuk tiap-tiap layanan.

Kamu bisa menanyakan waktu perkiraan pengembangan sistem selesai dilakukan. Jika mereka tak bisa memberikan kepastian, sebaiknya pakai layanan e-wallet yang lain. Karena seperti kita ketahui bahwa Prakerja menawarkan banyak pilihan e-wallet untuk pencairan insentif, seperti OVO, DANA, Gopay dan LinkAja.

Demikian ulasan tentang cara upgrade e wallet prakerja yang dapat Kamu praktekkan, baik lewat OVO, Gopay, DANA maupun LinkAja. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

Related posts