Cara Reset Canon IP2770

Bagaimana cara reset Canonn IP2770? Printer Canon sampai saat ini memang telah menjadi primadona bagi para pengguna di tanah air. Salah satu tipe yang banyak dicari adalah tipe printer Canon IP2770. Tak hanya harganya lebih terjangkau, printer ini juga memiliki kualitas yang andal jika dibandingkan tipe printer yang lainnya.

Jika Kamu rutin mencetak dokumen, biasanya akan sering kehabisan tinta. Dengan mengganti catridge print dengan yang baru mungkin harganya sangat mahal, karena itu pengguna biasanya lebih memilih isi ulang atau tinta refill. Namun persoalannya, pengisian menggunakan cara refill biasanya sering mengalami error. Adapun pesan error tersebut biasanya berupa :

  • Printer tak bisa bekerja meskipun posisinya sudah ON atau menyala.
  • Terdapat pesan tinta yang tetap kosong walaupun sudah dilakukan isi ulang.
  • Terjadi error printer yang offline, meskipun sudah terkoneksi dan menyala ke perangkat komputer dengan baik.
  • Tombol resume yang terus menerus berkedip.
  • Cartridge yang tak terdeteksi.

Kelebihan Printer Canon IP2770

Biasanya produk printer mengalami perombakan atau refisi dalam hal teknologi secara spesifik. Namun sejak pertama kali dikeluarkann hingga saat ini, printer Canon IP2770 sendiri tak mengalami perombakan yang berarti.

Hal tersebut bisa dikarenakan produk ini dianggap sudah memenuhi standard atau mungkin pihak Canon sengaja tak melakukan upgrade pada produknya. Namun satu hal yang pasti, meskipun tanpa ada perombakan dari segi spesifikasi atau fitur yang dimilikinya, harga printer dari hari ke hari semakin meningkat.

Sebagai solusinya, banyak customer memilih Canon IP2770 karena menawarkan harga yang terjangkau tapi memiliki kualitas cukup baik. Selain itu, ada beberapa kelebihan yang dimiliki printer Canon Pixma IP2770 berikut ini :

Terkait:  Cara Reset Wifi Indihome

1. Ukuran dan Desain

Desain Canon Pixma IP2770 memiliki mode solid dengan ruang penyimpanan yang dibutuhkan sedikit dan hampir bisa diletakkan dimanapun tergantung kebutuhan. Memiliki dimensi berukuran 445 x 250 x 130 mm dengan berat 3,4 kg membuatnya mudah dipindahkan.

2. Kualitas dan Performa

Alasan orang memilih Canon Pixma IP2770 sendiri ialah memiliki kecepatan cetak yang mumpuni dengan kualitas yang baik. Canon Pixma IP2770 memiliki kecepatan hingga 7 ipm atau gambar per minute pada cetakan monokrom, serta 4,8 ipm pada cetakan warna berukuran A4. Perangkat printer ini dapat mencetak photo berukuran 4×6 tanpa batasan pada kecepatan 55 detik.

3. Kompatibel

Banyak pengguna merasakan pengalaman mencetak lebih nyaman memakai printer Canon IP2770 karena dapat disambungkan pada perangkat apapun, bahkan pada piranti baru, seperti Mac OS atau OS windows.

Cara Reset Printer Canon IP2770

Cara Reset Canon IP2770
Reset Canon IP2770

Tutorial Reset Printer Canon IP2770

Sebenarnya catridge tak mempunyai indikator banyaknya jumlah tinta yang tersimpan pada catridgem, melainkan memori printer yang menghitung banyaknya kertas yang sudah dicetak printer.Contohnya, jumlah lembar kertas yang dapat dicetak cartridge yaitu sebanyak 100 lembar. Jadi sesudah printer mencetak sebanyak 90 lembar, maka printer mengirim pemberitahuan jika catridge harus sudah diganti.

Jika 100 lembar sudah terlampaui, printer pun akan memberitahukan jika catridge sudah kosong serta harus diganti. Dengan kata lain, meskipun melakukan pengisian ulang catridge secara refill, perangkat printer tak dapat mendeteksi hal ini serta menganggap cartridge sudah kosong. Walaupun pada sebagian printer Canon, Kamu dapat mengabaikan peringatan tersebut dan tetap mencetak sampai catridge mampet atau rusak.

Tak hanya itu saja, biasanya produsen printer tak merancang supaya catridge dapat dilakukan isi ulang. Hal ini dikarenakan, teknik marketing yang digunakan ialah menghasilkan uang berdasarkan produk tinta yang habis pakai dan bukan berdasarkan dari hasil penjualan printer.

Terkait:  Cara Reset ECU Mobil

Maka dari itu, jika Kamu ingin menmgisi ulang secara refill, lakukan cara reset Canon IP2770 berikut :

1. Reset Canon IP2770 Tanpa Software

Cara reset Canon IP2770 pertama ini dapat dilakukan pada printer yang tak dapat dipakai untuk mencetak lagi. Sebab printer telah mendeteksi tinta pada catridge yang benar-benar habis. Berikut ulasannya :

  • Pertama-tama, silahkan buka program Microsoft Word untuk mencetak atau program apa saja selain Ms.Word. Kemudian lakukan pencetakan seperti biasa sampai muncul peringatan jika tinta printer telah habis.
  • Jika sudah muncul peringatan, silahkan tekan resume selama 5 detik sampai lampu yang berwarna oranye tak berkedip kembali.
  • Printer selanjutnya akan meneruskan proses pencetakan tapi tanpa ada tulisan tercetak sebab tinta pada catridge telah kosong.
  • Diamkan proses pencetakan sampai selesai, setelah itu lakukan deep cleaning, caranya dengan tekan tombol kombinasi CTRL+P, kemudian pilih opsi Properties dan pilih Maintenance. Jika sudah, temukan pilihan Deep Cleaning lakukan proses Deep Cleaning dan cetak hasilnya.
  • Kamu bisa melakukan deep celaning selama 3-4 kali hingga hasil cetakannya tampak jelas.
  • Setelah itu, Kamu bisa menggunakannya untuk mencetak lagi.

Itulah proses cara reset Canon IP2770 tanpa software dan Kamu pun dapat melakukan proses pencetakan tanpa adanya peringatan tinta yang habis. Melalui langkah yang satu ini, Kamu tak perlu lagi ribet-ribet memasuki mode service.

2. Tutorial Reset Canon IP2770 Dengan Resetter

Cara reset Canon IP2770 selanjutnya dengan memanfaatkan software resetter, perangkat printermu harus dipastikan dalam mode service lebih dulu. Adapun cara untuk masuk ke mode service ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, matikan mesin printer lalu biarkan keseluruhan kabel dalam kondisi tetap terpasang.
  • Silahkan tekan serta tahan resume sekitar 2 detik lalu tekan power bersamaan sampai lampu LED-nya terlihat menyala berwarna hijau.
  • Kini lepaskan resume dengan tetap menekan tombol power.
  • Ketika tombol power ditekan, pakai jari yang lain jika ingin menekan resume hingga 5 kali, selanjutnya LED pun akan menyala berwarna hijau dan oranye secara bergantian. Selanjutnya akan menyala berwarna oranye.
  • Sesudah LED berwarna oranye dan menyala, silahkan lepaskan keduanya bersamaan setelah ditekan, setelah itu LED printer pun berkedip hingga beberapa saat sampai menyala berwarna hijau.
  • Di perangkat komputer, printermu akan langsung terdeteksi sebagai device baru. Kamu bisa mengabaikannya saja.
  • Hingga tahapan ini selesai, Kamu sudah berhasil ke mode service perangkat printer Canon.
Terkait:  Cara Reset Tape Mobil

Jika sudah berhasil ke mode service, berikutnya tinggal masuk ke cara reset Canon IP2770.

  • Silahkan download kemudian jalankan perangkat lunak ServiceTool_V1074.exe.
  • Setelah itu, lakukan langkah selanjutnya secara berurutan.
  • Ketuk “Main” lalu pilih “EEPROM Clear” dan pilih “EEPROM”.

3. Memakai Tombol Resume

Namun bagaimana jika kedua cara reset Canon IP2770 di atas gagal? Tak perlu khawatir, Kamu bisa bisa mencoba cara berikut ini :

  • Silahkan nyalakan perangkat printer, lalu buka cover pada printer sampai catridge bergerak serta berhenti tepat di tengah.
  • Cabut kabel kabel yang menghubungkan printer ke sumber listrik, kemudian tutup cover kembali. Metode ini biasanya akan memaksa perangkat printer mati.
  • Setelah itu, sambungkan colokan printer kembali ke listrik, lalu tekan ON dan printer pun akan bereaksi.
  • Silahkan tekan tombol resume selama 6 detik kurang lebih dan lepaskan.

Demikianlah ulasan tentang cara reset Canon IP2770 yang dapat Kamu coba jika mengalami error saat pengisian tinta atau lainnya.

Related posts