Cara Reset Laptop Lenovo

Sebenarnya cara reset laptop Lenovo tak jauh berbeda dengan reset laptop merk lainnya, tergantung dari jenis Windows yang digunakan. Laptop Lenovo adalah salah satu merk laptop terkemuka yang cukup populer di Indonesia.

Lenovo Group Limited, sebagai pabrikan laptop Lenovo awalnya dikenal sebagai legend Group, yaitu produsen PC terkemuka di China. Lalu di tahun 2004, pabrikan Lenovo telah menempati posisi menjadi produsen PC yang terbesar ke-8 di dunia.

Lenovo sendiri memasarkan tablet PC server, telepon genggam dan perangkat jaringan internet. Sebelum membahas cara reset laptop Lenovo, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa saja kelebihan dan kekurangan laptop Lenovo.

Kelebihan Laptop Lenovo

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh laptop Lenovo dibandingkan dengan laptop merk lainnya, sebagai berikut :

1. Harga Lebih Terjangkau dan Brand Terpercaya

Laptop Lenovo menyediakan banyak pilihan produk yang disematkan spesifikasi serta harga bervariasi sesuai tipe dan kualitasnya. Seri Ideapad sendiri termasuk salah satu laptop yang dibanderol berharga murah, sangat pas untuk mahasiswa atau pelajar.

Walaupun harganya terjangkau, spesifikasi laptop Ideapad Lenovo ini cukup tangguh dan mempunyai performa tinggi dengan kualitas fitur terjamin. Menjadi salah satu brand ternama dan berpengalaman selama puluhan tahun, tentu saja wajar jika brand ini berhasil mencuri pasar untuk level entry pada produk-produk berkualitas.

Terkait:  Cara Buat Akun Zoom di Hp

2. Mempunyai Daya Baterai yang Tangguh

Dilihat dari sistem kelistrikannya itu sendiri, Lenovo mempunyai keunggulan sistem kelistrikan berkualitas yang dapat dibuktikan lewat ketahanan baterainya secara konsisten. Selain itu, daya tahan baterai itu sendiri sangat dibutuhkan pekerja dengan mobilitas tinggi. Sehingga tak perlu lagi khawatir kehabisan daya baterai terlebih ketika berada di luar ruangan tanpa sumber daya listrik.

Tak hanya dari penyimpanan saja, kemampuan pengisian pun perlu diperhatikan, semisal untuk pengisian cepat serta kemampuan dalam mempertahankan baterai tetap full sebagai keunggulan Lenovo. Terutama ketika pengisian saat memainkan game-game berat.

3. Kualitas Sound yang Mantap

Laptop Lenovo juga sudah memanfaatkan teknologi berbasis audio Dolby Digital, dengan kualitas suara yang begitu jernih bahkan saat memutar volume besar. Kualitas sound tersebut tentu saja sangat diharapkan oleh pencinta game dan film saat menggunakan laptop untuk menonton.

4. Seri Thinkpad Tahan Banting dan Tahan Air

Seri Thinkpad sendiri dibuat untuk memenuhi segmen kelas menengah melalui dukungan berbagai fitur canggih dan spesifikasi yang mumpuni. Pasalnya seri yang satu ini sangat handal untuk berbagai aktivitas yang menawarkan operasional dan ketahanan tinggi. Tak hanya itu, laptop ini juga dikenal tahan air dan tahan banting.

5. Mempunyai Fitur Keamanan Autentikasi Sidik Jari

Lenovo juga menawarkan fitur keamanan canggih berbentuk autentikasi sidik jari. Walaupun mempunyai banyak kelebihan, seperti harga jual laptip seri Thinkpad yang cukup terjangkau yang jelas tak akan merugikan penggunanya.

6. Sistem Cooler yang Tidak Berisik

Di samping itu, laptop Lenovo juga mempunyai sistem pendingin berkualitas dan minim noise pada putaran kipasnya. Kita tentu merasa tidak nyaman jika suara kipas laptop berisik, namun sebaliknya dengan suara blower yang minim voice membuat kita lebih nyaman memakainya.

Kekurangan Laptop Lenovo

Selain  kelebihan, laptop Lenovo juga mempunyai beberapa kekurangan yang juga dapat dijadikan bahan pertimbangan. Ini dia ulasannya :

Terkait:  Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

1. Untuk Beberapa Tipe Laptop, Casing Bodinya

Kekurangan pertama ialah pada beberapa jenis atau tipe laptop, terkadang mempunyai bodi yang kurang solid bahkan terkesan ringkih. Ini tentu mengkhawatirkan dari segi visual ketika kita harus membawanya kemana pun. Sebagai solusinya, Kamu bisa lebih selektif memilih supaya mendapatkan tipe laptop yang lebih bagus.

2. Sevice Centernya yang Tidak Merata

Servis resmi dari brnad Lenovo sendiri belum merata di beberapa kota di tanah air. Ini tentu saja akan menyulitkan saat ada kerusakan, apalagi untuk mendapatkan garansi.

Cara Reset Laptop Lenovo

Cara Reset Laptop Lenovo
Reset Laptop Lenovo

Tutorial Reset Laptop Lenovo

Jika ingin memulihkan laptopmu pada pengaturan pabrik seperti semula, memang bisa berguna karena beberapa alasan. Kamu mungkin mengalami masalah terkait kinerja laptop, akibat virus atau Kamu hanya ingin menghapus seluurh program, password, file dan lainnya serta mungkin ingin menjualnya.

Sebenarnya cara reset laptop Lenovo sama saja seperti reset laptop lainnya, hanya saja agak lebih sulit dibandingkan reset tablet atau smartphone. Kebanyakan perangkat laptop tak memakai disk recovery, namun jika Kamu memilikinya, dapat dijadikan ke dalam cara reset pabrik dengan mudah.

Perangkat lunak untuk pemulihan disebut melalui nama yang berbeda pada tiap merk laptop, salah satunya adalah “manager recovery“. Berikut langsung saja cek ulasan cara reset laptop Lenovo, diantaranya :

Metode 1 : Reset Laptop Lenovo di Windows 10 ke Dalam Pengaturan Pabrik

Berikut ada beberapa langkah cara reset laptop Lenovo di Windows 10 ke pengaturan pabrik, diantaranya :

1. Tekan Ikon Setting

Langkah pertama, silahkan tekan ikon Settings pada menu, kemudian pilih opsi Update & Security”.

2. Pilih Recovery

Di opsi “Update & security”, Kamu bisa memilih Recovery. Selanjutnya, Kamu akan mendapatkan 2 pilihan yaitu Advanced Start Up dan Reset this PC. Jika ingin memulihkan perangkat laptop, silahkan pilih opsi yang kedua, yaitu reset this PC.

Terkait:  Cara Reset Epson L3110

3. Pilih Opsi Selanjutnya

Kini Kamu akan memasuki 3 pilihan, yaitu Remove Everything, Restore Factory Settings, dan Keep my Files. Opsi pertama biasanya akan menghapus beberapa file pribadimu, opsi kedua melakukan instal ulang pada versi asli Winfows yang telah disertakan pada PC/laptop. sedangkan versi ketiga ialah menyimpan data-data pribadimu.

Jika Kamu mempunyai beberapa drive di perangkat laptop, Kamu harus memutuskan pilihanmu apakah ingin menghapus file pada semua drive, ingin me-reset penuh atau mungkin hanya drive tempat Windows diinstal saja.

Selanjutnya Kamu akan diberikan opsi untuk menghapus file dan membersihkan drive. Apabila Kamu hanya melakukan pengaturan ulang mesin, maka pilihan ketiga tentunya lebih cepat. Namun jika berencana menghapus seluruhnya pada laptop, kamu bisa membersihkan drive dengan waktu yang lebih lama. Tapi, semuanya terasa lebih sulit untuk memilihkan data atau file yang telah dihapus.

Setelah itu, Kamu akan diberikan detail rincian apa yang terjadi di laptopmu, apabila Kamu mengembalikan pada pengaturan pabrik. Apabila Kamu ingin melakukannya, klik saja restore kemudian proses pun akan langsung dimulai.

Metode 2 : Reset Laptop Lenovo Dengan One Key Revocery

OneKey Recovery merupakan software yang sudah dimuat pada laptop Lenovo, dan dirancang untuk recovery atau reset laptop Lenovo serta membuat cadangan. komputer. Pada beberapa laptop brand Lenovo sendiri tak dilengkapi oleh Lenovo OneKey Recovery, sebagai alternatifnya Kamu dapat me-recovery laptop memakai fitur berupa “Reset This PC ini” jika ingin memulihkan OS atau sistem operasi.

1. Tekan One Key Recovery Ketika Laptop Mati

Silahkan tekan One Key Recovery pada saat laptop mati. Biasanya tombol ini dinamakan tombol NOVO yang berbentuk lubang serta hanya dapat ditekan memakai jarum. Lalu tombol ini umumnya terletak di samping power on.

2. Pilih System Recovery

Sesudah menekan One Key Recovery, Kamu pun akan ditampilkan Recovery Boot Menu. Silahkan pilih opsi System Recovery jika ingin mengembalikan Windows pada kondisi semula.

3. Pilih Restore From Initial Backup

Kamu akan langsung masuk ke opsi One Key Recovery. Silahkan pilih opsi restore from initial backup jika ingin melakukan restore Windows pada kondisi sebelumnya saat masih normal. Kamu juga bisa memilih opsi restore from user’s backup apabila Kamu mempunyai backup Windows di harddisk.

4. Lanjutkan Dengan Mnegikuti Instruksi yang Diminta

Langkah cara reset laptop Lenovo selanjutnya, Kamu bisa menekan next jika ingin memulai recovery Windows, Kamu tinggal ikuti perintah sesuai yang diminta hingga recovery windows di laptopmu selesai dilakukan.

Oke, itulah 2 metode cara reset laptop Lenovo yang bisa Kamu ikuti tergantung dari jenis laptop yang digunakan. Semoga bermanfaat!

Related posts