Cara Starter Mobil

Cara Starter Mobil

Bagaimana cara starter mobil? Menstarter mobil pertama kalinya memang menjadi tantangan tersendiri, terutama jika Kamu baru belajar mengendarai mobil pertama kali. Menariknya, teknik menstarter mobil cukup mudah. Baik pada mobil bertransmisi otomatis maupun mobil manual.

Jika Kamu masih belajar mengendarai mobil, ada beberapa teknik cara starter mobil yang bisa dilakukan dengan mudah. Ikuti panduannya di bawah ini!

Cara Starter Mobil

Cara Starter Mobil
Tutorial Starter Mobil Mudah

Panduan Starter Mobil dengan Mudah

Ada beberapa langkah mudah cara starter mobil bagi pemula yang harus Kamu ikuti berikut :

1. Pakai Sabuk Pengaman dan Duduk di Bangku Pengemudi

Sebelum Kamu mengendarai mobil, pastikan Kamu memakai sabuk pengaman terlebih dahulu saat duduk di bangku pengemudi.

2. Masukkan Kunci Mobil ke Lubangnya

Biasanya lubang kunci ada di dekat setir, lubang ini berbentuk logam lingkaran yang memiliki lubang kunci di tengahnya. Kamu tinggal masukkan kunci sepenuhnya pada lubang tersebut.

Pada sebagian besar kendaraan roda empat, Kamu hanya perlu memakai kunci pabrikan saja. Kamu terkadang bisa juga membuat duplikat kunci. Pada mobil-mobil terkini biasanya tidak memakai kunci biasa. Kamu hanya perlu menemukan tombol starter yang terdapat pada mobil. Biasanya ada label bertuliskan “engine start” serta ada posisi yang gampang dijangkau.

3. Posisikan Tuas Persneling di N atau P Pada Mobil Matik

Cara starter mobil selanjutnya ialah pada mobil matik, artinya Kamu tak perlu harus mengganti gigi manual, karena mobil dapat melakukannya dengan otomatis. Apabila mobilmu mempunyai sistem transmisi otomatis, biasanya hanya memiliki 2 pedal. Beberapa tipe mobil matik biasanya ada sejenis dudukan karet di kaki kiri, sebagai tempat mengistirahatkan kaki bagian kirimu.

Mobil matik biasanya mempunyai alat berbentuk tombol pengaman untuk mencegah mobil yang distarter ketika tuas persneling tak berada dalam posisi “N” atau “P”. Hal ini juga dapat mencegah kendaraan menyala dalam keadaan masuk gigi.

4. Posisikan Tuas Persneling Pada Posisi Netral Saat Menstarter Mobil Manual

Cara starter mobil untuk sistem transmisi manual, mobil biasanya mempunyai 3 pedal. Adapun pedal yang posisinya paling kiri ialah pedal kopling. Sangat penting memastikan persneling dalam posisi netral, yang artinya kendaraan tidak sedang masuk gigi. Jadi, sebelum menstarter. Apaila mesin dalam kondisi gigi masuk, mobil pun akan langsung melonjak ketika Kamu menstarter dan akhirnyamati.

Kerusakan transmisi ketika mengalami kondisi ini, bisa saja terjadi apabila Kamu menstarter mesin ketika kondisi mobil sedang masuk gigi.

Kamu bisa memastikan kondisi pada persneling dalam posisi netral, caranya dengan menggoyang-goyangkannya. Apabila goyangannya bebas, posisinya pun sudah ada dalam kondisi netral. Apabila tidak dapat digoyangkan, ini artinya mesin masuk gigi. Silahkan injak pedal pada kopling, lalu geser persneling pada posisi netral terlebih dahulu sebelum menstarter kendaraanmu.

5. Memutar Kunci Untuk Menstarter

Cara starter mobil berikutnya, Kamu harus memutar kuncinya lewat 2 posisi. Lalu bisa dilanjutkan dengan memutar ketika merasakan kunci layaknya mempunyai per di posisi ketiga, saat menstarter mesin. Masukkan kunci mobil ke dalam lubangnya, pakai tangan yang sama dan pastikan untuk tidak menarik kunci ketika sedang diputar.

Sesudah mesin mobil menyala, lepaskan kunci. Jika Kamu tetap memutarnya ketika mesin menyala, Kamu akan mendengar bunyi berisik dari bagian ggi motor starter maupun gigi mesin ketika saling menggiling. Hal tersebut bisa berdampak buruk bagi mesin mobilmu.

Pastikan posisi kunci yang pertama dalam posisi “ACC” alias “accessories”, sedangkan posisi yang kedua ialah “on”. Untuk posisi pertama, biasanya memungkinkanmu menyalakan radio maupun peralatan elektrik mobil lainnya. Sementara, posisi on ialah posisi saat kunci kembali ke posisinya sesudah mesin menyala.

6. Trik Jika Mesin Tak Mau Menyala

Sesudah memutar kunci, terkadang mobil yang dalam kondisi baik-baik saja sekalipun mungkin tak mau menyala. Namun, Kamu tak perlu khawatir karena bisa mencoba trik di bawah ini.

Apabila kuncinya tak mau diputar sesudah posisi kedua, setir juga tetap tak mau diputar, ini artinya mekanisme pada kunci setir aktif. Kamu hanya perlu menggoyangkan setir ke kiri dan ke kanan saja, supaya tidak terkunci. Dengan cara ini, kunci mobil dapat diputar.

Namun jika mesin kendaraan tak mau menyala, silahkan tekan pedal pada rem maupun kopling ketika memutar kunci. Mungkin beberapa mobil mensyaratkan ini demi menjamin sistem keamanan mobil ketika dinyalakan dan tak berjalan mendadak ketika mesin dinyalakan.

Lalu, apabila mesin mobil masih tak ingin menyala, putar kunci mobil menuju arah yang lain. Pada beberapa jenis kendaraan, biasanya mempunyai arah putaran pada kunci berbeda dari mobil yang baru.

7. Masukkan Gigi Secara Hati-Hati

Cara starter mobil berikutnya masukkan gigi dengan hati-hati. Beberapa mobil transmisi manual biasanya dilengkapi oleh tombol pengaman kopling. Hal ini dapat memutuskan aliran listrik pada mesin, terkecuali jika pedal pada kopling ditekan. Ini artinya Kamu perlu menginjak pedal pada kopling supaya mesin dapat menyala.

saat mesin telah menyala, sebaiknya jangan melepaskan kopling mendadak ketika gigi masuk tanpa harus menginjak rem. Biasanya hal tersebut membuat mesin bisa melompat serta membuat mesin mati. Kamu dapat mencegah hal tersebut dengan cara memastikan mesin pada kondisi netral terlebih dahulu sebelum menyalakannya.

8. Pastikan Tidak Ada Orang di Sekitarmu

Sebelum memulai cara starter mobil, Kamu bisa mengecek spion, pastikan tidak ada orang, mobil atau barang disekitarnya, kemudian mulai jalankan mobil secara perlahan. Silahkan ikuti aturan berkendara di jalan.

Kenapa Mobil Tidak Bisa Distarter?

Jika mobilmu tidak bisa distarter meskipun sudah mengikuti cara starter mobil dengan benar di atas, maka Kamu harus mencari penyebab dan cara mengatasinya. Ada beberapa penyebab mobil tak bisa distarter dan cara mengatasinya berikut ini :

1. Mengecek Fuel Pump

Ini merupakan penyebab utama saat mobil tak dapat distarter. Komponen ini biasanya berguna untuk mengatur aliran pada bahan bakar. Kamu bisa mengecek kondisi mobil dengan mudah. Kamu cukup mengcek Multi Information Display atau MID di layar mobil. Silahkan tunggu beberapa lama, kemudian akan muncul bagaimana hasilnya melalui check engine spidometer. Nah, dari sini akan terlihat kondisi terkini pada fuel pump.

Adapun gangguan fuel pump sendiri ialah aliran pada bahan bakar yang terputus atau tidak lancar sama sekali. Adapun penyebabnya ialah mesinnya dingin atau terdapat kotoran. Maka dari itu, hal terpenting ialah rutin membersihkannya.

2. Mengganti Busi

Faktor penyebab mobil tak dapat menyala lainnya ialah busi mengalami kerusakan. Busi dibutuhkan untuk menimbulkan percikan pada pembakaran. Jika kotor sebenarnya masih bisa dibersihkan, namun jika rusak Kamu hanya perlu mengganti saja dengan yang baru.

3. Pengecekan Aki

Aki berperan juga untuk proses starter kendaraan. Apabila mobil tidak dapat distarter, sebaiknya cek kedua kutub aki. Kamu bisa membersihkan kotoran yang ada di dalamnya, sebab bisa mengganggu proses penyalaan pada mesin.

Semisal fuel pump, Kamu bisa mengecek indikator pada panel instrumen guna melihat kondisi akinya apakah dalam kondisi menyala. Apabila tidak menyala, ini artinya aki mengalami kerusakan, Kamu pun harus menggantinya.

Itulah beberapa langkah cara starter mobil yang dapat dilakukan bagi pemula dengan mudah berikut cara mengatasi mobil tidak dapat distarter.

Related posts