Cara SMS Banking BRI

Cara SMS Banking BRI

Bagaimana cara SMS Banking BRI? Penggunaan layanan SMS Banking BRI saat ini telah menjadi transaksi yang sangat menguntungkan. Karena fitur ini menawarkan kemudahan dan efisiensi jika dilihat dari waktu dan biaya dalam bertransaksi. Jika hanya melakukan pengecekan saldo BRI lewat ATM, tentu akan terasa menyita waktu dan ribet. Akan tetapi dengan memakai SMS Banking BRI membuat cara pengecekan saldo BRI lebih praktis dan mudah.

Hanya dengan bermodalkan perangkat hp dan pulsanya saja, maka Kamu bisa melakukan transaksi perbankan dalam beberapa menit saja. Bandingkan jika Kamu melakukan transaksi di kantor bank BCA atau di ATM, bisa saja Kamu harus mengantri hingga berjam-jam.

Read More

Namun meskipun layanan SMS banking ini sudah lama ada, pada kenyataannya tak sedikit nasabah bank BRI yang masih belum mengetahui cara SMS banking BRI.

Mengenal Layanan SMS Banking BRI

Sama halnya dengan bank-bank terkemuka lainnya, BRI (Bank Rakyat Indonesia) pun terus berinovasi untuk memberikan layanan yang terbaik untuk para nasabahnya. Keberadaan layanan perbankan melalui handphone sendiri, telah menjadi terobosan baru yang mempermudah para nasabah BRI untuk bertransaksi.

SMS Banking BRI merupakan layanan perbankan dari BRI yang dapat dilakukan lewat handphone, hanya melalui pesan SMS ke 3300 saja. Kamu cukup mengetikkan format SMS sesuai yang diminta, kemudian bisa mengakses berbagai macam transaksi. Adapun transaksi yang bisa dilakukan, seperti pengecekan saldo, pembayaran tagihan, transfer, sampai pembelian pulsa.

Perbedaan SMS Banking BRI dengan BRI Mobile

Selain SMS Banking, BRI pun sebenarnya telah merilis layanan perbankan berbasis mobile, yaitu mobile banking BRI. Pasalnya layanan BRI mobile tersebut sama-sama memberikan kemudahan pada para nasabahnya, untuk membuat transaksi finansial menjadi lebih simpel.

Layanan BRI Mobile sendiri sudah diperkenalkan dari tahun 2012 lalu dan dapat diakses hanya melalui smartphone saja. Selain itu, ada berbagai macam fitur yang ditawarkan mobile banking BRI. Sebut saja dari pengecekan saldo, transfer uang, mutasi rekening, pembelian, pembayaran dan ganti PIN.

Tak hanya itu saja, ada beberapa fitur yang tersedia di BRI Mobile lainnya. Adapun fitur-fitur tersebut sebagai berikut :

  • Menjadwalkan transaksi pembayaran.
  • Dapat menyimpan histori aktivitas transaksi.
  • Bisa menyimpan notifikasi aktivitas transaksi.
  • Membatasi limit transfer sampai Rp. 1 miliar.
  • Informasi produk BRI, seperti deposito.
  • Mencari informasi terkait merchant e-Pay, diantaranya seperti Kereta Api Indonesia.
  • Mencari informasi tentang keberadaan ATM.

Jika ditanya, apakah Mobile Banking BRI sama seperti SMS Banking? Kedua layanan tersebut, pastinya berbeda. Jika cara layanan SMS Banking BRI dapat dipakai dengan cara mengirimkan pesan lewat format SMS sesuai ketentuan. Sementara itu, BRI Mobile langsung diakses pada aplikasi yang sudah terpasang di perangkat smartphone.

Akan tetapi, baik lewat SMS Banking BRI maupun lewat BRI Mobile, layanan-layanan ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam pembayaran.

Cara SMS Banking BRI

Cara SMS Banking BRI
SMS Banking BRI

Tutorial Daftar SMS Banking BRI

Mengingat cara SMS Banking BRI sebenarnya tak jauh berbeda dari layanan BRI Mobile, ini artinya Kamu bisa sekaligus melakukan pendaftaran Mobile Banking dan SMS banking BRI. Berikut ulasannya!

1. Cara Registrasi SMS Banking BRI Melalui ATM

Cara SMS banking BRI untuk pendaftaran SMS Banking sendiri bisa dilakukan lewat ATM. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Temukan gerai mesin ATM bank BRI terdekat.
  • Setelah di depan gerai ATM, tinggal masukkan saja kartu debit atau ATM-mu.
  • Inputkan nomor PIN ATM BRI-mu.
  • Selanjutnya pilih menu “Transaksi Lain kemudian pilih “Lainnya”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Transaksi Lain” kemudian pilih “Lainnya”.
  • Pilih opsi Registrasi dan Mobile Banking.
  • Inputkan nomor hp yang aktif, lalu tekan Benar.
  • Masukkan PIN untuk digunakan pada aplikasi, bisa mengisinya sama seperti PIN pada kartu ATM. Selanjutnya, tekan “Benar”.
  • Inpurkan lagi PIN yang telah diinput, lalu tekan “Benar”.
  • Pemberitahuan akan langsung muncul di tampilan layar ATM sebagia bukti bahwa transaksi berhasil dilakukan.
  • Kamu pun akan mendapatkan struk transaksi yang keluar dari slot mesin ATM untuk dijadikan bukti bahwa registrasi sudah berhasil dilakukan.

Sesudah mendaftar layanan SMS Banking di mesin ATM, layanan yang bisa Kamu dapatkan hanya untuk pengecekan saldo BRI saja. Supaya bisa mengakses layanan dan fitur lainnya, seperti bertransaksi di BRI Mobile dan SMS Banking BRI, Kamu harus mengkonfirmasi pendaftaran di CS bank BRI.

2.  Cara Registrasi SMS Banking BRI di Kantor Cabang BRI

Tak hanya melalui ATM saja, Kamu juga dapat melakukan registrasi SMS banking lewat kantor cabang BRI. Ada beberapa langkah yang mesti ditempuh jika ingin mencoba cara SMS Banking BRI lewat kantor cabang ini, diantaranya :

  • Sebelum pergi ke kantor cabang, pastikan untuk mempersiapkan dokumen pendaftaran layanan SMS Banking BRI. Seperti fotokopi KTP dan salinan kartu ATM bank BRI milikmu.
  • Untuk  berjaga-jaga, sebaiknya persiapkan buku tabungan bank BRI-mu.
  • Jika semuanya sudah siap, pastikan nomor hp yang sudah didaftarkan selalu aktif supaya tidak diblokir.
  • Kamu hanya perlu mendatangi kantor BRI untuk melakukan konfirmasi pendaftaran ke meja customer service. Pihak CS BRI, nantinya siap membantu mengurus pendaftaran layanan SMS banking sampai selesai. Dengan begitu, layanan SMS Banking BRI bisa dilakukan untuk cek saldo, transfer, pembelian pulsa dan token listrik. Selain itu, hal tersebut berlaku bagi yang mendaftarkan diri sebagai nasabah BRI
  • Selain itu, jangan lupa untuk membawa kartu ATM dan KTP ketika Kamu pergi ke Bank BRI untuk melakukan pendaftaran SMS banking BRI.

Tutorial Transfer SMS Banking BRI, Cek Saldo dan Format Lainnya

Seperti yang sudah dibahas di atas, jika layanan SMS Banking BRI bisa dipakai untuk mengirimkan SMS melalui format tertentu langsung ke nomor 3300. Selain itu, setiap transaksi memiliki format SMS berbeda. Untuk memudahkanmu melakukan transaksi SMS banking BRI, berikut format SMS yang harus Kamu ketahui :

1. Cek Saldo BRI

Untuk pengecekan saldo BRI, Kamu tinggal mengetikkan format : SALDO(spasi)PIN. Lalu kirimkan ke 3300.

2. Transfer Sesama BRI

Jika ingin melakukan transer ke sesama pengguna BRI, formatnya adalah : TRANSFER(spasi)BRI+No.rekening(spasi)nominal(spasi)PIN. Kemudian kirim ke nomor 3300.

3. Transfer ke Bank Lain

Cara SMS Banking BRI untuk transfer ke bank lain juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengetikkan format berikut : TRANSFER (spasi) KODE Bank+norek (Spasi) nominal (spasi) PIN.

4. Pembelian Token PLN

Untuk melakukan pembelian token PLN sendiri, Kamu bisa mengikuti format SMS : BELI (spasi) PLNPRE (spasi) No Meter/IDPEL (spasi) Nominal (spasi) PIN.

5. Pengisian Pulsa

Sementara untuk pengisian pulsa sendiri, Kamu tinggal mengikuti format SMS berikut : PULSA(spasi)NOMORHP(spasi)Nominal(spasi)PIN.

6. Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Cara SMS Banking BRI selanjutnya untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Adapun formatnya ialah : BAYAR(spasi)BPJKS(spasi)Nomor Kepesertaan BPJS (spasi)PIN. Kemudian kirimkan ke 3300.

7. Pengecekan Tagihan Kartu Kredit BRI

Untuk mengecek tagihan kartu kredit BRI, Kamu tinggal mengirimkan format : INFO(spasi)KKBRI(spasi)No.Kartu Kredit(Spasi)PIN. Lalu kirim ke nomor 3300.

Itulah beberapa langkah cara SMS Banking BRI yang dapat dicoba, mulai dari pendaftaran hingga melakukan berbagai transaksi.

Related posts